point satu. Ini sudah rahasia umum, kalau kondisi ring seher sudah kurang sehat, atau apabila dikasih oli standard mesin tersebut sudah timbul bunyi2 walaupun halus.y_anjasrana wrote: 1. masa oli mesin diganti oli gardan? pa bisa lari? bisa dicek dgn pegang oli yg nempel di dipstick.
jgn lupa selain ganti fluida, ganti ban jg. jgn percaya dgn ban dr pedagang.
2. klu ac biasanya sih ada kebocoran. utk sementara bisa diserpis di bengkel ac mobil. tp utk jangka panjang sebaiknya ganti kompresor ac. baiknya ganti baru jgn copotan.
-cut-
Kalau kondisinya rada parah, dikasinya yang SAE90. Kalau kondisinya ngga parah, biasanya dikasi oli single grade sAE 40, atau oli transmisi.
Serius, pernah saya tau bengkel yang lakuin hal ini waktu SMA dulu.
point dua, setuju, apabila ada bujet lebih. Lebih baik, sehatkan mesin dan pengereman dulu dan pastikan mobil engga tiris / air rembes saat hujan. Minimum requirement lebih baik kayak gitu dulu.