selama ini sy perhatikan mobil2 koq selain makin lama semakin banyak jg banyak org yg punya mobil badan2 extra lebar spt misalnya Kijang Inova, Kia Carnival, Toyota Land Cruiser, Toyota Harrier dsb. yg sering keluar masuk 'jalan tikus' buat menghindar dr macet.
paling gak suka kalo dua mobil itu udah ketemu atau berpapasan dgn mobil2 lain dr arah berlawanan; otomatis jd membuat kemacetan baru dijalanan atau dipersimpangan jalan2 kecil.
Setahu sy..
mobil2 tsb rata2 built-up; apa gak sebaiknya pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai lebar badan kendaraan khususnya di JKT. Menurut taksiran sy Toyota Harrier aja lebarnya sktr 2,5m sedangkan jalan2 kecil (non-protokol) di JKT lebarnya rata2 4m. rata2 mobil2 ginian pemiliknya bukan 'orang sembarangan'. tapi apa salahnya sih menyesuaikan diri dgn sikon lalin sktr? selain itu pasti repot dong nyetirnya.
Saya paling suka sama mobil yg kecil, kompak dan kelihatan sporty spt misalnya Honda Jazz atau Kia Picanto dsb; mungkin kalo nanti punya duit mo beli aja mobil kaya gitu aja deh


Selain itu banyak jg sedan dan minibus yg emang sesuai dgn kondisi jalan2 disini.
kalo mo maen SUV (sport utility vehicle) mendingan jgn dikota2 kaya JKT ini deh selain besar jg repot bawanya. mendingan kalo sekali2 keluar kota boleh deh mo lawan truk atau bus malam yg besar2 jg gak takut.