Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by y_anjasrana »

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku Indonesia akan bisa bersaing dengan dunia, khususnya negara maju, untuk memproduksi mobil listrik. Sebab, teknologi yang dipakai juga tidak kalah dengan asing.

"Soal mobil listrik, kita bisa bersaing dengan Jepang, Eropa, maupun Amerika Serikat," kata Dahlan saat ditemui di peluncuran mobil Ferrari di kantor PSSI, Senayan, Minggu (23/12/2012).

Menurut Dahlan, teknologi mobil listrik yang dimotori oleh insinyur dari Tanah Air juga tidak kalah bersaing dengan insinyur asing. Dahlan mencontohkan mobil listrik dengan model Tucuxi bergaya mirip Ferrari ini hanya dirakit di sebuah bengkel di Yogyakarta.

Dahlan menuturkan pencipta desain tersebut adalah Danet Suryatama. Insinyur lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya dengan gelar doktor dari Michigan, AS, ini sudah lebih 10 tahun menjadi engineer di pabrik mobil AS.

Cerita dari Danet, Dahlan mengaku konsep mobil itu sudah dibuat sejak 2008 lalu. Model ini berbeda dengan model mobil mewah lain, seperti Ferrari dan Lamborghini. Model Tucuxi inilah yang kini dipakai sebagai model mobil listrik milik Dahlan Iskan. "Model mobil ini sebenarnya akan ditawarkan ke Amerika Serikat. Namun, Danet ternyata bertemu saya dan saya suruh buat mobil dengan model seperti ini di Indonesia," tambahnya.

Menurut Dahlan, konsep mobil listrik ini untuk mengantisipasi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang terus melonjak setiap tahun. Padahal, Indonesia harus memiliki alternatif mobil dengan bahan bakar lain atau energi lain untuk menekan konsumsi BBM tersebut, misalnya dengan tenaga listrik, air, atau gas.

Dahlan menilai Indonesia tidak akan mampu menyaingi produsen mobil asing yang sama-sama memakai konsumsi BBM. Sebab, produksi mobil mereka seperti Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat tentunya sudah lama dan didukung oleh proses riset dan pengembangan yang mumpuni. Sementara untuk mobil listrik ini, masing-masing negara di dunia memang sedang mengembangkan proyek serupa. Mobil ini akan dijadikan kendaraan alternatif untuk bisa menekan konsumsi BBM di dunia.

"Kalau dilihat secara maraton seperti mobil Jepang dan Amerika itu sudah banyak di Indonesia. Kita mau baru mulai (produksi mobil dengan konsumsi BBM), jadi tidak mungkin terkejar," tambahnya.

Sekadar catatan, mobil listrik Ferrari milik Dahlan Iskan ini dirancang oleh Danet dan perajin asal Yogyakarta, yaitu Kunto Wibisono. Kunto ini adalah manajer marketing dari Kupu-kupu Malam Auto Fashion. Kupu-kupu Malam ini adalah sebuah nama bengkel yang ada di Jalan Magelang km 4,5. Di sini, beragam model mobil dirakit untuk memenuhi pesanan sang pemilik. "Karena sudah memiliki rangka model mobil, sebulan kami bisa memproduksi model mobil Tucuxi ini sekitar 2-3 mobil," kata Danet.

Hingga saat ini, mobil listrik dengan model Tucuxi ini sudah dipesan oleh 40 orang. Salah satunya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Karena ingin eksklusif, Danet pun akan memproduksi model mobil ini secara terbatas. Dia ingin agar model mobil ini hanya dibatasi sebanyak 200 unit saja di Indonesia. Setelah itu, stop produksi dengan model tersebut. Nantinya bisa dikembangkan model lain.

Saat ini, sekitar 50 persen komponen dari mobil listrik ini masih impor, khususnya dari baterai, motor, dan beberapa sparepart kecil yang tidak mungkin dibuat di Indonesia. Namun, pihak Kementerian BUMN meyakinkan agar motor dan baterai mobil listrik ini bisa dibuat sendiri di Indonesia.

Dahlan Iskan sendiri telah menunjuk PT Nipress Tbk di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, untuk membuat baterai berjenis litium forre phosphat. Harapannya, Nipress dapat memproduksi baterai litium tersebut pada Mei 2013. Dengan beberapa suku cadang yang bisa diproduksi di Indonesia, harga mobil listrik ini nantinya bisa ditekan.

Sumber: kompas.com

Image

Image

Image


Ini gambar hewan yg jadi nama mobil listrik di atas : tucuxi (susah bener namanya ya...)

Image
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by solar_kerosen »

muntah muntah ............. pencitraan lagi deh ,baru aja sayur Asemka eh sekarang ikan dolphin :mky_05:

spare partnya darimana paling kanibal sana sini , ditest long term kaya apa nih mobil durabilitasnya
Last edited by solar_kerosen on Mon Dec 24, 2012 6:56, edited 1 time in total.
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by y_anjasrana »

orang indo jago bikin sensasi ya... kmrn liat di tipi, pemasangan lis karet pintunya kasar bgt. logonya juga kelihatan kasar bgt...
Accurate V5 Accounting System Consultant
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by newrubble »

saya tdk pernah komentari bagus / jeleknya bikinan pihak lain ...sy hargai kreativitas dan kecerdasannya serta pengorbanan waktu nya ...utk front-end panel yg banyak di kritik ...smg ada yg kreatif utk bikin n jual panel aftermarket nya ...smg jika aftermarket produk itu ada, factory warranty tdk gugur

salut juga utk financier nya ...tanpa dia ...ide ini cuma sebatas blue print maupun clay model
beruntung ....global launching nya di indo ...sdh mulai jadi omongan para pemilik uang di US ...situasi yg sama saat spyker di bawa dari pelabuhan rotterdam ke batavia thn 1905 dulu (setidaknya ini peristiwa tercatat di bbrp literatur koleksi univ.leiden) ...smg sejarah berulang dgn danet n dahlan sebagai hosts nya
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by y_anjasrana »

tul om, klu bicara politik ga bakal ada abisnya. mw urusan pemilu keq, mw pilkada keq atau yg lain, ujung2nya bikin capek doank. mending bicarakan aspek teknisnya kali ya...

kmrn dengar di tv, batrenya dapat menjalankan mobil hingga 4 jam nonstop. utk teknologi mobil listrik saat ini kapasitas ini cukup lama, atau seharusnya masih bisa lebih lama lagi?
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by solar_kerosen »

gue sih taunya baterai Lipo buat main RC Car tergantung wattnya nah kalau 1700 mah bisa dipake main 14 menit pake RC 1/16 scale
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
MitshuToyo
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1261
Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by MitshuToyo »

Batre di depan ya ? kl tabrakan mahal dunk..
Lagi nginjek rem..
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by esh »

Nggak jelas arahnya. Yang pasti kelihatan adalah cuma buat sensasi. :off_no:
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by mpvlover »

bikin mobil listrik ga segampang itu

liat aja elon musk the real life tony stark dgn proyek tesla nya

bmw i , audi e-tron

toyota aja udah bikin jutaan hybrid , tp belom berani bikin mobil 100% list ada alasannya , tanya kenapa !! reliabiliti, safety !!

nissan leaf kurang laku , chevrolet volt lebih ga laku lagi

bukan sembarangan asal pasang batere bisa jalan

crashtest ? dgn moncong non eksis kaya gitu ??

ferrari mid engin aja msh ada moncongnya , tanya kenapa !!

menteri ini ngomong pake mobil listrik jd ga pake bensin, pdhl msh banyak pembangkit listrik PLN msh bakar BBM !!!

kacauuu

bukan asli pinter tapi ngaku ngaku pinter doang
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by solar_kerosen »

mpvlover wrote:bikin mobil listrik ga segampang itu

liat aja elon musk the real life tony stark dgn proyek tesla nya

bmw i , audi e-tron

toyota aja udah bikin jutaan hybrid , tp belom berani bikin mobil 100% list ada alasannya , tanya kenapa !! reliabiliti, safety !!

nissan leaf kurang laku , chevrolet volt lebih ga laku lagi

bukan sembarangan asal pasang batere bisa jalan

crashtest ? dgn moncong non eksis kaya gitu ??

ferrari mid engin aja msh ada moncongnya , tanya kenapa !!

menteri ini ngomong pake mobil listrik jd ga pake bensin, pdhl msh banyak pembangkit listrik PLN msh bakar BBM !!!

kacauuu

bukan asli pinter tapi ngaku ngaku pinter doang

loeh inikan pencitraan yg mirip seperti esemka dengan target R1 , kalau bener tujuannya kaya gitu pret dah :wkkk:
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
User avatar
Jambangan
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2733
Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
Location: Bekasi
Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by Jambangan »

ini org kok kerjaannya pencitraan doang
sama kek yg baru jadi gubernur itu. no offense lho :big_peace:
pencitraan boleh tapi jgn lebaylah biasa aja
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by mpvlover »

BENER JUGA YA

UJUNG UJUNGNYA DUIT JUGA

MO JADI CAPRES WAPRES
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by solar_kerosen »

mpvlover wrote:bikin mobil listrik ga segampang itu

liat aja elon musk the real life tony stark dgn proyek tesla nya

bmw i , audi e-tron

toyota aja udah bikin jutaan hybrid , tp belom berani bikin mobil 100% list ada alasannya , tanya kenapa !! reliabiliti, safety !!

nissan leaf kurang laku , chevrolet volt lebih ga laku lagi

bukan sembarangan asal pasang batere bisa jalan

crashtest ? dgn moncong non eksis kaya gitu ??

ferrari mid engin aja msh ada moncongnya , tanya kenapa !!

menteri ini ngomong pake mobil listrik jd ga pake bensin, pdhl msh banyak pembangkit listrik PLN msh bakar BBM !!!

kacauuu

bukan asli pinter tapi ngaku ngaku pinter doang
Gila gan nih orang bener bener manusia super , Founder of paypal,tesla and spaceX masih muda gitu udah banyak usahanya yg high tech bener bener Real life Tony stark cuma bedanya gak pake power cell kaya di film dan komik

http://www.youtube.com/watch?v=L-s_3b5fRd8
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by newrubble »

saya pernah tanya ...biaya u bikin solar(sun)powered genset di rumah saya di jkt ...turn-key project
tiap 10 watts (pastinya ready to use) itu sekitar rp 10 juta ...lengkap dgn sepasang battery nya 12 volts dan inverter 220v pakai alat alat branded panasonic (yg chungko punya bisa lbh murah tapi no warranty)

yg wind powered genset (kebetulan angin di rumah cukup bagus saat di survey) untuk kebutuhan 1.000 watts ada sekitar rp 400 juta termasuk tower 15 meters serta voltage stabilizer serta battery set yg jumlahnya cukup banyak . semua alat nya itu general-electric

harganya tdk beda jauh sama di US ...cuma operasional nya di sana jadi murah krn tiap rumah tangga yg pakai renewable energy dpt tax cut sekitar 40% dari yg seharus nya dibayar ...jadi cukup murah di US utk dipakai recharging EV apalagi jika yg kerap recharging itu rollsroyce EX EV yg wattage nya 3,800 selama 8 jam
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by MonSTER_GTR »

tapi ane got to admit desain nya lumayan cakep :off_good_job: :off_good_job: IMHO
tapi untuk safety nya kayaknya gak ya, itu batre nya di depan, trus gak ada moncong
bisa meleduk itu kalo tabrakan

desain udah lebih bagus dari esemka
selanjutnya tinggal safety sama build quality

ayo um um jangan pada pesimis, gimana kalo warga SM bantu2 bkin ntuh mobil hhe dengan bantuan
finansial atau tenaga biar gak dipegang pemerintah hha.

*bukan sales tuh mobil listrik kok* :ungg:
Here Come's The Best Car - Coming soon
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by y_anjasrana »

moncongnya mengingatkan ane pd tata nano. mobil dgn desain unik (aneh) dr india
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by g4ndalf »

ini design exteriornya mirip bener sama bugatti veyron.. apa saya salah liat?? :mky_05:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by Turboman »

mpvlover wrote:bikin mobil listrik ga segampang itu

liat aja elon musk the real life tony stark dgn proyek tesla nya

bmw i , audi e-tron

toyota aja udah bikin jutaan hybrid , tp belom berani bikin mobil 100% list ada alasannya , tanya kenapa !! reliabiliti, safety !!
menurut teman ane yg pernah kerja di FEV - Jerman : Pabrikan mobil sampe skg konon masih terus melakukan study mengenai apa & bagaimana yg terjadi bila mobil hybrid mengalami kecelakaan, menyangkut adanya aliran listrik dengan tegangan tinggi di atas 220 V. Bagaimana mekanisme safety dr sistem kelistrikan pada mobil hybrid benar2 berfungsi spt direncanakan / enggak utk berbagai kondisi kecelakaan.

maka itu semua mobil hybrid kabel tegangan tinggi-nya diberi jaket warna orange.
* Bukan ajakan Beli *
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by newrubble »

Turboman wrote:...menurut teman ane yg pernah kerja di FEV - Jerman : Pabrikan mobil sampe skg konon masih terus melakukan study mengenai apa & bagaimana yg terjadi bila mobil hybrid mengalami kecelakaan, menyangkut adanya aliran listrik dengan tegangan tinggi di atas 220 V. Bagaimana mekanisme safety dr sistem kelistrikan pada mobil hybrid benar2 berfungsi spt direncanakan / enggak utk berbagai kondisi kecelakaan.

maka itu semua mobil hybrid kabel tegangan tinggi-nya diberi jaket warna orange.
ini komentar bukan utk grandmaster turboman tapi kumulasi komentar dari apa yg saya lihat di website ini n yg satu lagi ( di sana saya juga sdh komentar) ... jadi cuma numpang tailing saja (smg GM turboman tdk keberatan)

knp launching EV membuka kontroversi lokal? (sebagai kebalikan di US di puji) krn kembali ke mindset org indo yg umumnya paternalistik spt sy pernah ungkap dulu. ikut patern mayoritas ...alias pakai mesin yg existing sj kalo mau aman dari kecaman...yaitu mesin bensin n diesel saja ...atau natural gas macam bus transJ atau 35 mikrolet yg ada di jkt

hari ini faktor safety diangkat oleh "para ahli" lokal jadi topic-trend stlh sblmnya design di nilai jelek ...nah besok besok pasti ada issue lain lagi yg naik ... saya katakan mrk "ahli" krn sy awam mekanika teknik dasar listrik 2 atau 3 phase bisa regenerate dgn mengubah energi panas rem secara kinetik dlm 0,007 detik dgn kualitas 90% setara dari energi yg terbuang sebelumnya ...plus awam pula dgn metoda pengisian 80% sel battery dlm 30 menit pertama (tegangan konstan) atau 120 menit pertama (tegangan tdk stabil ...190 hingga 220 v). jadi cuma bisa jadi penonton saja

satu hal yg pasti ...di jkt driving hybrid itu baru sebatas lifestyle ...bukan berlatar belakang enviro-awareness krn di jkt (sy tdk tau kota lain) ...punya mobil ramah lingkungan itu (hybrid maupun EV) faktanya ...tdk ramah pajak hingga detik ini

apalagi EV ...wah itu mgkn baru jadi lifestyle 20 thn kemudian di indo ...karena itu tadi paternalistik ...yg jelas hrs nya kalo saya jadi wni saya ber sukur kalo jkt jadi tempat global launching EV lokal yg nantinya menyasar US market ...

tadi saya jalan ke rhys di radio dalam jkt ...lihat EV branded tazzari yg di chicago basic price nya $ 29,000 lebih dikit tapi krn dia pakai 15kw 3 phased motor n sanggup (tested) jalan sejauh 85 miles (kira kira 140 km) maka berhak subsidi antara $ 6,300 (calif.) hingga $6,500 (illinois) itupun di tambah annual tax cut hingga pajak per tahun cuma $ 80 (bandingkan dgn dki yg mnrt sales nya ...dgn bukti yg sdh balik nama ...memungut pajak tahunan 2012 ...rp 70 juta rupiah dgn klaas pajak barang mewah yg di naikkan hingga 4 level ...masalahnya (meski sales nya bilang jgn kuatir) ...recharging voltage requirement nya masih sesuai standar EU ....380 v ...sedangkan warranty ...ya warranty IU pada umumnya
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by y_anjasrana »

mindset orang sini klihatannya agak takut dgn teknologi baru ya.. mungkin diawali oleh teknisi2 yg malas belajar yg takut tidak terpakai lagi. contoh peralihan mesin karburator ke injeksi di motor. sistem injeksi sudah lama dipakai di mobil, tp di motor lokal susah banget utk diterima. alasannya ada aja. blum lg pendingin air. apalagi mesin listrik ya?
Accurate V5 Accounting System Consultant
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by newrubble »

y_anjasrana wrote:mindset orang sini klihatannya agak takut dgn teknologi baru ya.. mungkin diawali oleh teknisi2 yg malas belajar yg takut tidak terpakai lagi. contoh peralihan mesin karburator ke injeksi di motor. sistem injeksi sudah lama dipakai di mobil, tp di motor lokal susah banget utk diterima. alasannya ada aja. blum lg pendingin air. apalagi mesin listrik ya?
1 contoh saja susahnya org indo menerima tehnologi ....automatic transmission
saya ingat pertama x mobil CBU di larang secara massal jualan baru ...thn 1973 saat mulai era CKD
hanya bbrp gelintir brand yg berani jualan dgn line-up produk punya varian a/t ...holden (tiap tahun dari 1973 hingga tutup pada awal 90an hanya sanggup jualan varian a/t sekitar 40 units) ...honda dgn hondamatic (hingga thn 90 hanya bisa jualan sekitar 100 units) ...toyota baru CKD unit matic mulai tahun 85 dgn produk tyt cressida) yg lain jualan matic bisa di hitung tanpa calculator

mobil baru dgn a/t baru di terima pasar bekas dgn harga lbh tinggi dari varian yg sama tapi m/t (sedan n suv) baru tahun 2002 upward ...

saya ingat rata rata org yg beli baru m/t (diluar issue resale value) kalo ditanya knp ga beli yg a/t ...umumnya menjawab ...kalo mogok tdk bisa di dorong (jawaban yg sama sy pernah dengar saat di nigeria yg struktur demografi, daya beli, kualitas lalulintas n level korupsi nya serta tingkat intelegensia nya sama dgn org rata rata di indo)

utk hal EV ...semoga tdk lebih dari 40 tahun ke depan kondisinya .......................................baik mindset rakyatnya maupun keramahan nilai pajaknya dari pemerintah serta kemudahan fasilitas pendukung operasionalnya
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by mpvlover »

Jakarta - Pencipta mobil listrik 'Ferrari' Tucuxi Danet Suryatama memprotes keras Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan. Dahlan dituduh ingin mencuri hak cipta mobil listrik tersebut.

Danet merasa kecewa dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Dahlan Iskan dan anak buahnya karena telah membongkar mobil Ferrari' Tucuxi tanpa sepengetahuan Danet. Danet merasa Dahlan telah melanggar kesepakatan bersama antara Danet, Dahlan dan Kupu-kupu Malam.

"Kita sudah sepakat untuk tidak membuka mobil itu, tapi mereka membukanya tanpa kewenangan saya," kata Danet ketika dihubungi detikFinance, Kamis (3/01/2013).

Menurut Danet pembongkaran yang dilakukan di bengkel Kupu-kupu Malam Yogyakarta secara diam-diam tersebut sama saja ingin mencuri hak cipta. Dia menambahkan, kejadian ini tidak bisa dibiarkan.

Danet sendiri sangat tidak menerima mobil listriknya diam-diam dibawa kembali ke rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam di Jalan Kabupaten, Sleman tanpa sepengetahuan Danet setelah diperkenalkan di Senayan, Jakarta pada 23 Desember 2012.

Dia pun meminta kejelasan maksud dan tujuan pembongkaran padahal semestinya itu tidak dilakukan karena sudah ada perjanjian sebelumnya. Danet mengatakan langkah tersebut sangat tidak beretika.

"Nah, pada waktu itu kita kasih ke dia tanggal 21 Desember 2012, dan kita tanggal 21 masih maintenance kemudian Pak Dahlan Sabtu 22 Desember, kita minta ngecek dan diminta tidak usah datang. Tapi pada Sabtu 22 Desember mereka mendatangkan orang lain untuk maintenance. Tanggal 23 Desember itu dipakai Pak Dahlan ke Senayan," ucapnya.

"Setelah itu kita tidak dizinkan untuk melihat mobil itu. Setelah tanggal 24 - 26 Desember saya tidak tahu mobil itu ada di mana, Dan tanggal 26 saya tahu mobil sudah di Kupu-kupu Malam, dan tanggal 30 Desember saya mengajukan email kepada Pak Dahlan, tapi sampai kini belum ada balasan," ucapnya.
mpvlover
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1147
Joined: Fri Feb 23, 2007 13:26

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by mpvlover »

"Kalau anda mobil terus anda otak mobil anda, terus anda harus ke pencipta. Kalau mobil anda rusak. Terus mau diapakan. Apa yang dipelagiat emang ada yang bisa dipelagiat. Aku nggak mau komentar," kata Dahlan di kantornya, Kamis (3/1/2013)

Dahlan menegaskan rencana pengembangan mobil listrik nasional tak mesti melibatkan orang-orang tertentu saja. Bagi Dahlan program mobil listrik bisa jalan tanpa atau dengan keterlibatan Danet.

"Mobil listrik kan banyak tanpa dia. Aku nggak ngutik-ngutik mobil. tanpa atau dengan (bisa jalan)," tegas Dahlan.

emang masih mental maling nih ini menteri , ngaku ngaku pinter taunya cuma maling !!!
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by y_anjasrana »

newrubble wrote:
y_anjasrana wrote:mindset orang sini klihatannya agak takut dgn teknologi baru ya.. mungkin diawali oleh teknisi2 yg malas belajar yg takut tidak terpakai lagi. contoh peralihan mesin karburator ke injeksi di motor. sistem injeksi sudah lama dipakai di mobil, tp di motor lokal susah banget utk diterima. alasannya ada aja. blum lg pendingin air. apalagi mesin listrik ya?
1 contoh saja susahnya org indo menerima tehnologi ....automatic transmission
saya ingat pertama x mobil CBU di larang secara massal jualan baru ...thn 1973 saat mulai era CKD
hanya bbrp gelintir brand yg berani jualan dgn line-up produk punya varian a/t ...holden (tiap tahun dari 1973 hingga tutup pada awal 90an hanya sanggup jualan varian a/t sekitar 40 units) ...honda dgn hondamatic (hingga thn 90 hanya bisa jualan sekitar 100 units) ...toyota baru CKD unit matic mulai tahun 85 dgn produk tyt cressida) yg lain jualan matic bisa di hitung tanpa calculator

mobil baru dgn a/t baru di terima pasar bekas dgn harga lbh tinggi dari varian yg sama tapi m/t (sedan n suv) baru tahun 2002 upward ...

saya ingat rata rata org yg beli baru m/t (diluar issue resale value) kalo ditanya knp ga beli yg a/t ...umumnya menjawab ...kalo mogok tdk bisa di dorong (jawaban yg sama sy pernah dengar saat di nigeria yg struktur demografi, daya beli, kualitas lalulintas n level korupsi nya serta tingkat intelegensia nya sama dgn org rata rata di indo)

utk hal EV ...semoga tdk lebih dari 40 tahun ke depan kondisinya .......................................baik mindset rakyatnya maupun keramahan nilai pajaknya dari pemerintah serta kemudahan fasilitas pendukung operasionalnya
hehe... jd inget ane ga pernah beli mobil a/t, alasannya istri ane ga bisa pake mobil a/t. dia sendiri ga mw belajar pake mobil a/t krn takut ga bisa balik ke m/t lagi.... :ungg:

btt : koq Danetnya ga rela mobilnya dibongkar pak mentri ya? bukannya sudah dibeli pak mentri. bukannya udah biasa mobil kompetitor dibedah utk diliat2 isi jeroannya? memang dia ciptakan teknologi yg baru? klu benar ada ya silahkan dipatenkan. klu dia bilang begitu, berarti isi mobilnya ga ada hal yg istimewa. atau jangan2 takut ketauan pakai chasis mobil tua...
Accurate V5 Accounting System Consultant
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Dahlan: Mobil Listrik Indonesia Siap Saingi Dunia

Post by newrubble »

memang betul saat public xpoz unit ini di senayan bbrp mggu lalu sang pencipta yg saat itu hadir bilang bhw antara dia n pemilik unitnya ada kesepakatan. Sy rekam itu omongan dia

Sy sempat tawarkan dia u bikin non-disclosure agreement tapi dia bilang sdh ada gentlemen agreement yg kalo sy artikan dlm tehnis hukum itu kesepakatan lisan yg mnrt sy hanya valid di jaman batu.

Tapi itulah resiko yg hrsnya dia bisa antisipasi. Sy mmg biasa begerak dibidang risk n security consulting n assessment. Tapi bukan berarti sy ahli segalanya. Kalo sakit, sy masih ke dokter. Kalo di jahatin org, sy masih lapor polisi dll

Jadi inti dari masalah ini adalah deal apa yg mrk berdua sepakati. Itikad adalah platformnya. Baik atau tdk baik hanya mrk yg tau.

Asumsi saya, sang penciptanya mau skenario spt GM EV-1 yg dibuat era 1990an dulu lbh dr 1,650 unit n skrg hanya tersisa 2. Yg lain sengaja di hancurkan GM saat masa sewa 16 bulan usai n tdk bisa diperpanjang lagi. Tapi tanpa sub skenario lease atau dlm hal ini sewa pakai. Namun saat itu yg sy lihat, GM memasang zegel / protective seal pada engine hood tiap unit yg akan otomatis menghancurkan battery serta wiring harness bgt dibuka oleh pihak selain GM. Unit yg juga pernah jadi movie property di Knight Rider versi thn 2000