aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
yg paling pas mungkin kesadaran utk pindah kali ya. itu jg jd masalah. perputaran ekonomi kota lain ga sekencang jakarta. jd sedikit yg tertarik utk pindah.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
"KESADARAN" >> Ini nih kata2 yg plg susah .. balik ke individu masing2 ..y_anjasrana wrote:yg paling pas mungkin kesadaran utk pindah kali ya. itu jg jd masalah. perputaran ekonomi kota lain ga sekencang jakarta. jd sedikit yg tertarik utk pindah.
Perlu kita akui, penduduk INDONESIA pd umumnya dan Jakarta pd khususnya ... tingkat kesadarannya rendah

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 281
- Joined: Wed Oct 07, 2009 6:01
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
kalo meminjam kata Aa Gym: mulailah dari diri sendiri, mulailah dari yang kecilmaxx wrote:"KESADARAN" >> Ini nih kata2 yg plg susah .. balik ke individu masing2 ..y_anjasrana wrote:yg paling pas mungkin kesadaran utk pindah kali ya. itu jg jd masalah. perputaran ekonomi kota lain ga sekencang jakarta. jd sedikit yg tertarik utk pindah.
Perlu kita akui, penduduk INDONESIA pd umumnya dan Jakarta pd khususnya ... tingkat kesadarannya rendah
nah, kalo kita udah sadar, disiplin, 'benar' maka coba hal itu ditularkan ke orang lain di sekitar kita, kalo istilah Stephen Covey, perbesar lingkaran pengaruh, sehingga sekeliling kita juga mulai sadar, displin dan benar, maka kalo pola ini diikuti terus insyaAllah permasalahan pelik bisa sedikit demi sedikit terpecahkan...
karena kalo kita cuma komplain, tapi gak berbuat juga sami mawon...
IMHO
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Mon May 25, 2009 5:51
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Mulai dari diri sendiri emg sudah pasti seharusnya. Tp kalo menularkan ke org lain ini yg mnrt saya sangat sulit sekali, apalagi di jakarta yg penduduknya bermacam2 mulai dari tingkat pendidikannya, kebiasaannya, merasa jagoannya dan belum lagi pendatang baru yg tiap tahun juga nambah...hehehe...mulai dari ABG, ibu2 sampe bapak2 banyak aja bisa ditemuin kalo jalanan lagi macet eh malah dgn santainya ngelawan arah dan akhirnya nutupin jalan pengguna lalin yg berjalan di arah yg benar. Kalo mo diperiksa, saya yakin banyak sekali pengguna kendaraan terutama motor yg skrg byk yg tidak punya SIM. Entah, kalo mo pake cara tular menularkan kebiasaan kyk gitu bs berapa lama yah.
Daripada kyk gitu, mending dikasih peraturan aja yg keras dan aparatnya jg sekalian kalo melanggar dikasih sanksi yg berat sambil peraturan juga di sosialisasikan sampe nantinya masyarakatnya tumbuh kesadaran sendiri bahwa toh kalo saling tertib itu jg artinya tidak saling merugikan dan malah bisa lebih lancar lalu lintasnya. TApi kalo ga mo sadar juga ya bearti pilih kena sanksi.
Daripada kyk gitu, mending dikasih peraturan aja yg keras dan aparatnya jg sekalian kalo melanggar dikasih sanksi yg berat sambil peraturan juga di sosialisasikan sampe nantinya masyarakatnya tumbuh kesadaran sendiri bahwa toh kalo saling tertib itu jg artinya tidak saling merugikan dan malah bisa lebih lancar lalu lintasnya. TApi kalo ga mo sadar juga ya bearti pilih kena sanksi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Kasian...htannis wrote:Gak ada yg merasa terzolimi, ane suka pake jalur busway tinggal naik turun, wong mobil tinggi, dan gak pernah merasa merampas/dirampas jalurnya kokVanzMatic wrote:Jadi...merasa terzolimi, gitu...?htannis wrote:
Jalur transjakarta bukannya hasil ngerampas jalur mobil pribadi yah




Masih ngga bisa ngebedain mana yang HAK, mana yang BUKAN HAK? Masih ngga bisa ngebedain mana kepentingan publik, mana kepentingan pribadi...? Masih ngga punya wawasan jauh ke depan, bahwa semua itu demi transportasi publik yang lebih manusiawi..Memajukan hak transpor publik, jauh lebih terpuji.
Jadi, kalao ada jalan yang dijadikan jalur pedestrian, merasa berhak juga yak, naikin separo badan mobil ke jalur pedestrian,...? Lho...itu ngambil hak pemobil kok....

Isuk dhele, sore tempe.....

Mengerjakan hal salah, tapi ga merasa salah...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2531
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Banyak hal-hal yang mengambil hak orang lain
- Parkir On street
- parkir di trotoar
- tidak punya garasi, parkir di jalan.
Mobil pribadi itu jumlahnya banyak, tapi nggak merasa bikin macet. Mobil pribadi serapi apapun baris, tetap saja bikin macet. Angkot / bus nggak dikasih terminal yang layak, dianggap bikin macet. Coba kalau di jakarta nggak ada mobil pribadi, pasti nggak ada macet.
- Parkir On street
- parkir di trotoar
- tidak punya garasi, parkir di jalan.
Mobil pribadi itu jumlahnya banyak, tapi nggak merasa bikin macet. Mobil pribadi serapi apapun baris, tetap saja bikin macet. Angkot / bus nggak dikasih terminal yang layak, dianggap bikin macet. Coba kalau di jakarta nggak ada mobil pribadi, pasti nggak ada macet.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Macet, di kota manapun di planet ini, adalah penyakit di kota besar, om...apalagi megapolitan. Masalahnya, masih banyak sekali yang hanya demi alasan ego pribadi kena macet, disrobotlah jalur transpor TJ. Emang cuman die yang kenak macet?!?!?ilhami wrote:Banyak hal-hal yang mengambil hak orang lain
- Parkir On street
- parkir di trotoar
- tidak punya garasi, parkir di jalan.
Mobil pribadi itu jumlahnya banyak, tapi nggak merasa bikin macet. Mobil pribadi serapi apapun baris, tetap saja bikin macet. Angkot / bus nggak dikasih terminal yang layak, dianggap bikin macet. Coba kalau di jakarta nggak ada mobil pribadi, pasti nggak ada macet.
Makanya, kalo di kota megapolitan, trima nasib ajalah kalo memang memilih transportasi kendaraan pribadi kena macet, sementara transpor publik yang melenggang kangkung bebas dari hambatan macet. Resiko sendiri. ITU lah yang dimaksud dalam membangun jalur busway, supaya, kalau mau ngga kena macet, naiklah transpor publik..Jangan lantas IRI, dengan sejuta alasan pembenaran "kan jalur mobil yg diserobot untuk lajur busway" maka kita merasa pantas menyerobot... Seperti mental anak kecil aja... mainannya diserobot temannya, lantas dia merasa perlu untuk menyerobot gantian mainan temannya...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
rules abuse?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
OOT-Saya kemarin liat hal baru saat lewat MM bekasi. Di pertigaan Giant bekasi barat nongkrong mobil polisi + polwan dgn speaker neriaki orang2 yg nyebrang seenaknya ( Metropolitan Mall Bekasi & Giant berhadapan, banyak pengunjung setelah dari Giant pergi ke MM begitu sebaliknya)
Sebenarnya ini dari dulu & bikin macettt.
sudah beberapa hr lumayan lancar karena orang2 pindah pakai jembtan penyeberangan. sayangnya tadi pagi lewat situ polisinya gak siaga. orang2 kembali ke tabiat lama. meski lampu hijau tetep saja menyebrang.. berenteng2 membelah jalan dengan anak2 meski lampu hijau..
kasihan juga selalu menimpakan semua masalah ke polisi.. kesadaran masyarakat sendiri masih payah..
.
Sebenarnya ini dari dulu & bikin macettt.
sudah beberapa hr lumayan lancar karena orang2 pindah pakai jembtan penyeberangan. sayangnya tadi pagi lewat situ polisinya gak siaga. orang2 kembali ke tabiat lama. meski lampu hijau tetep saja menyebrang.. berenteng2 membelah jalan dengan anak2 meski lampu hijau..
kasihan juga selalu menimpakan semua masalah ke polisi.. kesadaran masyarakat sendiri masih payah..

Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1261
- Joined: Mon Jan 21, 2008 15:00
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Btt - Gimana kalau untuk ngurangi macet diberlakukan jg berdasarkan Merk/Pabrikan.. heheheh..
selang seling Toyota-Honda- Daihatsoe.
Merk gak terkenal di campur jadi satu (Mitsoe-Mazda-Suzy-dll)
Efek + nya bisa meratakan penjualan berbagai merk mbl & mengurangi fanboy merk tertentu..
Bisa ketahuan kan merk apa yg bikin macet jalanan... + Jenis apa yg paling banyak parkir di lampu merah jika yg dapet giliran adalah Toyota...
selang seling Toyota-Honda- Daihatsoe.
Merk gak terkenal di campur jadi satu (Mitsoe-Mazda-Suzy-dll)
Efek + nya bisa meratakan penjualan berbagai merk mbl & mengurangi fanboy merk tertentu..
Bisa ketahuan kan merk apa yg bikin macet jalanan... + Jenis apa yg paling banyak parkir di lampu merah jika yg dapet giliran adalah Toyota...

Lagi nginjek rem..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
trus kalo ada yang melanggar? baik itu aturan ganjil genap, atau aturan berdasar merek,
ini mesti ada sistem yang berkesinambungan, penerapan, pengawasan, dan hukuman...
ini mesti ada sistem yang berkesinambungan, penerapan, pengawasan, dan hukuman...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
yg ga ada disini kontrol thd aparat. masyarakat sebetulnya akan patuh bila tilang benar2 rutin ditegakkan. masalahnya disini hari ini ditilang setaun kmudian baru ditilang lg. aparat baru mw menilang klu ada operasi aja. diluar itu hanya skali2 saja. akibatnya ya masyarakat merasa pelanggaran itu dibolehkan dan terjadi bertahun2, hingga seolah2 aturannya ga ada lg.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 399
- Joined: Tue Oct 16, 2012 16:17
- Location: PIK
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
itulah indonesia...mau gemana lagi kalo aparatnya udah kaya gitu. hehehe...kalo pembatasan dari merek sih kayanya nga mungkin. cuma kalo ganjil genap juga nga akan efektif kalo aparatnya seperti kaya sekarang.
one small step for a man, a giant leap for mankind
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 279
- Joined: Wed Apr 11, 2007 8:03
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
gmn arah sebaliknya? kan yg macet pagi arah ke kota, sore sebaliknya. masa jalan sebaliknya yg kosong ga boleh juga?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3302
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
transportasi massal harus cepat2 diperbaikin nih....
ga bisa ngebayangin kalau yg make motor makin banyak...
ga bisa ngebayangin kalau yg make motor makin banyak...

-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
Nih contohnya kurang kesadaran diri ...
udah di batesin pakai pagar beton tetep aja dilanggar .. sudah deh mo kabur ... he he he

udah di batesin pakai pagar beton tetep aja dilanggar .. sudah deh mo kabur ... he he he

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2733
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2021 Yamaha XSR
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
ini yg di salemba ya??maxx wrote:Nih contohnya kurang kesadaran diri ...
udah di batesin pakai pagar beton tetep aja dilanggar .. sudah deh mo kabur ... he he he
kesadaran org indon emang kurang bgt deh
udh dikasih pagar beton gitu aja msh dilanggar entah apa maunya
paling kesel kalo ada begituan pas kita lagi di busway. bikin perjalanan kita terhambat

apalagi busway koridor 10 yg dibawah tol wiyoto wiyono. kalo udh hujan dipake buat berteduh bikers bikin macet trus neduhnya di jalur busway

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Fri Dec 07, 2007 4:49
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
harus pake tangan besi, punishment harus jelas, kyk Singapore, gpp deh dijuluki "fine" city (baca : kota denda), selama ini aparat terkesan gak tegas, kebykan pelanggar hanya dihalau, mlh terkesan dibiarin,
contoh di bbrp perempatan, jelas2 ada rambu dilarang stop, plus ada mobil polisi parkir dan ada petugasnya, tp bus, angkot tetep aja ngetem, paling klo udh kelamaan ngetem dihalau suruh jalan
memang utk menindak semua gk mgkn krn jumlah petugas jauh lbh dikit drpd medan yg hrs diawasi, tp mslh nya image polisi di mata masy. itu gak tegas, jd mrk anggap enteng,
tp klo dimana ada petugas pelanggar ditindak tegas (mgkn gak semua tp sedapet nya aja, at least shock terapi buat yg lain) lama2 akan tertanam di image mrk utk jgn sekali2 melanggar peraturan
trus sedapat mgkn dicari solusi plg maksimal, contoh di jalur busway, pemasangan palang otomatis kyknya efektif tuh, jd even mbl pejabat pun gk bs nerobos (gk bs di nego)
contoh di bbrp perempatan, jelas2 ada rambu dilarang stop, plus ada mobil polisi parkir dan ada petugasnya, tp bus, angkot tetep aja ngetem, paling klo udh kelamaan ngetem dihalau suruh jalan
memang utk menindak semua gk mgkn krn jumlah petugas jauh lbh dikit drpd medan yg hrs diawasi, tp mslh nya image polisi di mata masy. itu gak tegas, jd mrk anggap enteng,
tp klo dimana ada petugas pelanggar ditindak tegas (mgkn gak semua tp sedapet nya aja, at least shock terapi buat yg lain) lama2 akan tertanam di image mrk utk jgn sekali2 melanggar peraturan
trus sedapat mgkn dicari solusi plg maksimal, contoh di jalur busway, pemasangan palang otomatis kyknya efektif tuh, jd even mbl pejabat pun gk bs nerobos (gk bs di nego)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
palang otomatis bukannya udah pernah dicoba? tp trus dibuka sama ptugas...
yg blum dicoba membuat pagar yg bisa rubuh dan bangun sendiri bila ditabrak/dilindas beban tertentu. jd klu mobil pribadi atau motor atau petugas ngawur ga bakal bisa lewat krn kurang berat.
tp rencana penambahan bis tj dan kopaja ac serta tiket yg nyambung antara ka dan bis tj sepertinya bagus skali
yg blum dicoba membuat pagar yg bisa rubuh dan bangun sendiri bila ditabrak/dilindas beban tertentu. jd klu mobil pribadi atau motor atau petugas ngawur ga bakal bisa lewat krn kurang berat.
tp rencana penambahan bis tj dan kopaja ac serta tiket yg nyambung antara ka dan bis tj sepertinya bagus skali
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1372
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
iya setuju, transportasi publik seperti transjakarta diperbanyak, denda sebesar besarnya bagi mobil/motor pribadi/pemerintah/perusahaan yg masuk jalur busway.
Misalnya motor masuk jalur busway: denda 100 ribu, mobil pribadi masuk jalur busway denda 1 juta. mobil perusahaan masuk jalur busway denda 10 juta, mobil-mobil pejabat masuk jalur busway, copot jabatannya. Kalau ada oknum polisi nggak menindak pelanggar di jalur busway dimutasi ke daerah paling terpencil di Indonesia.
Misalnya motor masuk jalur busway: denda 100 ribu, mobil pribadi masuk jalur busway denda 1 juta. mobil perusahaan masuk jalur busway denda 10 juta, mobil-mobil pejabat masuk jalur busway, copot jabatannya. Kalau ada oknum polisi nggak menindak pelanggar di jalur busway dimutasi ke daerah paling terpencil di Indonesia.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
selama jumlah bis tj msh sedikit dan jarang lewat, jalurnya tetap menggoda...
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 31
- Joined: Sat Sep 08, 2012 6:23
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
http://nasional.kontan.co.id/xml/bulan- ... -dibagikan
JAKARTA. Rencana penerapan pembatasan kendaraan pribadi berdasarkan plat nomor ganjil genap masih terus digodok pemerintah provinsi DKI Jakarta. Untuk memuluskan rencana itu, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah rencana, salah satunya stiker untuk kendaraan roda empat.
"Stikernya harus dipasang di kaca depan tengah atas, agar mudah terlihat," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Kamis (14/2). Stiker akan memudahkan petugas dalam pemantauan manual. Kendaraan dengan nomor terakhir 0, 2, 4, 6, 8 akan mendapat stiker berwarna merah.
Sedangkan kendaraan dengan nomor terakhir 1, 3, 5, 7, 9 akan mendapat stiker berwarna hijau. "Kami akan bagikan stiker bersama Polda Metro Jaya, mulai dari tempat pembayaran pajak dan perpanjangan STNK, tempat-tempat parkir on street dan off street, serta lokasi lainnya," jelas Pristono.
Stiker juga memuat logo Perhubungan, logo Jaya Raya, dan logo Ditlantas Polda Metro Jaya. Untuk mencegah pemalsuan stiker, rencananya akan dilengkapi hologram, namun belum bisa dipastikan. Pristono memaparkan, jika ada oknum yang sengaja ingin menipu dengan cara menggunakan dua plat ganda yang bisa dibongkar pasang pada kendaraan, atau stiker palsu, maka pelaku terancam sanksi dari dua kejahatan berlapis, yakni pelanggaran lalu lintas yang pertama dan penipuan.
Banyaknya kendaraan yang ada di Jabodetabek, tuturnya, akan cukup menyita waktu peralihan dan penempelan stiker. Pristono mengatakan, perkiraan awal akan dimulai pada Maret, namun semua keputusan ada di tangan gubernur.
"Kami akan sosialisasikan begitu diputus oleh gubernur kapan waktunya. Mungkin satu-dua bulan belum ditilang, tapi ditegur saja, kami juga siapkan rambu-rambunya," kata Pristono. Berdasarkan data, hingga Oktober 2012, jumlah kendaraan dengan plat nomor genap berjumlah 1.790.544 mobil, dan ganjil sebanyak 1.790.475 mobil.
Rinciannya, mobil plat genap DKI sebanyak 1.366.847, dan ganjil sebanyak 1.366.816. Sedangkan plat B Banten sebanyak 221.162 plat genap, dan 221.136 plat ganjil. Sementara, plat genap B Jawa Barat berjumlah 202.535 mobil, dan 202.523 plat ganjil.
Pada tahap awal dan uji coba, kebijakan ganjil genap akan diberlakukan di kawasan three in one dan Jalan Rasuna Said. Kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap akan berlaku setiap Senin sampai Jumat, kecuali Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Pembatasan dilakukan pada pukul 06.00-20.00 WIB. (Yaspen Martinus/Tribunnews)
JAKARTA. Rencana penerapan pembatasan kendaraan pribadi berdasarkan plat nomor ganjil genap masih terus digodok pemerintah provinsi DKI Jakarta. Untuk memuluskan rencana itu, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah rencana, salah satunya stiker untuk kendaraan roda empat.
"Stikernya harus dipasang di kaca depan tengah atas, agar mudah terlihat," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Kamis (14/2). Stiker akan memudahkan petugas dalam pemantauan manual. Kendaraan dengan nomor terakhir 0, 2, 4, 6, 8 akan mendapat stiker berwarna merah.
Sedangkan kendaraan dengan nomor terakhir 1, 3, 5, 7, 9 akan mendapat stiker berwarna hijau. "Kami akan bagikan stiker bersama Polda Metro Jaya, mulai dari tempat pembayaran pajak dan perpanjangan STNK, tempat-tempat parkir on street dan off street, serta lokasi lainnya," jelas Pristono.
Stiker juga memuat logo Perhubungan, logo Jaya Raya, dan logo Ditlantas Polda Metro Jaya. Untuk mencegah pemalsuan stiker, rencananya akan dilengkapi hologram, namun belum bisa dipastikan. Pristono memaparkan, jika ada oknum yang sengaja ingin menipu dengan cara menggunakan dua plat ganda yang bisa dibongkar pasang pada kendaraan, atau stiker palsu, maka pelaku terancam sanksi dari dua kejahatan berlapis, yakni pelanggaran lalu lintas yang pertama dan penipuan.
Banyaknya kendaraan yang ada di Jabodetabek, tuturnya, akan cukup menyita waktu peralihan dan penempelan stiker. Pristono mengatakan, perkiraan awal akan dimulai pada Maret, namun semua keputusan ada di tangan gubernur.
"Kami akan sosialisasikan begitu diputus oleh gubernur kapan waktunya. Mungkin satu-dua bulan belum ditilang, tapi ditegur saja, kami juga siapkan rambu-rambunya," kata Pristono. Berdasarkan data, hingga Oktober 2012, jumlah kendaraan dengan plat nomor genap berjumlah 1.790.544 mobil, dan ganjil sebanyak 1.790.475 mobil.
Rinciannya, mobil plat genap DKI sebanyak 1.366.847, dan ganjil sebanyak 1.366.816. Sedangkan plat B Banten sebanyak 221.162 plat genap, dan 221.136 plat ganjil. Sementara, plat genap B Jawa Barat berjumlah 202.535 mobil, dan 202.523 plat ganjil.
Pada tahap awal dan uji coba, kebijakan ganjil genap akan diberlakukan di kawasan three in one dan Jalan Rasuna Said. Kebijakan pembatasan kendaraan dengan sistem ganjil genap akan berlaku setiap Senin sampai Jumat, kecuali Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Pembatasan dilakukan pada pukul 06.00-20.00 WIB. (Yaspen Martinus/Tribunnews)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Tue Aug 14, 2007 2:09
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
kalo solusi gw :
nyontoh aja spore :
SEMUA bus musti berhenti di HALTE. .bukan di tengah jalan..
tapi kalo liat HALTE di semua jalan protokol, sama sekali ga ada jendolannya masuk ke dalam buat markir itu bus.. otomatis halte di jakarta itu semuaya ga berfungsi
jadi kalo mau ngurangi macet, semua angkot dan bus cuman boleh naikin dan turunin penumpang di HALTE.. jalanan di haltenya di bikin kek DRIVE THRU getu model jalanannya, jadi ada bus berhenti, kendaraan lain ga terganggu.
kedua, PARKIR di tengah kota / tepi jalan 3in1 / protokol tarifin aja 15,000 per JAM. pake mesin. (itu semua tukang parkir jalanan babat aja.. ) --> tapi keknya mustahil.
nyontoh aja spore :
SEMUA bus musti berhenti di HALTE. .bukan di tengah jalan..
tapi kalo liat HALTE di semua jalan protokol, sama sekali ga ada jendolannya masuk ke dalam buat markir itu bus.. otomatis halte di jakarta itu semuaya ga berfungsi
jadi kalo mau ngurangi macet, semua angkot dan bus cuman boleh naikin dan turunin penumpang di HALTE.. jalanan di haltenya di bikin kek DRIVE THRU getu model jalanannya, jadi ada bus berhenti, kendaraan lain ga terganggu.
kedua, PARKIR di tengah kota / tepi jalan 3in1 / protokol tarifin aja 15,000 per JAM. pake mesin. (itu semua tukang parkir jalanan babat aja.. ) --> tapi keknya mustahil.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
yg ada mesin parkirnya hilang dikiloin....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: aturan Plat Nomor Genap-Ganjil
y_anjasrana wrote:yg ada mesin parkirnya hilang dikiloin....

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport