dah lama nggak nulis di forum, semenjak nanya terakhir di forum .... coba cari satu-satu tulisan yang di forum...ada beberapa pertanyaan nieh...
Di kendaraan saya HYUNDAI Elantra 95 , lagi ada hal yang mau ditanyakan
1. Ketika IDLe atapun jalan kalau rpm disetel 1000 ataupun 900 tanpa AC di baik-baik saja, tapi ketika dipasang AC dia mulai turun naik
mesin hampir mati,
berbeda ketika rpm di setel 1100 tanpa AC nyala dia minum banyak sekali.....pas ac Nyala RPM tidak mengayun turun bertahan di antara 900 dan 1000.... lau kemudian coba menyalakan lampu besar.... eh dia mulai mengayun seperti ada yang buat rpm stabil terambil oleh lampu nyala....... pernah tanya ke bengkel (bukan beres)ataupun baca tulisan ada beberapa faktor : a). Timing belt kendor b). Isc c). ECU rusak. Untuk point a sudah diganti tetap sama, b. ISC diganti, tapi kemudian RPM naik ke 2000 nggak turun-turn jadi dibalikin lagi bawaaannya, untuk ISC sudah 2 jenis pertama abu-abu, lalu yang hitam, c.) ECU rusak.. belum sempet cek rencana mau ke beres cek pake scanner.
O iya ketika RPM di setel 900 da CA dinyalakan terdengar seperti perickan api kecil di daerah busi...
tepatnya kurang paham....trus dinaikan lagi pas AC nyala sampai tidak mengayun percikan hilang.
2. Kalau asap knalpot perih dimata kenapa ya....
Matur nuwun Abang-abang semuanya

