Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
bimbimsalabim wrote:mungkin sedikit saya bisa memberikan info pengetahuan tentang logam, berarti deformasi logam dipengaruhi oleh aspek :
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu
Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
Nah maksud nubie itu ukuran tipis berapa mm/10? Kalau wajar atau standar berapa?mana tau senior2 disini ada yang tau:)
Kalau sudah urusan disain dan jenis logam mnrt nubie sudah urusan lain:)
bimbimsalabim wrote:mungkin sedikit saya bisa memberikan info pengetahuan tentang logam, berarti deformasi logam dipengaruhi oleh aspek :
-struktur logam atau jenis
- ketebalan logam
- bentuk akhir atau desain
- suhu
Sebgai gambaran yang dilakukan Toyota untuk avanza, model pertama (era sebelum vvt-i) atap mobil dibentuk tanpa tekukan. Namun untuk setelahnya (tahun berapa lupa) atap dibentuk bergelombang. Tujuannya supaya bisa menahan beban lebih baik diatasnya, jadi tidak ambles. Walupun logam yang diguanakan tipis, namun menggunakan struktur bahan dan didesain dengan baik, toh tidak akan kalah dengan dengan logam yang ukurannya lebih tebal.
Nah maksud nubie itu ukuran tipis berapa mm/10? Kalau wajar atau standar berapa?mana tau senior2 disini ada yang tau:)
Kalau sudah urusan disain dan jenis logam mnrt nubie sudah urusan lain:)
Menyimak....
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
tapi kalo dipikir-pikir, nih baru kepikiran tadi pagi. adakah kemungkinan avanza xenia luxio grandmax sengaja dibikin gampang ditekuk
supaya elastis dan jadinya pas benturan agak membal? (maap ini ane lagi berimajinasi tingkat tinggi)
MonSTER_GTR wrote:tapi jangan salah, walaupun misalnya kayak lipina ane pelat bodi boleh tipis, tapi coba ketok
plat bodinya bandingin sma misalnya luxio, berasa lipina lebih berisi. jadi tipis juga gak sembarang
tipis.
CMIIW
tipis nya lipina ga sekaleng apansa senia karena di pelat lipina jg ada ditempel semacam peredam yg agak kaku gt om... coba dehh buka door trim lipina... kliatan deh tuh peredam2 tempel tsb...
ZombiEE wrote:
Nah maksud nubie itu ukuran tipis berapa mm/10? Kalau wajar atau standar berapa?mana tau senior2 disini ada yang tau:)
Kalau sudah urusan disain dan jenis logam mnrt nubie sudah urusan lain:)
Maaf Om untuk kuran data ketebalan plat kap mesin, pintu, bodi luar, bagasi, atap, chasis tiap tiap mobil saya tidak tahu. Begitu juga standar ketebalan plat untuk mobil mpv, suv, sedan, hatchback, truk, JDM, USDM, dsbgnya juga tidak tahu. Maksud dari postingan saya, merubah sedikit paradigma Om yang saya lihat sekilas dipostingan terakhir bahwa pelat yang tipis bukan dikatan rapuh. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menahan dan menyerap gaya yang diterima hingga maksimal