Grand Livina Users..! - PART 04

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by VanzMatic »

uchychan wrote:Ampun ini trit koq jadi sepi yaa..
Ane Update ahh!
Setalah sekian lama cari2 piaraan baru yg akhirnya keluarga ane meminang GL ultimate 1.5 XV Dark Red, ane ga sia2 juga sabar sedikit yg suprised klo GL akan FL dgn tampilan autech and tambahan airbag & selt belt row 3..

2 bln stlah dipakai, yg ane rasa :
-stir enteng bener,
-interior great lah :p
-masih terasa suara ban ϑî kabin, karakter ban dunlop
-dijalan kasar/ lwt poldur ga empuk lg wktu ane bandingkan sm unit TD blm FL
-bokap ane masih blm t'biasa sm Rem abs livina, suka sering injek rem terlalu dalam n m'dadak pdhl klo ϑî injek pelan2 rem'a responsif wktu ane coba jd driver sbentar..

Sekian review ane yg blepotan.. :p
Utk saat ini ga prlu mikirin kelemahan karakter GL ini itu,. :peace:
Cihuyy... Review yg lengkap donk... :mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by uchychan »

Saya blm driver lg om sejak tempo hari baru ngerasain sejam doank sisanya jd penumpang row 2,
Next time ane update lg klo udh bs full driving, "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
d337ay
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 23, 2012 17:31

mau beli GL baru, tapi bingung. mohon advice nya.

Post by d337ay »

salam kenal semua nya...kebetulan sekali ketemu thread ini....mohon advice dan share pengalaman nya....

saya berencana menjual first car saya " hy**dai ave*a* dan ingin membeli GL. tadi adalah penggemar transmisi manual. tapi setelah membaca thread ini dari awal sampai hal belakang...saya jadi takut utk membeli GL manual. terlebih momok gearboks yg bisa muncul bunyi2 kasar. nga sopan dong, kalau seandainya beli mobil baru , pingin nya nyaman dan hati tentram malah sebalik nya nanti.
saya berencana bila membeli GL baru, mobil tsb hanya buat keperluan sehari2 jarak pendek, dalam kota , paling juga tol dalam kota. kalau keluar kota jarang2. paling jauh ke serpong. rute saya hanya barat , utara , pusat. mobil juga lebih banyak terjemur di parkiran, nga setiap hari dipakai. paling juga cuma dipanasin.

ada beberapa pertanyaan dan keraguan yg mengganjal dihati :

1. apakah keluaran GL XV 1.5 M/t saat ini, masih bermasalah pada gearboks nya ?

jika mobil jarang dipakai, lebih baik mangambil yg transmisi manual atau matic ?

2. taruh lah saya mengurungkan niat mengambil GL M/t lalu beralih mengambil GL yg matic, bagaimana perawatan transmisi matic tsb yg benar ? apakah cukup hanya rajin kuras oli matik ? kalau iya interval berapa km sekali, oli nya dikuras ? bagaimana kalau mobil tsb jaang dipakai, misal nya dalam 1 tahun cuma berjalan 10 rb km....apakah pengurasan oli matic tetap mengacu pada interval odometer ?

3. dengan menguras oli matic secara rutin , apakah ini sudah cukup utk menjaga keawetan trasnmisi matic tsb ? atau adakah langkah lain ?
mengingat baru ini kali pertama saya membeli mobil baru, dan saya bukan org yg senang berganti ganti mobil . jadi akan saya pakai dalam waktu yg cukup lama. mungkin sekitar 7 - 8 tahun. bagaimana pendapat rekan2 disini ?

4. memang benar tdk ada produk yg sempurna, tapi karena cari uang masih susah, saya menginginkan mobil baru yg minim masalah. nga bikin hati dan pikiiran pusing. agar tdk menyesal dan rugi dikemudian hari. ada kah saran lain ? sempat juga melirik jazz rs m/t. adakah yg punya informasi maupun pengalaman dgn mobil tsb ?

5. saya tinggal di daerah cengkareng, adakah referensi dari teman2 disini, dimana sebaik nya saya membeli produk nissan...nissan PIK, nissan PLUIT atau NISSAN puri indah ?

6. saya berencana melakukan test drive, bagaimana kah prosedur nya karena saya belum pernah. apakah boleh melakukan test drive utk 2 mobil dalam waktu yg bersamaan, maksud saya GL M/t dan GL A/t ? apakah setelah test drive harus langsung memberi tanda jadi ?

7. utk saat ini berapa lamakah indent utk GL baik yg xv m/t, xv/at maupun ultimate a/t ?

8. diberes manakah yg pelayanan nya baik dan benar ?

9. apakah ketika servis di beres, kita sebagai customer di izinkan utk masuk ke ruang bengkel utk memantau langsung pekerjaan mekanik nya terhadap mobil kita ? jujur saja saya paling tdk percaya dgn mekanik beres. karena saya pernah menjadi bagian dari sebuah beres merk otomotif ternama. banyak keculasan yg terjadi di beres.

hanya itu dulu yg ada di benak saya saat ini , semoga teman2 bisa membantu menjawab nya. saya ucapkan banyak terima kasih.
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
Location: South Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by indrasir »

Coba jawab ya, tp yg ane tau krn ane jg masi jadi user GL (mbl kantor) dan mantan user tipe XR :)
1. Jarang kedengeran, Masalah mau pake matic atau manual itu tergantung selera. Saat ini ane pake GL metic, odo udah jalan 53 rb, maticnya fine2 aja. Perawatan ngikutin standar perawatan beres.

2. Asalkan nyetirnya normal dan nggak dibejek2 kasar, matic awet kok. Klo nguras matic gw blm pernah, tp di lipina xr ane yg dulu pas km 20 rb, gw cuma ganti oli dgn cara biasa aja (di tap) nggak dikuras aman2 aja.

3. Cukup, tentunya dengan diimbangin gaya mengemudi yang halus, krn klo bawanya alus, usia dan perawatan metic untuk jangka panjang bisa lebih awet dan murah ketimbang manual.

4. Gw nggak punya jazz rs manual, saat ini pakenya yg rs matic, untuk masalah respon mesin & transmisi, posisi mengemudi dan view lebih bagus jazz, tp konsumsi bensin rada boros dikit dan suspensi sedikit lebih keras ketimbang lipina. Mending test drive dulu aja buat ngebandingin karakternya lebih cocok yg mana.

5. Klo masalah dimana belinya, sebaiknya cari dealer mana yg bisa ngasi penawaran terbaik, dari diskon dan bonus2 yg didapet. Trus bisa tepat waktu pada saat pengiriman unit sesuai tenggat waktu yg ditulis di SPK.

6. Boleh2 aja minta test kedua2nya, namanya kita kastemer tentunya kita punya hak untuk nyoba. untuk prosedurnya, tinggal datangi dealer nissan terdekat ketemu salesnya, dan minta janji buat test drive. Tapi sebaiknya pelajari dulu penawaran2 yg diberikan, klo udah sreg baru minta test drive. Tidak ada kewajiban abis TD harus memberikan tanda jadi, lha orng blm ada kesepakatan. Tanda jadi baru diberikan kalau kita udah sepakat dgn penawaran yg diberikan. Jd klo salesnya nguber2 ya cuekin aja selama kita belum sreg. :D

7. Kurang tau perkembangan sekarang, pengalaman ane dulu tahun 2010 sekitar 1 bln tergantung tipe dan warna yg dipesan. Klo stoknya ready biasanya cepet bisa kurang dari 1 bln.

8. Pengalaman ane di beres di halim dan TB simatupang, servicenya fine aja.

9. Nggak, paling kita ngawasin dari ruang tunggu aja.

Itu aja yg ane tau, semoga infonya bermanfaat. :thanks:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by VanzMatic »

Kalau sempet dicurangin oleh bengkel resmi, langsung balik lagi, minta pertanggungjawaban dari Service Advisornya.
Kalau SA nya kepala batu, Usahakan tekan dia, Anda juga berhak berkepala batu. Usahakan selesai. Setelah itu, lupakan bengkel tersebut, masukin ke bengkel resmi lain, sambil tulis di suara pembaca di koran ternama nasional.
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by VanzMatic »

Mohon informasi GL users, bengkel resmi nissan di MT Haryono, recommend atau tidak?

:thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
indrasir
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 223
Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
Location: South Jakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by indrasir »

Klo nggak salah, nissan yg di mt haryono cuma buat jualan doang. buat maintenancenya direfer ke Halim (naa yg halim ini khusus beres doang, nggak jualan) :D
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by VanzMatic »

indrasir wrote:Klo nggak salah, nissan yg di mt haryono cuma buat jualan doang. buat maintenancenya direfer ke Halim (naa yg halim ini khusus beres doang, nggak jualan) :D
Ic... ic om... Thanks ya infonya... :thanks:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
d337ay
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 23, 2012 17:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by d337ay »

thanks bro VanzMatic dan indrasir atas waktu dan informasi nya.

sedikit lebih tenang saya mendengar penjelasan anda. bagus deh kalau gearbox transmisi GL fine2 saja. memang sih nga ada mobil yg sempurna apalagi dgn kisaran harga 200 jtan...kalau masih minor error....ya masih ok lah....sebagai konsumen kita bisa terima. apa yg rusak ya di ganti dgn benar....masalah clear. cuma saya memang agak trauma utk masalah transmisi....pengalaman mobil avega saya yg sekarang (saya beli bekas thn 2007 ) ,...perpindahan giginya kasar dan ringkih...seperti ada yg nyangkut dan sering tidak pas masuk nya. lalu ada bunyi2 tek..tek....krek....seret gitu. oli transmisi suah 2 kali saya ganti baru. masih aja...sewaktu perpindahan gigi. di cek ke beres...katnya nga masalah....sudah karakter nya begitu. ini mah alibi beres aja...malas mengerjakan. di avega teman saya tidak begitu.
nah berangkat dari situ...saya nga mau lagi beli mobkas...maunya mobil baru saja dengan harapan...seminim mungkin ada masalah...jadi hati tenang paling nga utk pemakaian 5 tahun ke depan.

sekarang ada kepikiran juga apa mending ambil yg matic saja, jika memang terbukti teman2 yg menggunakan matic disini lebih minim timbul masalah. Mungkin ada teman2 yg lain bisa menambahkan informasi yg benar tentang masalah transmisi baik yg manual mauoun yg matic....akan sangat saya hargai.

trus kalau makai matic...di kick down / di bejek tiba2 gitu...termasuk pemakaian kasar nga ? kadang sudah juga kondisi dijalan...ada kondisi yg memaksa kita untuk bejek gas spontan dan dalam. nah gimana ini ?

livina terkenal kenyamanan nya seperti sedan....apakah produksi yg sekarang kenyamanan nya masih sama. udah ada yg ambil belum yg produksi 2012 ini....review donk.

utk masalah servis di beres....mending juga kalau bisa kita lihat dari ruang tunggu....walaupun sebenar nya aneh juga.... kalau di hyundai pluit , hal ini nga berlaku bagi saya. dulu pertama kali kesana, saya marahin tuh SA nya. apa hak anda melarang saya masuk melihat mobil saya di servis. masa mobil saya , saya beli pakai uang, saya servis juga bayar....saya nga boleh lihat langsung. SA nya beralasan sudah prosedur. saya bilang ubah prosedur kalian , lantas dijawab lagi sama SA nya takut customer kenapa2, bahaya di dalam bengkel banyak oli berceceran dll. lalu saya jawab emang saya nga punya mata lihat jalan ada oli atau nga. wahh....seru....sampai turun manager nya....ramai deh...akhir nya saya berkeras.....cancel saja....keluarkan mobil saya. customer yg lagi servis saat itu juga pada diam saja...bukan nya ngedukung...walah....belum tahu mereka....beres tuh kalau ganti oli...oli kita nga di ganti juga kita nga tahu. oli sisa2 yg dikumpulin dituang ke mesin juga kita nga tahu. lha wong kita nga lihat langsung. lalu saya tanya sama SA nya... apa yg kalian takut kan sampai2 customer nga boleh lihat kalian kerja, apa yg kalian sembunyikan ??? akhir nya sampai sekarang kalau ke beres saya nongkrong depan mekanik lihat dia kerja. ampun dah di dalam bengkel. banyak S.O.P yg nga berjalan. kotor, corong buat isi oli juga kotor berpasir, bayangkan kalau itu masuk ke mesin. interior pada kotor kena tangan2 ber oli teknisi....dll deh...banyak ketidak beresan di beres.

btw...ada yg punya GL 1.8 M/t nga ya disini...share donk kelemahan2 nya. apa kah sama seperti yg 1.5 M/t ?

hmmm...ada nga ya teman teman disini baik yg mengunakan matic maupun manual yg boleh saya test drive mobil nya ? kayak nya lebih nyaman deh dari pada test drive di nissan. lebih objektiv. sebagai imbalan nya saya traktir makan minum deh. plus pertamax 10 liter.....wkwkkw......kalau ada boleh donk....saya di daerah cengkareng. "ngarep".

ucychan : itu utimate matic ya ? ngambil nya berapa ? dapat apa saja , dishowroom mana ? share juga donk gimana karakter nya ac livina yg baru ?. thanks before.

wah ini dulu deh....masih banyak uneg2 di hati...tapi ntar kepanjangan....
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

skedar sharing aj... ane pake xr manual... odo per hari ini uda nyentuh 85 rebu km... blom perna ganti kopling dan transmisi masi lancar jaya... sempet sbulan kmaren tiap ari rute tol jagorawi pagi2 mulu.. jadi mostly tiap pagi (jem stengah 6 dah di tol) lari diatas 140 kadang nyentuh 170an... dan masi lancar jaya...

utk gearbox emang agak brisik yg manual... tp kayanya cuman masalah bunyi doank sehh... utk perpindahan gigi, respon tarikan, akselerasi dll ga ada masalah om... jd yah ga usa khawatir ambil yg manual...

problem utama livina justru di mesin nya... super duper rewel ama premium alias ngeglitik parah kalo pake premium... tp kembali lg ke postingan om vanzmatic yg angkot jg ngeglitik parah tp koq masi lancar jaya tiap ari narik gila2an... jangan2 mesin livina jg sama kali... biar kata glitik tapi masi tetep tangguh... sejauh yg ane rasain di livina ane jg gt sehh... glitik parah tapi tarikan tetep ganas... biar kata kopling uda selip2... tp kalo start up di lampu merah... ga malu2in amat..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
d337ay
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 23, 2012 17:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by d337ay »

DOHC wrote:skedar sharing aj... ane pake xr manual... odo per hari ini uda nyentuh 85 rebu km... blom perna ganti kopling dan transmisi masi lancar jaya... sempet sbulan kmaren tiap ari rute tol jagorawi pagi2 mulu.. jadi mostly tiap pagi (jem stengah 6 dah di tol) lari diatas 140 kadang nyentuh 170an... dan masi lancar jaya...

utk gearbox emang agak brisik yg manual... tp kayanya cuman masalah bunyi doank sehh... utk perpindahan gigi, respon tarikan, akselerasi dll ga ada masalah om... jd yah ga usa khawatir ambil yg manual...

problem utama livina justru di mesin nya... super duper rewel ama premium alias ngeglitik parah kalo pake premium... tp kembali lg ke postingan om vanzmatic yg angkot jg ngeglitik parah tp koq masi lancar jaya tiap ari narik gila2an... jangan2 mesin livina jg sama kali... biar kata glitik tapi masi tetep tangguh... sejauh yg ane rasain di livina ane jg gt sehh... glitik parah tapi tarikan tetep ganas... biar kata kopling uda selip2... tp kalo start up di lampu merah... ga malu2in amat..

thanks sharing nya bro....berarti nga bisa di generalisir ya semua GL manual bermasalah transmisi nya. kira2 seperti apa sih bro bunyi agak berisik dari gearbox itu ? apa kedengaran sampai dalam kabin, sewaktu mobil jalan maupun posisi diam idle. atau berisik nya masih dapat di tolerir ? bla..bla..bla....hehe sorry bro, saya kalau nanya emang gitu...cecar terus....kalau nga detail nga puas.....hehe....

kalau utk bahan bakar, saat ini pun saya sudah terbiasa selalu isi shell extra....memang sih mahal...pertimbangan saya, karena mobil saya jarang di pakai...jadi nga apa2 lah isi shell extra....hitung2 dalam sebulan masih hemat karena jarang dipakai. kondisi tanki full terus. jadi saya nga terlalu resah kalau soal ngelitik. mudah2an ntar kalau jadi ambil GL...tetap pakai shell extra....nga ada timbul keluhan ngeltik. BTW...yg dinamakan ngelitik itu seperti apa ya ? gimana suara mesin nya ? hehe....awam nih..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

mengenai suara gearbox... itu suara nya krek krek krek gt... dan akan ilang kalo diinjek kopling nya.... nahh pas waktu lg jalan, ada bunyi lg ngiiinggg gt kaya bunyi skuter matic cungkwo gt... kalo dari dalem kabin sehh yg suara krek2 itu ga kedengeran jelas, tapi yg ngiiing itu pasti kedengeran jelas... kalo mnurut NMI sehh itu normal... dan selama ini ane pake ga masalah... uda ane siksa kaya apapun jg tuh gearbox masi ok ok aj...

kalo bahan bakar sehh di GL agak rewel, pake shell super aja kadang masi ada glitik walaupun mendingan jauhhh... suara glitik bisa kedengeran kaya suara tok tok tok gt yah pokoknya suara aneh yg kluar dehh pas baru jalan..
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by uchychan »

@d337ay : saya nd ortu sblmnya juga galau abis antara manual n matic, beda'a klo sy lebih condong suka ke matic tp bapak manual krn mindset mrka matic perawatan susah pdhal matic lbih enak driving di ibukota yg super duper macetnya.. Akhirnya mrk terbuka jga pikiran'a Jd pilih matic stlah ane dijelasin pjng lebar kata2 mentor" SM disni (racun nya manjur \(´▽`)/)

Krn GL ane baru 2bln udh dpkai, nd spti om juga gl ane ini cuman dipakai seminggu 1-2x.. Jadi blm bisa komentar byk ttg perform'a slm ini, "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
d337ay
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 23, 2012 17:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by d337ay »

DOHC wrote:mengenai suara gearbox... itu suara nya krek krek krek gt... dan akan ilang kalo diinjek kopling nya.... nahh pas waktu lg jalan, ada bunyi lg ngiiinggg gt kaya bunyi skuter matic cungkwo gt... kalo dari dalem kabin sehh yg suara krek2 itu ga kedengeran jelas, tapi yg ngiiing itu pasti kedengeran jelas... kalo mnurut NMI sehh itu normal... dan selama ini ane pake ga masalah... uda ane siksa kaya apapun jg tuh gearbox masi ok ok aj...

kalo bahan bakar sehh di GL agak rewel, pake shell super aja kadang masi ada glitik walaupun mendingan jauhhh... suara glitik bisa kedengeran kaya suara tok tok tok gt yah pokoknya suara aneh yg kluar dehh pas baru jalan..
wah...ini mirip di avega saya dulu waktu baru saya ambil. bahkan ada beberapa avega teman saya juga ngalami begitu. pengalaman saya saat itu saya bawa ke beres, kata beres nga apa2...normal....saya kira ini hanya alibi beres saja. saya curiga suara itu dari dek laher yg sudah oblak...akhir nya dgn inisiatif sdri saya suruh ganti kopling 1 set berserta dek laher.....bahhh,,,,hilang suara nya...akhir nya teman2 saya pada ikut dan sembuh. jangan2 nih GL juga dek laher nya nih yg bermasalah. tekan kopling, suara hilang. mirip banget kasus nya.

kalau suara ngiingg....suara dari mana yah....hmmm memang agak ribet diagnosis suara2 unik dari mobil.....
d337ay
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 23, 2012 17:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by d337ay »

uchychan wrote:@d337ay : saya nd ortu sblmnya juga galau abis antara manual n matic, beda'a klo sy lebih condong suka ke matic tp bapak manual krn mindset mrka matic perawatan susah pdhal matic lbih enak driving di ibukota yg super duper macetnya.. Akhirnya mrk terbuka jga pikiran'a Jd pilih matic stlah ane dijelasin pjng lebar kata2 mentor" SM disni (racun nya manjur \(´▽`)/)

Krn GL ane baru 2bln udh dpkai, nd spti om juga gl ane ini cuman dipakai seminggu 1-2x.. Jadi blm bisa komentar byk ttg perform'a slm ini, "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
iya nih emang kalau dipikir2 dah lumayan capek juga nih kaki kiri nekan kopling....memang sih saya juga sesekali bari nyetir keluar...tapi setiap pulang habis nyetir.....kaki minta di urut...wkkwkwk......btw....kalau kita berandai andai nih berpikir yg terburuk....andaikan transmisi matic rusak....katakanlah karena faktor umur pemakaian......kira2 habis berapa ya buat benarin tuh transmisi matic sampai sehat seperti baru lagi ? ada yg tahu nga estimasi nya ?
d337ay
Newbie
Newbie
Posts: 12
Joined: Tue Oct 23, 2012 17:31

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by d337ay »

saya dapat info baru dari forum sblh, kebetulan autor nya mantan Alumni mekanik Nissan Ahmad Yani Surabaya dan Nissan Jati Kudus. dan sekarang sedang bergabung di ford. nama nya andri sebastian.

berikut beberapa petikan permasalahan dan solusi yg di berikan oleh ybs. semoga bermanfaat.

# Bagi pemilik L10 (Grand Livina) & (Livina) tahun produksi di bawah 2011 silahkan datang ke Dealer terdekat,coba cek daftar recall berikut:

Joint Steer : Yang dah pernah ganti biasanya telah dikasih tanda biru di komponennya..
Sender Gauge : klo dah ganti biasanya ada tanda cat kuning di kompartemen mesin bagian dudukan shock absorber sebelah kiri mobil. Sender gauge berada didalam tangki bahan bakar jadi satu sama pelampung bensin....fungsinya adalah sebagai sensor indikator bensin di dashboard.....klo bermasalah biasanya indikator bbm nya ngaco
pihak vendor sebenarnya telah melakukan beberapa perubahan bahan maupun konstruksi...dari type A(silver) B (gold) hingga type c yang berbeda konstruksi....
Jadi saran saya coba anda cek didealer terdekat untuk dilakukan pengecekan no rangka,apabila masuk dalam daftar recall,maka akan diganti...gratis bung....jempoel buat Nissan nich

# Buat yg M/T dek lahernya gampang bunyi...
Untuk MT GL 1.5 coba cek di dealer terdekat apakah suara yang ditimbulkan masuk dalam kategori normal apa tidak??klo dirasa terlalu keras maka coba ditanyakan untuk penggantian counter gear dan beberapa komponen lain (sedikit lupa hehe), klo 1.8 ga da masalah.

# Dengan tidak adanya filter ac maka evaporatornya cepet kotor ujung2 nya pasti bocor....beberapa pemilik GL telah melakukan sedikit modifikasi sehingga filter ac dapat dipasang....> klo yang ini modalnya cuman filter ac aftermarket....sisanya tempat evap digergaji sedikit

# nglitik banyak faktor bung,tapi faktor paling banyak :
- BBM,,seperti diketahui bahwa rasio kompresi gl 1.5 : 10.5 dengan tekanan hingga 15,1 kg/cm2 ,gl 1.8 rasio: 9.9 tekanan 14.8,tergolong tinggi di kelasnya,secara statistika maka memerlukan bbm dengan oktan diatas 92 bung...namun beberapa yang menggunakan premium berkualitas baik ga ada masalah...so coba ganti bbm terlebih dahulu
- kerak didalam ruang bakar,,kerak berlebih didalam ruang bakar akan membara dan membakar campuran bahan bakar udara sebelum busi memercikan bunga api akhirnya nglitik...
untuk yang satu ini memang agak ribet karena pihak nissan melarang membersihkan ruang bakar dengan menggunakan carb cleaner,so musti dibongkar bung...tapi selama saya menggunakan cleaner tersebut tidak pernah ada masalah
- masih banyak faktor lain bung misal EGR dsb

# Bagi pemilik Nissan keluarga GL hindari pemakaian karpet terlalu tebal di driver side floor........hal ini akan mengganggu kinerja pedal terutama pedal kopling dan akan memperpendek usia kopling

# semua keluarga livina belum dilengkapi filter ac..tempatnya memang ga ada,,jadi kita musti modifikasi sendiri:)

# filter bensin untuk gl bisa dibersihkan ,hanya saja klo dah kotor banget memang harus ganti dan belinya memang jadi 1 sama fuel pumpnya.....tp tenang aja klo sampai jebol termasuk jarang sekali....

# ada 3 komponen yang harus diganti saat penggantian kopling bung,yaitu :
1 kampas kopling
2 clutch cover
3 release bearing ( dek laher ) yang jadi satu sama silinder kopling disebut CSC
sekedar informasi apabila komponen kopling diatas diganti salah satu saja ,maka komponen yang baru lebih cepat mengalami kerusakan dari yang seharusnya...jadi mohon dipertimbangkan lagi saat melakukan penggantian...

# gl 1.5 versi matic mang agak boros
saran saya sebaiknya direset dulu ECM ( electronic control module ) nya ,terutama IAVL ( idle air volume learning )nya..klo ini musti pake scanner consult 2 ato 3 kepunyaan dealer..

# karakter extra fan livina bunyinya kenceng banget ya kalo dibandingin toyota/honda bro?
benar bung extra fan nissan ada single fan sehingga motor lebih besar selain itu single fan juga tidak mengalami fenomena yang dinamakan beat sound dimana apabila ada 2 buah benda yang mengeluarkan suara maka seolah olah volume kedua benda berkurang...bisa dibandingkan dengan mobil yang menggunakan dual cooling fan seperti x trail dsb

# kenapa grand livina kalo dipake lari di tol kecepatan 120 km/jam,kondisi penumpang penuh,body bagian belakang terasa narik ke kiri/kanan.
cek tekanan ban dulu bung(depan 32 belakang 35 psi,standartnya rata 35 psi) ,cek underbody,trus spooring
apabila masih timbul...cek shock absr belakang...

# Kenapa nissan tidak menyediakan carbon clean? Apakah ada efek sampingnya? Atau issue eco friendly?
dulu nissan pernah menggunakan carbon clean untuk bersihin ruang bakar dan injektor,karna pernah ada kejadian mesin jebol karna pambersihan tersebut jadi penggunaannya dihentikan bung..
tetapi selama saya menggunakan material dari merek lain ...ga pernah ada masalah...customer saya ok ok aja bung...
asal setelah dibersihkan oli wajib di ganti...

# GL 1.5 MT, setiap mesin idle even abis jalan atau baru di panasin ada suara "keerrrrrrr...." tapi kalo pas neken kopling suara itu ilang om, dan perhatiin semua GL 1.5 begitu. itu sebenernya suara apa sih ? dan apakah hal itu wajar ?
klo suara berasal dari transmisi itu benar ,tp klo suara yang dihasilkan terlalu keras dan ter kesan menggangu dapat di klaimkan koq (asal masih dalam proses waranty)
dulu si ,,counter gear dan beberapa komponen kecil lainya yang diganti.

# u/ kopling GL MT bs di stel jd lbh pendek gk yah kl di BeRes? krn dirasa kopling MT GL terlalu tinggi & cukup buat pegel kl macet.
sebenernya dari pabriknya pedal kopling tidak bisa distel(ga ada ulir stelnya),tapi bisa diakalin dengan mengganjal ring....
namun saya ga merekomendasikan hal tersebut karena akan ber efect jarak main system kopling sehingga umur kampas menjadi berkurang. jika terpaksa harus distel perhatikan aja dengan freeplaynya...jangan terlalu sedikit.

# ganti klakson....relay klaksonnya ada di fuse block yang didepan baterai berikut fusenya..
paling aman pasang relay:
85-86 dapat kabel klakson standart, 30 ke + baterai dan 87 ke klakson baru ( relay normally open )
aman dan tidak merubah rangkaian aslinya . detail nya :
terminal 85 dapat kabel input klakson lama
terminal 86 dapat massa
terminal 30 dapat positif baterai (jangan lupa dikasih fuse bung)
terminal 87 dapat klakson baru
klo klakson baru terminalnya 2 biji,yang satu di massakan saja..
jadi tidak perlu merubah relay bawaan atau rangkaian aslinya..

# sekedar pengetahuan saja timing pengapian gl =
gl 1.5 = 5 derajat BTDC
gl 1.8 = 13 derajat BTDC
klo 1 ato 0 itu koreksinya bung....klo ada angka diatas 0 brarti timingnya di majukan,klo minus (misal -1 ) tu timingnya di mundurkan 1 derajat
secara teoritis klo timing dimajukan brarti butuh bensin dengan ron yang lebih tinggi....tetapi dalam pelaksaanannya banyak yang pake premium dengan timing std ga ada masalh bung.akan tetapi karna premium lebih cepat menimbulkan kerak di engine maka ruang bakar,injektor dan saluran udara harus lebih sering dibersihkan
User avatar
andy1800
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8285
Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
Location: djakarta

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by andy1800 »

kompilasi yg mantap. :off_good_job:
Lanjutkan
LAJUR KANAN... HARAP DISTERILKAN!

Image
richngenerous
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 98
Joined: Tue Sep 13, 2011 5:26

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by richngenerous »

kalau dealer itu tergantung dari salesnya aja.
saya pernah ke nissan pluit, salesnya belagu dan sombong banget dan kalau leasing dipaksa utk 1 bank tertentu aja padahal ada beberapa bank.

ahirnya saya ambil di nissan pik. discountnya jauh lebih besar dari yg di pluit.
kalau servis saya ke nissan pluit dan sampai saat ini saya cukup puas.

sekedar berbagi pengalaman: kalau bonus kaca film tidak mau diambil dan "katanya bisa dipotong dgn sejumlah uang", minta si sales tulis di PO nya. kejadian dgn saya karena secara lisan jadi 500 rb yg dijanjikan akan dipotong ternyata tidak bisa dan tetap harus ambil. setelah nego, saya bilang pasang aja kaca depannya 3M dan tinggal tambah kekurangannya. si sales mengIYAkan. tetapi 1 hari kemudian sales tsb mengatakan bahwa yg boleh diganti hanya boleh kaca samping, tidak boleh kaca depan. karena tidak ada keputusan, saya langsung bicara dengan managernya. dan hasilnya 5 menit setelah itu, sales tsb menyetujui penggantian kaca film yg didepan. sales tsb sekarang sudah tidak di pik lagi.

shop around
jangan lisan tetapi tertulis !!!
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

counter gear yg dimaksud itu apa yahh ?? mohon dicerahkan..
d337ay wrote:saya dapat info baru dari forum sblh, kebetulan autor nya mantan Alumni mekanik Nissan Ahmad Yani Surabaya dan Nissan Jati Kudus. dan sekarang sedang bergabung di ford. nama nya andri sebastian.

berikut beberapa petikan permasalahan dan solusi yg di berikan oleh ybs. semoga bermanfaat.

# Bagi pemilik L10 (Grand Livina) & (Livina) tahun produksi di bawah 2011 silahkan datang ke Dealer terdekat,coba cek daftar recall berikut:

Joint Steer : Yang dah pernah ganti biasanya telah dikasih tanda biru di komponennya..
Sender Gauge : klo dah ganti biasanya ada tanda cat kuning di kompartemen mesin bagian dudukan shock absorber sebelah kiri mobil. Sender gauge berada didalam tangki bahan bakar jadi satu sama pelampung bensin....fungsinya adalah sebagai sensor indikator bensin di dashboard.....klo bermasalah biasanya indikator bbm nya ngaco
pihak vendor sebenarnya telah melakukan beberapa perubahan bahan maupun konstruksi...dari type A(silver) B (gold) hingga type c yang berbeda konstruksi....
Jadi saran saya coba anda cek didealer terdekat untuk dilakukan pengecekan no rangka,apabila masuk dalam daftar recall,maka akan diganti...gratis bung....jempoel buat Nissan nich

# Buat yg M/T dek lahernya gampang bunyi...
Untuk MT GL 1.5 coba cek di dealer terdekat apakah suara yang ditimbulkan masuk dalam kategori normal apa tidak??klo dirasa terlalu keras maka coba ditanyakan untuk penggantian counter gear dan beberapa komponen lain (sedikit lupa hehe), klo 1.8 ga da masalah.

# Dengan tidak adanya filter ac maka evaporatornya cepet kotor ujung2 nya pasti bocor....beberapa pemilik GL telah melakukan sedikit modifikasi sehingga filter ac dapat dipasang....> klo yang ini modalnya cuman filter ac aftermarket....sisanya tempat evap digergaji sedikit

# nglitik banyak faktor bung,tapi faktor paling banyak :
- BBM,,seperti diketahui bahwa rasio kompresi gl 1.5 : 10.5 dengan tekanan hingga 15,1 kg/cm2 ,gl 1.8 rasio: 9.9 tekanan 14.8,tergolong tinggi di kelasnya,secara statistika maka memerlukan bbm dengan oktan diatas 92 bung...namun beberapa yang menggunakan premium berkualitas baik ga ada masalah...so coba ganti bbm terlebih dahulu
- kerak didalam ruang bakar,,kerak berlebih didalam ruang bakar akan membara dan membakar campuran bahan bakar udara sebelum busi memercikan bunga api akhirnya nglitik...
untuk yang satu ini memang agak ribet karena pihak nissan melarang membersihkan ruang bakar dengan menggunakan carb cleaner,so musti dibongkar bung...tapi selama saya menggunakan cleaner tersebut tidak pernah ada masalah
- masih banyak faktor lain bung misal EGR dsb

# Bagi pemilik Nissan keluarga GL hindari pemakaian karpet terlalu tebal di driver side floor........hal ini akan mengganggu kinerja pedal terutama pedal kopling dan akan memperpendek usia kopling

# semua keluarga livina belum dilengkapi filter ac..tempatnya memang ga ada,,jadi kita musti modifikasi sendiri:)

# filter bensin untuk gl bisa dibersihkan ,hanya saja klo dah kotor banget memang harus ganti dan belinya memang jadi 1 sama fuel pumpnya.....tp tenang aja klo sampai jebol termasuk jarang sekali....

# ada 3 komponen yang harus diganti saat penggantian kopling bung,yaitu :
1 kampas kopling
2 clutch cover
3 release bearing ( dek laher ) yang jadi satu sama silinder kopling disebut CSC
sekedar informasi apabila komponen kopling diatas diganti salah satu saja ,maka komponen yang baru lebih cepat mengalami kerusakan dari yang seharusnya...jadi mohon dipertimbangkan lagi saat melakukan penggantian...

# gl 1.5 versi matic mang agak boros
saran saya sebaiknya direset dulu ECM ( electronic control module ) nya ,terutama IAVL ( idle air volume learning )nya..klo ini musti pake scanner consult 2 ato 3 kepunyaan dealer..

# karakter extra fan livina bunyinya kenceng banget ya kalo dibandingin toyota/honda bro?
benar bung extra fan nissan ada single fan sehingga motor lebih besar selain itu single fan juga tidak mengalami fenomena yang dinamakan beat sound dimana apabila ada 2 buah benda yang mengeluarkan suara maka seolah olah volume kedua benda berkurang...bisa dibandingkan dengan mobil yang menggunakan dual cooling fan seperti x trail dsb

# kenapa grand livina kalo dipake lari di tol kecepatan 120 km/jam,kondisi penumpang penuh,body bagian belakang terasa narik ke kiri/kanan.
cek tekanan ban dulu bung(depan 32 belakang 35 psi,standartnya rata 35 psi) ,cek underbody,trus spooring
apabila masih timbul...cek shock absr belakang...

# Kenapa nissan tidak menyediakan carbon clean? Apakah ada efek sampingnya? Atau issue eco friendly?
dulu nissan pernah menggunakan carbon clean untuk bersihin ruang bakar dan injektor,karna pernah ada kejadian mesin jebol karna pambersihan tersebut jadi penggunaannya dihentikan bung..
tetapi selama saya menggunakan material dari merek lain ...ga pernah ada masalah...customer saya ok ok aja bung...
asal setelah dibersihkan oli wajib di ganti...

# GL 1.5 MT, setiap mesin idle even abis jalan atau baru di panasin ada suara "keerrrrrrr...." tapi kalo pas neken kopling suara itu ilang om, dan perhatiin semua GL 1.5 begitu. itu sebenernya suara apa sih ? dan apakah hal itu wajar ?
klo suara berasal dari transmisi itu benar ,tp klo suara yang dihasilkan terlalu keras dan ter kesan menggangu dapat di klaimkan koq (asal masih dalam proses waranty)
dulu si ,,counter gear dan beberapa komponen kecil lainya yang diganti.

# u/ kopling GL MT bs di stel jd lbh pendek gk yah kl di BeRes? krn dirasa kopling MT GL terlalu tinggi & cukup buat pegel kl macet.
sebenernya dari pabriknya pedal kopling tidak bisa distel(ga ada ulir stelnya),tapi bisa diakalin dengan mengganjal ring....
namun saya ga merekomendasikan hal tersebut karena akan ber efect jarak main system kopling sehingga umur kampas menjadi berkurang. jika terpaksa harus distel perhatikan aja dengan freeplaynya...jangan terlalu sedikit.

# ganti klakson....relay klaksonnya ada di fuse block yang didepan baterai berikut fusenya..
paling aman pasang relay:
85-86 dapat kabel klakson standart, 30 ke + baterai dan 87 ke klakson baru ( relay normally open )
aman dan tidak merubah rangkaian aslinya . detail nya :
terminal 85 dapat kabel input klakson lama
terminal 86 dapat massa
terminal 30 dapat positif baterai (jangan lupa dikasih fuse bung)
terminal 87 dapat klakson baru
klo klakson baru terminalnya 2 biji,yang satu di massakan saja..
jadi tidak perlu merubah relay bawaan atau rangkaian aslinya..

# sekedar pengetahuan saja timing pengapian gl =
gl 1.5 = 5 derajat BTDC
gl 1.8 = 13 derajat BTDC
klo 1 ato 0 itu koreksinya bung....klo ada angka diatas 0 brarti timingnya di majukan,klo minus (misal -1 ) tu timingnya di mundurkan 1 derajat
secara teoritis klo timing dimajukan brarti butuh bensin dengan ron yang lebih tinggi....tetapi dalam pelaksaanannya banyak yang pake premium dengan timing std ga ada masalh bung.akan tetapi karna premium lebih cepat menimbulkan kerak di engine maka ruang bakar,injektor dan saluran udara harus lebih sering dibersihkan
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Hansen »

uchychan wrote:@d337ay : saya nd ortu sblmnya juga galau abis antara manual n matic, beda'a klo sy lebih condong suka ke matic tp bapak manual krn mindset mrka matic perawatan susah pdhal matic lbih enak driving di ibukota yg super duper macetnya.. Akhirnya mrk terbuka jga pikiran'a Jd pilih matic stlah ane dijelasin pjng lebar kata2 mentor" SM disni (racun nya manjur \(´▽`)/)

Krn GL ane baru 2bln udh dpkai, nd spti om juga gl ane ini cuman dipakai seminggu 1-2x.. Jadi blm bisa komentar byk ttg perform'a slm ini, "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
Wah akhirnya jadi juga maticnya ya sis, ga sia2 perjuangannya :off_good_job: :wkkk:
Image
User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by fabreguz »

sama bung deejay :mky_03: :mky_01:
sy juga tunggu sharing yang punya g livina cengpek manual
sptnya g livina cenpek barang langka di forum seraya ini ya
kemarin naik punya temen istri kok nyaman juga walo baris ke 2 agak sempit.
tarikannya juga mantap stabil handlingnya
perjalanan smg ygy solo pulang pergi hanya isi 100 rb premum dari fulll tank
kata siempunya memang irit dari mobil lain yang dia punya :mky_01: :mky_03:
Don't Imageate
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Dino_lowrider »

Just info dari pemilik toko spare part dan sales2 spare part area jawa timur .

Menurut mereka ketersediaan sparepart merk nissan sangat susah / bahkan tidak bisa ditemui ditemui dipasaran umum .

Mungkin ini adalah kebijaksanaan pabrikan yang memang tidak mendistribusikan spare partnya ke pasar , melainkan hanya bisa didapatkan di bengkel resmi Nissan .

Pertanyaannya : bagaimana dengan nasib pemilik nissan yang ada di pelosok , yang notabene tidak ada bengkel resmi nissan di sana.

Akankah ini akan berpengaruh pada harga jual nissan bekas beberapa tahun kedepan ya ? Entahlah .

Berbeda dengan toyota honda mitsu dan suzuki . Ketersediaan Original partnya bisa ditemui di seantero tanah air , karena sales resminya memang mendistribusikan ke pasar umum. , bukan hanya di bengkel resmi.
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by Dino_lowrider »

Just info dari pemilik toko spare part dan sales2 spare part area jawa timur .

Menurut mereka ketersediaan sparepart merk nissan sangat susah / bahkan tidak bisa ditemui ditemui dipasaran umum .

Mungkin ini adalah kebijaksanaan pabrikan yang memang tidak mendistribusikan spare partnya ke pasar , melainkan hanya bisa didapatkan di bengkel resmi Nissan .

Pertanyaannya : bagaimana dengan nasib pemilik nissan yang ada di pelosok , yang notabene tidak ada bengkel resmi nissan di sana.

Akankah ini akan berpengaruh pada harga jual nissan bekas beberapa tahun kedepan ya ? Entahlah .

Berbeda dengan toyota honda mitsu dan suzuki . Ketersediaan Original partnya bisa ditemui di seantero tanah air , karena sales resminya memang mendistribusikan ke pasar umum. , bukan hanya di bengkel resmi.

Btw :
Proses untuk mengganti busi gl 1.5 sangat ribet. Harus membuka intake segala .sepertinya gak bs dilakukan org awam . Jadi hrs dilakukan di bengkel resmi . Biaya plus part ( busi iridium ) sekitar 1,1 juta . Mahal banget . Beda ama busi toyota yang hanya butuh biaya gak sampai 100 ribu . Hehehe

Ini satu lagi kemungkinan kedepan yang bisa membuat harga second menjadi jatuh.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by DOHC »

ganti busi di livina ga ribet2 amat koq om... buka intake terlihat sulit karena memang posisi intake nya tsb lebar dan melintang di atas enjin head... tapi proses buka nya ga rumit... ane perna coba buka, ga sulit koq.. ga ampe sejem jg uda beres..

yg rumit itu justru kalo lampu check engine nyala gara2 ntuh intake dicopot... dan konyol nya ini lampu check engine bisa kadang nyala kadang kaga... dan kalo uda nyala, engine lgs masuk safe mode... dan musti dibawa ke beres utk di reset..

mengenai spare parts, cukup mudah ane temuin spare part nissan, utk hal ini nissan livina di atrium, dtmf... cuman memang utk cari yg KW rada susah... rata2 masi aseli cap nissan... dan harganya yahh jadi betis ama di beres... cuman kalo utk komponen sperti kampas rem, ad banyak subtitusi nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
uchychan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 547
Joined: Sat May 12, 2012 13:30
Location: Osaka-shi 大阪市

Re: Grand Livina Users..! - PART 04

Post by uchychan »

Hansen wrote:
uchychan wrote:
Wah akhirnya jadi juga maticnya ya sis, ga sia2 perjuangannya :off_good_job: :wkkk:
iyaa mod setelah jelasin dari kata2 forum sini akhirnya menang telak,, :mky_02:
berkat para suhu'' nd masukan nya :frm_salut: :frm_salut:

udh gitu sodara ane eks user apanja'a yg udh dijual kmrin, malah kepicut pngen GL juga :wkkk: