

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
itu yg biru di samping itu turbo bukan yah???pcx wrote:Engine SKYACTIV
HIROSHIMA, KOMPAS.com - Mazda Motor Corporation (MMC) mengaku akan menjadi produsen mobil pertama di dunia menggunakan baja ultra-tegangan tinggi. Baja tersebut diperoleh hasil kerjasama dengan Sumitomo Metal Industries, Ltd dan Aisin Takaoka Co.,Ltd. Tegangan baja tersebut mencapai 1.800 Mpa atau 1800 bar. Baja super kuat tersebut akan digunakan pertama kali pada SUV All-New Mazda CX-5 yang akan dipasarkan secara global awal tahun depan.
Lebih Ringan dan Kuat
Baja superkuat tersebut digunakan sebagai landasan atau tempat pemasangan bemper. Baja ini berada bagian dalam bemper depan dan belakang. Fungsinya mengurangi kerusakan bila terjadi tabrakan. Mazda mengklaim, tempat pemasangan bemper ini 20 persen lebih kuat dan 4,8 lebih ringan dibandingan versi sebelumnya.
Ditambahkan baja ini akan menjadi kunci utama untuk memperoleh bodi kendaraan yang makin kokoh namun ringan. Pasalnya, Mazda akan menggunakan baja ini pada produk generasi mendatang. Pengembangan struktur bodi yang merupakan bagian dari teknologi SKYACTIVE bertujuan untuk membuat mobil semakin ringan. Tujuan akhirnya adalah efisiensi penggunaan energi.
Penggunaan baja tegangan tinggi memungkinan komponen kendaraan dibuat lebih tipis namun kekuatannya tetap dapat dipertahankan. Pastinya bobot juga akan berkurang. Faktor tidak hanya berhubungan dengan masalah energi, juga stabilitas dan kegesitan mobil.
Pasalnya, landasaran bemper berada pada bagian paling jauh (paling depan dan belakang) dari struktur bodi mobil. Hal ini sangat menentukan titik berat atau pusat gravitasi mobil. Di lain, baja yang kuat akan melindungi pengemudi dan penumpang mobil bila terjadi tabrakan. Karena itu, Mazda menilai sangat penting mengguanakn baja yang lebih kuat.
Kendati demikian, karena sifat lenturnya kurang – daya serap energi juga rendah – kurang bagus untuk menyerap energi bila terjadi tabrakan. Untuk mengatasi hal ini, Mazda mengaku sedang meriset landasan bemper yang bisa berubah bentuk bila bertabrakan. Selanjutnya, untuk memperoleh bemper yang cukup kuat pada CX-5, Mazda bekerjasama Futaba Kogyo Co. Ltd mengoptimalkan teknik mengelas dan proses pembuatannya.
FortunerMan wrote:Makin tipis..makin ringan...
campoeran wrote:dpt bocoran dari sales mazda . April pasti masuk , harga kisaran 400jt ( surabaya ) brarti ada di level crv 2400cc atau bahkan bisa lbh mahal ...... ya mahal deh jatuhnya.
setahu saya,campoeran wrote:
Ground Clearance
CRV 6.3
CX5 8.5 --- > + 55mm ....... ini berarti lbh gak njenggrok kl lewat poldur ? lbh tinggi ? GC itu gimana sih sistimnya ? apakah kl lbh gede angkanya pasti lbh tinggi ? krn dr gambar kok sekilas rada ceper ini cx5 sedang crv lbh nungging ke atas .