Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 02

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

fernando_lim
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 172
Joined: Sat Apr 16, 2011 16:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by fernando_lim »

para mastah ijin mantau
masi newbie neh,selama ini pakai caltex havoline 10w-40 tarikan enak sampai 3500km dulu sempat pakai shell hx 7 tapi olinya ga tahan panas sering knocking kalo suhu mesin panas,selama pakai caltex tidak ada gejala ini.
rencana pengen ganti oli merk lain pilihannya jatuh ke repsol multivalvulas 10w-40 acea A3/B4 mb 229,3 atau total quartz 7000 10w-40 jg
menurut agan2 bagusan yg mana ? selisih harga ke 2 tipe ini ga beda jauh
mohon review agan2 yg pernah menggunakan ke 2 oli ini,bingung soalnya menentukan yg mana
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by salah obat »

Bro..
Oli meditran sx / ch-4, shell hx5 / cf, sama repsol super turbo diesel ch-4, bagus mana buat panther?
Trus fastron diesel ada kemasan 1 liter gak?
Saya biasa pakai meditran sx.
Pertanyaan ini timbul ceritanya td pas ke bengkel ada kijang diesel dibongkar mesinnya, ane liat mesinnya kotor kepala piston item banyak jelaganya.
Iseng2 lg ane menyelinap masuk ke mobilnya trus liat kertas penggantian oli, ternyata olinya meditran sx.
Yah ane gak tau jg ada hubungannya dgn oli pa gak...
growbuckme
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 109
Joined: Mon May 25, 2009 5:51

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by growbuckme »

Ada yg pernah nyobain idemitsu 10w-30 eco touring API SM? saya bingung, olie ini udh API SM tp ternyata masih termasuk olie mineral dan bukan semi syn. Apakah kualitas dan daya tahannya sama dgn olie semi syn yg 10w-30 ato semi syn 10w-40? soalnya mo cari olie 10-30 yg mumer selain top 1 kok ssh yah? Kalo olie OEM nissan yg 10w-30 gradenya masih SL. harusnya yg eco touring ini lbh bagus yah?
mohon pendapat SMers dong...thx b4.
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by basah »

bro LC-80 ane pake elf turbo diesel, gimana om kualitas elf turbo diesel ? mineral apa syntetic oli ini ?

Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

basah wrote:1. bro LC-80 ane pake elf turbo diesel, gimana om kualitas elf turbo diesel ? mineral apa syntetic oli ini ?

Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
1. yg 15W40 mineral, yang 10W40 ACEA B4 = Semi Synth
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

growbuckme wrote:Ada yg pernah nyobain idemitsu 10w-30 eco touring API SM? saya bingung, olie ini udh API SM tp ternyata masih termasuk olie mineral dan bukan semi syn. Apakah kualitas dan daya tahannya sama dgn olie semi syn yg 10w-30 ato semi syn 10w-40? soalnya mo cari olie 10-30 yg mumer selain top 1 kok ssh yah? Kalo olie OEM nissan yg 10w-30 gradenya masih SL. harusnya yg eco touring ini lbh bagus yah?
mohon pendapat SMers dong...thx b4.
1. API Service gak ada korelasi-nya dgn Base Oil

2. API SM itu lebih ditujukan utk perlindungan catalytic Converter, dan utk daya lumas sebetulnya API SL lebih baik krn kandungan ZDDP nya masih 1000 - 1100 ppm, Api SM cuman 800 ppm.

Oli 10W30 yg ekonomis ya si Idemimit ECO ama Petronas Syntium 800 yg 10W30.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

salah obat wrote:Bro..
Oli meditran sx / ch-4, shell hx5 / cf, sama repsol super turbo diesel ch-4, bagus mana buat panther?
kalo dari 3 itu yah vote si Repsol......Repsol-nya yg seri SHPD kan ?
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

fernando_lim wrote:para mastah ijin mantau
masi newbie neh,selama ini pakai caltex havoline 10w-40 tarikan enak sampai 3500km dulu sempat pakai shell hx 7 tapi olinya ga tahan panas sering knocking kalo suhu mesin panas,selama pakai caltex tidak ada gejala ini.
Coba lakukan pembersihan karbon @ ruang bakar & intake valve.

Juga hati2 dlm membeli oli, oli2 merek populer suka ada p*lsu-nya, si Caltex Havoline lebih less likely utk dipalsu drpd si k*rang.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

junenk2009 wrote: budgetnya kira2 100 ribuan aja perliternya dapet olie apa ya om? trus filter olinya forti kira2 berapaan ya? makasih replynya om hansen :big_peace:
Nimbrung :
Harga sampai segitu bisa coba Q8 Excel Diesel 5W40 Full Synth MB 229.3

Di Toda masih ada promo beli 3 bonus 1 L., harga Nett after bonus sekitar 80 rebuan / L, pakai sampai 7000 Km enak, bisa ganti di 7500 - 8000 Km.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

solar_kerosen wrote: gimana kalau kamu coba oli teknologi terbaru ENEOS Sustina :frm_tumbleft:

Image

http://www.eneos.us/files/news/4661c9eb ... ede604d677
Situ udah coba atau baru baca2 brosurnya aja ?

About ILSAC GF-5 / API SN bisa baca2 di www.gf-5.com/

Skg mulai banyak oli API SN / GF-5, yg Dexos 1 dan 2 nya juga mulai banyak.
* Bukan ajakan Beli *
basah
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by basah »

Turboman wrote:
basah wrote:1. bro LC-80 ane pake elf turbo diesel, gimana om kualitas elf turbo diesel ? mineral apa syntetic oli ini ?

Kadang ane pake toyota genuine oil dan terakhir ane penasaran sama Fastron Diesel. Gimana om dua oli terakhir ini khususnya untu mesin TDI, share informasinya donk.
1. yg 15W40 mineral, yang 10W40 ACEA B4 = Semi Synth
Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?

Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

basah wrote: 1. Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?

2. Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
1. Kurang paham, tapi sih sesama oli 15W-40 sih biasanya bedanya gak kelewat signifikan.

2. pelumas dalam negeri yg saya pernah pakai = Syntex SynEvo 10W-40 jalan sampai 6300 Km, scr feel enak, tapi belum pernah saya Uji Lab di Corelab.

Sayang skg ini manajemen Syntex spt pecah, lalu lahir merek baru Q-range en sy dah gak ikutin lagi

Fastron Diesel belum pernah coba, monggo kalo ada yg udah test utk uji sample oli bekas ke Corelab

Well, memang sgt disayangkan pilihan pelumas buatan dalam negeri di Indonesia yg benar2 berkualitas sgt terbatas......ini semua disebabkan iklim investasi kita yg kurang kondusif sehingga pengusaha cenderung memproduksi produk2 yg turnover-nya cepat dimana kebanyakan adalah kelas Low end / ekonomi.

Berbeda dengan Thailand dimana PTT sudah sampai level memproduksi oli Full Synth 0W-30 API SN dan 5W30 Full Synth Heavy Duty Diesel ACEA E-4 atau Petronas dengan Syntium 5000 / Urania Masimo.........ane aja ampe ngiler ngeliatnya.

Why ? karena Pemerintah Thailand sangat melindungi produk buatan dalam negeri Thailand, sehingga industri lokal bisa tumbuh hebat.

Pelumas PTT :
http://pttweb2.pttplc.com/weblub/en/lub ... hicle.aspx
Last edited by Turboman on Wed Sep 21, 2011 9:21, edited 1 time in total.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by JESKONENG »

apakah ada yg tau atau pernah pake Fastron Techno 15w50 ?? kayaknya layak dicoba oli produk pertamina ini.. brapa harganya ya, dan dimana belinya yg murah ?
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
salah obat
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 230
Joined: Wed Aug 10, 2011 13:56

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by salah obat »

@om turbo : repsolnya galon item, isi 5 liter om, harga +- 200rbuan/galon. taunya versi SHPD gmn om?
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by VanzMatic »

Turboman wrote:
basah wrote: 1. Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?

2. Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
1. Kurang paham, tapi sih sesama oli 15W-40 sih biasanya bedanya gak kelewat signifikan.

2. pelumas dalam negeri yg saya pernah pakai = Syntex SynEvo 10W-40 jalan sampai 6300 Km, scr feel enak, tapi belum pernah saya Uji Lab di Corelab.

Sayang skg ini manajemen Syntex spt pecah, lalu lahir merek baru Q-range en sy dah gak ikutin lagi

Fastron Diesel belum pernah coba, monggo kalo ada yg udah test utk uji sample oli bekas ke Corelab

Well, memang sgt disayangkan pilihan pelumas buatan dalam negeri di Indonesia yg benar2 berkualitas sgt terbatas......ini semua disebabkan iklim investasi kita yg kurang kondusif sehingga pengusaha cenderung memproduksi produk2 yg turnover-nya cepat dimana kebanyakan adalah kelas Low end / ekonomi.

Berbeda dengan Thailand dimana PTT sudah sampai level memproduksi oli Full Synth 0W-30 API SN dan 5W30 Full Synth Heavy Duty Diesel ACEA E-4 atau Petronas dengan Syntium 5000 / Urania Masimo.........ane aja ampe ngiler ngeliatnya.

Why ? karena Pemerintah Thailand sangat melindungi produk buatan dalam negeri Thailand, sehingga industri lokal bisa tumbuh hebat.

Pelumas PTT :
http://pttweb2.pttplc.com/weblub/en/lub ... hicle.aspx
Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

VanzMatic wrote:
Turboman wrote:
basah wrote: 1. Thx bro........kalo dikomparasi elf 15w 40 dengan Repsol Turbo SPHD item gimana kelebihan dan kekurangannya ?

2. Gak ada info soal Fastron Diesel bro turbo ? sekali-sekali lah bro analisis produk domestik....
1. Kurang paham, tapi sih sesama oli 15W-40 sih biasanya bedanya gak kelewat signifikan.

2. pelumas dalam negeri yg saya pernah pakai = Syntex SynEvo 10W-40 jalan sampai 6300 Km, scr feel enak, tapi belum pernah saya Uji Lab di Corelab.

Sayang skg ini manajemen Syntex spt pecah, lalu lahir merek baru Q-range en sy dah gak ikutin lagi

Fastron Diesel belum pernah coba, monggo kalo ada yg udah test utk uji sample oli bekas ke Corelab

Well, memang sgt disayangkan pilihan pelumas buatan dalam negeri di Indonesia yg benar2 berkualitas sgt terbatas......ini semua disebabkan iklim investasi kita yg kurang kondusif sehingga pengusaha cenderung memproduksi produk2 yg turnover-nya cepat dimana kebanyakan adalah kelas Low end / ekonomi.

Berbeda dengan Thailand dimana PTT sudah sampai level memproduksi oli Full Synth 0W-30 API SN dan 5W30 Full Synth Heavy Duty Diesel ACEA E-4 atau Petronas dengan Syntium 5000 / Urania Masimo.........ane aja ampe ngiler ngeliatnya.

Why ? karena Pemerintah Thailand sangat melindungi produk buatan dalam negeri Thailand, sehingga industri lokal bisa tumbuh hebat.

Pelumas PTT :
<!-- m --><a class="postlink" href="http://pttweb2.pttplc.com/weblub/en/lub ... lub/en/lub ... hicle.aspx</a><!-- m -->
Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
Kaga tau deh.....mgkn ada korelasi oil passage mesin generasi sekarang rada kecil ya...cmiiw
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
Itu SAE dan bukan API Service

angka depan 0W mah udah lama um, CR-V R20A ane skg lagi pake 0W-30, Ipah D4 D ane skg pake 0W-40

Pada saat panas kan yang main angka belakangnya, 0W40 saat suhu kerja normal mesin visc kinematic-nya masuk range SAE 40, ada penjelasannya di web Bob is the Oil Guy.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Turboman »

salah obat wrote:@om turbo : repsolnya galon item, isi 5 liter om, harga +- 200rbuan/galon. taunya versi SHPD gmn om?
Ada tulisannya Orange : S.H.P.D.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
Itu SAE dan bukan API Service

angka depan 0W mah udah lama um, CR-V R20A ane skg lagi pake 0W-30, Ipah D4 D ane skg pake 0W-40

Pada saat panas kan yang main angka belakangnya, 0W40 saat suhu kerja normal mesin visc kinematic-nya masuk range SAE 40, ada penjelasannya di web Bob is the Oil Guy.
sepahaman saya, angka didepan huruf W menandakan tingkat kekentalan/keenceran/visc. oli.........semakin kecil angka nya maka akan semakin encer; misal 20W-15W-10W-5W-0W
sedangkan dua digit setelah "strip" menandakan batas ketahanan oli s/d suhu tertentu........semakin besar angka nya maka maximal temperatur yg bisa di handle oli semakin besar pula; misal -50,-40,-30
bener ga pemahaman ane oom?
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Sebaiknya lihat MSDS rilis oleh manufaktur nya...itu lebih sahih....sama2 viskositas tertulis 5w30 blm tentu sama berat nya...cmiiw
Dan penentuan kualitas oli paling sahih sih seperti yang dipaparkan oom turboman, dikirim ke lab utk dianalisis sisa TBN, degradasi viskositas serta jumlah jelaga metal dlm satuan ppm,,,,though tjat is not always the case....mgkn oom TM bisa elaborate:)
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6024
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by BADAK »

doq wrote:
Turboman wrote:
VanzMatic wrote: Gile, mosok API service nya pada mulai dari angka 0???? Kira2, apa gunanya yaa API dari angka 0 untuk iklim hot? Apalagi Thai itu khan panasnya ngajubileh bener tuuuh!?!
Itu SAE dan bukan API Service

angka depan 0W mah udah lama um, CR-V R20A ane skg lagi pake 0W-30, Ipah D4 D ane skg pake 0W-40

Pada saat panas kan yang main angka belakangnya, 0W40 saat suhu kerja normal mesin visc kinematic-nya masuk range SAE 40, ada penjelasannya di web Bob is the Oil Guy.
sepahaman saya, angka didepan huruf W menandakan tingkat kekentalan/keenceran/visc. oli.........semakin kecil angka nya maka akan semakin encer; misal 20W-15W-10W-5W-0W
sedangkan dua digit setelah "strip" menandakan batas ketahanan oli s/d suhu tertentu........semakin besar angka nya maka maximal temperatur yg bisa di handle oli semakin besar pula; misal -50,-40,-30
bener ga pemahaman ane oom?
angka setelah strip bukannya viscosity dlm suhu panas tertentu ya? :e-think: CMIIW
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by Nightster Guy »

Pada demen kalo ngobrolin yang licin2....

:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
:ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:

OB sotoy: Misal 5W-30, 5 nunjukin tingkat viskositas oli saat dingin, W = Winter, 30 nunjukin tingkat viskositas oli saat suhu kerja mesin. Itu kalo OB gak salah intisarikan dari baca2 tempo hari di 'Bob is the oil guy' gara2 penasaran ama produk Amsoil dan Royal Purple.
Das Beste oder nichts.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by ZombiEE »

Kalau tidak salah di nol derajat fahrenheit dan 40 derajat....kalau nubie tidak lupa ya...
BITOG adalah salah satu forum komprehensif...cmiiw
Dari situ berangkat kepercayaan ane mesin qr25de second gen cocok nya oli 30 weight, be it 5w or 10w...buktinya sewaktu memakai oli mobil 5w50 HLA ane pernah bunyi waktu cold crank....buru2 ane ganti oli dgn akhir 30 dan ga pernah ada masalah tersebut muncul.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by doq »

@badak&nightster
wooo ic ic........berarti saya salah paham menerjemahkan nya ya? tadi nya kirain angka dua digit setelah strip menandakan tingkat ketahanan terhadap batas suhu tertentu heheheehe :ungg: ternyata masih sama2 menunjukan visc. oli juga
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
bangrossi
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Fri Aug 26, 2011 12:28

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - Part 02

Post by bangrossi »

Hmm binggung kalo salah room apa ngga :mky_01:

Ane mau tanya.. Ceritanya kan ane baru beli honda crv.. setelah pemakaian 1500km ane bawa ke BeRes buat pemeriksaan 1000km. Pas sampe disana ternyata oli ngga diganti. Dan ane dianjurkan untuk ganti oli di 10rb km?

ane merasa 10rb km overkill banget.. apa ngga kenapa2 tuh mesin? soalnya pasti mesin baru masih banya debu2 metalik hasil dari pemakaian awal (wear out). Secara, merek2 lain biasanya 1000km biasanya ada pergantiaan oli. Ada apa yah dengan honda?

Akhirnya sih ane abis dari BeRes honda langsung mampir di bengkel umum buat ganti oli.. :ungg: