
Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
@ak4ng: coba praktekkin dulu ke apanja tetangga. ntar kl ada apa2 bisa dishare disini 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10473
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Tp oli pertamina tu g dijamin kuat 10rb km... Btw ttangga sy g ad yg punya apanja....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Kalo bisa nt posting di sini foto wujud kemasan oli hyundai tsb chiong...DOHC wrote:kmaren ane abis ganti oli buat ipah ane.... masi tetep dgn pmilihan awal ane utk tetap memakai oli tingkatan 10W-30.... cuman kali ini ane coba iseng2 make hyundai genuine oil karena menurut si penjual, ini oli buatan idemitsu, sama ama nissan genuine oil... hanya saja harga nya lebi murah... katanya sehh karena merek nissan lebi laku dari pasaran makanya oli nya lebi mahal padahal isi nya sama aja...
btw, rekan2 dsini ada yg tau ga kira2 oli hyundai genuine oil itu buatan mana sehh... apa bener tuh sama ama NGO nya nissan ??


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
saya malah ga pernah pake hyundai genuine oilHansen wrote:Kalo bisa nt posting di sini foto wujud kemasan oli hyundai tsb chiong...DOHC wrote:kmaren ane abis ganti oli buat ipah ane.... masi tetep dgn pmilihan awal ane utk tetap memakai oli tingkatan 10W-30.... cuman kali ini ane coba iseng2 make hyundai genuine oil karena menurut si penjual, ini oli buatan idemitsu, sama ama nissan genuine oil... hanya saja harga nya lebi murah... katanya sehh karena merek nissan lebi laku dari pasaran makanya oli nya lebi mahal padahal isi nya sama aja...
btw, rekan2 dsini ada yg tau ga kira2 oli hyundai genuine oil itu buatan mana sehh... apa bener tuh sama ama NGO nya nissan ??

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
ane ga ada foto nya siong... di gugel pun jg ga ketemu foto nya... tapi kira2 bentuk botol nya persis ama idemitsu yg ane post ini...
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
btw ane mo tanya donk.... di ipah ane ini sejak ane beli setaon yg lalu ampe ari ini... terhitung uda 5 kali ganti oli (klipatan 5000 km) dan slalu gonta ganti merek terus... tapi stiap kali ganti oli tsb ane jg ganti filter oli nya.... nah kira2 tindakan ane tsb ada dampak negatif nya ga yahh ??
urutan dari pertama ganti oli
1. total quartz 7000 10W-40
2. eneos 10W-40
3. idemitsu extreme touring 10W-40
4. nissan genuine oil 10W-30
5. hyundai genuine oil 10W-30





urutan dari pertama ganti oli
1. total quartz 7000 10W-40
2. eneos 10W-40
3. idemitsu extreme touring 10W-40
4. nissan genuine oil 10W-30
5. hyundai genuine oil 10W-30
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Gak ada oom setau saya....aman lah chiong..uwwkwkwkw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
kalo sering gonta-ganti merk dan spek (visko), buat saya pribadi, mendingan sekalian di-flush mesinnya setiap setahun sekali atau sekali setiap 3-4 kali ganti oli @5000km 

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
lalu engine flush ini ada efek negatifnya gak meneer? pernah dengar ada yg bilang bahwa keseringan pake cairan ini bisa merusak seal2imsus2c wrote:kalo sering gonta-ganti merk dan spek (visko), buat saya pribadi, mendingan sekalian di-flush mesinnya setiap setahun sekali atau sekali setiap 3-4 kali ganti oli @5000km

trus nanya lagi, cairan engine flush yg biasa meneer gunakan itu produk yg mana?


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Wew..DOHC wrote:btw ane mo tanya donk.... di ipah ane ini sejak ane beli setaon yg lalu ampe ari ini... terhitung uda 5 kali ganti oli (klipatan 5000 km) dan slalu gonta ganti merek terus... tapi stiap kali ganti oli tsb ane jg ganti filter oli nya.... nah kira2 tindakan ane tsb ada dampak negatif nya ga yahh ??![]()
![]()
![]()
![]()
![]()
urutan dari pertama ganti oli
1. total quartz 7000 10W-40
2. eneos 10W-40
3. idemitsu extreme touring 10W-40
4. nissan genuine oil 10W-30
5. hyundai genuine oil 10W-30
Mods, Ipah bukannya minta ganti di 10 rebu CMIIW?
IMO, mending diflush, mods, gak da salahnya. Ane yang setia ma 1 brand dan 1 tipe aja (Motul Multi Power Plus) tiap 20 rebu (2 taun) flush, pake Griffon. Di labelnya dia jamin gak ngerusak seal2. Gak ngandung kerosene. Cuman ni merk yang bilang gitu, yasud ane percaya ajalah..

Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Jaman skrg banyak banget produk2 fluida aftermarket dgn fungsi bermacam2. Ada untuk interior cleaner, bug h tar remover, brake parts cleaner, rubber & nylon lubricants, super penetrant, oil flush, raduator flush, fanbelt & cvt belt conditioner, etc. Padahal jaman dahulu gak usah pake macam2 tetek bengek ok2 aja. Apa ini cmn strategi produsen mencari untung & memperluas pasar? 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Ane malah pnh dgr yang lebih serem..bisa baret dinding silinder dan cc tumpat....apa cc bisa tumpat ya?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
IMO, mreka2 itu berguna kok oms hehehe.. Tinggal skarang diliat per produknya, ada yang harganya memang gak reasonable dibanding fungsinya dicompare ma kompetitornya, misalnya brand Zymo* untuk detailing hehehe....BADAK wrote:Jaman skrg banyak banget produk2 fluida aftermarket dgn fungsi bermacam2. Ada untuk interior cleaner, bug h tar remover, brake parts cleaner, rubber & nylon lubricants, super penetrant, oil flush, raduator flush, fanbelt & cvt belt conditioner, etc. Padahal jaman dahulu gak usah pake macam2 tetek bengek ok2 aja. Apa ini cmn strategi produsen mencari untung & memperluas pasar?
Mobil dulu oke2 aja? Yup, tapi jelas gak semaximal kalo ngerawatnya pake obat yang smestinya. Mbersihin dasbor pake sabun colek plus sikat gigi jauh lebih messy dibanding dengan special interior cleaner, itu 1 contoh..

CMIIW..
Das Beste oder nichts.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
Saya gak bilang gak berguna om. Tapi rasanya gak worthed dibandingkan parts yg dirawat. Misal cvt & fanbelt conditioner yg katanya bisa ngerawat belt, hrg nya 10-15rb, pdhl fanbelt yg dirawat bisa jd jg cmn seharga 15-20rb. Ada lg brake parts cleaner, seberapa sering kita membersihkan brake system mbl kita & saya gak tau apa keunggulan brake parts cleaner ini smp dibuat khusus.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
kalo keseringan sih, menurut saya iya...bakal merusak seal secara engine flush ini korosifHansen wrote:lalu engine flush ini ada efek negatifnya gak meneer? pernah dengar ada yg bilang bahwa keseringan pake cairan ini bisa merusak seal2imsus2c wrote:kalo sering gonta-ganti merk dan spek (visko), buat saya pribadi, mendingan sekalian di-flush mesinnya setiap setahun sekali atau sekali setiap 3-4 kali ganti oli @5000km![]()
trus nanya lagi, cairan engine flush yg biasa meneer gunakan itu produk yg mana?
makanya diatas, saya sarankan penggunaan flush ini buat yg hobby gontai-ganti merk/spek oli...

atau kalau tetap setia 1 merk/spek (dengan catatan rutin ganti filter), flush bisa dilakukan 1-2 tahun sekali
kalo mobil jarang dipakai (short trip) atau sekedar dipanasi, flush mungkin bisa dilakukan setahun sekali, takutnya karena short trip ini bisa meningkatkan resiko oli mesin berlumpur (engine sludge)
flush yg pernah saya pakai merk prestone dan griffon, pernah pake golden eagle juga tapi buat kucing kantor
karena saya rutin/teratur ganti oli/filter, flushnya biasanya 1.5 - 2 tahun sekali atau setiap 5-6x ganti oli, itupun saat proses flushing, saya paling idle-nya 2 menitan aja
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
menurut saya, ini sih tuntutan perkembangan jamanBADAK wrote:Jaman skrg banyak banget produk2 fluida aftermarket dgn fungsi bermacam2. Ada untuk interior cleaner, bug h tar remover, brake parts cleaner, rubber & nylon lubricants, super penetrant, oil flush, raduator flush, fanbelt & cvt belt conditioner, etc. Padahal jaman dahulu gak usah pake macam2 tetek bengek ok2 aja. Apa ini cmn strategi produsen mencari untung & memperluas pasar?
kemajuan teknologi rancang bangun dan material/metalurgi, buat saya menuntut konsekuensi lebih, misalnya ya di perawatannya ini...
mobil keluaran 80an dibanding keluaran milenium atau akhir2 ini, sudah tentu selain konstruksi, material juga beda...nah ini yg menurut saya, akhirnya keluarlah produk2 perawatan tersebut
imo...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
yap...seperti posting diatas, kalo konstruksi dan material-nya masih warisan jadul, tentunya ya ga butuh produk perawatan yg memang mungkin ditujukan untuk material/konstruksi baruBADAK wrote:Saya gak bilang gak berguna om. Tapi rasanya gak worthed dibandingkan parts yg dirawat. Misal cvt & fanbelt conditioner yg katanya bisa ngerawat belt, hrg nya 10-15rb, pdhl fanbelt yg dirawat bisa jd jg cmn seharga 15-20rb. Ada lg brake parts cleaner, seberapa sering kita membersihkan brake system mbl kita & saya gak tau apa keunggulan brake parts cleaner ini smp dibuat khusus.
seperti brake cleaner, mungkin ya sebagian dari kita ga perlu secara material remnya ya segitu, pemakaiannya ya segitu...
tapi untuk yg hi-performance, misalnya dipakai balapan, material rem-nya "mahal", mungkin baru kerasa kebutuhan pakai cleaner ini
imo, cmiiw

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 22
- Joined: Wed Jan 19, 2011 21:43
- Location: Samarinda - Kaltim
Re: tentang knalpot
Kalo ane pake produk dalam negri aja, ya..sedikit2 mbantu perkembangan bidang perminyakan dalam negri dan mengurangi ketergantungan thd produk impor. Cintailah produk produk indonesia . Ki ta untung , bangsa untung !



-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
tadi sore abis ganti oli si livina.... kali ini ane pake oli tingkatan 10W-40.... dan iseng2 coba pake FK pulse RS.... uda API SM dan energy converving.... harganya jg diatas rata2 oli2 semi syn... 60 rebu per liter..
ada yg uda perna make ini oli ??
ada yg uda perna make ini oli ??
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
penggunaan OLI tidak perlu terlalu berlebihan Kijang Grand pake Castrol 10W40 sudah terlalu mahal , cukup mesran prima saja nah lain kalau mobil canggih kaya Jazz ,camry dan diatasnya baru pake merk merk standar Shell,Castrol .mobil 1 dan lain lain
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
@solar: Lah...emg livina ama jazz canggihan mana om? 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
kalau jadwal servicenya per 10rb oom, di honda saya juga per 10rb km, tapi kalau saya ganti oli tetap per 5rb km..Nightster Guy wrote:Mods, Ipah bukannya minta ganti di 10 rebu CMIIW?
IMO, mending diflush, mods, gak da salahnya. Ane yang setia ma 1 brand dan 1 tipe aja (Motul Multi Power Plus) tiap 20 rebu (2 taun) flush, pake Griffon. Di labelnya dia jamin gak ngerusak seal2. Gak ngandung kerosene. Cuman ni merk yang bilang gitu, yasud ane percaya ajalah..
multi power plus ya? saya udah pernah pakai di jazz, and so far so good.. cuman harganya koq agak2 gelap ya buat saya.. beda toko, bedanya juga jauh

Permisii
............................. 


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
om solar.... penggunaan oli kayanya bukan berdasarkan merek atau type mobil nya om... tapi kita liat dari teknologi dari mesin tsb...smisal camry gen 1... itu dikasi oli mesran atau shell helix kuning jg gpp... nahh kalo teknologi2 canggih... jangankan jazz, livina... karimun estilo pun jg kalo bisa dipakein oli yg minimal semi syn..... model mineral sperti shell helix kuning dgn tingkat 15W jg uda cukup kekentalan utk mesin canggih gt...solar_kerosen wrote:penggunaan OLI tidak perlu terlalu berlebihan Kijang Grand pake Castrol 10W40 sudah terlalu mahal , cukup mesran prima saja nah lain kalau mobil canggih kaya Jazz ,camry dan diatasnya baru pake merk merk standar Shell,Castrol .mobil 1 dan lain lain
ane jg om koba.... dibilang sehh servis per 10 rebu... tapi 5 rebu malah kadang 4500 jg uda ane ganti.... dan tiap kali ganti slalu ganti filter oli jg.... sampe saat ini sehh ane blom brani coba2 pake enjin flush.... takut nya ntar malah pada rembes seal2 oli nya... maklum, pikiran jadul....nescafe wrote:kalau jadwal servicenya per 10rb oom, di honda saya juga per 10rb km, tapi kalau saya ganti oli tetap per 5rb km..Nightster Guy wrote:Mods, Ipah bukannya minta ganti di 10 rebu CMIIW?
IMO, mending diflush, mods, gak da salahnya. Ane yang setia ma 1 brand dan 1 tipe aja (Motul Multi Power Plus) tiap 20 rebu (2 taun) flush, pake Griffon. Di labelnya dia jamin gak ngerusak seal2. Gak ngandung kerosene. Cuman ni merk yang bilang gitu, yasud ane percaya ajalah..
multi power plus ya? saya udah pernah pakai di jazz, and so far so good.. cuman harganya koq agak2 gelap ya buat saya.. beda toko, bedanya juga jauh



numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
wah jadi engine flush efeknya merusak SEAL , padahal minggu ini rencana mau beli buat flush oli Taft gueDOHC wrote:om solar.... penggunaan oli kayanya bukan berdasarkan merek atau type mobil nya om... tapi kita liat dari teknologi dari mesin tsb...smisal camry gen 1... itu dikasi oli mesran atau shell helix kuning jg gpp... nahh kalo teknologi2 canggih... jangankan jazz, livina... karimun estilo pun jg kalo bisa dipakein oli yg minimal semi syn..... model mineral sperti shell helix kuning dgn tingkat 15W jg uda cukup kekentalan utk mesin canggih gt...solar_kerosen wrote:penggunaan OLI tidak perlu terlalu berlebihan Kijang Grand pake Castrol 10W40 sudah terlalu mahal , cukup mesran prima saja nah lain kalau mobil canggih kaya Jazz ,camry dan diatasnya baru pake merk merk standar Shell,Castrol .mobil 1 dan lain lain
ane jg om koba.... dibilang sehh servis per 10 rebu... tapi 5 rebu malah kadang 4500 jg uda ane ganti.... dan tiap kali ganti slalu ganti filter oli jg.... sampe saat ini sehh ane blom brani coba2 pake enjin flush.... takut nya ntar malah pada rembes seal2 oli nya... maklum, pikiran jadul....nescafe wrote:kalau jadwal servicenya per 10rb oom, di honda saya juga per 10rb km, tapi kalau saya ganti oli tetap per 5rb km..Nightster Guy wrote:Mods, Ipah bukannya minta ganti di 10 rebu CMIIW?
IMO, mending diflush, mods, gak da salahnya. Ane yang setia ma 1 brand dan 1 tipe aja (Motul Multi Power Plus) tiap 20 rebu (2 taun) flush, pake Griffon. Di labelnya dia jamin gak ngerusak seal2. Gak ngandung kerosene. Cuman ni merk yang bilang gitu, yasud ane percaya ajalah..
multi power plus ya? saya udah pernah pakai di jazz, and so far so good.. cuman harganya koq agak2 gelap ya buat saya.. beda toko, bedanya juga jauh![]()
![]()

Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27667
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02
ga harus ampe merusak om.... kalo yg seal2 nya masi bagus yahh gpp... cuman kan biasanya kandungan engine flush itu pelarut seperti kerosen atau solvent2 pelarut lain nya.... nahh ini yg biasanya jahat ama karet2 seal yg uda getas atau kering.... gt kena ntuh engine flush, lgs rontok tuh seal...
tapi kalo mobil nya masi baru sehh gpp....
tapi kalo mobil nya masi baru sehh gpp....
numpang lewat aja....

