Atau mungkin ada yg mau sharing teknik light tune yg pernah anda coba, di luar dr yg selama ini banyak dibahas.
Monggo........

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
th 2008 tak jual, utk beli tanah di kaki gunung Sumbing, Magelang, mbangun rumah villa dengan view 5 gunung : Sumbing, Merapi-Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran.... kalok om Welly mau beli rumahku itu boleh...Welly2008 wrote:@Om Jes, boilnya sekarang masih ada om? Ane pingin coba test drive nih...he he
jadi inget pengalaman "balapan" after midnight di sepanjang pantura pake Jazz melawan sebuah X-Trail... saat mulai melewati si X-Trail di speed 182 kpj, aku sangat kaget karna tiba2 si X-Trail kayak dilontarkan meloncat kedepan sekitar 25-30 meter melewati mobilku.. aku langsung patah semangat, mengendorkan gas, lalu merokok sambil berusaha memahami kejadian itu.... "wow, itu pasti pake NOS" ......asudarsono wrote:Wow, Jazznya keren banget. Aku sering iri ama pengendara Jazz, modifnya gampang banget. Partnya udah ready semua.
Saya juga tuning sering dapat inspirasi dari Honda, termasuk ganti pulley di atas. Ganti puli aluminium paling sejam plug and play, kenaikan horsepower 5% lebih (ada yg ngaku 10%). kalau Honda ada yg titanium, beratnya sama dgn sebungkus rokok, kenaikan horsepower lebih gede lagi.
Itu Honda, kalau Peugeot semua harus bikin sendiri. Puli, stabilizer, piston, cam dkk semua bikin.
Ada satu lagi inspirasi, yaitu tombol buat non aktifkan alternator, kipas dan AC. Lumayan bisa hemat 5 HP lebih. Asal ingat aja nyalain lagi, krn ECU perlu daya 11V lebih. Khan gak lucu lagi lari2 kecil, terus mesin mati.
Tombol on off ama kabel2 dikit rasanya tuning ringan saja khan. Saya lagi mikir digabung ama tombol NOS, jadi tiap NOSnembak perangkat listrik juga ikut mati. Hemat energi. Ini artikel yg saya baca
http://www.importtuner.com/tech/impp_10 ... t_fiction/
yg punya ngakunya msh masuk light...JESKONENG wrote:di mobil Jazz Vtec matic 2005 :
- ganti Throttle Body yg udah dimodif oleh tuner di Sidoarjo
- port n polishing
- ganti header dng 5zigen titanium
- saringan knalpot bagian tengah diganti dng resonator lokal
- saringan blakang diganti dng Spoon N-1
- ganti air filter dng open air filter (kalok gak salah merk 0-2000)
- sok blakang pake punya Merc W124
- light crank pulley
- braided brake lines & Endless disc pad
- velg TE-37 ukuran 16"
- Eibach lowering spring kit
- pasang Unichip Dastek seri Q dng 4 memori program
tuners yg menangani :
1) ko Singgih Gut Motorsport Surabaya
2) ko Apin AMS (Amiaw Motor Sport) Jakarta
3) pak Soleh Sigma Speed Jakarta
hasilnya : saat masih blom dimodif, hasil dyno dastek = 110hp, dan sesudah light tune = 138hp (di taun 2006-2007-an itu mobil2 Jazz yg ikut OMR di Sentul mencatat sekitar 140hp, mgkn dng weight reduction yg signifikan)
kenapa masih termsk "light tune" ? karena enggak menyentuh jeroan mesin (cam, valve, etc)