Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by madcat015 »

Prast84 wrote:kalo Mazda M8 depresiasi harganya gimana ya??masih kuat apa sudah lemah??? :big_slap:
Hmmm... Ane expect depresiasi minimum 10% per taon untuk 2 taon pertama. Mungkin setelah 5 taon harga jual tinggal 270-300jt an, setelahnya, scrap value sekitar 180-200jt.

Cmiiw... :mky_01:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
g4ndalf
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1109
Joined: Sun Dec 23, 2012 2:30

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by g4ndalf »

Kalau mobil baru harganya turun / diskon gede, tentu pengaruh ke pasar seken

Yg terjadi sekarang ini antisipasi serbuan mobil murah, pedagang gak berani beli mahal, sebetulnya ini kan sudah terjadi dengan pasar motor, 500rb dapet motor baru, ya tentu saja pasar motor second jeblok.

Juga ada faktor gengsi, maklum opini masyarakat ttg mobil second gimanapun lebih 'wah' yg baru. Itu yg terjadi tiap kali ada all new model kluar, yg lama langsung drop resale nya.
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by y_anjasrana »

klu harga bbm naik lg bakal jeblok lg harga mobil seken terutama mesin bensin 2000cc ke atas. harga seken mobil2 kecil bisa aja sedikit naik. bbm mahal permintaan mobil irit ikut naik. kecuali harga sudah bertabrakan dgn tipe2 di atasnya. misal picanto lama susah naik krn bertabrakan dgn harga jazz atau yaris seken.

yg stabil jelas duet si irit dan kencang. tp harganya tetap aja tertekan di bawah ertiga baru. siapa sih yg mw beli mobil seken seharga mobil baru dgn kelas yg sama? ga ada lagi deh jual mobil seken lebih tinggi drpd barunya..... :mrgreen:
Accurate V5 Accounting System Consultant
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by kompresorz »

ya kynya semakin tajam...c class saya aja skrg dipasaran 300 lewat dikit itu jg harga sowrom x...cilaka...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

Wkt beli tuh mbl sekitaran brp?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
Asfur
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by Asfur »

Ikutan sharing dr nubie. Bener banget pasaran mobkas skrg amburadul, scr ane ada temen yg maen mobkas. Sbnrnya mulai amburadul dari 2012 pertengahan, makin kesiniin makin amsiong.
PDG di wtc juga sbnrnya banyak yg dah rontok, yg nampak skrg yah muncul PDG2 baru aja yg mgkn mencoba peruntungan di pasar mobkas.
Jadi macam simalakama, PDG seken tertekan diskon mobil baru yg gencar dan gede yg tentunya berimbas ke sekennya yg pasti jadi murah, smtr owner yah pasti maunya harga yg tinggi, smtr PDGnya yah pasti ngk berani ambil.
Skrg emang bener mau merk T dan H pun resale tangan 1 pasti amsiong, jgn ngomong merk2 lainnya.
Temen bbrp bln beli inv v 2009 AT cuman 160 jtan di sorum, jadi bayangin aja PDG beli diangka brp.
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

Teman bokap jg blg gt, katanya bisnis mobkas udh susah (dia pdg mobkas) krn diskon yg gila gilaan.. Jadi skrg dia putar haluan ke properti, kt dia prospeknya lebih bagus..

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
bali_juventino
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 442
Joined: Wed Aug 01, 2012 6:33

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by bali_juventino »

1 ato 2 bulan lalu lihat iklan di koran... diskon buat si phenomenal yg non airbags 25-40 klo gk salah ingat... jadi pdgang mobkas cpt2 lepas jg stoknya :mky_06:
ace_81
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 74
Joined: Wed Nov 07, 2012 0:42

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ace_81 »

y_anjasrana wrote:klu harga bbm naik lg bakal jeblok lg harga mobil seken terutama mesin bensin 2000cc ke atas. harga seken mobil2 kecil bisa aja sedikit naik. bbm mahal permintaan mobil irit ikut naik. kecuali harga sudah bertabrakan dgn tipe2 di atasnya. misal picanto lama susah naik krn bertabrakan dgn harga jazz atau yaris seken.

yg stabil jelas duet si irit dan kencang. tp harganya tetap aja tertekan di bawah ertiga baru. siapa sih yg mw beli mobil seken seharga mobil baru dgn kelas yg sama? ga ada lagi deh jual mobil seken lebih tinggi drpd barunya..... :mrgreen:
setuju, anomali tsb sulit terjadi lg.

skrg utk yg hobi psy war dgn sales mobil utk dpt hrg pantas sesuai dgn kebutuhan kita lbh asik sptnya :big_peace:
dianw
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Sun Jul 06, 2008 16:21

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by dianw »

Sebenernya ada bagusnya juga begini, mungkin buat pedagang ini buruk tapi buat calon pembeli ini baik, karena dengan begitu harga mobil menjadi dekat dengan harga yang sepatutnya....
Kelak kita boleh berharap kebanyakan mobil value for money, harga yang dibayar sesuai dengan yang didapat.
Ga usah kebut-kebut, yang penting cepet sampe aja.
User avatar
pcx
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 812
Joined: Sat Sep 04, 2010 3:44

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by pcx »

madcat015 wrote:
pcx wrote:@om TS: Hmmmm......yang dimaksud untuk unit baru 2013? :e-think:
Keliatannya untuk semua mobil seken di 2013 ini... :shrug:

Pasar mobil memang cukup volatile di 2013... mungkin ini juga yang bikin unit seken mengalami depresiasi harga akibat policy ATPM untuk mobil2 baru.
Bro madcat, rasanya memang bener begitu :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Situasi volatile ini berhubungan erat dengan pasar mobil nasional yang tembus 1 juta unit tahun 2012 ? Ini kan angka terbesar penjualan mobil di Indonesia sepanjang sejarah :e-think:
g4ndalf wrote:Kalau mobil baru harganya turun / diskon gede, tentu pengaruh ke pasar seken

Yg terjadi sekarang ini antisipasi serbuan mobil murah, pedagang gak berani beli mahal, sebetulnya ini kan sudah terjadi dengan pasar motor, 500rb dapet motor baru, ya tentu saja pasar motor second jeblok.

Juga ada faktor gengsi, maklum opini masyarakat ttg mobil second gimanapun lebih 'wah' yg baru. Itu yg terjadi tiap kali ada all new model kluar, yg lama langsung drop resale nya.
Setuju dengan opini om gandalf
gejala yang terjadi pada pasar motor dulunya perlahan2 mulai terlihat pada mobil :e-think:

Just IMO and CMIIW
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
ZERO EMISSION...............BETTER FUTURE
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

Ipah gw aja ditawar 225 juta ama pedege..

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
solar_kerosen
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3072
Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by solar_kerosen »

saya gak khawatir masalah Depresiasi harga , yg saya TAKUTKAN depresiasi kualitas mobil ,produsen berlomba lomba menjual mobil bukan nunjukin kualitas dan teknologi yg makin dimiskinkan
- daya tahan mesin
- daya tahan plat dan sasis

* Honda Astrea grand tahun 90 kualitasnya luar biasa mengalami penurunan kualitas pada Honda supra

* Daihatsu tidak mengeluarkan lagi Taft malah diganti mobil kaleng sarden sekelas xenia,Terios dipake di jalan rusak 3 tahun udah masuk junk yard bandingkan Taft GT, my car almost 25 years operation still survive
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

solar_kerosen wrote:saya gak khawatir masalah Depresiasi harga , yg saya TAKUTKAN depresiasi kualitas mobil ,produsen berlomba lomba menjual mobil bukan nunjukin kualitas dan teknologi yg makin dimiskinkan
- daya tahan mesin
- daya tahan plat dan sasis

* Honda Astrea grand tahun 90 kualitasnya luar biasa mengalami penurunan kualitas pada Honda supra

* Daihatsu tidak mengeluarkan lagi Taft malah diganti mobil kaleng sarden sekelas xenia,Terios dipake di jalan rusak 3 tahun udah masuk junk yard bandingkan Taft GT, my car almost 25 years operation still survive
Emang ente masi mau beli Taft GT dgn harga 300 juta lebih?

Kalo gue sih kagak, apalagi Taft baru udh IFS, gk setangguh yg rigid...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by madcat015 »

pcx wrote:
madcat015 wrote:
pcx wrote:@om TS: Hmmmm......yang dimaksud untuk unit baru 2013? :e-think:
Keliatannya untuk semua mobil seken di 2013 ini... :shrug:

Pasar mobil memang cukup volatile di 2013... mungkin ini juga yang bikin unit seken mengalami depresiasi harga akibat policy ATPM untuk mobil2 baru.
Bro madcat, rasanya memang bener begitu :frm_tumbright: :frm_tumbleft:

Situasi volatile ini berhubungan erat dengan pasar mobil nasional yang tembus 1 juta unit tahun 2012 ? Ini kan angka terbesar penjualan mobil di Indonesia sepanjang sejarah :e-think:
Yep... 1 juta unit lebih... Bayangkan aja, penjualan mobil Indonesia mengalahkan Thailand yang 880rb sekian. Padahal infrastruktur jalan di sana lebih baik, jauh lebih baik bahkan.

Jadi semua ATPM berlomba2 menggerojok pasar dengan mobil2 baru, mobil2 murah, diskon dan bonus, model2 facelift, dll... Dengan harapan euforia ini terus berlanjut...

Akibatnya sesuai dengan beberapa post di atas tadi... Harga mobil baru dan seken semakin rapat. Akhirnya logika yang bermain, mending bayar mahal dikit, yang penting unit kinyis2...

Babak belur dah pasar mobil seken... :shrug:

CMIIW...
pcx wrote:
g4ndalf wrote:Kalau mobil baru harganya turun / diskon gede, tentu pengaruh ke pasar seken

Yg terjadi sekarang ini antisipasi serbuan mobil murah, pedagang gak berani beli mahal, sebetulnya ini kan sudah terjadi dengan pasar motor, 500rb dapet motor baru, ya tentu saja pasar motor second jeblok.

Juga ada faktor gengsi, maklum opini masyarakat ttg mobil second gimanapun lebih 'wah' yg baru. Itu yg terjadi tiap kali ada all new model kluar, yg lama langsung drop resale nya.
Setuju dengan opini om gandalf
gejala yang terjadi pada pasar motor dulunya perlahan2 mulai terlihat pada mobil :e-think:

Just IMO and CMIIW
:big_peace: :big_peace: :big_peace:
Couldn't agree more... :mrgreen:
ricz wrote:
solar_kerosen wrote:saya gak khawatir masalah Depresiasi harga , yg saya TAKUTKAN depresiasi kualitas mobil ,produsen berlomba lomba menjual mobil bukan nunjukin kualitas dan teknologi yg makin dimiskinkan
- daya tahan mesin
- daya tahan plat dan sasis

* Honda Astrea grand tahun 90 kualitasnya luar biasa mengalami penurunan kualitas pada Honda supra

* Daihatsu tidak mengeluarkan lagi Taft malah diganti mobil kaleng sarden sekelas xenia,Terios dipake di jalan rusak 3 tahun udah masuk junk yard bandingkan Taft GT, my car almost 25 years operation still survive
Emang ente masi mau beli Taft GT dgn harga 300 juta lebih?

Kalo gue sih kagak, apalagi Taft baru udh IFS, gk setangguh yg rigid...
Terkait harga TAFT GT yang memang bikin horror... Kayaknya faktor inflasi yang menyebabkan harga terkerek tidak terlalu signifikan tetapi kualitas yang terkompromi...

Kalo ga salah, dulu taon 2004 apa 2005 ya, TAFT GT top of the line sekitar 330jt something... Mesin 2700cc penggerak 4WD... Cocok dah... Babak belur kena pajak... :off_no:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by esh »

Kalau yang saya amati gejala anjlok harga mobil 2nd itu sudah terjadi sejak IIMS tahun lalu. Ceritanya mertua saya jual captiva fwd vcdi '09 bulan 3 tahun 2012 ke showroom masih laku 265 juta sedangkan saya jual mobil type dan warna yang sama pada bulan 9 akhir hanya diterima 230 juta di showroom yang sama.

FYI, kedua mobil captiva tersebut belinya bersamaan, type dan warna sama persis. Sedangkan kondisi mobil yang saya pakai jauh lebih baik daripada punya mertua saya.

Menurut pemilik showroom harga captiva diesel terkoreksi saat itu karena CRV keluar model baru sehingga model sebelumnya diskon besar2an. Hal itu berimbas ke pasaran second CRV. Sedangkan CRV adalah market leader SUV sehingga secara otomatis harga SUV lainnya juga ikut terkoreksi.

Kemudian pada bulan 12 saat CRV gen 4 diskon dan harga second kembali terkoreksi. Hal ini juga berimbas pada penjualan CX5 yang sejak awal tidak ada diskon sama sekali menjadi ada diskon.

Terakhir saya cek di iklan otosia, showroom jual cx5 touring R19 2012 di harga 365 juta, sedangkan harga beli saya 419 juta.
maswewe
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 176
Joined: Tue Aug 28, 2012 12:21

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by maswewe »

evolution21 wrote:Apa bedanya iamwewe sama maswewe ?
Lain orang, suhu.... Salam kenal.
Nubi ini pas bikin nama tidak lihat ada wewe yang lain. Tabik aja buat iamwewe. Mungkin inisial kita sama...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

Berarti beli CRV harus jual sblm 2017... Kalo gk jatuh bgt... :e-think:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
MonSTER_GTR
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2499
Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by MonSTER_GTR »

pusing dah kalo terlalu parno sma Resale value, yang penting dipake dulu, bisa dipake ngegelinding buat cari duit dulu, toh dalam beberapa tahun yang akan datang duit kita akan nambah kan (kalo kerja nya bener) wkwkwkwwk :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Here Come's The Best Car - Coming soon
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3215
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by walid_007 »

MonSTER_GTR wrote:pusing dah kalo terlalu parno sma Resale value, yang penting dipake dulu, bisa dipake ngegelinding buat cari duit dulu, toh dalam beberapa tahun yang akan datang duit kita akan nambah kan (kalo kerja nya bener) wkwkwkwwk :mky_02: :mky_02: :mky_02:
kliatannya master2 dsini udah ga pusing cari duit deh
:mky_01:
engine roaring!
M90
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 241
Joined: Wed Mar 06, 2013 8:59

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by M90 »

Gak usah bingung mengenai Resale Value,
Khan sudah ada fatwa dari Bro RV : "Belilah mobil diluar merk T dan H tegak", dijamin Resale Valunya bagus. Fakta ini didukung oleh tokobagus.com, kapanlagi.com versi Bro RV.


......coba minta Fatwa ke Bro RV....yg saat ini sedang berondok ato ngelawak di forum lain... :mrgreen:
Resale Value

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by Resale Value »

Yang bisa keluarkan Fatwa cuman PASAR. Ngak ada individu atau perusahaan yang bisa atur.


Belakangan memang ATPM Jepang diskonnya ngak karuan, dan ATPM seperti duo Korea konsisten ngak kasih diskon, ada pun kecil. Akibatnya, resale value mobil Jepang termasuk t dan h selain makin terkoreksi, juga makin ngak stabil. Sebaliknya resale value model baru duo Korea selain tinggi, juga stabil, predictable.


Ngak percaya ? silahkan lihat fatwa pasar belakangan :


CRV 2.4 AT 2010. Dulu barunya 386 juta. Nilainya sekarang :


http://mobil.tokobagus.com/honda/?asf=m ... &sort=asc2


Malah ada yang buka harga cuman 219 juta dan belum laku juga.


Yang belum keluar model baru pun hancur juga, contoh fortuner 2.7 glux 2010. Dulu barunya 429 jt juta, sekarang tinggal sekitar 250-270 juta, dan itupun belum terjual :


http://mobil.tokobagus.com/toyota/?asf= ... sc2&tbox=2


Yang lebih terjangkau seperti innova V AT 2010 juga kena. Dulu barunya hampir 300 juta. Sekarang tinggal +- 172 jt :


http://mobil.tokobagus.com/toyota/?asf= ... sc2&tbox=2


Mobil Korea yang 2010 dulu harganya mendekati 300 juta, mirip ama innova V, adalah Tucson dan Sportage versi standard. Hari ini mereka nilainya masih stabil dan tinggi :


Yang 2010 belum lama ada berapa unit di jual sudah SOLD OUT semua. Yang ada tinggal tahun 2011, dan jelas masih tinggi :


http://mobil.tokobagus.com/hyundai/?asf ... sc2&tbox=2


Tucson baru 2011 sekitar 230-240 jutaan.


Banding ama innova V AT 2011 yang tinggal sekitar 200-210 juta


Padahal dua mobil ini dulu barunya dekat harganya di tahun 2010 maupun 2011.


http://mobil.tokobagus.com/toyota/?page ... %2Cmfl%2C1


Sportage 2011, biasa, juga masih gila resale valuenya, masih di sekitar 230 juta :


http://mobil.tokobagus.com/kia/?asf=mtp ... all&tbox=2


Itupun tinggal dikit, belum lama lalu ada berapa unit, mayoritas juga udah SOLD OUT. Yang foto lama sudah terjual semua. Yang monitor iklan Sportage pasti ingat berapa iklan yang sebelumnya fotonya seperti apa.


Kebijakan ATPM Korea secara konsisten untuk tidak sembarangan kasih diskon gede jelas mulai ada hasilnya, meskipun tanpa diskon gede jelas mau meningkatkan volume penjualan jadi lebih susah. Dan juga karena unit bekasnya sangat langka, plus model mereka toh memang udah reliable jaman sekarang, akibatnya sangat logis :


Resale valuenya jadi bagus dan lebih STABIL.


M90 wrote:Gak usah bingung mengenai Resale Value,
Khan sudah ada fatwa dari Bro RV : "Belilah mobil diluar merk T dan H tegak", dijamin Resale Valunya bagus. Fakta ini didukung oleh tokobagus.com, kapanlagi.com versi Bro RV.


......coba minta Fatwa ke Bro RV....yg saat ini sedang berondok ato ngelawak di forum lain... :mrgreen:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

Ya gapapa... :ngacir:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by madcat015 »

Tentunya gapapa :mrgreen:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Benarkah depresiasi semua mobil semakin tajam ?

Post by ricz »

Pastinya gapapa :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165