Grand Livina Users..! - PART 04

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

kalo kompresor sehh waktu di cek ama tukang ac ane, katanya masi bagus bro... btw bro ada kenalan bengkel ac yg trima bongkar bearing ac lipina ?? bengkel ane kmaren rada ogah gt... ga ada untung kali tuh..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:om lv... thanks info nya... bener2 informatif...

livina saya livina xr, kluaran taon 2008.. beberapa minggu lalu evap saya bocor karena kotor banget ktutup lumpur... saya ada sertakan foto nya di tret ini di page sblom nya... nahh sblom itu evap bocor jg mulai kluar bunyi2an dari kompresor... cuman bunyi nya biasa kalo mobil uda panas... dan bunyi nya biasa kluar kalo kompresor lagi aktif... kalo kompresor lg ga aktif yahh ga bunyi walaupun kondisi rpm lagi tinggi..

karet bandulan masi utuh ada 4 om... cuman kan bandulan2 tsb nempel di satu besi plat... nahh besi plat tsb kalo ane toel2 pake tangan, dia bsa gerak2... curiga ane, itu besi pelat yg kalo lagi nyala, getaran nya yg bkin bunyi kenceng...

btw calsonic nya bukan calsonic jepang om.. tapi buatan thailand... dan ga smua komponen ac nya livina pake merek calsonic... utk blower dan internal part dari ac nya make merek valeo..
btw, bro DOHC lihat bandulan saja atau pegang isi dalam bandulannya.. kalau cuma dilihat doank, pasti empat2nya ada bro, soalnya itu dari besi ngak bakal copot, yang copot itu isinya yg dari bahan semacam karet, harus diraba baru bisa tahu bro, dan posisi agak susah terjangkau yach.. mungkin mesti masuk kolong baru bisa raba.
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:kalo kompresor sehh waktu di cek ama tukang ac ane, katanya masi bagus bro... btw bro ada kenalan bengkel ac yg trima bongkar bearing ac lipina ?? bengkel ane kmaren rada ogah gt... ga ada untung kali tuh..
Bengkel yg lumayan bagus dan jadul setahu saya Nada Dharma di Grogol
hm.. ogah2an ya? Saya waktu itu jg sama perlakukannya, soalnya setelah saya desak, katanya percuma bro, kalau sudah dibongkar tapi sparepart bearing AC calsonic kaga ada gimana? malah kamu yg rugi harus byr ongkos bongkar, saya waktu itu, dah ngotot, masa sich cari bearing yang mirip2 kaga ada, tetep aja katanya pasti kaga ada yg mirip, soalnya hrs pakai yang pas bgt.

btw, ini iseng2 searching, katanya dah ada evap KW, tp masih ngak disebut bearing ada apa ngak.
http://mobil.otomotifnet.com/read/2012/ ... ebih-Murah
User avatar
Nightster Guy
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6542
Joined: Thu Sep 30, 2010 16:20
Location: somewhere between here and eternity

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Nightster Guy »

DOHC wrote:bro enji gay...

jangan salah... keluhan ac yg dialamin ama bro lv... itu perna ane denger dengan kuping ane sendiri waktu ane servis evap gl ane... ane kira tuh user GL cuman orang awam yg kasar make ac nya trus nyalah2in nissan... karena setau ane, yg namanya kompresor itu kalo pemakaian nya normal, umur nya panjang koq...

btw bagi link nya donk om yg ttg pembahasan si calsonic itu... kalo nt malu2, lewat pm jg bole...
Kompresor di SEMUA mobil yang ane pernah pake/punyai ( yang paling lama mobil yang sekarang ini uda 7 taun, usia mobil uda 10 taun), gak pernah ada 1 pun yang pernah ganti kompresor. Perawatan normal gak dimanjakan berlebihan. Yang Escudo sekarang ini merk OEM AC nya aneh juga gak lazim, brand Seiko Seiki.

Tulisan bro LV di sebelah persis sama ama di sini mod. Tapi kalo penasaran, nih: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2055242712
Das Beste oder nichts.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

waduhh... besok dehh ane coba raba bro... mudah2an ada... yup, yg evap kw an itu yg ane pake skrg... scara fisik ane liat sehh mirip banget ama yg bawaan nissan... bahkan dari bahan pun jg mirip banget... tapi harganya murah jauhh... di beres dihargain evap itu 1.7 jt, termasuk ppn udah... tapi parts doank... ane beli tuh evap KWan ama skalian masang cuman 1.2 jt (sebelum nego)..

om enjigay, dulu ane perna pliara terano, beli seken dari paman ane ampe di jual tuh mobil total ada 5 taon di tangan kluarga ane, kompresor merek zexel aja kaga perna knapa2... panther ane apa lagi, dari beli taon 99 ampe di jual taon 2011, kaga perna ganti kompresor, ampe dah 3 taon terakir sblom di jual jga ampe dah bunyi ngorok kenceng banget jg masi nendang dingin nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:waduhh... besok dehh ane coba raba bro... mudah2an ada... yup, yg evap kw an itu yg ane pake skrg... scara fisik ane liat sehh mirip banget ama yg bawaan nissan... bahkan dari bahan pun jg mirip banget... tapi harganya murah jauhh... di beres dihargain evap itu 1.7 jt, termasuk ppn udah... tapi parts doank... ane beli tuh evap KWan ama skalian masang cuman 1.2 jt (sebelum nego)..

om enjigay, dulu ane perna pliara terano, beli seken dari paman ane ampe di jual tuh mobil total ada 5 taon di tangan kluarga ane, kompresor merek zexel aja kaga perna knapa2... panther ane apa lagi, dari beli taon 99 ampe di jual taon 2011, kaga perna ganti kompresor, ampe dah 3 taon terakir sblom di jual jga ampe dah bunyi ngorok kenceng banget jg masi nendang dingin nya...
Jujur, saya cukup yakin pasti ada 1 atau 2 karet yang hilang, soalnya kalau masih lengkap semua, mestinya ngak kendor dan bunyi seperti bro katakan, malah bagus jadi ketahuan dan bisa diperbaiki segera jgn sampai gotrinya pada keluar, drpd sampai sekarang masih wondering bunyi darimana :)

Ini ada gambar yang lebih jelas
Image
ambil dari http://www.autorotaryacmobil.blogspot.com/
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

bro, cara masang tuh karet bulet gmana bro... ajarin donk caranya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by maxx »

LV wrote:
DOHC wrote:waduhh... besok dehh ane coba raba bro... mudah2an ada... yup, yg evap kw an itu yg ane pake skrg... scara fisik ane liat sehh mirip banget ama yg bawaan nissan... bahkan dari bahan pun jg mirip banget... tapi harganya murah jauhh... di beres dihargain evap itu 1.7 jt, termasuk ppn udah... tapi parts doank... ane beli tuh evap KWan ama skalian masang cuman 1.2 jt (sebelum nego)..

om enjigay, dulu ane perna pliara terano, beli seken dari paman ane ampe di jual tuh mobil total ada 5 taon di tangan kluarga ane, kompresor merek zexel aja kaga perna knapa2... panther ane apa lagi, dari beli taon 99 ampe di jual taon 2011, kaga perna ganti kompresor, ampe dah 3 taon terakir sblom di jual jga ampe dah bunyi ngorok kenceng banget jg masi nendang dingin nya...
Jujur, saya cukup yakin pasti ada 1 atau 2 karet yang hilang, soalnya kalau masih lengkap semua, mestinya ngak kendor dan bunyi seperti bro katakan, malah bagus jadi ketahuan dan bisa diperbaiki segera jgn sampai gotrinya pada keluar, drpd sampai sekarang masih wondering bunyi darimana :)

Ini ada gambar yang lebih jelas
Image
ambil dari http://www.autorotaryacmobil.blogspot.com/
Ada penyebab pasti ga kenapa karet tsb bisa copot?
Apakah rentan copot?
kok gw jadi was2 gini nih.. :mky_01:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

Bro, sorry saya waktu itu sdh ngak tanya2 soal karet lagi ke bengkel Ac, wong punya saya dah ancur gotri didalamnya, dah sibuk ngurusin part itu dulu. Mungkin bengkel AC sdh jual, apalagi kalau sekarang mungkin sdh ada.

Karena pertanyaan bro max, aku jd mikir lg soal karet yg jd asal muasal penyakitnya, kenapa jg pakai karet bandulan gitu ya? Namanya jg karet, mau karet anti panas kalau bertahun2 gitu panas kena putaran rpm, yah masuk akal jg kalau sampai copot rekatan ke selongsong bandulan besinya. Gara2 livina, kalau ada mobil dipajang dimall, suka aku perhatiin model kompresornya, kok yg gue lihat ngak ada yg pakai model gandulan gitu ya? Evalia jg ngak pakai model gitu.. Mungkin ada yg expert bisa kasih pencerahan..
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

Nightster Guy wrote:
DOHC wrote:bro enji gay...

jangan salah... keluhan ac yg dialamin ama bro lv... itu perna ane denger dengan kuping ane sendiri waktu ane servis evap gl ane... ane kira tuh user GL cuman orang awam yg kasar make ac nya trus nyalah2in nissan... karena setau ane, yg namanya kompresor itu kalo pemakaian nya normal, umur nya panjang koq...

btw bagi link nya donk om yg ttg pembahasan si calsonic itu... kalo nt malu2, lewat pm jg bole...
Kompresor di SEMUA mobil yang ane pernah pake/punyai ( yang paling lama mobil yang sekarang ini uda 7 taun, usia mobil uda 10 taun), gak pernah ada 1 pun yang pernah ganti kompresor. Perawatan normal gak dimanjakan berlebihan. Yang Escudo sekarang ini merk OEM AC nya aneh juga gak lazim, brand Seiko Seiki.

Tulisan bro LV di sebelah persis sama ama di sini mod. Tapi kalo penasaran, nih: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2055242712
sama bro, yah baru kali ini nemuin, tp kompresor livina saya jg ngak rusak kok, msh rusak Pully (namanya kalau di bengkel ac) atau bearing dalam aja, AC msh dingin bgt. Yang gue sesalin dr Nissan, kok ngak disiapin sparepart yg rusak saja, jgn main enaknya ganti kompresor satu set, yg plg mahal khan kompresornya, mana merek AC jg ngak umum, nyari part jg makin susah. Kalau gue beli mobil eropa mercy atau bmw, pasti dah tahu dan siap dana alau rusak dikit, hrs ganti satu set di beres. Kalau pembeli livina khan beda, dari pemilihan mobil saja dah ketahuan kebanyakan nyari iritnya, yg pasti harapan running cost jg rendah, masa treatment disamain kayak punya mobil eropa. Bener ngak sich?
marama
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 919
Joined: Thu Feb 04, 2010 8:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by marama »

dapet info dari sales nissan , ktnya GL mau facelift lg hbs lebaran, yg tipe XV ud pakai airbag (driver) dan abs + ebd, sama smua GL pakai safety belt baris ketiga, tp hrg estimasi naik 6jt an :big_slap:

Dia juga bilang, model SV nanti bemper + spion sewarna bodi, XV grill + bemper spt HWS skrg, dan tipe 1.8 turun harga

hmm apa ini strategi nissan ya, krn pasarnya mulai tergerus ertiga, dan kompetitor fitur safety nya lbh komplit, atau mgkn krn evalia nya sdh ada airbag + abs, jd GL diupgrade :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

karet2 tsb ternyata ga dijual... dan ampir sbagian besar bengkel ac ogah ngerjain atau masangin karet bgituan atau di akalin... mungkin karena emang ga ada untung nya jg kali buat mreka...

muter2 toko ac jg rata2 jarang yg nyetok pulley bserta bandulan tsb utk kompresor livina, rata2 minta segelondong utuh kompresor..

tp di atrium akhirnya ada 2 toko yg jual alat2 ac... dan mreka nyetok pulley beserta bandulan tsb.. walaupun itu bukan barang asli calsonic alias ga jlas buatan mana... harga kisaran 600 rebu.... excl jasa dan freon... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by pcx »

maxx wrote:Wadoh :weekk: .. jadi ngeri nih pakai lama2 :ungg: ... baru 19rb sih... apa jual aja ya... tp sayang :mky_01:
jual aza GL nya om maxx, kan udah inden OS PX yang lebih fresh from the oven :mky_02:
gantian OS nya saja yang disayang2
nanti 5 taon OSnya, km nya jangan2 hanya 9rb saja ni :mky_01:
:big_peace: :big_peace:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:karet2 tsb ternyata ga dijual... dan ampir sbagian besar bengkel ac ogah ngerjain atau masangin karet bgituan atau di akalin... mungkin karena emang ga ada untung nya jg kali buat mreka...

muter2 toko ac jg rata2 jarang yg nyetok pulley bserta bandulan tsb utk kompresor livina, rata2 minta segelondong utuh kompresor..

tp di atrium akhirnya ada 2 toko yg jual alat2 ac... dan mreka nyetok pulley beserta bandulan tsb.. walaupun itu bukan barang asli calsonic alias ga jlas buatan mana... harga kisaran 600 rebu.... excl jasa dan freon... :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:

Bro DOHC, jadi bener yah, karet2nya ada yang hilang?
Wah, saya pikir setelah 2 tahun (punya gue rusak di 2010), karet2 atau pulley tersebut sudah banyak yang jual, ternyata masih sama aja, hm...

Coba ke BERES Nissan, waktu itu saya di BERES puri indah, ngurusin Livina ke2 punya saudara, setelah marah2 kok bisa2nya GL lain dengan jarak cuma beda +/- 1 bulan hilang jg karetnya dan bikin bunyi2 ngak enak (kalau punya saudara saya karena baru 1 hari bunyi, ngak separah GL saya tp lupa perhatiin apa gotri didalam pulley dah hilang), masa saya harus ganti 1 kompresor lagi, akhirnya mereka baru usaha cari pulleynya saja, akhirnya setelah beberapa hari ada, tp harganya jg 1jtan sama ongkos (tetap lebih rela, dibanding harus beli satu set sama kompresor +/- 4jtan). Tp, pulley lama diambil sama BERES ya, jd ngak tahu apa sebenarnya mereka pakai buat claim ke pusat pakai GL yg masih warranty apa ngak.

Fyi, kalau memang bisa diganti pulleynya saja, sebenernya ngak perlu ganti freon seingat saya, karena freon itu ada didalam kompresor, dan pulleynya saja bisa dicabut langsung dari dalam mobil, jadi ngak perlu copot kompresor segelondongan bersama pulleynya (kalau copot satu set yach memang harus isi freon lagi). Kecuali, mungkin kalau gotri dah hancur, jadinya mau copot lgs dari dalam mobil jg susah.

Saran sich bro, kalau beda ngak banyak sama di BERES mending beli pulley yg ORI, pasang boleh di BERES atau tempat lain (yg bisa ganti langsung tanpa copot kompresor), soalnya ini berhubungan sama karet, yg ori aja umurnya pendek, kalau merek ngak jelas gitu, karet didalam bandulannya bisa tahan berapa lama? terus kualitas bearing/gotrinya?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

om lv..itu nt yakin kalo yg di beres itu aseli nissan atau calsonic punya ?? soalnya kmaren yg merek ga jlas itu aja bentuknya identik sama persis lohh ama yg bawaan mobil.. bahkan harga nya pun mirip... jd jgn2 beres jg ngambil nya dari tempat2 onderdil gt jg kali.. dan utk beres nissan pluit, ane barusan nanya ama salah satu bagian bengkel nya, katanya sehh biasa mreka jualan part itu uda ada list nya... jd kalo kompresor yahh mreka cuman ada segelondong utuh, mreka blom dapet kalo ada part2 terpisah sperti bearing nya doank, magnetic clutch nya doank atau center plate nya doank... itu alesan nya makanya mreka kalo bunyi2 di kompresor gt, mau ga mau mreka cuman bisa ganti segelondong...

ini ane mau coba nanya ke NMI pusat...

btw, mengenai karet bandulan, akhirnya ane akalin pake sealant om, pake yg special high temperature punya (biasa warna merah atau abu2), jgn yg warna item.. bisa lumer soalnya kalo salah type sealant.... dan bunyi2 besi beradu tsb ilang..... tp kayanya bearing ane uda ada kemakan nehh, soalnya skrg malah jd kedengeran bunyi srengg srennggg gt tp ga kenceng2 amat sehh, mau ac ga nyala pun jg kalo di gas ada tuh bunyi... bunyi nya ngikutin putaran mesin, kalo meningkat yah makin kenceng...

arghhhh !!! sampah banget sehhh onderdil niss*n... this will be the last time i'm using this brand... sampe ini persh di beli ama atoyot dehh baru ane bakal beli lagi... at least until they know how to make a reliable car... no offence...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

btw bro LV, waktu itu nt punya bearing yg gotri nya dah pada kluar, emang tanda2 nya gmana ?? putaran pulley dah oblak ?? atau ada suara kenceng, atau malah kompresor ga mau muter ??
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:btw bro LV, waktu itu nt punya bearing yg gotri nya dah pada kluar, emang tanda2 nya gmana ?? putaran pulley dah oblak ?? atau ada suara kenceng, atau malah kompresor ga mau muter ??
Yang Livina punya saya, gotri pada keluar dan sampai nempel tahunya pas sudah dicopot segelondongan, jadi makanya saya jadi tahu asal muasalnya, punya saya dah parah, soalnya mobil saya biarkan bunyi sampai 2 minggu, berpanas ria tanpa AC takut malah kompresor jd rusak (AC mati jg bunyi), gara2 ngak rela ganti segelondongan, tp nyerah jg akhirnya ganti di BERES.

Karet copot --> plat renggang --> beberapa gotri keluar --> jd putaran bearing sdh tidak sempurna dan kena RPM, gotri yang lain ada yang hancur dan lengket sampai ke poros bearing

Kalau Livina saudara saya, karena sdh pengalaman dgn livina saya, saya lgs tahu penyakitnya, jadi baru 1 hari bunyi saya bawa dan komplain abis2an ke BERES (abis ngakunya ngak pernah ada kejadian ac seperti ini). Kalau masih awal2 (karet cuma hilang), AC mati bunyi jg hilang (mungkin ada tp krn mobil dijalan raya, audio bunyi, jd saya ngak kedengeran), AC nyala bunyi jg cuma awal2, pas tarikan kompresor.

Kalau Livina saya, mirip dengan bro DOHC, mau AC Mati atau hidup, tetap bunyi, soalnya dah lebih renggang dan kena belt putaran mesin, dan makin lama makin kenceng, karena gap makin besar. Punya saya sdh agak seret pas di putar pulleynya (krn ada gotri yg hancur nempel di poros), kalau oblak sich ngak perhatiin, kompresor masih muter wong AC masih dingin banget seperti biasa, cuma bunyi2nya aja ngak nahan.
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:om lv..itu nt yakin kalo yg di beres itu aseli nissan atau calsonic punya ?? soalnya kmaren yg merek ga jlas itu aja bentuknya identik sama persis lohh ama yg bawaan mobil.. bahkan harga nya pun mirip... jd jgn2 beres jg ngambil nya dari tempat2 onderdil gt jg kali.. dan utk beres nissan pluit, ane barusan nanya ama salah satu bagian bengkel nya, katanya sehh biasa mreka jualan part itu uda ada list nya... jd kalo kompresor yahh mreka cuman ada segelondong utuh, mreka blom dapet kalo ada part2 terpisah sperti bearing nya doank, magnetic clutch nya doank atau center plate nya doank... itu alesan nya makanya mreka kalo bunyi2 di kompresor gt, mau ga mau mreka cuman bisa ganti segelondong...

ini ane mau coba nanya ke NMI pusat...

btw, mengenai karet bandulan, akhirnya ane akalin pake sealant om, pake yg special high temperature punya (biasa warna merah atau abu2), jgn yg warna item.. bisa lumer soalnya kalo salah type sealant.... dan bunyi2 besi beradu tsb ilang..... tp kayanya bearing ane uda ada kemakan nehh, soalnya skrg malah jd kedengeran bunyi srengg srennggg gt tp ga kenceng2 amat sehh, mau ac ga nyala pun jg kalo di gas ada tuh bunyi... bunyi nya ngikutin putaran mesin, kalo meningkat yah makin kenceng...

arghhhh !!! sampah banget sehhh onderdil niss*n... this will be the last time i'm using this brand... sampe ini persh di beli ama atoyot dehh baru ane bakal beli lagi... at least until they know how to make a reliable car... no offence...
Kalau asli atau ngak, jujur cuma kepala bengkel BERES Nissan Puri, pak Ade dan yg diatas tahu :) saya sich percaya2 aja deh sama kepala bengkelnya, dibilang asli yah asli.

kalau harga pulley mirip2, mending ambil di BERES khan pak, seengak2nya lebih yakin sedikit drpd di toko orderdil yg sdh jujur bilang bukan asli hehehe

Tp, kalau sampai sekarang aja BERES ngak sediain pully-nya (yg menurut gue keterlaluan, masa dari 2010 smp sekarang, khan sdh 2 tahun), gue sich ngak rela beli segelondongan, kalau waktu itu ada toko yg jual pully-nya aja, mau asli atau palsu, pasti udah gue beli, trus sorry to say, buru2 gue jual heheheh :P

Kalau gue sich masih beranggapan mesin GL reliable, cuma after sales service-nya ini loh kalau abis warranty.. ngak mau susah banget, kabel klason putus enak aja suruh beli stir baru, pully AC rusak enak aja suruh ganti satu set sama kompresor, emang duit tinggal cetak apa :P
[rangga]
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Sat Jul 14, 2012 6:16

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by [rangga] »

Sabaar..
Sabarr..

We know there's no perfect in the world..:)
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

update review ane stelah 3 hari bandulan kompresor ane dipakein sealant..

sejauh ini, mobil uda ane pake jalan macet2 berjam2 ampe kebut2an di jalan tol... mesin jg uda digeber2... sealant yg ane pakein di bandulan kompresor tsb kaga meleleh atau copot.. dan suara2 besi beradu atau bergesekan pas kompresor lg nyala jg kaga kedengaran... yg kedengeran cuman suara sringg sringg .. mungkin suara dari bearing kompresor yg uda mulai aus atau ancur...

jd pemakai livina series.. coba dicek tuh kompresor nya... terutama bandulan karet nya... coba di pegang2, kalo uda agak oblak dikitt pas di tekan, mendingan pake obeng atau cutter diancurin aja tuh karet bandulan trus ntuh ruang di bandulan nya dipakein sealant... pake sealant buat gasket automotive yg warna merah atau abu2 (tanda utk high temperature)...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
LV
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 59
Joined: Fri Apr 20, 2007 12:45

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by LV »

DOHC wrote:update review ane stelah 3 hari bandulan kompresor ane dipakein sealant..

sejauh ini, mobil uda ane pake jalan macet2 berjam2 ampe kebut2an di jalan tol... mesin jg uda digeber2... sealant yg ane pakein di bandulan kompresor tsb kaga meleleh atau copot.. dan suara2 besi beradu atau bergesekan pas kompresor lg nyala jg kaga kedengaran... yg kedengeran cuman suara sringg sringg .. mungkin suara dari bearing kompresor yg uda mulai aus atau ancur...

jd pemakai livina series.. coba dicek tuh kompresor nya... terutama bandulan karet nya... coba di pegang2, kalo uda agak oblak dikitt pas di tekan, mendingan pake obeng atau cutter diancurin aja tuh karet bandulan trus ntuh ruang di bandulan nya dipakein sealant... pake sealant buat gasket automotive yg warna merah atau abu2 (tanda utk high temperature)...
Waduh bro.., kalau bisa jg digeber dulu bro.. rpm terlalu tinggi, gue cuma takut bearing compressor/biji gotri didalam makin ancur, soalnya kalau masih lengkap biji gotrinya sich gpp, tp kalau ternyata kurang 1 biji aja, putarannya khan ngak sempurna lagi, dihajar rpm tinggi gitu, gotri didalam kemungkinan jd ngak bulet lagi dan takutnya lama2 ancur kayak punya gue. Kalau dah ancur dan bikin seret malah nanti kompresor jd kaga mau muter, pas mau copoting jg susah karena dah pada lengket (soalnya punya gue dah seret tp waktu itu masih bisa muter dan pas belum digantipun, AC masih dingin).

Saran bagus bro.. sebaiknya dicheck sebelum hilang, dan di sealant sebelum plat-nya ada gap. pokoknya kalau dah ada bunyi besi beradu, walaupun kecil dan jarang2, coba check deh karet didalam bandulannya..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

itu cuman buat ngetes doank bro... skrg sehh nyetirnya balik ke asal.. lagian jakarta beberapa ari ini jg macet nya edann... ga bisa geber2 jg.. :mky_01: :mky_01:

kayanya abis lebaran dah ane mau ganti uh bearing ama magnetic clutch dkk nya..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
rehan2k
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 20
Joined: Wed Apr 13, 2011 7:04

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by rehan2k »

ada yang tau gak cara pasang kabel2 listrik jika kita ingin memasang cover spion yang ada lampu sign nya.
kalo ada yg tau boleh ya di sharing ke kita di sini cara masangnya dan menghubungkan kabel2 nya. kalau bisa ada gambar2 nya. terima kasih all.
2011 - Grand Livina XV AT
2016 - Honda BR-V E Prestige
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by uchychan »

Ampun ini trit koq jadi sepi yaa..
Ane Update ahh!
Setalah sekian lama cari2 piaraan baru yg akhirnya keluarga ane meminang GL ultimate 1.5 XV Dark Red, ane ga sia2 juga sabar sedikit yg suprised klo GL akan FL dgn tampilan autech and tambahan airbag & selt belt row 3..

2 bln stlah dipakai, yg ane rasa :
-stir enteng bener,
-interior great lah :p
-masih terasa suara ban ϑî kabin, karakter ban dunlop
-dijalan kasar/ lwt poldur ga empuk lg wktu ane bandingkan sm unit TD blm FL
-bokap ane masih blm t'biasa sm Rem abs livina, suka sering injek rem terlalu dalam n m'dadak pdhl klo ϑî injek pelan2 rem'a responsif wktu ane coba jd driver sbentar..

Sekian review ane yg blepotan.. :p
Utk saat ini ga prlu mikirin kelemahan karakter GL ini itu,. :peace:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by maskopat »

Nightster Guy wrote:
DOHC wrote:bro enji gay...

jangan salah... keluhan ac yg dialamin ama bro lv... itu perna ane denger dengan kuping ane sendiri waktu ane servis evap gl ane... ane kira tuh user GL cuman orang awam yg kasar make ac nya trus nyalah2in nissan... karena setau ane, yg namanya kompresor itu kalo pemakaian nya normal, umur nya panjang koq...

btw bagi link nya donk om yg ttg pembahasan si calsonic itu... kalo nt malu2, lewat pm jg bole...
Kompresor di SEMUA mobil yang ane pernah pake/punyai ( yang paling lama mobil yang sekarang ini uda 7 taun, usia mobil uda 10 taun), gak pernah ada 1 pun yang pernah ganti kompresor. Perawatan normal gak dimanjakan berlebihan. Yang Escudo sekarang ini merk OEM AC nya aneh juga gak lazim, brand Seiko Seiki.

Tulisan bro LV di sebelah persis sama ama di sini mod. Tapi kalo penasaran, nih: http://www.modifikasi.com/showthread.ph ... 2055242712
SL ane aja 25 tahun baru ganti kompresor... pake ND... :e-whistle:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green