Mau tanya-tanya

Segala mobil tipe sedan (Baleno, Accord, Corrola, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Mau tanya-tanya

Post by azie »

Selamat Pagi abang-abang di forum....

dah lama nggak nulis di forum, semenjak nanya terakhir di forum .... coba cari satu-satu tulisan yang di forum...ada beberapa pertanyaan nieh...
Di kendaraan saya HYUNDAI Elantra 95 , lagi ada hal yang mau ditanyakan

1. Ketika IDLe atapun jalan kalau rpm disetel 1000 ataupun 900 tanpa AC di baik-baik saja, tapi ketika dipasang AC dia mulai turun naik
mesin hampir mati,

berbeda ketika rpm di setel 1100 tanpa AC nyala dia minum banyak sekali.....pas ac Nyala RPM tidak mengayun turun bertahan di antara 900 dan 1000.... lau kemudian coba menyalakan lampu besar.... eh dia mulai mengayun seperti ada yang buat rpm stabil terambil oleh lampu nyala....... pernah tanya ke bengkel (bukan beres)ataupun baca tulisan ada beberapa faktor : a). Timing belt kendor b). Isc c). ECU rusak. Untuk point a sudah diganti tetap sama, b. ISC diganti, tapi kemudian RPM naik ke 2000 nggak turun-turn jadi dibalikin lagi bawaaannya, untuk ISC sudah 2 jenis pertama abu-abu, lalu yang hitam, c.) ECU rusak.. belum sempet cek rencana mau ke beres cek pake scanner.

O iya ketika RPM di setel 900 da CA dinyalakan terdengar seperti perickan api kecil di daerah busi...
tepatnya kurang paham....trus dinaikan lagi pas AC nyala sampai tidak mengayun percikan hilang.

2. Kalau asap knalpot perih dimata kenapa ya....

Matur nuwun Abang-abang semuanya :) :e-pray:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Mau tanya-tanya

Post by g4ndalf »

kenapa matanya dideketin knalpot gan?? :mky_06: ya pasti perih lah kalau mata diasapin pake knalpot, hehehe
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mau tanya-tanya

Post by y_anjasrana »

penyakitnya hyundai biasanya di sekitar sensor2. klu di atos nempel di throttle body. umumnya yg sering error sensor idle speed actuator (isa). bisa hilang dibersihkan atau ganti packing saja. klu ga bisa jg ganti dgn isa yg baru.

cmiiw

(bukan sales sparepart hyundai)
Accurate V5 Accounting System Consultant
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

y_anjasrana wrote:penyakitnya hyundai biasanya di sekitar sensor2. klu di atos nempel di throttle body. umumnya yg sering error sensor idle speed actuator (isa). bisa hilang dibersihkan atau ganti packing saja. klu ga bisa jg ganti dgn isa yg baru.

cmiiw

(bukan sales sparepart hyundai)

kemungkinan hyundai seperti itu ISA nya.. iya bang mau ganti yang baru lagi ngumpulin pundi-pundi rupiah dulu... terima kasih sudah di respon....
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

g4ndalf wrote:kenapa matanya dideketin knalpot gan?? :mky_06: ya pasti perih lah kalau mata diasapin pake knalpot, hehehe

hihihi bener juga ya pedes di mata kalau dideketin..... abis bauya nyengit banget ya......
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mau tanya-tanya

Post by y_anjasrana »

klu blum ada duit coba bersih2 aja isanya. trus ganti paking, atau buat sendiri. pd bbrp kasus hasilnya lebih bagus bila lubang paking dibuat lebih kecil dr standardnya.
Accurate V5 Accounting System Consultant
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

y_anjasrana wrote:klu blum ada duit coba bersih2 aja isanya. trus ganti paking, atau buat sendiri. pd bbrp kasus hasilnya lebih bagus bila lubang paking dibuat lebih kecil dr standardnya.
dibersihiin...kalau orang yang awam kaya saya bisa membersihkan sendiri ya bang..... kalau boleh tau....bersihiin,nya pake cleaner apa ya... packingnya waktu itu sempet dibuka yang ada di ISC itu seal karet.. kalau boleh tau ISA itu sama dngan ISC bukan ya bang... tenkiu.....
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

azie wrote:
y_anjasrana wrote:klu blum ada duit coba bersih2 aja isanya. trus ganti paking, atau buat sendiri. pd bbrp kasus hasilnya lebih bagus bila lubang paking dibuat lebih kecil dr standardnya.
dibersihiin...kalau orang yang awam kaya saya bisa membersihkan sendiri ya bang..... kalau boleh tau....bersihiin,nya pake cleaner apa ya... packingnya waktu itu sempet dibuka yang ada di ISC itu seal karet.. kalau boleh tau ISA itu sama dngan ISC bukan ya bang... tenkiu.....
o iya bang anjas mo tanya juga kalau socket AFS (Air flow sensor) di cabut ketika mesin menyala gejala normanya apa ya..... hihiihi sapa tau bisa dapat info sekalian tenkiu....
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mau tanya-tanya

Post by imsus2c »

azie wrote:
y_anjasrana wrote:penyakitnya hyundai biasanya di sekitar sensor2. klu di atos nempel di throttle body. umumnya yg sering error sensor idle speed actuator (isa). bisa hilang dibersihkan atau ganti packing saja. klu ga bisa jg ganti dgn isa yg baru.

cmiiw

(bukan sales sparepart hyundai)

kemungkinan hyundai seperti itu ISA nya.. iya bang mau ganti yang baru lagi ngumpulin pundi-pundi rupiah dulu... terima kasih sudah di respon....
ISC bisa jadi kotor atau bocor,
Pertolongan pertama, coba dulu dibersihkan, habis itu ditutup (seal) total pakai lem epoxy (lem besi), jadi mirip di dempul keliling gitu
Kalau tidak berhasil, artinya memang musti diganti
ISC (Idle Speed Controller) sama dengan ISA (Idle Speed Actuator)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Mau tanya-tanya

Post by imsus2c »

azie wrote:
azie wrote:
y_anjasrana wrote:klu blum ada duit coba bersih2 aja isanya. trus ganti paking, atau buat sendiri. pd bbrp kasus hasilnya lebih bagus bila lubang paking dibuat lebih kecil dr standardnya.
dibersihiin...kalau orang yang awam kaya saya bisa membersihkan sendiri ya bang..... kalau boleh tau....bersihiin,nya pake cleaner apa ya... packingnya waktu itu sempet dibuka yang ada di ISC itu seal karet.. kalau boleh tau ISA itu sama dngan ISC bukan ya bang... tenkiu.....
o iya bang anjas mo tanya juga kalau socket AFS (Air flow sensor) di cabut ketika mesin menyala gejala normanya apa ya..... hihiihi sapa tau bisa dapat info sekalian tenkiu....
Kemungkinan lain, Airflow-nya ikutan error
Harusnya bisa di-diagnosa lewat hi-scan
Ciri lain, gas buang terasa pedih, artinya campuran terlalu kaya

Cmiiw yah...
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

Kemungkinan lain, Airflow-nya ikutan error
Harusnya bisa di-diagnosa lewat hi-scan
Ciri lain, gas buang terasa pedih, artinya campuran terlalu kaya

Cmiiw yah...[/quote]

Iya kemaren coba cabut socket air flow...and dia jadi endut-endutan...pas dipasang ilang ndut-ndutannya..... mau cari tau juga via hi-scan... belum sempat ke beres....udah nanya info khi scan ke beres 280k.... tinggal cari waktu yang tepat.... terima kasih bang imsus2c.... informasi dari forum berarti sekali buat saya...biar ketika ke bengkel nggak ketinggalaam info sama mereka...jadinya bengkel ndak melihat sebelah mata...gitu :thanks:
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Mau tanya-tanya

Post by ferryset »

wah, mobil tahun 95 sudah agak berumur juga ya. menurut saya sepertinya air flownya rusak, saya juga pernah mengalami di mobil kia carnival, mobil saya juga seperti pincang dan tidak bisa idle. kamu sepertinya harus mengecek nya ke bengkel resmi karena mereka punya engine scanner untuk mengecek trouble yang ada di mesin kamu. hati-hati kalau sudah seperti mengeluarkan percikan api. kuatir kl ada bensin, menyambar, mobil kamu bisa terbakar. kamu harus cepat kalau tidak, kerugian yang akan kamu tanggung lebih besar
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

ferryset wrote:wah, mobil tahun 95 sudah agak berumur juga ya. menurut saya sepertinya air flownya rusak, saya juga pernah mengalami di mobil kia carnival, mobil saya juga seperti pincang dan tidak bisa idle. kamu sepertinya harus mengecek nya ke bengkel resmi karena mereka punya engine scanner untuk mengecek trouble yang ada di mesin kamu. hati-hati kalau sudah seperti mengeluarkan percikan api. kuatir kl ada bensin, menyambar, mobil kamu bisa terbakar. kamu harus cepat kalau tidak, kerugian yang akan kamu tanggung lebih besar
waduh...riskan juga ..... percikan api waktu pertama di cek ada kabel busi terkelupas...trus dah ganti ternyata masih ada disekitar daerah tempat busi...di coba naikan rpmnya hilang.... terima kasih atas infonya bang ferry..... mau ke bengkel resmi belum ketemu jadwal yang tepat..... terima kasih
ferryset
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 217
Joined: Fri Jan 25, 2013 9:54

Re: Mau tanya-tanya

Post by ferryset »

azie wrote:
ferryset wrote:wah, mobil tahun 95 sudah agak berumur juga ya. menurut saya sepertinya air flownya rusak, saya juga pernah mengalami di mobil kia carnival, mobil saya juga seperti pincang dan tidak bisa idle. kamu sepertinya harus mengecek nya ke bengkel resmi karena mereka punya engine scanner untuk mengecek trouble yang ada di mesin kamu. hati-hati kalau sudah seperti mengeluarkan percikan api. kuatir kl ada bensin, menyambar, mobil kamu bisa terbakar. kamu harus cepat kalau tidak, kerugian yang akan kamu tanggung lebih besar
waduh...riskan juga ..... percikan api waktu pertama di cek ada kabel busi terkelupas...trus dah ganti ternyata masih ada disekitar daerah tempat busi...di coba naikan rpmnya hilang.... terima kasih atas infonya bang ferry..... mau ke bengkel resmi belum ketemu jadwal yang tepat..... terima kasih
iya sangat berbahaya karena di bagian kap mesin tuh terdapat saluran bensin yang sewaktu-waktu terbakar. coba luangkan waktu misal waktu istirahat kerja pergi ke bengkel atau sabtu minggu juga ada ada bengekl yang buka, karena ini urgent boss hehehehehe :big_peace:
There’s no secret. You just press the accelerator to the floor and steer left.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Mau tanya-tanya

Post by y_anjasrana »

klu isa bermasalah biasanya saat ac nyala, rpm akan naik tp sering telat turunnya. klu isc ngadat, rpm bisa naik tinggi skali. klu2nya rusak mungkin ganti satu paket dgn trottle body aja. dulu skitar 1,8jt (harga atrium). tp itu punya atos yaa. klu isa atau iscnya aja jg bisa. klu mw ganti mending ganti sendiri. harga di toko cuma separo harga beres. masangnya cuma butuh obeng kembang. jgn lupa beli paking utk isa.

btw klu urusan sensor dah rapih, bisa siapin budget bbrp ratus rb utk beli kabel ground (klu mw murah bisa buat sendiri - jgn terlalu percaya kata pdg). info ttg grounding bisa dicari di subforum modifikasi, atau search aja di sbelah :D
Accurate V5 Accounting System Consultant
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

ferryset wrote:
azie wrote:
ferryset wrote:wah, mobil tahun 95 sudah agak berumur juga ya. menurut saya sepertinya air flownya rusak, saya juga pernah mengalami di mobil kia carnival, mobil saya juga seperti pincang dan tidak bisa idle. kamu sepertinya harus mengecek nya ke bengkel resmi karena mereka punya engine scanner untuk mengecek trouble yang ada di mesin kamu. hati-hati kalau sudah seperti mengeluarkan percikan api. kuatir kl ada bensin, menyambar, mobil kamu bisa terbakar. kamu harus cepat kalau tidak, kerugian yang akan kamu tanggung lebih besar
waduh...riskan juga ..... percikan api waktu pertama di cek ada kabel busi terkelupas...trus dah ganti ternyata masih ada disekitar daerah tempat busi...di coba naikan rpmnya hilang.... terima kasih atas infonya bang ferry..... mau ke bengkel resmi belum ketemu jadwal yang tepat..... terima kasih
iya sangat berbahaya karena di bagian kap mesin tuh terdapat saluran bensin yang sewaktu-waktu terbakar. coba luangkan waktu misal waktu istirahat kerja pergi ke bengkel atau sabtu minggu juga ada ada bengekl yang buka, karena ini urgent boss hehehehehe :big_peace:
iya bang...mudah-mudahan jangan sampe yang tidak diharapkan tenkiu.....
azie
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 63
Joined: Tue Apr 03, 2012 0:54
Location: BSD - Bekasi Sonoan Dikit

Re: Mau tanya-tanya

Post by azie »

y_anjasrana wrote:klu isa bermasalah biasanya saat ac nyala, rpm akan naik tp sering telat turunnya. klu isc ngadat, rpm bisa naik tinggi skali. klu2nya rusak mungkin ganti satu paket dgn trottle body aja. dulu skitar 1,8jt (harga atrium). tp itu punya atos yaa. klu isa atau iscnya aja jg bisa. klu mw ganti mending ganti sendiri. harga di toko cuma separo harga beres. masangnya cuma butuh obeng kembang. jgn lupa beli paking utk isa.

btw klu urusan sensor dah rapih, bisa siapin budget bbrp ratus rb utk beli kabel ground (klu mw murah bisa buat sendiri - jgn terlalu percaya kata pdg). info ttg grounding bisa dicari di subforum modifikasi, atau search aja di sbelah :D
iya d senen ada satu tempat di rekomendasiin..... pengen cepet beres juga.... mudah-mudahan masih semangat nieh bang... terima kasih atas infonya bang anjas....