2013 CX9

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: 2013 CX9

Post by andy1800 »

vote42ner wrote:
andy1800 wrote:
AD74YA wrote:dan juga bisa jadi ini model terakhir CX9 yang di produksi... sepertinya bakal discontinue juga..
kok gitu? :e-think: karena apa?
ya ngak papa....suka suka mazda saja :mky_01:
ya gak boleh gitu larrr.... skrg kan udah jaman gang nam style

[cencored] p3 cari hubunungannya apa :mky_01:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
vote42ner
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1217
Joined: Fri May 20, 2011 1:06

Re: 2013 CX9

Post by vote42ner »

ngak suka korean style saya mah...mending azereje aja..ayu ayu orangnya :mky_07:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2013 CX9

Post by AD74YA »

andy1800 wrote:o ic :thanks:

sblm ini pabriknya dikuasai gede ya sm Ford? sampai brp % ? sampai kpn?
trus skrg dikuasai nya sama siapa? maksudnya saham penguasaan ford itu trus dibelinya sama siapa?
Lumayan seru ceritanya ini... Sayang kalau ane cuma fokus ke Ford-Mazda. Ceritanya singkatnya ini egosentris si Ford.

Perkembangan FORD Motor Company:
1. Ford perusahaan yang sangat ambisius.. Visi dan Misi perusahaannya adalah selalu menjadi yang nomor satu dan terbesar di dunia.
2. Tahun dari tahun 30-an berhasil menjadi produsen otomotif terbesar,
3. Berlanjut 3 dekade berikutnya dengan bertulang tunggung pada Mustang (pony car), dan dibantu Muscle car yang lain.
4. Untuk jadi nomer 1, banyak perusahaan mobil yang menurut Ford potensial untuk berkembang pesat segera menjadi target untuk di akuisisi atau di babat sekalian sama Ford.
5. Banyak korbannya antara lain: Dari Amerika ada Lincoln, Mercury, Edsel. Dari Inggris ada Jaguar dan Aston Martin.

Kisah "cinta" Ford-Mazda:
1. Tahun 70-an krisis minyak dunia.
2. Ford perusahaan mobil yang kena dampak paling besar kerugiannya.
3. Agar bisa bertahan hidup, survival instinct perusahaan ini untuk segera akuisisi perusahaan mobil yang bisa bertahan dari krisis minyak dunia dan memiliki kemampuan produksi mesin yang efisien sebagai langkah strategis produksi dan marketing Ford.
4. Saat itu ada 2 perusahaan yang sangat memikat hati sekaligus bikin ketar-ketir Ford, dua-duanya dari Jepang yaitu : TOYOTA dan MAZDA.
5. Toyota saat itu terkenal sebagai produsen mobil yang paling reliabel di dunia, sedangkan Mazda saat itu terkenal sebagai produsen mesin paling irit di dunia.
6. Ford merasakan 2 pabrikan ini pada saat itu memiliki potensi untuk jadi nomer 1 di dunia, terutama Toyota, Ford sangat takut pada Toyota.
7. Ford berniat mengakuisisi Toyota tapi ditolak langsung niatan itu oleh pemilik Toyota dengan alasan Toyota adalah bisnis keluarga.
8. Ford berhasil mengakuisisi Mazda yang saat itu memang membutuhkan sokongan dana untuk ekspansi R&D.

Mazda jadi anak tiri:
1. Awal bercinta, 7% saham Mazda di kuasai Ford dengan kerjasama teknologi dan pegawai dari Mazda untuk Ford.
2. 5 tahun kerjasama, Ford jatuh cinta sama potensi Mazda dan segera nge-cut potensi itu untuk dikuasai seluruhnya sama Ford sehingga tahun 80-an sahamnya 27% dikuasai Ford dan dengan kontrak platform Mazda sepenuhnya bebas digunakan Ford.
3. Mesin, chassis, transmisi Ford sebagian besar dikembangkan dan dituning oleh Mazda, sehingga banyak yang sharing seperti B-series Mazda jadi basis pickup Ford, Mazda Familia jadi basisnya Escort (salah satu mobil Ford paling legendaris - WRC)
4. Tahun 96 Ford menguasai 33,3% saham Mazda dan tahun 2002 sampai hampir 40%.
5. Setelah masa 2000-an ini, Mazda total dikuasai Ford dan di dikte semua langkahnya oleh Ford. Ketika membuat mobil yang platform sharing, Ford versi mobil yang full-feature sedangkan Mazda versi yang kopong nya (padahal basisnya sama).
6. 1 dekade ini Mazda bagaikan hilang di telan bumi.

Mazda mandiri:
1. Diluar dugaan, merk Mazda malah makin sukses secara finansial selama dipegang Ford, secara saham harganya juga cenderung naik
2. 2008 krisis dunia, Ford menjual saham Mazda hingga tersisa 3%, dan tebak siapa yang menguasai Mazda sekarang? Mazda sendiri. Dengan langkah taktis cukup membeli 7% saham setelah perhitungan Ford menjual 10% saham awalnya, dan pembatalan kontrak controlling perusahaan, sehingga mulai 2008 Mazda menjadi perusahaan mandiri lagi, menentukan arahnya kemana, bebas membuat produk seperti spesifikasi yang diinginkan tanpa didikte oleh Ford.
3. Ford sisa 3% saham hanya berupa technology sharing saja.

So, kalau kita lihat, Mazda mulai bangkit di Indonesia kapan? tahun 2008. Ditandai dengan masuknya CX7, Mazda6, dan CX9..

Sekarang, Skyactiv juga merupakan ekslusif Mazda yang gak mau diserahkan ke Ford. Ford tadinya berupaya sharing Platform lagi antara CX5 dengan Ford Kuga/Escape yang baru, tetapi ditolak mentah-mentah oleh Mazda.

Menarik kan?... Hehehe.. Merk yang sangat potensial sekali.
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: 2013 CX9

Post by andy1800 »

mantap. mantap. .... ic
:off_good_job: :off_good_job: :off_good_job:
:thanks: :thanks: :thanks:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
zconcept
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Aug 17, 2012 3:01

Re: 2013 CX9

Post by zconcept »

Angle foto CX-9 yang pertama agak nunjukkin jeleknya, tapi foto yang kedua jadi keliatan lumayan. Rasanya lebih bagus desain yang ini dibanding yang disain facelift nagare.

Menarik banget om mod bahasan Mazda-Ford. Yang menarik buat saya, saya pernah baca video review Mazda2 oleh reviewer inggris, dimana reviewer-nya bilang yang buat Mazda2 fun to drive itu karena pake sasisnya Fiesta. Kesannya di saya, Ford yang buat sasisnya itu. Persepsi saya salah ya?

Kalo di buat thread Mazda-Ford bisa panjang kali ya bahasannya. Dua-duanya lagi santer-santernya, termasuk di Indonesia.

Btw, kalo saya tidak salah ingat, MMI itu bukannya udah dari tahun 2006/2007 ya? Saya ingat dulu, jamannya IIMS namanya masih Gaikindo Motor/Auto Show, pernah ditampilin CX-7 setir kiri, plus ada Mazda6 yang lama juga. Atau maksudnya om momod mulai terkenalnya Mazda di Indo tahun 2008? CMIIW.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2013 CX9

Post by AD74YA »

zconcept wrote:Angle foto CX-9 yang pertama agak nunjukkin jeleknya, tapi foto yang kedua jadi keliatan lumayan. Rasanya lebih bagus desain yang ini dibanding yang disain facelift nagare.

Menarik banget om mod bahasan Mazda-Ford. Yang menarik buat saya, saya pernah baca video review Mazda2 oleh reviewer inggris, dimana reviewer-nya bilang yang buat Mazda2 fun to drive itu karena pake sasisnya Fiesta. Kesannya di saya, Ford yang buat sasisnya itu. Persepsi saya salah ya?

Kalo di buat thread Mazda-Ford bisa panjang kali ya bahasannya. Dua-duanya lagi santer-santernya, termasuk di Indonesia.

Btw, kalo saya tidak salah ingat, MMI itu bukannya udah dari tahun 2006/2007 ya? Saya ingat dulu, jamannya IIMS namanya masih Gaikindo Motor/Auto Show, pernah ditampilin CX-7 setir kiri, plus ada Mazda6 yang lama juga. Atau maksudnya om momod mulai terkenalnya Mazda di Indo tahun 2008? CMIIW.
Yup mengenai Mazda2, yang bener Fiesta pakai sasisnya Mazda2.. Kok bisa? Ya wong Mazda Demio (M2) lahir duluan di Geneva Motor Show 2007, Mei 2007 mulai produksi Mazda2, sedangkan Fiesta di Frankfurt Motor Show 2007 (September) masih konsep sebagai Ford Verve, mulai produksi di 2008.. Kenapa telat setahun? Ya tentunya ngembangin transmisi DSG untuk dipasangkan ke Fiesta, lalu R&D material kabin, dan fitur2 untuk membedakan kelasnya dengan 2.

Kasian yak... Hehehe...

MMI tahun 2007 itu dilepas Indomobil, bersama Nissan, Mazda keluar. Tapi saat itu Mazda belum kuat... Yang dipasarin kalau gak salah ada Varian MPV sama apaa gitu lupa.. Yang baru cuma Mazda6 aja pas awal-awal dilepas Indomobil itu..

CMIIW
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
FortunerMan

Re: 2013 CX9

Post by FortunerMan »

Mazda Jepang skrg masih perusahaan yg masih susah...research besar2an sendiri gak kuat, calon kuat di take over raksasa lain.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: 2013 CX9

Post by AD74YA »

FortunerMan wrote:Mazda Jepang skrg masih perusahaan yg masih susah...research besar2an sendiri gak kuat, calon kuat di take over raksasa lain.
Betul...

Moga-moga yang beli si VW sih...

Wkwkwk...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
zconcept
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 29
Joined: Fri Aug 17, 2012 3:01

Re: 2013 CX9

Post by zconcept »

Kira-kira Mazda bisa berdiri sendiri gak ya? Sayang banget rasanya kalo harus di-takeover lagi. Kalo VW, itu merek yang dimiliki udah banyak banget ya. Sampe2 saya pernah baca berita, pas santernya hub. VW-Proton, serikat pekerja VW minta CEO-nya buat gak ngeakuisisi lagi merek lain.

Buat interior, dll, saya kira itu udah balik masing2 ke Mazda buat Mazda2 dan Ford buat Fiesta. Jadi sharingnya sebatas di platform dan printilan-printilannya aja. CMIIW.

Anyway, CX-9 bakal ada penerusnya gak setelah ini? Penasaran sama portofolio modelnya Mazda bakal kaya gimana.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: 2013 CX9

Post by Abu2 »

hamiksu
leiv
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 180
Joined: Thu Mar 13, 2008 10:27

Re: 2013 CX9

Post by leiv »

lagi ada pameran di mal puri indah, cakep, saya suka exteriornya, interiornya jg lumayan simple tp terlihat ok, hrg otr 802 juta kalo gak salah, msh ada diskon mnrt sales nya, tp aneh pas mau masuk kabinnya kok susah ya, sampe mesti tundukin dan bungkuk agak rendah utk bisa masuk kedalam kabinnya, dan pas didlm kabin jarak kepala ke atap tinggal selisih dikit pdhl saya tingginya cuma 169 cm, udah di cek jg bangkunya udah direndahin poll, tp overall cukup suka dgn mazda ini.
zoroaster
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 94
Joined: Thu Nov 01, 2012 11:10

Re: 2013 CX9

Post by zoroaster »

gw malah merasa ketinggian ni mobil... tinggi gw 170cm, apa karena gw emang nggak biasa naik mobil jenis besar begini ya?, kesan nya gagah kalo bawa ni mobil, tapi setir nya kok blom yg KoDo style ya? masih setir mazda 6 2012
gaspol
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Sun Nov 25, 2012 16:19

Re: 2013 CX9

Post by gaspol »

Modelnya aneh..saya lebih suka cx9 2012 model :D ngga nyesel ambil vin 2012 di bulan januari tepat sehari sebelum cx9 2013 ini launching di indo :D

Overall oke..cuma 1 yg bikin ga sreg spion nya blom bisa dilipet elektrik alias masih harus dilipet manual pake tangan....maaf ane lupa istilahnya kalo ga salah rectractable folded mirror (?) cmiiw
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: 2013 CX9

Post by maxx »

Mukanya ga enak dilihat nih.. spt muka sayu orang lemes kecapean.. kaga seger :mky_01:
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport