KARBURATOR

Ingin membahas hal-hal umum mengenai sepeda motor, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
AGATH
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Thu Jan 12, 2006 3:10
Location: Indonesia

KARBURATOR

Post by AGATH »

bagaimana melihat fisik karburator standart dgn Keihin PE28 dimana letak perbedaanya. bila pakai karburator PE28 BBM apakah boros?
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

emang CBR karbu vakum juga ya? saya sih cuma tau setelan angin sama setelan gas PJ+MJ dah itu doank :D mungkin ada perbedaanya cari selang/lobang sendiri kali gw gak terlalu ngerti perbedaan
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
Freedayz
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 105
Joined: Sun Jan 16, 2005 12:59
Location: Middle java

Post by Freedayz »

bagaimana melihat fisik karburator standart dgn Keihin PE28 dimana letak perbedaanya.
Perbedaan secara fisik secara langasung tentunya yang karburator standart CBR (Vakum) tentu lebih banyak lobang2nya untuk keperluan vakum-nya, kalo gw ga salah inget sampe 3 lobang termasuk lobang untuk bensin yg dari tangki, dan skep-nya terbuat dari bahan plastik, vakum ini diperlukan untuk mengatur besar-kecilnya bukaan skep. Pengendara pada saat memutar grip gas sebenarnya mengatur bukaan katup kupu-kupu saja, bukaan skep akan menyesuaikan secara otomatis berdasarkan kevakuman/kebutuhan dari silinder.

Sedangkan pada karburator keihin PE28, Jelas terlihat lebih kecil dan lubang-lubangnya tidak sebanyak karburator vakum (standart), kalo saya tidak salah ingat, disitu cuman ada lobang untuk bensin dari tangki dan lobang untuk campuran oli samping. Pada karburator jenis ini saat pengendara memutar grip gas, sebenarnya yang terjadi pada karburator adalah mengatur bukaaan skep.
bila pakai karburator PE28 BBM apakah boros?
Sudah pasti pakai karburator konvensional (PE28) lebih boros, akan tetapi akselerasi dan top speed yang dihasilkan akan lebih baik, karena rpm tinggi mudah diraih. Rata2 cbr pake karbu standart dengan kondisi standart di speedo-nya bisa nyampe 140km/jam, kalo pake PE28 katanya bisa sampe 150 km/h, cuma waktu gw nyoba dulu, untuk sesuaikan PJ dan MJ nya nyarinya susah di jogja. Karbu standart lebih efisien.
emang CBR karbu vakum juga ya?
Tipe karbu CBR150R standart adalah tipe vakum.

Semoga membantu dan selalu CMIIW (Correct Me If I'm Wrong)............
There is sky above the sky...


-----------------------------------------------------------
SAVE THE WORLD FROM GLOBAL WARMING!!
http://worldsilentday.org
http://www.globalwarming.org/ Image
User avatar
AGATH
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Thu Jan 12, 2006 3:10
Location: Indonesia

Post by AGATH »

bagaimana dgn type Keihin PJ 34 mm apa bisa di CBR 150R
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

kegedean bos... bisa2 konsumsi bensin sangat boros, but it's up to you
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

aduh, pj 34 ya, bisa bikin kantong abis dgn 'kenceng' tuh...karbu terbaik menurut gw...
Just Call Me Nichol !!!
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

bro agath saya saranin pake mikuni VM 34. kalo ga salah karbu ini digunakan oleh GSX-R 750. soal konsumsi ya ga beda jauh ama si keihin pj34 :D :D :D
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

tp bingung juga ya, hari gini masih maen karburator? gak mo sekalian aja ganti pake injeksi bak pgm? teknologi tinggi lhooooo
:pppppppppppppppppppppppppppp

:D :D :D
Just Call Me Nichol !!!
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

bro nichol nih ada news baru
TOP SPEED TEMBUS 125 KM/JAM
Piggyback Honda Supra Injeksi



Istilah piggyback sudah tidak asing lagi di telinga mekanik mobil. Lain halnya bagi juru kilik motor. Namun bersamaan hadirnya teknologi motor injeksi, piggyback menjadi wacana baru yang patut dipelajari. “Piggyback bisa dimanfaatkan untuk menambah atau mengurangi volume semprotan bensin. Tujuannya sih mirip dengan mengganti spuyer karburator,” urai Rifai, mekanik Pilar Motor di Jln. Jatiasih No.55, Bekasi, yang iseng mencangkok piggyback mobil pada Honda Supra Injeksi. Wah, pasti dahsyat!

NAIK 15 KM/JAM
Menggali informasi lebih jauh seputar piggyback, OTOMOTIF meluncur ke bengkel Pilar Motor. Tentunya, selain pertanyaan teknis sekaligus tes jalan performa beksi (bebek injeksi) yang telah mengaplikasi piggyback alias penipu ECM (electronic control module).

Dibanding beksi standar, power beksi piggyback lebih terasa nyentak mulai putaran bawah. Bahkan secara keseluruhan, mulai gigi satu hingga empat bawaannya lebih bengis. Gigi satu mampu diajak lari hingga speedometer menunjuk 60 km/jam. Begitu juga ketika persneling dioper ke gigi 2, kecepatan motor mencapai angka 90 km/jam.

“Dengan menambah volume semprotan bensin tenaga mesin serta akselerasi pasti meningkat. Enggak jauh beda dengan menaikkan ukuran pilot jet dan main jet karburator,” tambah Rifai dengan logat Makassar kental.

OTOMOTIFtambah kaget saat pindah gigi 3. Makin jauh gas dipelintir kecepatan motor mencapai 115 km/jam. Angka yang sama dengan top speed beksi standar (gigi 4). Rasa penasaran ingin merasakan top speed beksi piggyback makin menggelora.

Setelah mengambil ancang-ancang serta memastikan jalanan sepi, Supra injeksi kelir hitam dipacu hingga gas pol. Gigi 3 jarum speedometer kembali mencapai angka 115 km/jam. Untungnya rasa tegang campur dag-dig-dug kalah dengan rasa penasaran kesaktian gigi 4.

Sontak, kaki kiri menekan pedal persneling serta mata tajam ke depan sambil sesekali melirik panel penunjuk kecepatan. Sedikit pelintiran gas lagi sudah mentok. Hasilnya luar biasa. Meskipun kondisi standar (tanpa korek mesin dan ganti knalpot racing) kecepatan puncak tembus 125 km/jam. Artinya top speed meningkat 15 km/jam dibanding beksi standar (tes OTOMOTIF top speed mencapai 110 km/jam).

Sayangnya, meskipun telah menempuh jarak ratusan meter, jarum tidak bergeser di angka tersebut. Yup, angka 125 km/jam sepertinya vonis mati bagi beksi piggyback. Tapi lumayanlah buat menambah akselerasi secara instan
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

hehehe..tuh kan teknologi tinggi...ape gw bilang, pada jokul aja deh motor2 loe pade yg masih pake karbu :pppppppppp

ngit, f 150 lu jokul aja, ganti pake high tech macam pgm, hahaha.....

Gw sih tetep setia ma 'bini' gw...masih sanggup 'joging' 200 walau cuma karbu...
Just Call Me Nichol !!!
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

sama! gw sih setia2 aja ama FU di jalan. mo gmana lagi?? 3x menang berturut2 lawan motor 2tak karena my hero. seakrang mah mendingan lagi riset2 dulu aja. cita2 masih pengen kalahin ninja korekan 8) kalau udahkan bisa menyadang sebagai "pemburu 2tak" 8)

mau jodi korban selanjutnya? 8)
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
nichol
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1215
Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
Location: Jakarta Barat

Post by nichol »

tunggu dulu deh, gw lagi mo pasang pgm sbg pengganti karbu di motor gw dulu :ppppppppppp
Just Call Me Nichol !!!
orang_sangit
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 397
Joined: Tue Nov 29, 2005 12:58
Location: most eastern jakarta

Post by orang_sangit »

katanya cinta karbu?? :P
tunggu gw juga deh... mau pasang superkips :PPPPPP
:D KAMI SEBAGAI KAUM LAKI-LAKI MENOLAK KERAS RUU ANTI [cencored] DAN [cencored] :D
User avatar
yoyoyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 901
Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44

Post by yoyoyo »

orang_sangit wrote:katanya cinta karbu?? :P
tunggu gw juga deh... mau pasang superkips :PPPPPP
FU nya sih perlu superkipAs , utk oil cooler nya, :lol: :lol: :lol:
User avatar
yab
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 227
Joined: Mon Oct 03, 2005 13:34
Location: Capital City Of Indo

Post by yab »

ehmm kayaknya FU tuh perlunya RC Valve plus tabung KIS huehuheue (tambah oot aja nih)
........."I love the smell of 2-stoke in the morning.......Smells like victory"............