BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

raddman
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Oct 15, 2012 8:23

BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by raddman »

halo salam kenal semua,

saya ada problem dengan BMW e39 facelift, mau minta ilmunya dari kawan-kawan disni. sebelumnya saya ceritakan dulu kronologisnya:

1. kurang lebih 4 bulan lalu, sewaktu kondisi mesin dingin (pagi hari) tiba-tiba e39 saya mau di starter tapi tidak mau nyala, lalu sy cek ke bengkel dan katanya ada salah satu kabel bensin yang sudah tidak bagus, lalu diganti setelah itu menyala normal.
2. penyakitnya kemudian kambuh lagi krg lebih 2 bulan lalu, setelah di cek ke bengkel katanya saya perlu coba ganti fuel pump dan fuel filter. serta membersihkan injector.. berhasil langsung nyala saat kondisi dingin
3. 2 minggu lalu problem itu muncul lagi, :e-wall: tapi kali ini di curigai crank sensor nya, lalu saya ganti dan kemudian bisa nyala normal..
4. ..namun, pagi ini sempat tidak mau nyala lagi, :frm_bang_head: setelah percobaan ketiga akhirnya berhasil nyala, tapi saya jadi merasa penyakit aslinya sepertinya belum ketahuan karena sudah ganti ini-itu bisa dibilang suka kambuh lagi


note: kalau sudah nyala paginya, seharian di hidupkan kembali tidak masalah sampai ketemu pagi lagi/ mesin kondisi dingin

saya juga sudah cek dan semua kondisi baik/normal, yaitu:
- Scan G1
- busi & coil
- fuel pump relay

apa mungkin ada yang kelewatan saya cek? kira-kira ada yang pernah/tahu pengalaman problem ini?

Terimakasih
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by andy1800 »

dari membaca sharing tsb, dlm arti bukan mengalami sndiri, yg st notice bhw bengkel yg menanganinya tsb cukup baik. nyatanya bbrp kali diagnosis dan solusinya membuahkan hasil baik.

jd saya pikir hal pertama yg perlu dilakukan adlh justru minta pendapat dan diskusi dulu dg mekanik tsb. lalu apa pendapatnya silakan dikemukakan disini, utk mendapatkan pandangan2 lain, bila ada.

sorry klo tdk membantu inti permasalahan. krn mmg sy awam.
lanjut
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by asudarsono »

Dicoba pada pagi hari, mobil dikontak on sampai semua lampu peringatan menyala. Kemudian diamkan 3 menit. Setelah 3 menit baru distarter.
Ready to Race
User avatar
pradit_d
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 825
Joined: Sun Oct 30, 2011 14:37

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by pradit_d »

Klo ane nyalain Tiger tua ane bisanya injak pedal gas 3x sebelum putar kunci kontak. Entah sugesti atau bukan nyalain mobil rasanya lebih gampang, maklum mobilnya udah lebih tua dari ane. (anjuran dr mekanik sepeda motor :big_slap: :big_peace: )
:big_peace:
raddman
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Oct 15, 2012 8:23

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by raddman »

terimakasih masukannya semua
asudarsono wrote:Dicoba pada pagi hari, mobil dikontak on sampai semua lampu peringatan menyala. Kemudian diamkan 3 menit. Setelah 3 menit baru distarter.
kalo boleh tahu kenapa tunggu sampai 3 menit ya?
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by asudarsono »

Sebetulnya sama dgn teori om Pradit. Bagaimana memperlancar aliran bahan bakar. Kalau di mesin karbu, dibantu dgn 3 kali injak gas. Di mesin injeksi tidak perlu krn sudah ada pompa bensinnya, pompa bensin mulai bekerja kalau kunci posisi on-acc. Setengah mensit juga cukup agar bensin yg di tangki bisa sampai ke injektor di mesin.
Ready to Race
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by iwang »

mesin bensin nyala karena :
udara (intake temperature sensor)
bensin (fuel pump, relay, FPR, injektor, ECU)
api (koil, ECU, crank sensor)
kontrol (throttle body/angle, timing)

jadi musti diurut satu2 mana yang udah di cek. bisa jadi cuman intermittent karena bad contacts (relay, sekring, soket2). untuk motronic sih harusnya fungsi ignition/api diatur langsung dari ECU, coil over plug.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by andy1800 »

klo pada bicara crank sensor tu, mmg refers to crankshaft pos sensor only, atau maksudnya crank sensor + cam sensor?

Yg kemaren itu yg diganti crank only atau sepasang sm cam?
Soalnya klo ane biasa ganti sepasang..
Klo cam sensor tu jauh lbh jarang failure ya?
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by iwang »

motronic awal pake decoder plate dipasang dibelakang crank pulley...dibawah kan posisinya, trus ada pick up sensornya..makanya kalo kena aer, gampang ngaco..dan lagi cepet kotor.
fungsi dasarnya kan cuma buat nentuin posisi piston supaya timing api+fuelnya pas. di mercedes umumnya dipasang di flywheel (di atas posisi deket starter/kepala babi) atau akhir2 ini di camshaft, lebih kecil dan ringkes diatas...ga banyak kena panas, kotor, getaran dsb. bmw2 baru kayanya udah ga pake di crankshaft lagi sensornya, paling2 di camshaft.
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by andy1800 »

Ooo di bimmer mmg cuma 1 sensor position ya...klo yg pernah ane tau mmg cm korea/jepang kaya di hyundai itu sepasang disebut CKP/MKP => crank n cam...klo di xtrail gitu Crank Position dan Phase apa gitu lupa, tp sepasang jg.

Sip sip :good_job:
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by iwang »

tergantung sistem injeksinya, misalnya ME-SFI 2.8 pake ini, siemens pake itu dan seterusnya. tapi pada dasarnya makin sedikit moving parts nya ya semangkin reliable..makanya beralih dari yang moving parts + taro di pulley bawah ke camshaft cover diatas. sekarang sih banyak sensor tekanan karena mangkin beralih ke forced induction...jaman dulu pake pakum + selang, sekarang pake sensor + pakum + selang + kumputer..tambah pusing kan :mky_01:
ga ngerti dah sengsor di estreil..mungkin gunanya beda. kalo cuman buat timing ya satu aja cukup.
raddman
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Oct 15, 2012 8:23

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by raddman »

andy1800 wrote:klo pada bicara crank sensor tu, mmg refers to crankshaft pos sensor only, atau maksudnya crank sensor + cam sensor?

Yg kemaren itu yg diganti crank only atau sepasang sm cam?
Soalnya klo ane biasa ganti sepasang..
Klo cam sensor tu jauh lbh jarang failure ya?
cam sensor tidak diganti om kemarin.. coba nanti saya check juga.. eh gimana ya kalo cara check cam sensor? :D

btw pagi ini sempat ga bisa saat pertama coba, lalu yang kedua di starter langsung nyala.. nah tuh kenapa dah saya makin bingung sekaligus seneng juga sih jd ga lama starternya (maklum, takut lama2 kena starter motornya juga hehe)
irfkds
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 15
Joined: Mon Apr 30, 2012 3:20

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by irfkds »

Sudah cek FPR om?, Fuel Presure Regulator
Biasanya klo pagi susah nyala FPR sudah bocor jadi gak bisa nahan bbm di fuel rail.
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by Megalontong »

Siap-siap :
1. fuel pump & fuel system
2. cooling system assy
3. electrical sensors (banyak)
Last edited by imsus2c on Wed Oct 17, 2012 12:27, edited 1 time in total.
Reason: edit, mohon hormati TS yg butuh bantuan
raddman
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Oct 15, 2012 8:23

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by raddman »

irfkds wrote:Sudah cek FPR om?, Fuel Presure Regulator
Biasanya klo pagi susah nyala FPR sudah bocor jadi gak bisa nahan bbm di fuel rail.
sudah cek waktu itu, distribusinya bagus.. dan setahu saya kalo problem FPR justru pas mesin kondisi panas troublenya ya? apa gak juga? coba saya cross check lagi

@Megalontong

iya om kalo mau di bawa ke BMW astra untuk diagnosa sih pengen, tapi kalo ganti part disana bisa-bisa habis belasan juta hehe soalnya mereka akan kembalikan ke standard semula dan optimalisasi performa bmw, kaya misalnya koil bisa diganti semua tuh padahal yang mati misalakan cuman satu heehehehehe
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by Megalontong »

Solusinya cari spesialis yg punya diagnose, jatuhnya bisa negosiasi mana yg prioritas ganti. Bengkel resmi juga ngga main ganti tanpa konfirmasi, jadi sebenarnya saya ngga pernah takut ke bengkel resmi (hanya jasanya yg lebih mahal dari bengkel luar, tp mendeteksi problem lebih teliti).
Menurut saya, belasan juta masih kategori wajar utk mobil serumit & serentan BMW. Lebih baik mencegah kerusakan lebih lanjut daripada waktu dipakai di jalan rusak parah.

Banyak jajannya nih boil, termasuk frequent Double vanos problem http://www.beisansystems.com/procedures ... cedure.htm
dikarenakan komponen yg dipakai & desainnya belum sedurable Honda VTEC & toyota VVT
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by asudarsono »

Yah, anjuran diperiksa ke beres malah dihapus. Padahal kalau mobil Eropa itu emang sekali2 perlu ke bengkel resmilah, karena mereka punya alat diagnosanya.

Saya anjurkan, kalau mobil Eropa jangan terlalu banyak dimodif, bos. Kecuali kalau modifikasi membuat lebih baik. Kalau modif karena ingin bypass2 kerusakan. Awalnya sih emang seneng, tapi lama2 modifnya akan membuat pusing kepala. Apalagi kalau modifnya nggak awet, berarti kena dua perkara : balikin standar dan benerin kerusakan semula.

Mobil mewah dan kencang, emang rata2 lebih sulit perawatannya. Ini baru BMW, belum Ferrari dkk.
Ready to Race
raddman
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Mon Oct 15, 2012 8:23

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by raddman »

siap om, saya sepertinya akan coba ke bengkel resmi buat diagnosa masalahnya.. dan kalo emang ada part yang mesti diganti nanti coba ngatur anggaran rmh tangga hehe
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by Megalontong »

asudarsono wrote:Yah, anjuran diperiksa ke beres malah dihapus. Padahal kalau mobil Eropa itu emang sekali2 perlu ke bengkel resmilah, karena mereka punya alat diagnosanya.

Saya anjurkan, kalau mobil Eropa jangan terlalu banyak dimodif, bos. Kecuali kalau modifikasi membuat lebih baik. Kalau modif karena ingin bypass2 kerusakan. Awalnya sih emang seneng, tapi lama2 modifnya akan membuat pusing kepala. Apalagi kalau modifnya nggak awet, berarti kena dua perkara : balikin standar dan benerin kerusakan semula.

Mobil mewah dan kencang, emang rata2 lebih sulit perawatannya. Ini baru BMW, belum Ferrari dkk.
Siapa yang hapus, om? Malahan suka ke beres kok saya.
Modif itu boleh & aman asal anda ngerti cara modif yg benar (kelistrikan eropah kan kompleks & terpusat pada komputernya, coba2 jumper ya korsletlah komputernya).
Modif salah dg asal potong kabel & serobot jalur kelistrikan komputer resikonya mati total , terbakar, ngadat.

Ngga juga om, cerita mewah dicampur kencang harus sama dengan sulit perawatan itu lucu dengarnya. Honda toyota produksi mobil kencang & mewah, tp jauuh lebih durable dari BMW. Toyota NSX, S2000, Skyline GTR dan masih banyak lagi memang jauh lebih kuat dari BMW. Bagi masyarakat indo, mobil2 ini mewah karena harganya bahkan tembus 1Milyar.
Khusus BMW memang, desainnya bobrok. VANOS aja sering ngacau gara2 seal murahan, kontruksi ringkih. Dibanding VTEC & VVTi di mesin2 kencang mereka yang tahan ratusan ribu KM, BMW memang didesain untuk sering rusak (selalu didesain under 100.000KM udah harus rebuild).
Sebenarnya jerman BMW Mercy tu dibilang mewah ya ngga koq, mereka cuma mewah2in diri sendiri dgn budget terbatas.

Sering pegang Eropah pasti ngerti, sering saya modif Eropah tp modifnya yg pake ilmu Om. :mky_04:
Megalontong
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 174
Joined: Sun Oct 07, 2012 2:43

Re: BMW e39 mau di starter tapi tidak mau nyala

Post by Megalontong »

raddman wrote:siap om, saya sepertinya akan coba ke bengkel resmi buat diagnosa masalahnya.. dan kalo emang ada part yang mesti diganti nanti coba ngatur anggaran rmh tangga hehe
Lebih baik didiag teliti & dibetulin pelan2 sesuai budget. Yang memang prioritas mendesak, segera ganti.
Oya, utk mesin BMW sangat disarankan pakai oli full synthetic hi-performance 0W-30 / 5W-40.
Contohnya yang dipakai Ferrari yaitu Shell Helix Ultra 5W-40 http://www.shell.co.id/home/content/idn ... 5w_40.html

Jangan sekali2 pakai dibawah itu, mesin modern terutama yang menggunakan katup variabel membutuhkan oli yg baik agar bisa masuk ke celah2 kecil (terutama di daerah Katup variabel).
Nekat kasi yang "kental"? Resikonya keausan prematur karena oli ngga bisa masuk ke celah2 itu.
Tarikan 0W & 5W jg lebih ringan.