Grand Livina Users..! - PART 04

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

hmm.. kalo mnurut ane sehh... GL ama apanja itu sama2 ada kelebihan ama kekurangan...

GL itu emang ga ada masalah serius (sejauh yg ane tau lohh)... cuman yah itu, masalah printilan nya dia utk kategori mobil baru itu ckup banyak (malah kebanyakan kayanya), dan aneh nya knapa ampe ari ini ga ada recall dari pihak NMI... itu aja sehh... mudah2an sehh utk GL kluaran skrg uda ilang tuh smua masalah printilan2 konyol.. (denger2 sehh smua masalah printilan konyol tsb uda ga ad di GL kluaran baru, bahkan utk masalah gearbox brisik jg uda di revisi, shg yg versi skrg lebi "less berisik".... cuman ada beberapa user yg mengatakan ada perbedaan karakter antara GL baru dan lama, yg baru lebi enak buat tarikan awal, tapi mesin cepet ngeraung pas di jalan tol)...

mengenai insulasi kabin, ane akui, GL lebi maju selangkah dari apanja... bahkan utk lawan ipah type V skalipun jg GL lebi menang... contoh gampang, liat aja peredam di doortrim GL dan ipah... yg ipah buset dahhh kecil amat tuh peredam, GL malah ampir full satu doortrim dikasi peredam... satu lagi, utk di lantai dek nya pun GL masi ngasi peredam spons karet tipis gt, sedangkan ipah cuman karpet beludru biasa doank..

mengenai apanja, karena ane jg pake ini mobil, kalo mnurut ane sehh, ini mobil ga kenceng2 amat yahh... emang sehh bisa lari ampe 160an atau 180an... cuman yahh itu uda menyiksa mesin banget suara nya... itu mah, jgn kan apanja, panther ane kalo di siksa abis2an jg bisa dapet 160an... blom lagi apanja kalo lari di atas 120an... uda berasa mantul2 nya... lebih kenceng dari itu, feeling di pedal rem kalo ane nginjek jg berasa kurang... definitely sehh ini mobil bukan buat lari kenceng dehh... kalo buat kebut2an, ane masi tetep pegang GL atau livina XR atau xgear ketimbang apanja...

tapi apanja jg ada menang dari GL nya... ini mesin kompresi tinggi mirip GL, tapi dicekokin premium, blom perna tuhh skalipun ane denger mesin nya ngeglitik... sdgkan kalo GL, jangan ditanya... ngeglitik all the way...

dan kalo mengenai peredaman kalo jalan rusak dan bunyi duk duk..... yg ane rasain 11 12 ahh antara apanja ama GL... bunyi jg duk duk gt... atau emang sensor perasa ane yg kelewat cupu yahh.. :upss: :upss: ..
kalo buat jalan rusak mahh, ipah ga ada tandingan dehh... ga ada bunyi aneh2... wong chassis tangga gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Heran nya nissan xtrail lama ane juga knocking (99 persen pertamax), yang dimana secara teoritis akan sangat jarang terjadi secara sudah ada knock sensor nya...
Nah kalau GL juga rentan knocking karena premium, apakah produk nissan ECU nya kurang toleran?

Jadi, mnrt ane selain rasio kompresi yg tertera di brosur, knock sensor sangat berpengaruh thd faktor knocking....mungkin saja manufaktur A knock sensor nya bisa memerintahkan ECU nya memundurkan pengapian sekian derajat...manufaktur B jauh lebih retard lagi...cmiiw
Kalau carbon built up ane rasa tetap saja memakai premium akan lebih dekil jeroan mesinnya...
Btw, 1tr-fe ane knocking loh chiong....mobil utilitas sih...hehhe

Kalau ada yang kurang tepat monggo dikoreksi....
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

nubie nyimak para master turun gunung aja deh... :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
Image
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

@ jembie : kalo di GL sehh banyak faktor jemb... bisa jg karena ratio gigi yg kelewat alus jadi buat tarikan awal yahh berat banget... otomatis yahh knocking lahh mesin nya... beda ama apanja yg ratio gigi kasar, enteng itu tarikan awal...

coba itu 1TR nya di carbjet jemb.. atau di carbon clean skalian.. ama ganti oli yg 5W-30... ganti busi jg... dijamin ilang tuh knocking...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Sebentar aja kambuh kembali chiong...uwkwkwkw...wong ngisi bbm aja dimanapun jadi, asal premium...

Bisa jadi ya kalau karena perbandingan rasio transmisi nya.....nubie nyingkir dulu ya......master ane (hamsiong) sudah muncul.....
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

lu ngejek gua (newbie) jem?? :mky_04: :mky_04: :mky_04:
Image
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Hansen wrote:lu ngejek gua (newbie) jem?? :mky_04: :mky_04: :mky_04:
Gak berani master...
. |*JP*
 :'( 
`` ampunnnn 
<,<,)  dije..
Fairoes
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 225
Joined: Wed Nov 05, 2008 4:06

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Fairoes »

pcx wrote:Kalo om uchychan tertarik sama GL mungkin lebih baik ambil yang GL 1.8 second
Ane masih pakai GL 1.8 M/T 6 speed 2007, dan selama ini ok ok saja.
Waktu awal2 nya denger GL banyak masalah printilan2, was was juga
Untungnya fuel meter ga masalah dan bahkan FC masih irit banget. AC juga no problem.
untuk fc dalkot 1:12 km kalo lukot bisa 1:14/15 km.
Salah satu mobil paling irit yang pernah ane punya.
Cuman ane mendapat masalah di head unit nya yang tombol oin off nya lepas. dan waktu diajukan kliam lama sekali waktu penggantiannya
sekarang setelah HU nya diganti ternyata itu tombol lepas lagi :off_bored:

Sebelumnya ane juga tertarik sama Evalia, tapi waktu liat foto exterior nya ga minat.
akhirnya ane ambil ANA 1.3G M/T 2012, ya jelas masih kalah jauh ama si GL. FC nya juga ga irit irit banget walau sudah ber EPS. tapi memang gitu kan avanza apa adanya
Om ane juga barusan ambil AN X-Trail ternyara FC nya betis tu sama ANA ane :off_no:
nah sekarang ane denger ada recall suspensi depan di ANA, dan juga speedo odo yang korupsi.
whatever lha, nothing perfect in the world :big_peace:
mungkin lebih baik juga tungdu si Evalia, toh waktu peluncurannya akhir bulan ini
siapa tahu penampakan asli nya lebih menarik ketimbang di foto.
itu fc 1:12 dalkot untuk GL 1.8 manual ya.. hmmm lumayan irit juga ya... kalau matiknya berapa ya...

Untuk evalia, coba tunggu aja ampe minggu depan.... katanya sih mulai senin depan para sales2 nisan bakal pada test drive di sentul, walaupun enggak untuk umum, tapi siapa tahu muncul bocoran2 baru.....
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by evolution21 »

numpang ijin memantau jg
secara model yg 1.8 highwaystar sebetulnya makin cantik aja ext dan int
dan kalo bener masalah pritilan hilang makin bagus aja tu
interiornya bener2 menarik, jok kulit, wooden panel, tv. dengan harga 240jt sebetulnya worth money ya?

yg 1.8 kalo digeber tipikal rev happy ato meraung2 aja?

btw t30 ane pakein iridium dan rajin carbon clean 20rb km dan rajin kasi redline fuel system cleaner per 10rb km. hasilnya ada ngelitik alus aja kalo pas nanjak stop n go, tp kadang ga ada (ato ga kedengeran)
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by uchychan »

Waaaww para suhu" turun gunung jga.. Hehee (^o^)V

Btw, Sorry all ga bisa quote satu2, lg buka via hape soalnya :pнËhέ˚˚°нέhë°˚˚нέhê:p

@Pcx : maaf om, sy pngen'a beli mobil baru aja rada kapok beli seken *ex. Greco..

@ DOCH : owh jadi bgtu ya om, sy jd yakin sm pilihan GL tinggal yakinin ortu aja nih. Trus klo mslh gag kuat nanjak itu tergantung driver yg bawa jga ya om? Apa klo yg th Ini jg ada perubahan ya yg mslh itu? Sbnernya sih, greco sy jga krg kuat nanjak klo udh tanjakan b'iringan/macet *ini mesin'a tipe Fwd jg kan yah? Maap yh sy gag gtu ngerti mesin euy x_X
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ak4ng »

uchychan wrote:Waaaww para suhu" turun gunung jga.. Hehee (^o^)V

Btw, Sorry all ga bisa quote satu2, lg buka via hape soalnya :pнËhέ˚˚°нέhë°˚˚нέhê:p

@Pcx : maaf om, sy pngen'a beli mobil baru aja rada kapok beli seken *ex. Greco..

@ DOCH : owh jadi bgtu ya om, sy jd yakin sm pilihan GL tinggal yakinin ortu aja nih. Trus klo mslh gag kuat nanjak itu tergantung driver yg bawa jga ya om? Apa klo yg th Ini jg ada perubahan ya yg mslh itu? Sbnernya sih, greco sy jga krg kuat nanjak klo udh tanjakan b'iringan/macet *ini mesin'a tipe Fwd jg kan yah? Maap yh sy gag gtu ngerti mesin euy x_X
kl masalah kuat atw ga kuat si emg sebuah keniscayaan mobil FWD isi 7 orang aplg lebih.... cobain aja sendiri...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
Bossy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Mon May 14, 2012 3:50

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Bossy »

ak4ng wrote:
uchychan wrote:Waaaww para suhu" turun gunung jga.. Hehee (^o^)V

Btw, Sorry all ga bisa quote satu2, lg buka via hape soalnya :pнËhέ˚˚°нέhë°˚˚нέhê:p

@Pcx : maaf om, sy pngen'a beli mobil baru aja rada kapok beli seken *ex. Greco..

@ DOCH : owh jadi bgtu ya om, sy jd yakin sm pilihan GL tinggal yakinin ortu aja nih. Trus klo mslh gag kuat nanjak itu tergantung driver yg bawa jga ya om? Apa klo yg th Ini jg ada perubahan ya yg mslh itu? Sbnernya sih, greco sy jga krg kuat nanjak klo udh tanjakan b'iringan/macet *ini mesin'a tipe Fwd jg kan yah? Maap yh sy gag gtu ngerti mesin euy x_X
kl masalah kuat atw ga kuat si emg sebuah keniscayaan mobil FWD isi 7 orang aplg lebih.... cobain aja sendiri...
Kuat Kang.. Uda gw coba.. 2taon pake livina 1.5 matic.. Minum premium..

6 orang + bagasi..
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by pcx »

VanzMatic wrote: Bukannya GL deviasi speedonya juga katanya lumayan gede om?

Btw, deviasi speedo untuk safety reason juga kan om? :big_peace:
Yup om VM. dulu waktu blom member di SM, pernah liat GL owner (member SM) yang ngukur dan emang ga cocok katanya.
tapi ane mah lebih sreg kalo bisa ngukur sendiri, masalahnya ga gitu paham hal2 teknikal begini :e-wall:
No worries, mari sepakat untuk safety reason :big_peace:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by pcx »

Fairoes wrote: itu fc 1:12 dalkot untuk GL 1.8 manual ya.. hmmm lumayan irit juga ya... kalau matiknya berapa ya...

Untuk evalia, coba tunggu aja ampe minggu depan.... katanya sih mulai senin depan para sales2 nisan bakal pada test drive di sentul, walaupun enggak untuk umum, tapi siapa tahu muncul bocoran2 baru.....
Yup om, 1.8 manual, kalo matic nya ga tau ni
biasanya rata2 matic lebih boros dari manual kan....cmiiw :mky_01:
evolution21 wrote:numpang ijin memantau jg
secara model yg 1.8 highwaystar sebetulnya makin cantik aja ext dan int
dan kalo bener masalah pritilan hilang makin bagus aja tu
interiornya bener2 menarik, jok kulit, wooden panel, tv. dengan harga 240jt sebetulnya worth money ya?

yg 1.8 kalo digeber tipikal rev happy ato meraung2 aja?

btw t30 ane pakein iridium dan rajin carbon clean 20rb km dan rajin kasi redline fuel system cleaner per 10rb km. hasilnya ada ngelitik alus aja kalo pas nanjak stop n go, tp kadang ga ada (ato ga kedengeran)
Ya om evo21, memang ext & int GL 1.8 HWS menarik banget ketimbang XV dan ultimate nya.
tapi katakanlah begitu kok ane males ambil baru, secara GL sudah berusia 5 taon dan berarti life cycle nya udah hampir abis.
rasanya lebih worthed harga 1.8 XV yang awal keluar masih 168 jt tapi apa yang didapat terasa melebihi harganya.
skali lagi IMO
kalo mesin MR18DE memang top, versi kecilnya T31 2.0 dan Qashqai (MR20DE)
waktu digeber akselerasi ringan spontan banget, nafas mesin di putaran bawah dan atas ga abis2 apalagi di high way.
di tol baru smg-ungaran yang penuh tanjakan dan jadi tempat paling tepat utk ngetes nafas mesin, mesin ga ngos2 an sama sekali.
dan enaknya tetap fun to drive di jalan dalam kota
tipikal rev happy kan om ? :mky_03:
yang ane ga suka, kalo jalan merayap di tanjakan (waktu lama) pasti kopling bau sangit. jauh enakan avanza
tapi kalo kondisi stop+go di tanjakan, mesin ga ngelitik secara rasio kompresi nya masih di bawah 10. ga pake irdium, service rutin di beres
bensin fifty fifty antara premium + pertamax
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ak4ng »

om pcx.. yg 6 speed R nya di sebelah kiri 1 atw di mana??
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Isu gL ndak kuat nanjak itu saya rasa sudah basi...cmiiw
Bossy
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 116
Joined: Mon May 14, 2012 3:50

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Bossy »

ZombiEE wrote:Isu gL ndak kuat nanjak itu saya rasa sudah basi...cmiiw
Basi banget.. Kl emang ga kuat nanjak, dl gw mana Bisa masuk gedung parkir.. Mo ke pegununan jg ga Ada masalah.. Bego amat kl gw beli Mobil ga bs nanjak.. Menghina intelligentsia gw nih.. Wkwkwkwk..
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10473
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ak4ng »

ZombiEE wrote:Isu gL ndak kuat nanjak itu saya rasa sudah basi...cmiiw
tp ane ngalamin langsung jemb... dorong2 mobil malem2 jam 11an di cijapati garut...
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Kalau diliat secara produk tidak logis GL tidak kuat nanjak kang...
Tidak benar juga GL "less competence" untuk urusan nanjak...
Cmiiw saja, asumsi saya, mgkn dorong mobil disebabkan bbrp faktor kang...medan yang licin?kecuraman tanjakan?
Seperti yg disebut bang dohc, perbandingan rasio gigi yang halus jg berkontribusi mnrt saya...
terus, kondisi ban gimana?cara mengemudi di tanjakan bagaimana?
Banyak variabel nya....lantas disebut GL gak kuat nanjak itu menurut saya basi...cmiiw sekali lagi....

Selama saya memiliki mobil fwd, nanjak tidak pernah menjadi masalah...
Misalkan, innova full load terasa lebih stabil performa nanjak nya dibanding xtrail (nanjak vs jalan lurus) adalah wajar,,,grip poros penggerak lebih ada di mobil rwd, blm lagi rasio perbandingan gigi dll,,,itu saja, sampai tidak kuat nanjak sih tidak pernah..
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

bahasanya terlalu dalem buat dicerna jemb... :mky_05: :mky_05: :mky_05:
Image
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Nightster Guy »

:mky_01:

Anu, bang Jemb.... Tolong pake 'bahasa Indonesia', anu.... Kasian adek ane susah ngunyahnya. :wkkk: Tar ane yang kerepotan mesti jelasin word by word ke dia.

:big_weee:

Apaaaaaa dosa ane punya adek dia?
Das Beste oder nichts.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Kaga lah.....saya cuman berusaha meluruskan perihal tidak kuat nanjak nya....sambil berdiskusi...maklum...soalnya ane suka kadang2 juga gak ngerti apa yg ane nulis...‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Nightster Guy »

Kalo sampe gak kuat nanjak sih gak lah IMO, tapi performa nanjaknya 'selapis' di bawah RWD saat pembebanan maksimal, iya.

Saat nanjak, kalo dibebanin maksimal = pantatnya makin berat (titik berat bergeser ke belakang) sedangkan penggeraknya di depan.

Fisika gak boong.
Das Beste oder nichts.
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by ZombiEE »

Nightster Guy wrote:Kalo sampe gak kuat nanjak sih gak lah IMO, tapi performa nanjaknya 'selapis' di bawah RWD saat pembebanan maksimal, iya.

Saat nanjak, kalo dibebanin maksimal = pantatnya makin berat (titik berat bergeser ke belakang) sedangkan penggeraknya di depan.

Fisika gak boong.
Jauh lebih logis bang..hehehee
User avatar
evolution21
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5885
Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by evolution21 »

@pcx
hehe tulisannya menarik bgt tentang gl 1.8
ane pernah sekali jalur pantura ke semarang, mulai deket2 kota semarang ada jalan sedikit berliku liku, naik turun, jarak lumayan panjang dan memang sangat menyenangkan ya utk tes mobil :)

nah kalo yg matic gimana tu um? secara 4speed aja
tenaganya tereduksi banyak?