Grand Livina Users..! - PART 04
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2531
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Kalau memperhatikan mobil matic, kenapa ya lampu mundur nya sering nyala sebentar, ketika mau maju. Apa karena posisi PRNDL itu?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
itu dikarenakan oleh pemindahan tuas dari posisi P ke D harus melewati posisi R dahulu, jadi pas kita menggeser tuas itu ada sepersekian detik masuk posisi Rilhami wrote:Kalau memperhatikan mobil matic, kenapa ya lampu mundur nya sering nyala sebentar, ketika mau maju. Apa karena posisi PRNDL itu?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Betul om..ilhami wrote:Kalau memperhatikan mobil matic, kenapa ya lampu mundur nya sering nyala sebentar, ketika mau maju. Apa karena posisi PRNDL itu?

Itu berarti dia posisi tuasnya baru dipindah dari P. Setelah itu pasti melewati R, trus netral, dan D.

Ah, keduluan master hansen...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Upss...ada master PaSport... supir truk balik kuras tengki solar dulu aahh.....Hansen wrote:upss, ada master Matic...nubie kaburrr dulu




" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
gini aja sis,uchychan wrote:Sy blm tnte2 ya msih kuliah om... ː̗(^▽^)ː̖
Susah om, mrka gaptek soalnya.
Kmren smpet diskusi lg msih nihil hsilnya, impossible..
Katanya harga jual jatohlah, kata org bwa matic ngeri klo mau keluar parkir gedung etc"..
( ̄□ ̄;) oh my god...!!
tanya ke ortu : kenapa mobil2 mewah papan atas malah kebanyakan tidak menyediakan versi manual, alias hanya ada versi matic? apakah mobil2 mewah dan mahal tsb akan cepat rusak? bahkan mobil2 biasa semacam Honda Freed, Nissan Juke, dsb tidak ada versi manualnya? Lantas apakah bisa dibilang bahwa mobil tsb harga jual jatoh, cepat rusak, perbaikan mahal, dll? Kalau misalnya GL juga tidak disediakan versi Manual, piye toh?

just a nubie's point of view

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
wah tante, salah kalo dibilang resale matic jatuh.. dalam beberapa kasus, resale matic lebih tinggi loh.. dan matic less problem dan maintenance. coba aja lihat2 web site jual beli mobil bekas. bandingin harga matic dan manual untuk mobil dengan tipe dan tahun yang sama.uchychan wrote:Sy blm tnte2 ya msih kuliah om... ː̗(^▽^)ː̖
Susah om, mrka gaptek soalnya.
Kmren smpet diskusi lg msih nihil hsilnya, impossible..
Katanya harga jual jatohlah, kata org bwa matic ngeri klo mau keluar parkir gedung etc"..
( ̄□ ̄;) oh my god...!!
emang, kalo transmisi udah rusak lumayan mahal. tp jarang rusak lah...
tapi plis deh.. hare gen masa mobil kita sama dengan angkot dan truk seh? 3 pedal???? ckckckck...

wong bus transjakarta aja matic koq... lebih canggih lagi daripada matic mobil pribadi...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
satu lagi kekurangan matik, kampas rem depan cepet habis...VanzMatic wrote:Wah, kemarin ane baca tret ini dari my Winmo, gatell pengen reply tapi susah login..uchychan wrote:Sy blm tnte2 ya msih kuliah om... ː̗(^▽^)ː̖
Susah om, mrka gaptek soalnya.
Kmren smpet diskusi lg msih nihil hsilnya, impossible..
Katanya harga jual jatohlah, kata org bwa matic ngeri klo mau keluar parkir gedung etc"..
( ̄□ ̄;) oh my god...!!
Ya udah baru dibls skrg..
Sis, matik menawarkan kemudahan2 dan konsekuensi2 sendiri dibanding Manual..
Pros:
1. Kaki kiri istirahat total, kaki kanan doang main gas rem.
2. Dalam kondisi relatif lancar, konsumsi bensin bisa lebih ekonomis apabila kaki kita engga gatel nyalip nyalip melulu, karena ECU sudah mengatur sendiri putaran rpm saat pindah gigi, berdasar tingkat kedalaman injek pedal gas. Kalo kita injekannya santai, ECU juga memerintahkan girboks untuk pindah persneling saat rpm rendah, seperti 2000-2200rpm. Irit kan? Avanza matik saya dalam kondisi lancar, lewat tol, bisa mencetak 1:14, isi 4 orang, AC dobel nyala semua.
3. Tidak ada resiko salah kopling yang menyebabkan mobil tiba2 mati mesin saat macet. Kebayang kan ribetnya, pas lagi macet parah, bisa maju dikit itu anugerah banget, nah kalo pas orang mengharapkan bisa maju, mendadak mesin sis mati karena sis kaget dalam melepas kopling, bisa2 langsung jadi konser klakson deh..![]()
4. Engga diperlukan ganti kampas, dekrup, dll dsb. Cukup ganti oli dan kuras oli matik.
5. Kalau pemakaian dalam arti cara mindahin lever dan kondisi ngegasnya normal2 aja, transmisi matik dirancang lifetime na sama panjangna dengan mobilnya..
Cons (Contras):
1. Trade off dari kenyamanan / kenikmatan kaki kiri makai matik saat kena macet, adalah bensin yang normally lebih boros dibanding manual. Ini lumrah. Misalnya, Avanza manual saat macet, bensinnya jeblok jadi 1:8. Kalau Avanza matik, bakal jadi 1:7. Atau misalnya Soluna manual, kalo kena macet, paling2 konsumsi bensinnya jeblok jadi 1:10,5-11. Kalo Soluna matik, bisa jeblok FC nya jadi 1:9. Begitu kira2.
2. Trade off dari ketiadaan biaya ganti kampas kopling, dekrup dll, adalah biaya KURAS oli matik, yang perlu sampai 7 liter. Kalau ganti oli biasa, hanya 3liter-an. Bisa sampai 7 liter, karena oli baru tersebut dipakai untuk "mendorong" oli lama keluar dari girboks transmisi matik. Istilahnya, menguras yang lama dengan didorong oleh oli yang baru.
3. Trade off dari ketiadaan salah kopling adalah, resiko nyundul/nabrak mobil di depanna akibat kurang dalam saat injak rem. perlu diingat, saat lever matik ada di D, mobil akan tetap menggenlinding. Satu satuna cara adalah dengan injak rem. Nah, kalo udh pakai matik, jangan suka ngelamun saat macet, jangan suka mikir urusan yang ribet2, bikin ngga fokus, nanti secara ngga sadar bakal mengendorkan injekan kaki kanan ke rem.
4. Tidak boleh melewati banjir yang terlalu tinggi, walaupun mobilnya tipe2 tinggi kayak Rushter / Avania / Innova. Matik memiliki sensitifitas lebih tinggi dibanding manual.
5. Terakhir, pemakaian yang kasar, misalnya terlalu grubak grubuk dalam memainkan tuas matik dalam frekuensi yang sering, bisa mengakibatkan solenoid2 girboks matik cepet jebol. Santai saja dalam memindahkan tuas matik. Ngga perlu kudu cepat2.
Monggo master2 yang lain menambahkan, biar ortunya baca ni SM en ngerti advantage pakai matik.
tapi plis deh.. hare gene di jakarta masih manual??

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2531
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Tapi kenapa yang pakai matic masuk ke P ketika lampu merah?
Apakah P di matic = rem tangan ?
Apakah P di matic = rem tangan ?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
nah memang user matic itu kebiasaannya berbeda beda, masuk di posisi P itu memang tujuannya supaya mobil tidak maju/mundur sendiri, tetapi masuk posisi P di lampu merah atau waktu macet bukanlah hal yg tepat utk dilakukanilhami wrote:Tapi kenapa yang pakai matic masuk ke P ketika lampu merah?
Apakah P di matic = rem tangan ?

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Salah kaprah kalau P sebagai pengganti rem tangan...Hansen wrote:nah memang user matic itu kebiasaannya berbeda beda, masuk di posisi P itu memang tujuannya supaya mobil tidak maju/mundur sendiri, tetapi masuk posisi P di lampu merah atau waktu macet bukanlah hal yg tepat utk dilakukanilhami wrote:Tapi kenapa yang pakai matic masuk ke P ketika lampu merah?
Apakah P di matic = rem tangan ?
Bener kalau di posisi P setelah sebelumnya dinetralin dulu, tarik handbrake, nah mobil ketahan handbrake, baru deh masukin P. Biasanya kayak gini kalau timer di lampu merah mencapai 100-200 detik.
Tapi mendingan di N aja, trus ditahan handbrake.
Kalau handbrake, paling2 resikonya hanya posisi lever nya yang bakal semakin naik, tanda minta disetel ulang. Ini mudah. Kalo ngga bisa, bengkel pinggir jalan aja bisa setel handbrake.
Kalau mekanisme P nya yang bermasalah akibat salah kaprah menjadikan posisi P sebagai handbrake, ini yang masalah besar...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
waaaww, makasih byk yah master @VM atas pencerahan'a.. udh sy copy utk print out nih ttg segala matik dr master2 SM biar mereka tau matik itu gmn...
moga2 aja mrka jd pikir2 lg
thanks semua


moga2 aja mrka jd pikir2 lg

thanks semua

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
BADAK wrote:Wah sama donk kalo gitu sis, saya jg masih kuliah semester akhiruchychan wrote:Sy blm tnte2 ya msih kuliah om... ː̗(^▽^)ː̖
Susah om, mrka gaptek soalnya.
Kmren smpet diskusi lg msih nihil hsilnya, impossible..
Katanya harga jual jatohlah, kata org bwa matic ngeri klo mau keluar parkir gedung etc"..
( ̄□ ̄;) oh my god...!!.................................
![]()
ini jgn'' kembaran ak4ng ke2 nih samaan ngomong'a...??



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Saya belajarnya dari sesepuh Hansen, sis....uchychan wrote:waaaww, makasih byk yah master @VM atas pencerahan'a.. udh sy copy utk print out nih ttg segala matik dr master2 SM biar mereka tau matik itu gmn...![]()
![]()
moga2 aja mrka jd pikir2 lg
thanks semua


Saya cuman supir truk kok..


" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Kalau yang ditakutkan misalnya jatuh dari parkiran tinggi, analisis bodoh saya bilang begini:
Kemungkinan paling besar, dia salah prediksi posisi gear, DAN tidak melihat posisi gir matik di dashboard.
Konfigurasi yang umum adlh: P, R, N, D, (3 kalau ada), 2, 1/L
Kemungkinan, dia mengira sedang di N. Sehingga kalau sedang di N, geser sekali ke arah belakang, sudah D, alias maju.
Tapi, sekali lagi mungkin loh ya, kenyataannya sedang berada di posisi P, sehingga kalau sekali geser tuas ke arah belakang, malah ke posisi R alias REverse / MUNDUR!! Jadilah mobil menyentak ke belakang, bukannya maju.
Kemungkinan pas konfigurasi lever nya seperti ini:

Makanya di beberapa mobil, sekarang tuasnya dibikin model gate. Berliku2. Sehingga, kalo di posisi P, untuk digerakkan ke belakang, kudu geser ke kiri dulu baru ke belakangnya,

Begitu...
Mohon koreksi dari suhu2 SM..

Kemungkinan paling besar, dia salah prediksi posisi gear, DAN tidak melihat posisi gir matik di dashboard.
Konfigurasi yang umum adlh: P, R, N, D, (3 kalau ada), 2, 1/L
Kemungkinan, dia mengira sedang di N. Sehingga kalau sedang di N, geser sekali ke arah belakang, sudah D, alias maju.
Tapi, sekali lagi mungkin loh ya, kenyataannya sedang berada di posisi P, sehingga kalau sekali geser tuas ke arah belakang, malah ke posisi R alias REverse / MUNDUR!! Jadilah mobil menyentak ke belakang, bukannya maju.
Kemungkinan pas konfigurasi lever nya seperti ini:
Makanya di beberapa mobil, sekarang tuasnya dibikin model gate. Berliku2. Sehingga, kalo di posisi P, untuk digerakkan ke belakang, kudu geser ke kiri dulu baru ke belakangnya,
Begitu...

Mohon koreksi dari suhu2 SM..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Gw dibilang kembaran ak4nguchychan wrote:BADAK wrote:Wah sama donk kalo gitu sis, saya jg masih kuliah semester akhiruchychan wrote:Sy blm tnte2 ya msih kuliah om... ː̗(^▽^)ː̖
Susah om, mrka gaptek soalnya.
Kmren smpet diskusi lg msih nihil hsilnya, impossible..
Katanya harga jual jatohlah, kata org bwa matic ngeri klo mau keluar parkir gedung etc"..
( ̄□ ̄;) oh my god...!!.................................
![]()
ini jgn'' kembaran ak4ng ke2 nih samaan ngomong'a...??![]()
hihihii


Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
BADAK wrote:Gw dibilang kembaran ak4nguchychan wrote:BADAK wrote:Wah sama donk kalo gitu sis, saya jg masih kuliah semester akhir.................................
![]()
ini jgn'' kembaran ak4ng ke2 nih samaan ngomong'a...??![]()
hihihii
![]()




" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Ahhh...lebih enakan manual, berasa nyetir mobil sungguhan. Pake matic kyk naek bombomcar aja............maskopat wrote:satu lagi kekurangan matik, kampas rem depan cepet habis...VanzMatic wrote:Wah, kemarin ane baca tret ini dari my Winmo, gatell pengen reply tapi susah login..uchychan wrote:Sy blm tnte2 ya msih kuliah om... ː̗(^▽^)ː̖
Susah om, mrka gaptek soalnya.
Kmren smpet diskusi lg msih nihil hsilnya, impossible..
Katanya harga jual jatohlah, kata org bwa matic ngeri klo mau keluar parkir gedung etc"..
( ̄□ ̄;) oh my god...!!
Ya udah baru dibls skrg..
Sis, matik menawarkan kemudahan2 dan konsekuensi2 sendiri dibanding Manual..
Pros:
1. Kaki kiri istirahat total, kaki kanan doang main gas rem.
2. Dalam kondisi relatif lancar, konsumsi bensin bisa lebih ekonomis apabila kaki kita engga gatel nyalip nyalip melulu, karena ECU sudah mengatur sendiri putaran rpm saat pindah gigi, berdasar tingkat kedalaman injek pedal gas. Kalo kita injekannya santai, ECU juga memerintahkan girboks untuk pindah persneling saat rpm rendah, seperti 2000-2200rpm. Irit kan? Avanza matik saya dalam kondisi lancar, lewat tol, bisa mencetak 1:14, isi 4 orang, AC dobel nyala semua.
3. Tidak ada resiko salah kopling yang menyebabkan mobil tiba2 mati mesin saat macet. Kebayang kan ribetnya, pas lagi macet parah, bisa maju dikit itu anugerah banget, nah kalo pas orang mengharapkan bisa maju, mendadak mesin sis mati karena sis kaget dalam melepas kopling, bisa2 langsung jadi konser klakson deh..![]()
4. Engga diperlukan ganti kampas, dekrup, dll dsb. Cukup ganti oli dan kuras oli matik.
5. Kalau pemakaian dalam arti cara mindahin lever dan kondisi ngegasnya normal2 aja, transmisi matik dirancang lifetime na sama panjangna dengan mobilnya..
Cons (Contras):
1. Trade off dari kenyamanan / kenikmatan kaki kiri makai matik saat kena macet, adalah bensin yang normally lebih boros dibanding manual. Ini lumrah. Misalnya, Avanza manual saat macet, bensinnya jeblok jadi 1:8. Kalau Avanza matik, bakal jadi 1:7. Atau misalnya Soluna manual, kalo kena macet, paling2 konsumsi bensinnya jeblok jadi 1:10,5-11. Kalo Soluna matik, bisa jeblok FC nya jadi 1:9. Begitu kira2.
2. Trade off dari ketiadaan biaya ganti kampas kopling, dekrup dll, adalah biaya KURAS oli matik, yang perlu sampai 7 liter. Kalau ganti oli biasa, hanya 3liter-an. Bisa sampai 7 liter, karena oli baru tersebut dipakai untuk "mendorong" oli lama keluar dari girboks transmisi matik. Istilahnya, menguras yang lama dengan didorong oleh oli yang baru.
3. Trade off dari ketiadaan salah kopling adalah, resiko nyundul/nabrak mobil di depanna akibat kurang dalam saat injak rem. perlu diingat, saat lever matik ada di D, mobil akan tetap menggenlinding. Satu satuna cara adalah dengan injak rem. Nah, kalo udh pakai matik, jangan suka ngelamun saat macet, jangan suka mikir urusan yang ribet2, bikin ngga fokus, nanti secara ngga sadar bakal mengendorkan injekan kaki kanan ke rem.
4. Tidak boleh melewati banjir yang terlalu tinggi, walaupun mobilnya tipe2 tinggi kayak Rushter / Avania / Innova. Matik memiliki sensitifitas lebih tinggi dibanding manual.
5. Terakhir, pemakaian yang kasar, misalnya terlalu grubak grubuk dalam memainkan tuas matik dalam frekuensi yang sering, bisa mengakibatkan solenoid2 girboks matik cepet jebol. Santai saja dalam memindahkan tuas matik. Ngga perlu kudu cepat2.
Monggo master2 yang lain menambahkan, biar ortunya baca ni SM en ngerti advantage pakai matik.
tapi plis deh.. hare gene di jakarta masih manual??



Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
OM NG,....! MOBIL MASTENG ENTE YANG METIK DIBILANG BOM BOM CAR NIH...!BADAK wrote:Ahhh...lebih enakan manual, berasa nyetir mobil sungguhan. Pake matic kyk naek bombomcar aja............maskopat wrote: satu lagi kekurangan matik, kampas rem depan cepet habis...
tapi plis deh.. hare gene di jakarta masih manual??![]()
![]()

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6542
- Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
- Location: somewhere between here and eternity
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Intinya, metik harus lebih dirawat, dan perlu ongkos ekstra, serta bengkel jagoan (bila uda terlanjur trobel). Sedangkan manual, superbadak.VanzMatic wrote:- CUT -
Sis, matik menawarkan kemudahan2 dan konsekuensi2 sendiri dibanding Manual..
Pros:
- CUT -
Cons (Contras):
- CUT -
Bukti? Di mana2 bertebaran kan 'bengkel transmisi metik' tapi gak pernah nemu kan 'bengkel transmisi manual' hehehe karena memang nyaris 100% anti rusak.
----------
Paradigma usang yang juga masih saya anut (yang kalimat kedua, soal bombom car).BADAK wrote:Ahhh...lebih enakan manual, berasa nyetir mobil sungguhan. Pake matic kyk naek bombomcar aja............![]()
![]()
Kalo kalimat yang pertama, hmmmmmmm kalo kata 2 temen yang bule Amrik malah bilang yang 'nyetir beneran' yang metik hehehehe....... Harus diakuin trend akan bergeser ke metik only karena jauh lebih cocok buat kondisi terkini plus menyamankan driver yang makin lama memang makin menuntut lebih, makin manja.
----------
[
Mustang ane yang manual om........VanzMatic wrote:OM NG,....! MOBIL MASTENG ENTE YANG METIK DIBILANG BOM BOM CAR NIH...!

Das Beste oder nichts.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Mungkin maksudnya gini om...Nightster Guy wrote:Intinya, metik harus lebih dirawat, dan perlu ongkos ekstra, serta bengkel jagoan (bila uda terlanjur trobel). Sedangkan manual, superbadak.VanzMatic wrote:- CUT -
Sis, matik menawarkan kemudahan2 dan konsekuensi2 sendiri dibanding Manual..
Pros:
- CUT -
Cons (Contras):
- CUT -
Bukti? Di mana2 bertebaran kan 'bengkel transmisi metik' tapi gak pernah nemu kan 'bengkel transmisi manual' hehehe karena memang nyaris 100% anti rusak.
kalo engga ada tulisan Bengkel transmisi manual, bukan berarti nyaris tidak bisa rusak, tapi, hampir bisa dipastikan, bengkel rumahan/pinggir jalan, hampir bisa dipastikan bisa overhaul dan perbaiki transmisi manual/..
Tapi, tidak semua bengkel rumahan / pinggir jalan gape tanganin transmisi matic kan?
Eh... tunggu tunggu... seinget ane, bengkel nya anak2 idmoc jogja, engga pernah bikin tulisan bengkel transmisi matic, engga bikin tulisan apapun.. Posisi di pinggir sawah, terpencil, tapi didalemnya, dia sedang perbaikin segelondong matic nya BMW seri 7, Volvo, ama Starlet dibikin ber-turbo buat turun 1/4 mil...



" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Sorry a little oot..
Gmne ane ga dejavu, pernyataan'a mirip persis.. Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚
Akhir'e strategy succeed terpancing!
Kmren mods hansen, skrg mods badak. Bsk2 siapa yah.. :pнËhέ˚˚°нέhë°˚˚нέhê:p
Sorry no offense,
Gmne ane ga dejavu, pernyataan'a mirip persis.. Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚
Akhir'e strategy succeed terpancing!
Kmren mods hansen, skrg mods badak. Bsk2 siapa yah.. :pнËhέ˚˚°нέhë°˚˚нέhê:p
Sorry no offense,
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10473
- Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
- Location: smi, bdg, jawa barat
- Daily Vehicle: Unimog
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
sis uchy.... cobain dulu metiknya jaguar.. kl itu kemungkinan salah masuknya besar bgtbuat yg baru megang... cb aja yg XF..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6024
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
Tadi dibilang kembaran ak4ng, sekarang dibilang "mods"uchychan wrote:Sorry a little oot..
Gmne ane ga dejavu, pernyataan'a mirip persis.. Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚ Ɯǩά=))º°˚
Akhir'e strategy succeed terpancing!
Kmren mods hansen, skrg mods badak. Bsk2 siapa yah.. :pнËhέ˚˚°нέhë°˚˚нέhê:p
Sorry no offense,


Mendingan gw cepet kabur aja dah dr tret ini...................................



Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Grand Livina Users..! - PART 04
@ak4ng : woww duo ak4ng muncul.. (^o^)V : Peace ! Ahh ane ga lepel ama mbil gtuan k4ng..
@Ak4ng2 AKA Badak : ahh dksih ak4ng salah dksih yg td salah ( ˘͡ -˘͡) yaudeh dah..
Okay2 maap para senior" SM *forgive me*, krn gw buka via mobile browser Busuk gw, jd'a kasta2 di SM tdk Nampak.. So, gw Gɑ̤̈ªª tau mana yg mods", mana yg veteran.. Cmiiw
@Ak4ng2 AKA Badak : ahh dksih ak4ng salah dksih yg td salah ( ˘͡ -˘͡) yaudeh dah..
Okay2 maap para senior" SM *forgive me*, krn gw buka via mobile browser Busuk gw, jd'a kasta2 di SM tdk Nampak.. So, gw Gɑ̤̈ªª tau mana yg mods", mana yg veteran.. Cmiiw

Last edited by uchychan on Fri Jun 01, 2012 7:39, edited 1 time in total.