Mobil Nasional???

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Mobil Nasional???

Post by Jerome »

poeticmind wrote:boleh aja sih bikin mobnas... tapi sori, nama nya tolong agak keren dikit kan bisa... buka2 kamus indonesia dulu, jangan asal ngasih nama.. kesan nya dari singkatan plus kenapa selalu pake nama burung? rajawali? ngikut2 harrier gitu? pliss deh...

terus kenapa pake foto dadah2 segala ... hadooooh... pasti itu temen2 nya si AD74YA.

overall, gue dukung lah... bravo.
kl liat dr sejarahnya, nama2 "mobil nasional" emg gak jauh dr nama yg kesannya Indonesia banget
entah itu nama binatang asli Indonesia (kebanyakan sih burung...) ato singkatan2 dr nama proyek nya,

kira2 nama yg keren itu kyk apa oom ??

Apa saja mobil Indonesia yang sudah direncanakan akan lahir atau sudah lahir? Berikut beberapa mobil nasional yang detikOto rangkum dari berbagai sumber untuk Otolovers.

Maleo
Mulai dikembangkan pada 1993, proyek Maleo dimulai ketika pemerintah harus memiliki mobil nasional yang khas nusantara. Saat itu IPTN pun ditunjuk untuk mewujudkannya.
Bekerjasama dengan Rover, Inggris dan Millard Design Australia IPTN, mobil yang dibidani oleh menristek BJ Habibie ini sukses membuat 11 rancangan mobil sampai tahun 1997. Namun sayangnya, proyek ini terbengkalai saat refermasi tiba.

Beta 97 MPV
Mobil ini adalah proyek yang dibuat pada tahun 1994 oleh Grup Bakrie melalui Bakrie Brothers. Bakrie ketika itu ingin menjadikan Beta 97 MPV sebagai mobil nasional. Untuk itu, Bakrie pun meminta bantuan rumah desain Shado asal Inggris untuk menciptakan desain awal mobil ini.
Pada bulan April 1995 desain Beta 97 MPV pun telah selesai dan mulai diperlihatkan ke manajemen Bakrie. Setelah itu, desain tersebut langsung dikembangkan sampai prototipe mobil ini selesai di tahun 1997.
Bakrie juga sudah mulai menyiapkan segala aspek pendukung mobil ini mulai dari perakitannya hingga ke persiapan anggaran produksi untuk memenuhi jadwal peluncuran mobil yang sesungguhnya disiapkan pada bulan Desember 1997. Tapi sayang, krisis ekonomi menenggelamkannya sebelum terbang.

Timor
Timor adalah merek mobil yang dijual Indonesia pada pertengahan tahun 1990 yang merupakan rebadged mobil dari Korea Selatan, Kia Sephia. Timor adalah kepanjangan dari 'Teknologi Industri Mobil Rakyat', dan nama lengkap perusahaannya adalah Timor Putra Nasional. Perusahaan ini dimiliki oleh Tommy Soeharto, anak dari mantan presiden Soeharto.
Mobil ini dimaksudkan sebagai mobil nasional Indonesia, seperti Proton di negara Malaysia. Karenanya, mobil merek Timor dibebaskan dari pajak-pajak dan bea lainnya yang biasa dikenakan pada mobil-mobil lain yang dijual di Indonesia. Setelah krisis ekonomi Asia yang menyebabkan Kia Motors pada tahun 1997 bangkrut (pada tahun 1998 dibeli oleh Hyundai), dan keruntuhan rezim Soeharto, maka proyek Timor juga ditutup.

Bimantara
Sama seperti Timor, Bimantara adalah sebuah proyek mobil nasional yang digalang oleh keluarga Cendana. Bila Timor disokong oleh Tommy, Bimantara dibangun oleh Bambang Trihatmojo.
Tapi bila Timor menggandeng KIA sebagai partner, Bimantara memilih untuk menggandeng Hyundai. Tapi karena krisis, Bimantara pun ikut tenggelam.

MR 90
Mobil ini merupakan proyek nasionalisasi Mazda 323 Hatchback oleh PT Indomobil, model terakhir dari upaya ini adalah Mazda Van tren pada tahun 1994.

Kalla Motor
Kalla Motor pernah menciptakan mobil kecil bermesin 500 cc sebagai calon mobil produksi Indonesia. Tidak dketahui kenapa tidak jadi diproduksi.

Texmaco Macan
Macan adalah Kendaraan berjenis minibus atau MPV dengan kapasitas mesin 1.800 cc dari PT. Texmaco. Dalam mengeluarkan mobil ini PT. Texmaco menggandeng Mercedes Benz, tercatat satu unit prototype sudah dipamerkan di arena pekan Raya Jakarta pada pertengahan tahun 2001, tapi belum sempat diproduksi masal PT. Texmaco bangkrut karena krisis moneter pada 1997-1998.

Gang Car
Gang Car adalah sebuah mobil mini berkapasitas 2 orang buatan PT. DI yang ditenagai mesin 125-200 cc. Mobil ini didesain berukuran cukup kecil sehingga bisa beroperasi di gang-gang sempit di daerah perkotaan (maka dari itu dinamakan Gang Car). Proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak tahun 2003 setelah PT.DI dilanda kemelut dan merumahkan 9000-an karyawannya.

Marlip
Mobil ini adalah mobil listrik yang dikembangkan oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan dipasarkan PT. Marlip Indo Mandiri. Mobil ini digunakan untuk mobil golf, pasien, mobil keamanan. Marlip juga punya varian mobil empat penumpang dengan kecepatan mencapai 50 km/jam dengan jarak tempuh maksimal 120km. Harga Marlip berkisar antara Rp 60 sampai Rp 80 juta.

Kancil
Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari).
Mobil yang disiapkan untuk menjadi pengganti Bajaj/bemo ini menggunakan mesin 250 cc yang mampu melaju hingga 70 km/jam.

GEA
GEA adalah proyek mobil nasional hasil riset PT. INKA (Industri Kereta Api) dengan mesin Rusnas (Riset Unggulan Strategis Nasional), yakni mesin berkapasitas 640 cc. Tujuan GEA adalah memberikan alternatif mobil kecil menghadapi krisis energi.
Dilepas dengan harga antara Rp 45 -50 juta, mobnas yang satu ini masuk kategori city car berdimensi 3.320×1.490×1.640 mm dengan wheelbase 1.965 mm. Mesinnya 650 cc dan mampu melaju hingga kecepatan 85 km/jam dengan mesin 650 cc yang sistem pembakarannya injeksi EFI dengan penggerak roda depan.

Tawon

Mobil Nasional AG-Tawon diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya yang lokasi industrinya di Rangkasbitung - Banten. Mobil ini mampu melahap berbagai jenis bahan bakar mulai dari bensin dan atau bahan bakar gas CNG dan sudah memenuhi standarisasi Euro3.
Kapasitas mesin Tawon sebesar 650 cc, 4 Percepatan transmisi manual yang dapat dipacu hingga kecepatan 100 km/jam. Mobil ini mulai dikembangkan sejak tahun 2007, dan diproduksi sejak tahun 2009, serta mengandung 90% Kandungan Lokal. Direncanakan mobil ini akan dirilis pada bulan ini.

FIN Komodo
Mobil ini adalah mobil offroad yang mampu melahap segala medan. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relatif kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relatif irit.
Untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 km dapat dilalui dalam 6 - 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat survive di dalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.
Disamping untuk misi penjelajah atau survey atau pengawasan, maka FIN Komodo yang dirancang oleh salah satu desainer pesawat CN-250 Gatotkaca Ibnu Susilo juga dapat digunakan untuk mengangkut beban (barang bawaan) seberat 250 Kg, sehingga dapat juga berfungsi sebagai kendaraan utility.

Wakaba
Wakaba berasal dari singkatan Wahana Karya Anak Bangsa adalah mobil buatan Jawa Barat yang didukung oleh mesin berkapasitas 500 cc, 4 tak, 2 silinder, yang diklaim tetap bertenaga untuk digunakan pada medan seperti pedesaan yang penuh dengan bukit dan pegunungan.
Dengan dimensi panjang 3.300 mm, serta lebar 1.500 mm, dan tinggi 1.820 mm, Wakaba siap memenuhi kebutuhan transportasi pedesaan yang selama ini masih jarang tersentuh secara khusus sektor transportasinya.

Arina
Arina merupakan mobil mungil buatan Semarang. Mobil ini berawal Universitas Negeri Semarang yang didanai oleh Departemen Perindustrian. Mobil Arina ini menggunakan mesin sepeda motor dengan kapasitas mesin 150 cc, 200 cc, dan 250 cc.
Perancang mobil adalah seorang dosen jurusan Teknik Mesin Unnes bernama Widya Aryadi.

Nuri
Nuri merupakan saudara Tawon yang juga diproduksi oleh PT Super Gasindo Jaya. Mobil ini menggunakan mesin 800 cc. Mobil ini memiliki model hatchback yang mampu membuatnya lincah bermanuver.

Boneo
Mobil ini merupakan mobil buatan PT Boneo Daya Utama dan masih dalam tahap purwarupa. Modelnya ada dua yakni city car dan pikap dengan mesin V-Twin berkapasitas 653 cc yang mampu mengeluarkan tenaga 15,3 kW dan torsi 44,3 Nm.

Esemka
Mobil nasional berikutnya adalah Esemka. Esemka mengambil nama dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mobil ini sebenarnya merupakan mobil rakitan karya siswa-siswi SMK.
Nama-nama merek Esemka berbeda-beda tergantung SMK mana yang membuatnya. Ada Didgaya, Rajawali, dan lainnya dengan model berbeda-beda mulai dari SUV, MPV dan pikap kabin ganda.
Esemka pertama kali muncul ke publik pada 2009 lalu saat sebuah event di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mesinnya menggunakan mesin 1.500 cc yang berawal dari mesin Timor, namun dimodifikasi sendiri oleh Esemka. Karena berbagai keterbatasan, beberapa parts kendaraan diambil dari mobil yang sudah beredar di Indonesia. Seperti lampu depan, dashboard, dan lampu belakang.
Mobil ini langsung menarik minat publik, karena desainnya sudah sangat bagus. Terakhir mobil ini juga menjadi sorotan di awal tahun 2012 menyusul keputusan Walikota Surakarta Joko Widodo yang menggunakan mobil ini sebagai mobil dinas.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:Bangga, sekaligus kasian.

Bangga, umur2 ababil mereka bisa berkarya nyata positif. Kasian, karena ujung2nya bakal cuman jadi proyek sesaat tanpa kelanjutan.

Jujur ajalah.

Kita2 dukung paling maksimal sebatas moral, ucapan, dan doa. Termasuk saya. Itu gak salah, kita jelas gak mo seidealis itu gambling mempertaruhkan 90 juta kita buat mobil Esemka ini. Mending beli mobil brand 'beneran' sekenan.

Purna jualnya nyaris nol. Kalo rusak, mo ke Solo? Bisa sih perbaikin sendiri kalo mesin Timor. Tapi namanya konsumen mobil baru jelas butuh after sales service.

Dan jelas 'dukungan' kita2 ini sangat tidak masif. Sangat kurang buat kelanggengan hidup Esemka. Seberapa kuat sih dana sekolahnya? Seberapa kuat sih si haji Kiat itu mo produksi masal.

Sebagai langkah awal jelas pemerintah yang mesti bergerak.

Dan tau sendirilah gimana yang namanya 'pemerintah' kalo dalam hal2 ginian. Cuman selevel 'next to zero'. Sampah mah pemerintah ini.

Tapi setidaknya, walau sesaat, sekali lagi anak muda Indo berhasil membuktikan potensi mereka bila digerakkan dan dialirkan dan didukung positif.
Semua tidak ada yang instan, om... Malay juga butuh waktu 20-an tahun untuk menjadikan Proton seperti sekarang. Itu pun dengan fasilitas extra perlindungan dari pemerintah. 20 tahun memang satu rentang waktu untuk satu generasi om. Satu waktu membentuk satu generasi, atau menghapus satu generasi. Tinggal pilih.

Nah, peran media disini sangat sangat penting. Media udah macam macan kapitalis kelaparan yang sangat materialistik. Mereka menggratiskan berita yang negatif2, kayak perkosaan, pembunuhan, tawuran pelajar, abg hamil, abg pacaran, sinetron bencong diblow, sinteron ababil alay geje dipanjang panjangin.. Tapi untuk hal hal positif, mereka bener bener sngt kapitalis.

Makanya, temen gue berseloroh, itu koran ecek2 macam PosKota, Lampu Merah, Lampu Hijau, dkk sejenisnya, kalo diperes pertama, yg keluar darah, kalo diperes lagi, yang keluar sp*rma...
:big_slap:

Contoh real aja deh, mana ada berita2 tentang ParaSea Games kemaren, hm? :mrgreen: berita hanya sebatas running text di bawah layar kaca. Jangan kata ParaSea Games yang diikuti penyandang difabel. Yang selevel Asian Games, Olympiade, yang negara kita ikut aja, mana pernah disorot???

Hal positif ditendang, hal negatif di blow sepuasnya.. Iblis! Pantes bangsa ini mundur jauhh..
Toh dengan media gencar memblow suatu ketidakberesan aparat, aparat toh akhirnya gerah juga kan? Kenapa ini tidak dimanfaatkan untuk mendukung anak SMK? KARENA menurut mereka, NGGADA DUITNYA ngeblow 'orang susah' bikin 'mobil susah'.

So, om NG, same thought as you.. But the text I stated above really means the real thing happened surround us.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Jerome
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 289
Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49

Re: Mobil Nasional???

Post by Jerome »

Nightster Guy wrote:Bangga, sekaligus kasian.

Bangga, umur2 ababil mereka bisa berkarya nyata positif. Kasian, karena ujung2nya bakal cuman jadi proyek sesaat tanpa kelanjutan.

Jujur ajalah.

Kita2 dukung paling maksimal sebatas moral, ucapan, dan doa. Termasuk saya. Itu gak salah, kita jelas gak mo seidealis itu gambling mempertaruhkan 90 juta kita buat mobil Esemka ini. Mending beli mobil brand 'beneran' sekenan.

Purna jualnya nyaris nol. Kalo rusak, mo ke Solo? Bisa sih perbaikin sendiri kalo mesin Timor. Tapi namanya konsumen mobil baru jelas butuh after sales service.

Dan jelas 'dukungan' kita2 ini sangat tidak masif. Sangat kurang buat kelanggengan hidup Esemka. Seberapa kuat sih dana sekolahnya? Seberapa kuat sih si haji Kiat itu mo produksi masal.

Sebagai langkah awal jelas pemerintah yang mesti bergerak.

Dan tau sendirilah gimana yang namanya 'pemerintah' kalo dalam hal2 ginian. Cuman selevel 'next to zero'. Sampah mah pemerintah ini.

Tapi setidaknya, walau sesaat, sekali lagi anak muda Indo berhasil membuktikan potensi mereka bila digerakkan dan dialirkan dan didukung positif.
pemerintah asal gak goyah aja klo di lobby sm pabrikan2 asing, slh 1 petinggi ATPM terkemuka aja udh blg kl Indonesia sebaiknya konsentrasi jd basis produksi merk asing drpd capek2 ngembangin mobnas, dia mencontohkan TH, yg gak punya mobnas, tp jd basis produksi dr bbrpa brand terkemuka dunia..

apalg skrg ATPM sdg giat2 nya ngembangin mobil murah, imho..bs jd ini bentuk bargaining dr ATPM ke pemerintah, spy pemerintah "melupakan" mobnas & sbg gantinya ATPM akan buat mobil murah dan naikkin lokal konten..
batchmania
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 75
Joined: Fri May 18, 2007 12:10

Re: Mobil Nasional???

Post by batchmania »

poeticmind wrote:boleh aja sih bikin mobnas... tapi sori, nama nya tolong agak keren dikit kan bisa... buka2 kamus indonesia dulu, jangan asal ngasih nama.. kesan nya dari singkatan plus kenapa selalu pake nama burung? rajawali? ngikut2 harrier gitu? pliss deh...

terus kenapa pake foto dadah2 segala ... hadooooh... pasti itu temen2 nya si AD74YA.

overall, gue dukung lah... bravo.

setuju namanya sangat jelek dan ngak enak diucapin. lebih enak kalla, marlip, gea
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Mobil Nasional???

Post by Risol1 »

VanzMatic wrote:Hanya negara yang bisa melindungi anak2 hebat ini dari tangan2 kapitalis kotor yang kotornya karena masih suka nyebokin p*ntat pabrikan asing, dan malah mencibir karya bangsanya SENDIRI.
Buat yang mencibir, ngga heran. Bisanya memang HANYA mencibir. Memang sebatas itu saja kemampuan orang yg mencibir, dan hidupnya juga hanya akan berhenti sampai disitu.
haha....gak juga kaya gitu bro.... :mrgreen:
Kalo kita liat dari sisi positifnya, pemerintah pengen investasi otomotif asing masuk sini (kaya thailand) juga supaya rakyat banyak bisa meningkat taraf hidupnya. Soalnya investasi asing itu punya modal gede dan pasar yg gede juga.

Esemka memang perlu dibantu (misal dikasi soft loan sama pemerintah), tapi membantu esemka bukan berarti menyetop investasi asing. Investasi asing itu gak selalu jelek, kalo ada regulasi yg baik gak bisa juga asing semena2 disini.
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Mobil Nasional???

Post by Risol1 »

Nightster Guy wrote:Bangga, sekaligus kasian.

Bangga, umur2 ababil mereka bisa berkarya nyata positif. Kasian, karena ujung2nya bakal cuman jadi proyek sesaat tanpa kelanjutan.

Jujur ajalah.

Kita2 dukung paling maksimal sebatas moral, ucapan, dan doa. Termasuk saya. Itu gak salah, kita jelas gak mo seidealis itu gambling mempertaruhkan 90 juta kita buat mobil Esemka ini. Mending beli mobil brand 'beneran' sekenan.

Purna jualnya nyaris nol. Kalo rusak, mo ke Solo? Bisa sih perbaikin sendiri kalo mesin Timor. Tapi namanya konsumen mobil baru jelas butuh after sales service.

Dan jelas 'dukungan' kita2 ini sangat tidak masif. Sangat kurang buat kelanggengan hidup Esemka. Seberapa kuat sih dana sekolahnya? Seberapa kuat sih si haji Kiat itu mo produksi masal.

Sebagai langkah awal jelas pemerintah yang mesti bergerak.

Dan tau sendirilah gimana yang namanya 'pemerintah' kalo dalam hal2 ginian. Cuman selevel 'next to zero'. Sampah mah pemerintah ini.

Tapi setidaknya, walau sesaat, sekali lagi anak muda Indo berhasil membuktikan potensi mereka bila digerakkan dan dialirkan dan didukung positif.
betul, untuk sekarang ini memang harus diakui masih repot untuk piara si esemka ini.

Jangan lupa juga di dunia politik (ane gak nuduh si jokowi cuma pengen cari muka lho ya), duit 90 juta itu kecil kalo bisa di"tuker" dengan simpatik dari masyarakat dan reporter, apalagi kalo bisa melicinkan jalan ke posisi yg lebih tinggi.
Apalagi ini cuma mobil dinas yg engga pake duit sendiri belinya, gak pusing gimana entar mao dijual lagi (lha wong mobil kantor koq). Banyak juga anggota2 DPR yg udah mulai pesen ni mobil kaya Roy Suryo atau Marzuki Ali. Pertanyaannya: apakah mereka tulus beli mobil ini untuk membantu anak2 SMK? atau cuma untuk naikkin pamor doang. Yg ane tau sih Marzuki Ali beli ni mobil cuma buat jadi patwal (die engga even kepengen naikkin ni mobil hehehe)
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Mobil Nasional???

Post by Risol1 »

VanzMatic wrote:Nah, peran media disini sangat sangat penting. Media udah macam macan kapitalis kelaparan yang sangat materialistik. Mereka menggratiskan berita yang negatif2, kayak perkosaan, pembunuhan, tawuran pelajar, abg hamil, abg pacaran, sinetron bencong diblow, sinteron ababil alay geje dipanjang panjangin.. Tapi untuk hal hal positif, mereka bener bener sngt kapitalis.

Makanya, temen gue berseloroh, itu koran ecek2 macam PosKota, Lampu Merah, Lampu Hijau, dkk sejenisnya, kalo diperes pertama, yg keluar darah, kalo diperes lagi, yang keluar sp*rma...
:big_slap:

Contoh real aja deh, mana ada berita2 tentang ParaSea Games kemaren, hm? :mrgreen: berita hanya sebatas running text di bawah layar kaca. Jangan kata ParaSea Games yang diikuti penyandang difabel. Yang selevel Asian Games, Olympiade, yang negara kita ikut aja, mana pernah disorot???

Hal positif ditendang, hal negatif di blow sepuasnya.. Iblis! Pantes bangsa ini mundur jauhh..
Toh dengan media gencar memblow suatu ketidakberesan aparat, aparat toh akhirnya gerah juga kan? Kenapa ini tidak dimanfaatkan untuk mendukung anak SMK? KARENA menurut mereka, NGGADA DUITNYA ngeblow 'orang susah' bikin 'mobil susah'.

So, om NG, same thought as you.. But the text I stated above really means the real thing happened surround us.
kayaknya gak ada hub-nya om antara isi berita dengan media2 indo = kapitalis.
kalo kita mao liat berita yg mendukung mobil esemka, ya jangan beli koran Lampu Merah :mrgreen: Jujur aja kita semua sekarang tau bahwa di kota solo itu ada sekolah2 SMK yg bisa bikin mobnas (yg juga dipake sbg mobil dinas walikota) ya karena media kan?
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Mobil Nasional???

Post by dieselkiki »

trus kalo gitu kira-kira si esemka, pemerintah + politikus aji mumpung, industri, masyarakat ini baiknya harus ngapain atau kudu ngapain om risol ?

btw.. mahal juga ya 95jt itu
- faith humanity freedom -
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Mobil Nasional???

Post by andy1800 »

poeticmind wrote: jangan asal ngasih nama.. kesan nya dari singkatan
gpp... justru bener, soalnya kalau dulu sekolahnya namanya STM, jadi merk mobilnya ESTEEM....trus sejak taun brp gitu, SMEA, STM, SPG dll itu diubah namanya jadi SMK, makanya yg tadinya ESTEEM dilanjut jd ESEMKA ....bukan malah jadi BE EL EN

poeticmind wrote:terus kenapa pake foto dadah2 segala ... hadooooh... pasti itu temen2 nya si AD74YA.
oh bukaan....kalau esemka DIGD74YA tu yg double-cabin.... kalau yg di foto itu namanya esemka RAD74WALI
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

Risol1 wrote:-cut-
kayaknya gak ada hub-nya om antara isi berita dengan media2 indo = kapitalis.
kalo kita mao liat berita yg mendukung mobil esemka, ya jangan beli koran Lampu Merah :mrgreen: Jujur aja kita semua sekarang tau bahwa di kota solo itu ada sekolah2 SMK yg bisa bikin mobnas (yg juga dipake sbg mobil dinas walikota) ya karena media kan?
Hehehe, disinilah bargain position nya pak jokowi selaku aparat yang patut diteladani. Memberi contoh dan teladan baik sebagai pemimpin, PADA SAAT dirinya masih berkuasa. Ibaratnya, aji mumpung yang positif lah, untuk mendukung kreasi anak negeri.

Nah, dengan posisi dia sebagai orang nomer 1 di Solo, pastilah media menyorot. Disini yang menjadi lakon, adalah pak Jokowi nya dan anak2 SMK sebagai kreator mobil, bukan media nya. Kalo pak Jokowi engga merintis teladan seperti ini, apa jadinya industri anak SMK ini? Apa lupa dengan Tawon? Apa lupa dengan kreasi mobnas anak SMK dari Malang, tapi hanya jadi berita semalam, karena engga ada muatan uang nya dalam berita itu? istilahnya, nggada yang dijual. Padahal kreasi anak SMK dari Malang juga lebih dulu dari anak2 SMK Solo. Tawon juga lebih dulu.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil Nasional???

Post by Nightster Guy »

Weh gara2 pak Jokowi si Esemka kebanjiran order dari pemkab lain plus pengusaha sawit, berita Metro sore tadi. Moga gak hanya sesaat walau ane masih pesimis 'coz udah kultur pejabat kita untuk membebek kwek-kwek.

tapi apapun cerita besok2nya dan apapun latar belakangnya mereka beli, setidaknya cahaya terang udah nampak banget di awal karir si Esemka ini beda ama mobnas2 lain yang mati suri.

Salut buat gebrakan pak Jokowi. :frm_salut:

Eeeeeeeeeeeeeee....

Si Juki Alie numpang beken pula. ngasih statement 'Kita harus hargai dan dukung blablabla....' Tumben si Jukiblok ini moncongnya gak asal jeplak mulutnya seperti biasanya.


Freedom of speech of mine, Jukiblok.

:big_smoking:
Das Beste oder nichts.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

Nightster Guy wrote:Weh gara2 pak Jokowi si Esemka kebanjiran order dari pemkab lain plus pengusaha sawit, berita Metro sore tadi. Moga gak hanya sesaat walau ane masih pesimis 'coz udah kultur pejabat kita untuk membebek kwek-kwek.

tapi apapun cerita besok2nya dan apapun latar belakangnya mereka beli, setidaknya cahaya terang udah nampak banget di awal karir si Esemka ini beda ama mobnas2 lain yang mati suri.

Salut buat gebrakan pak Jokowi. :frm_salut:

Eeeeeeeeeeeeeee....

Si Juki Alie numpang beken pula. ngasih statement 'Kita harus hargai dan dukung blablabla....' Tumben si Jukiblok ini moncongnya gak asal jeplak mulutnya seperti biasanya.


Freedom of speech of mine, Jukiblok.

:big_smoking:
Biasanya sih membebek, om, dan membebek itu tanpa konsep.

Kalo pak Jokowi mah dia udh statement jelas, bahwa setelah dia selesai masa jabatan walikota Solo, dia bercita2 jadi raja otomotif dengan memimpin proyek Esemka ini.

Jadi, tindakannya berkelanjutan, dan terprogram jelas!

jukiblok? Sorry, ane ngga mau kenal dengan penjilat satu itu.
:big_smoking:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Mobil Nasional???

Post by zweifellos »

hehe kek yang lebih pinter aja om2 sekalian dari yang digoblok2in. :upss:

mengenai yang dilakukan walikota solo menurut saya wajar ada yang curiga tapi mestinya bisa ngeliat alasan dan kejadian kenapa dia beli mobil esemka. setau saya mobil esemka itu menggantikan mobil camry buat dia. di sini kalo buat saya udah satu 'pengorbanan' kecil karena memilih mobil yang masih ga jelas di banyak hal dibanding mobil camry yang di indonesia masih dianggap mobil cukup mewah. kalo mau set pikiran jadi curiga ya apa2 bisa kita cari alibi2 negatif dari tindakan orang.

tadi sempat ngebaca, memang mobil esemka ini ada tahapannya sampai nantinya dites semuanya termasuk uji emisi (tahapan yang akan dilakukan). dan katanya mau diusahakan biar bisa produksi masal.

saya pribadi bangga bisa ngeliat ada mobil yang sedikit banyak ada bantuan tangan2 anak level SMA di situ. padahal orang2 yang lebih baik dari mereka (pengetahuan, kemampuan dll) alias insyinyur2 teknik mesin malah blom bisa kaya mereka.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil Nasional???

Post by Nightster Guy »

zweifellos wrote:hehe kek yang lebih pinter aja om2 sekalian dari yang digoblok2in. :upss:

mengenai yang dilakukan walikota solo menurut saya wajar ada yang curiga tapi mestinya bisa ngeliat alasan dan kejadian kenapa dia beli mobil esemka.

- CUT -
Keknya om Pellos rada salah ngerti. :) Siapa nih person yang ane goblok2in?

Joko Widodo a.k.a. Jokowi jelas gak akan saya goblok2in, jelas saya gak akan curiga motif dia pake Esemka, karena ngeliat rekam jejak dia, well saya percaya 200% dia tulus.

Dialah my next Mr. President. :)

Yang ane GOBLOK2IN itu MARZUKI ALIE aka Juki Alie aka JUKIBLOK (Juki Alie [cencored]) aka Ketua DPR kita yang denger2 belakangan mo renov WC DPR 2 milyar duit negara.

Terbukti kan, si JUKIBLOK ini beli hanya buat dongkrak image, tu Esemka dia beli buat PENGAWALNYA dia kok bukan dia mo pake.

Si JUKIBLOK sang ketua DPR inilah yang dulu DENGAN ENTENG bilang: 'Masyarakat yang kena tsunami itu salah sendiri kok tinggal di tepi pantai.' WTF?! Gak kurang goblokkah pernyataan kek gitu, om Pellos?

YUP, MARZUKI ALIE KETUA DPR ADALAH ORANG TERGOBLOK DI INDO. JUKIBLOK, panggilan sayang ane ke dia, om Pellos.
Das Beste oder nichts.
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Mobil Nasional???

Post by doq »

hmmm.....rasa nya walau kita tidak/kurang menyukai seseorang karena tindak-tanduk nya yg dirasa tidak pas atau bahkan salah kurang etis lah utk kita men-judge orang tersebut dg cara memaki :e-think:
apalagi di forum terbuka seperti ini, yg pasti nya banyak dibaca berbagai kalangan dan usia.......ga enak lah klo sampai dicontoh sama abege2 macam akang gitu :upss:

harapan ane sih jangan sampai tabiat ber-forum kita jadi ketularan macam forum2 tetangga yg sampai ga mengenal batasan dalam menulis postingan :big_peace:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6024
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Mobil Nasional???

Post by BADAK »

Benar Om Gay, setiap orang itu melontarkan pendapat gak sepenuhnya salah. Setau saya Pak Juki ini mmg tipe orang yg ceplas ceplos, tp sebenernya pemikirannya pny alasan tersendiri. Pernah saya liat di tv wkt Pak Juki memberikan alasan2 pendapatnya yg kontroversial, n mmg kl diliat dr pola pikirnya mmg ada benarnya. Hanya krn pemikirannya yg melawan arus alias tidak populer, akhirnya jd kontroversial. Saya gak bermaksud ngebelain ya, hny pendapat saya yg awam :D
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil Nasional???

Post by Turboman »

about the latest Esemka MUV :

Mobil panjang 5 Meter / 2 Ton dikasih mesin 1500 cc Gasoline NA......bagaimana driveability-nya yah ??

Ibarat Everest dikasih mesin Apansa 1.5 , wong Everest TDCi aja banyak yg dikasih Dastek lagi

Sy pribadi vote Esemka MUV pake mesin Isuzu 4JB1T - 2800 cc TurboDiesel - mekanikal.
* Bukan ajakan Beli *
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: Mobil Nasional???

Post by Cloud »

Jerome wrote:Esemka
Mobil nasional berikutnya adalah Esemka. Esemka mengambil nama dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Mobil ini sebenarnya merupakan mobil rakitan karya siswa-siswi SMK.
Nama-nama merek Esemka berbeda-beda tergantung SMK mana yang membuatnya. Ada Didgaya, Rajawali, dan lainnya dengan model berbeda-beda mulai dari SUV, MPV dan pikap kabin ganda.
Esemka pertama kali muncul ke publik pada 2009 lalu saat sebuah event di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mesinnya menggunakan mesin 1.500 cc yang berawal dari mesin Timor, namun dimodifikasi sendiri oleh Esemka. Karena berbagai keterbatasan, beberapa parts kendaraan diambil dari mobil yang sudah beredar di Indonesia. Seperti lampu depan, dashboard, dan lampu belakang.
Mobil ini langsung menarik minat publik, karena desainnya sudah sangat bagus. Terakhir mobil ini juga menjadi sorotan di awal tahun 2012 menyusul keputusan Walikota Surakarta Joko Widodo yang menggunakan mobil ini sebagai mobil dinas.
Yup betul, ini mesin dari PT Autocar Industri Komponen (AIK), dulunya pabrik Timor,
jadi sama dengan Timor DOHC (Injeksi).
cuma masalahnya, lolos emisi gk? perlu kalibrasi ulang n + catalytic converter buat lolos Euro 3.

Harusnya emang didukung, toh Indonesia punya pabrik besar, sanggup produksi skala ribuan. bahkan di AIK pun mesin2 CNCnya cukup bagus, mesin cetak pelat juga termasuk besar, Die Castingnya juga sanggup kapasitas besar,
sayang gk dimanfaatkan.
sama ky pt DI, banyak mesin2 yang bisa dioptimalkan. kalo pemerintah serius invest, bisa bikin mobil yang bukan untuk produksi massal dulu,
misal buat kendaraan2 operasional pemerintah, kaya mobil kepresidenan, mobil dinas pejabat2, ato motor dinas buat perngkat desa.
kalau langsung fight dengan kompetitor macam japan, ya collapse,
tapi ada contoh dari semua perangkat pemerintahan, mulai presiden hingga kades.
Kalau pabrik dh ngebul, kualitas pasti bisa ditingkatkan. mungkin awalnya gk usah hi tech. yang penting, bandel, kuat, gk irit2 amat gpp, yg penting gk boros banget. yang penting lagi, desain ok, toh nyawa marketing produk adalah design.
seperti kita ngeliat orang, pertama yang diliat tampang dulu,
Bahkan proton pun kalo gk dilindungi pemerintahnya, gk mungkin sebesar sekarang, bangkrut, iya,
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6024
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Mobil Nasional???

Post by BADAK »

Kalo dikasi mesin turbodiesel khawatirnya hrg bisa menyentuh diatas 100jt lebih donk, Om Turbo? Seperti yg diketahui, material mbl diesel membutuhkan daya tahan lbh tinggi drpd material mbl bensin. Hal ini otomatis meningkatkan ongkos material. Tentu hal ini sangat tidak menguntungkan bagi mobnas yg salah satu kelebihannya adalah "harga murah". Siapa mau membeli mbl yg belum teruji seharga apanja? Mending beli apanja aja drpd ambil resiko gak jelas :D
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil Nasional???

Post by Turboman »

BADAK wrote:Kalo dikasi mesin turbodiesel khawatirnya hrg bisa menyentuh diatas 100jt lebih donk, Om Turbo? Seperti yg diketahui, material mbl diesel membutuhkan daya tahan lbh tinggi drpd material mbl bensin. Hal ini otomatis meningkatkan ongkos material. Tentu hal ini sangat tidak menguntungkan bagi mobnas yg salah satu kelebihannya adalah "harga murah". Siapa mau membeli mbl yg belum teruji seharga apanja? Mending beli apanja aja drpd ambil resiko gak jelas :D
waahh kalo ane pribadi sih suruh bawa mobil yg spek timpang jujur ngeri......ibarat Boeing 777 dikasih mesin 2 biji CFM 56 dari Boeing 737.......

misal aja MUV sebesar Everest kita kasih mesin Apansah 1.5 trus mobil dimuatin 7 orang + barang, alhasil total Gross weight mencapai 2,5 Ton misalnya, trus nanjak ke puncak atau nanjak gedung parkir......maw jadi apa ?

Utk nyetir sehari hari pun mesin akan bekerja sangat berat krn bobot yg dihela, berimplikasi thd kons BBM serta tingkat keausan jeroan mesin tsb.

Ada suatu Golden ratio antara bobot mobil vs Torsi mesin diperlukan, kaidah yg perlu diperhatikan produsen.

Kalo ane jadi produsen MobNas misal mau kejar harga under 100 jt yah yg paling realistis bikin mobil kompak / MPV kecil, material2 lebih sedikit, pake mesin 1500 cc Gasoline masih "keberik"......

Just IMO
* Bukan ajakan Beli *
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Mobil Nasional???

Post by ak4ng »

ada yg tau spec mesin,transmsi, kaki2, body si esemka??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
dieselkiki
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 562
Joined: Fri Oct 24, 2008 10:42

Re: Mobil Nasional???

Post by dieselkiki »

Turboman wrote:
BADAK wrote:Kalo dikasi mesin turbodiesel khawatirnya hrg bisa menyentuh diatas 100jt lebih donk, Om Turbo? Seperti yg diketahui, material mbl diesel membutuhkan daya tahan lbh tinggi drpd material mbl bensin. Hal ini otomatis meningkatkan ongkos material. Tentu hal ini sangat tidak menguntungkan bagi mobnas yg salah satu kelebihannya adalah "harga murah". Siapa mau membeli mbl yg belum teruji seharga apanja? Mending beli apanja aja drpd ambil resiko gak jelas :D
waahh kalo ane pribadi sih suruh bawa mobil yg spek timpang jujur ngeri......ibarat Boeing 777 dikasih mesin 2 biji CFM 56 dari Boeing 737.......

misal aja MUV sebesar Everest kita kasih mesin Apansah 1.5 trus mobil dimuatin 7 orang + barang, alhasil total Gross weight mencapai 2,5 Ton misalnya, trus nanjak ke puncak atau nanjak gedung parkir......maw jadi apa ?

Utk nyetir sehari hari pun mesin akan bekerja sangat berat krn bobot yg dihela, berimplikasi thd kons BBM serta tingkat keausan jeroan mesin tsb.

Ada suatu Golden ratio antara bobot mobil vs Torsi mesin diperlukan, kaidah yg perlu diperhatikan produsen.

Kalo ane jadi produsen MobNas misal mau kejar harga under 100 jt yah yg paling realistis bikin mobil kompak / MPV kecil, material2 lebih sedikit, pake mesin 1500 cc Gasoline masih "keberik"......

Just IMO
om turbo, bisa sharing di sini Golden ratio antara bobot mobil vs Torsi mesin yang diperlukan diperlukan ? ini menarik banget.. balas ya yang lengkap :mky_02:
- faith humanity freedom -
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mobil Nasional???

Post by VanzMatic »

dieselkiki wrote:
Turboman wrote:
BADAK wrote:Kalo dikasi mesin turbodiesel khawatirnya hrg bisa menyentuh diatas 100jt lebih donk, Om Turbo? Seperti yg diketahui, material mbl diesel membutuhkan daya tahan lbh tinggi drpd material mbl bensin. Hal ini otomatis meningkatkan ongkos material. Tentu hal ini sangat tidak menguntungkan bagi mobnas yg salah satu kelebihannya adalah "harga murah". Siapa mau membeli mbl yg belum teruji seharga apanja? Mending beli apanja aja drpd ambil resiko gak jelas :D
waahh kalo ane pribadi sih suruh bawa mobil yg spek timpang jujur ngeri......ibarat Boeing 777 dikasih mesin 2 biji CFM 56 dari Boeing 737.......

misal aja MUV sebesar Everest kita kasih mesin Apansah 1.5 trus mobil dimuatin 7 orang + barang, alhasil total Gross weight mencapai 2,5 Ton misalnya, trus nanjak ke puncak atau nanjak gedung parkir......maw jadi apa ?

Utk nyetir sehari hari pun mesin akan bekerja sangat berat krn bobot yg dihela, berimplikasi thd kons BBM serta tingkat keausan jeroan mesin tsb.

Ada suatu Golden ratio antara bobot mobil vs Torsi mesin diperlukan, kaidah yg perlu diperhatikan produsen.

Kalo ane jadi produsen MobNas misal mau kejar harga under 100 jt yah yg paling realistis bikin mobil kompak / MPV kecil, material2 lebih sedikit, pake mesin 1500 cc Gasoline masih "keberik"......

Just IMO
om turbo, bisa sharing di sini Golden ratio antara bobot mobil vs Torsi mesin yang diperlukan diperlukan ? ini menarik banget.. balas ya yang lengkap :mky_02:
Ah... gue kiran Golden Memory......

Image










.................. :ngacir: :ngacir:

Turboman wrote:
waahh kalo ane pribadi sih suruh bawa mobil yg spek timpang jujur ngeri......ibarat Boeing 777 dikasih mesin 2 biji CFM 56 dari Boeing 737.......

misal aja MUV sebesar Everest kita kasih mesin Apansah 1.5 trus mobil dimuatin 7 orang + barang, alhasil total Gross weight mencapai 2,5 Ton misalnya, trus nanjak ke puncak atau nanjak gedung parkir......maw jadi apa ?

Utk nyetir sehari hari pun mesin akan bekerja sangat berat krn bobot yg dihela, berimplikasi thd kons BBM serta tingkat keausan jeroan mesin tsb.

Ada suatu Golden ratio antara bobot mobil vs Torsi mesin diperlukan, kaidah yg perlu diperhatikan produsen.

Kalo ane jadi produsen MobNas misal mau kejar harga under 100 jt yah yg paling realistis bikin mobil kompak / MPV kecil, material2 lebih sedikit, pake mesin 1500 cc Gasoline masih "keberik"......

Just IMO
Mantapp, om Turbo ilmunya cocok buat ngentasin mobnas ni bareng pa Jokowi. Beliau kan kalo udh ngga menjabat, mau menggawangi ni proyek anak2 SMK!


Ayo om Turbo, dedikasikan ilmu pengetahuan oom demi kemajuan otomotip dalam negeri, om! Saya sih yakin, orang kayak Pak Jokowi ini, yang penting bisa mengangkat harkat orang indonesia, dia engga itung2an bertele2 ala pejabat lain yang NATO..

:frm_tumbright: :frm_tumbleft:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Mobil Nasional???

Post by Nightster Guy »

JOKOWI FOR BETTER INDONESIA, 2014.

:big_smoking:
Das Beste oder nichts.
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mobil Nasional???

Post by Turboman »

VanzMatic wrote: Mantapp, om Turbo ilmunya cocok buat ngentasin mobnas ni bareng pa Jokowi. Beliau kan kalo udh ngga menjabat, mau menggawangi ni proyek anak2 SMK!

Ayo om Turbo, dedikasikan ilmu pengetahuan oom demi kemajuan otomotip dalam negeri, om! Saya sih yakin, orang kayak Pak Jokowi ini, yang penting bisa mengangkat harkat orang indonesia, dia engga itung2an bertele2 ala pejabat lain yang NATO..

:frm_tumbright: :frm_tumbleft:
Ampunn bang...........nuwbie gak qualified buat purpose tsb

Siapapun yg serius dlm pengembangan MobNas pasti akan berani buka Job vacancy utk tenaga2 ahli dan utk tenaga ahli berpengalaman berani bayar tinggi dan banyak ahli2 otomotif di Indonesia yang qualified utk project serius.

Beranikah pelaku MobNas "merekrut" tenaga2 ahli Indonesia yg udah pengalaman kerja di ATPM besar, terutama bag pengembangan dan manufaktur atau ahli2 otomotif yg pernah bekerja di luar negeri yg sudah pulang ke Indo ?
* Bukan ajakan Beli *