[tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilang
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Jul 06, 2013 13:02
[tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilang
Ijin bergabung
Mohon pencerahan..
saya punya masalah pada ford
Spesifikasi mobil
Ford telstar brilliant th 94
2000cc DOHC
Manual Transmisi
mobil kakak saya ini bermasalah pada saat mau dipakai nyalip, saat injak gas malahan tenaga hilang, mobil ga mau
lari, seperti tertahan, tetapi saat gas dilepaskan justru meluncur seperti terlepas dari beban yg menahannya..
tetapi jika pada saat mau menyalip.. injek gas tersebut disertai dengan nginjak kopling dikit, mobil mau melaju bertenaga (tidak tertahan spt tadi)...
-saat mesin dinyalakan, kondisi stasioner, suara mesin halus tetapi sesekali dalam rentang 5 detik terdapat suara 'blub.. blup" gitu.. selebihnya stasionernya baik di rpm 1000
-tadi siang sempat membuka busi, kondisi busi kotor banyak kotoran arang
-salah satu kabel busi udah pake isolasi, mungkin pernah ada cacat trus ditutup pake isolasi
-kata kakak udah sekitar 6 bln mobil belum di tune up.. dan 2 bulan terakhir jarang dipake, cuma dipanasi aja
mohon pencerahan kira2 masalahnya dimana? dan apa step2 percobaan/perbaikan yg harus saya lakukan?
sehingga bisa menemukan solusinya secara lebih terarah
mohon petunjuk,
salam
joni
Mohon pencerahan..
saya punya masalah pada ford
Spesifikasi mobil
Ford telstar brilliant th 94
2000cc DOHC
Manual Transmisi
mobil kakak saya ini bermasalah pada saat mau dipakai nyalip, saat injak gas malahan tenaga hilang, mobil ga mau
lari, seperti tertahan, tetapi saat gas dilepaskan justru meluncur seperti terlepas dari beban yg menahannya..
tetapi jika pada saat mau menyalip.. injek gas tersebut disertai dengan nginjak kopling dikit, mobil mau melaju bertenaga (tidak tertahan spt tadi)...
-saat mesin dinyalakan, kondisi stasioner, suara mesin halus tetapi sesekali dalam rentang 5 detik terdapat suara 'blub.. blup" gitu.. selebihnya stasionernya baik di rpm 1000
-tadi siang sempat membuka busi, kondisi busi kotor banyak kotoran arang
-salah satu kabel busi udah pake isolasi, mungkin pernah ada cacat trus ditutup pake isolasi
-kata kakak udah sekitar 6 bln mobil belum di tune up.. dan 2 bulan terakhir jarang dipake, cuma dipanasi aja
mohon pencerahan kira2 masalahnya dimana? dan apa step2 percobaan/perbaikan yg harus saya lakukan?
sehingga bisa menemukan solusinya secara lebih terarah
mohon petunjuk,
salam
joni
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
sama kasus nya kayak grand livina 1.5 A/T nih.
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
Italian tune up ntah bs gk ya?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
nope bro, udah dicoba, cuman bener kayak TS bilang, gejala nya kayak ada yang ngehambat, kayak lagi buang ingus, tapi gak keluar ingus nya
.
@TS ngerasa ada gejala engine break mendadak gak di kecepatan 100 km/h ke atas kalo lepas gas?



@TS ngerasa ada gejala engine break mendadak gak di kecepatan 100 km/h ke atas kalo lepas gas?
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
Bisa jadi pengisian listriknya tekor, jadi kalau dibejek arusnya drop.
Ciri2 utama, kalau matiin lampu2 dan AC, lancar jaya.
Kasus arus listrik drop ini, lumayan mahal solusinya.
Ciri2 utama, kalau matiin lampu2 dan AC, lancar jaya.
Kasus arus listrik drop ini, lumayan mahal solusinya.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2499
- Joined: Sun Sep 30, 2012 11:22
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
@asurdasono, maksudnya kalo matiin lampu2 dan AC lancar jaya?
btw, ciri2 nya apalagi nih om, takutnya kejadian di boil ane sama nih.
btw, ciri2 nya apalagi nih om, takutnya kejadian di boil ane sama nih.
Here Come's The Best Car - Coming soon
-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
cek semua sistem pengapian dan supply BBM
kalo busi banyak arang = AFR kelewat rich, setel ulang karburator dgn bantuan CO meter
bisa jadi krn setelan kelewat rich, saat gas dibejek bensin nyembur kebanayakan alhasil menganggu pembakaran.....
Lalu mengingat usia mobil ini ada baiknya juga cek ulang semua :
- Koil
- Distributor dan mekanisme timing advancer-nya
- Kabel busi (kalo dah jelek ya ganti lah)
- Karburator - seluruh komponen, Power Jet, pelampungnya dll,
- Filter BBM
- Kuras tangki
- Kondisi busi & celah busi
kalo busi banyak arang = AFR kelewat rich, setel ulang karburator dgn bantuan CO meter
bisa jadi krn setelan kelewat rich, saat gas dibejek bensin nyembur kebanayakan alhasil menganggu pembakaran.....
Lalu mengingat usia mobil ini ada baiknya juga cek ulang semua :
- Koil
- Distributor dan mekanisme timing advancer-nya
- Kabel busi (kalo dah jelek ya ganti lah)
- Karburator - seluruh komponen, Power Jet, pelampungnya dll,
- Filter BBM
- Kuras tangki
- Kondisi busi & celah busi
jonisupirman wrote:Ijin bergabung
Mohon pencerahan..
saya punya masalah pada ford
Spesifikasi mobil
Ford telstar brilliant th 94
2000cc DOHC
Manual Transmisi
mobil kakak saya ini bermasalah pada saat mau dipakai nyalip, saat injak gas malahan tenaga hilang, mobil ga mau
lari, seperti tertahan, tetapi saat gas dilepaskan justru meluncur seperti terlepas dari beban yg menahannya..
tetapi jika pada saat mau menyalip.. injek gas tersebut disertai dengan nginjak kopling dikit, mobil mau melaju bertenaga (tidak tertahan spt tadi)...
-saat mesin dinyalakan, kondisi stasioner, suara mesin halus tetapi sesekali dalam rentang 5 detik terdapat suara 'blub.. blup" gitu.. selebihnya stasionernya baik di rpm 1000
-tadi siang sempat membuka busi, kondisi busi kotor banyak kotoran arang
-salah satu kabel busi udah pake isolasi, mungkin pernah ada cacat trus ditutup pake isolasi
-kata kakak udah sekitar 6 bln mobil belum di tune up.. dan 2 bulan terakhir jarang dipake, cuma dipanasi aja
mohon pencerahan kira2 masalahnya dimana? dan apa step2 percobaan/perbaikan yg harus saya lakukan?
sehingga bisa menemukan solusinya secara lebih terarah
mohon petunjuk,
salam
joni
* Bukan ajakan Beli *
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Jul 06, 2013 13:02
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
oke thxricz wrote:Italian tune up ntah bs gk ya?
segera nyari ref italian tune-up + mempelajarinya
oh ya?MonSTER_GTR wrote:sama kasus nya kayak grand livina 1.5 A/T nih.
mirip juga kasus saya di corona absolute dulu.. tapi kalo absolute saat gas diinjek mau nyalip tuh ada ciri mesin brebet dan lajunya nyendal-nyendal.. gak mau lari (sama2 terasa ada yg ngehambat). Kalo ford telstar ini gak ada brebet2 dan gak ada nyendal-nyendal jadi hanya terasa beraaat sekali sama sekali gak mau lari, begitu gas dilepas malahan mau melaju
terimakasih ...Turboman wrote:cek semua sistem pengapian dan supply BBM
kalo busi banyak arang = AFR kelewat rich, setel ulang karburator dgn bantuan CO meter
bisa jadi krn setelan kelewat rich, saat gas dibejek bensin nyembur kebanayakan alhasil menganggu pembakaran.....
Lalu mengingat usia mobil ini ada baiknya juga cek ulang semua :
- Koil
- Distributor dan mekanisme timing advancer-nya
- Kabel busi (kalo dah jelek ya ganti lah)
- Karburator - seluruh komponen, Power Jet, pelampungnya dll,
- Filter BBM
- Kuras tangki
- Kondisi busi & celah busi
siap laksanakan
MonSTER_GTR wrote:nope bro, udah dicoba, cuman bener kayak TS bilang, gejala nya kayak ada yang ngehambat, kayak lagi buang ingus, tapi gak keluar ingus nya![]()
![]()
.
@TS ngerasa ada gejala engine break mendadak gak di kecepatan 100 km/h ke atas kalo lepas gas?
- matiin lampu dan AC off di kasus saya ini gak ada pengaruhMonSTER_GTR wrote:@asurdasono, maksudnya kalo matiin lampu2 dan AC lancar jaya?
btw, ciri2 nya apalagi nih om, takutnya kejadian di boil ane sama nih.asudarsono wrote:Bisa jadi pengisian listriknya tekor, jadi kalau dibejek arusnya drop.
Ciri2 utama, kalau matiin lampu2 dan AC, lancar jaya.
Kasus arus listrik drop ini, lumayan mahal solusinya.
trus jika saat nginjak gas itu disertai nekan kopling (dikit) tuh mobil mau melaju enteng seperti biasa
- engine break di kecepatan 100 kph keatas gak ada
- tetapi utk mencapai kecepatan 100 kph keatas butuh perjuangan.. jalanan harus longgar gak boleh ada halangan yg sekiranya bikin kita nginjak rem, trus kombinasi nginjak gas lalu dilepas - nginjak gas lalu lepas.. dan bisa juga dg cara nginjak gas sambil nggiring dengan nekan kopling (dikit), baru bisa lari kencang
- matiin lampu dan AC off di kasus saya ini gak ada pengaruh
Tadi ditangani teman mekanik yg kayaknya menguasai dohc, dilakukan :
- membersihkan semua filter2 dan bagian2 lain
- cek busi/kabel busi + membersihkan busi
- pump bensin otomatis
- coba airflow (yg dekat trottle) yg nyambung ke trottle di lepas tapi cuma pengaitnya aja ... hasilnya tarikan gas/sentakan gas jadi enak, begitu juga jadi stabil di rpm 4000-5000 bahkan 7000rpm.. kasus yg ngehambat itu hilang sama sekali, tarikan lancar jaya
tapi ....
katanya tidak boleh dipake dalam kondisi spt ini, karena rawan... juga bahan bakar tak terkontrol dan cenderung boros. katanya cara yg kyk gini hanya boleh utk darurat
dari sampe disini, kira2 gimana analisa para senior?
mungkin ada masukan & bimbingan para senior di forum ini, share pengalaman sangat diharapkan
terimakasih
salam
joni
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
Intinya tegangan yg diperlukan pada akselerasi itu lumayan tinggi. Jadi kalau dibejek, malah ngempos krn tegangan kesedot sampai di bawah tegangan minimum ECU, sekitar 11 V. Kejadiannya cuma kalau akselerasi aja.MonSTER_GTR wrote:@asurdasono, maksudnya kalo matiin lampu2 dan AC lancar jaya?
btw, ciri2 nya apalagi nih om, takutnya kejadian di boil ane sama nih.
Kalau alat2 yg nyedot listrik dimatiin, biasanya tegangan tidak turun banyak, jadi gejala itu hilang.
Ready to Race
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Jul 06, 2013 13:02
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
1. thanks utk ricz, italian tune-up udah dpt cara2nya + segera test
2. makasih utk Turboman, monSTER_GTR, asudarsono, dll
udah saya coba laukan saran2nya
-airflow udah dibersihkan, throttle udah cek masih baik
-koil udah cek masih baik
-distributor + timing advancernya udah dicek dan menurut kawan mekanik oke normal
-busi di bersihkan dicek pengapiannya kecil, udah diganti semua, sekarang pengapian normal baik
-kabel busi blm diganti tapi katanya masih baik
-filter2 udah dibersihkan katanya masih baik
-belum sempat kuras tangki bbm
-pump bensin kurang baik (dulu udah gantian punya merk daewo), skrg udah diganti pake persamaan punya avanza dg modif dikit di socket kabel. Slang pump bensin yg lama sempat pecah saat pake pump yg baru, sekarang udah diganti selang baru (beli meteran)
-setelah setting semuanya.... hasilnya udah jauh lebih bagus, tarikan enteng dan gak ada lagi hambatan. Mesin stasionernya stabil, yg sebelumnya tiap bbrp detik selalu ada lagi suara bulb.. bulb.. sekarang udah halus langsam
-udah test di jalanan tarikannya bagus, responsif, sgt bertenaga .... mencapai 100kph gak sulit dan tetap stabil diatas 100kph walaupun ac dinyalakan.
-rasanya menurut saya yg awam, sementara mungkin bisa dibilang hampir clear masalahnya
hanya masih ada sedikit PR yaitu :
1. semua busi yg udah terpasang sekarang di cek bagus dan kering, kecuali 1 buah busi nomer 3 ada sedikit basah
2. suara mesin pd awalnya sebelum di maintenance ada suara chek.. check.. chek... tapi sangat pelan/lirih, saat ini setelah maintenance ini justru suara itu terdengar lebih jelas. perkiraan sementara mungkin karena oli mesin yg kurang, krn kondisinya memang oli keadaan kurang.. kurangnya oli ini sekitar hampir 1 liter menurut rekan mekanik. nanti akan kami coba tambahi oli dulu..
Tapi jadi beban pertanyaan kenapa oli berkurang? kenapa busi No-3 agak basah? adakah korelasinya?
dari sampe disini, kira2 gimana analisa para senior.... apa pemeriksaan yg harus kami lakukan lagi ?
butuh masukan & bimbingan para senior di forum ini
salam
joni
2. makasih utk Turboman, monSTER_GTR, asudarsono, dll
udah saya coba laukan saran2nya
-airflow udah dibersihkan, throttle udah cek masih baik
-koil udah cek masih baik
-distributor + timing advancernya udah dicek dan menurut kawan mekanik oke normal
-busi di bersihkan dicek pengapiannya kecil, udah diganti semua, sekarang pengapian normal baik
-kabel busi blm diganti tapi katanya masih baik
-filter2 udah dibersihkan katanya masih baik
-belum sempat kuras tangki bbm
-pump bensin kurang baik (dulu udah gantian punya merk daewo), skrg udah diganti pake persamaan punya avanza dg modif dikit di socket kabel. Slang pump bensin yg lama sempat pecah saat pake pump yg baru, sekarang udah diganti selang baru (beli meteran)
-setelah setting semuanya.... hasilnya udah jauh lebih bagus, tarikan enteng dan gak ada lagi hambatan. Mesin stasionernya stabil, yg sebelumnya tiap bbrp detik selalu ada lagi suara bulb.. bulb.. sekarang udah halus langsam
-udah test di jalanan tarikannya bagus, responsif, sgt bertenaga .... mencapai 100kph gak sulit dan tetap stabil diatas 100kph walaupun ac dinyalakan.
-rasanya menurut saya yg awam, sementara mungkin bisa dibilang hampir clear masalahnya

hanya masih ada sedikit PR yaitu :
1. semua busi yg udah terpasang sekarang di cek bagus dan kering, kecuali 1 buah busi nomer 3 ada sedikit basah
2. suara mesin pd awalnya sebelum di maintenance ada suara chek.. check.. chek... tapi sangat pelan/lirih, saat ini setelah maintenance ini justru suara itu terdengar lebih jelas. perkiraan sementara mungkin karena oli mesin yg kurang, krn kondisinya memang oli keadaan kurang.. kurangnya oli ini sekitar hampir 1 liter menurut rekan mekanik. nanti akan kami coba tambahi oli dulu..
Tapi jadi beban pertanyaan kenapa oli berkurang? kenapa busi No-3 agak basah? adakah korelasinya?
dari sampe disini, kira2 gimana analisa para senior.... apa pemeriksaan yg harus kami lakukan lagi ?

butuh masukan & bimbingan para senior di forum ini

salam
joni
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
Skurlah sudah cukup clear problemnya...mekanik tsb nampaknya andalan...pls share dong, mekanik tsb dmana, dan kontak nya..
Btw, pd kondisi terakhir tsb, mass airflow sensor nya udah dipasang kembali kan ya?
.
Kalau mengenai korelasi busi basah oleh oli, dg oli yg berkurang, tentu ada korelasi. Utk meyakinkan, diperlukan cek intensif bbrp hari...misalnya sehari 2x-3x dicek dipstick...berkurangnya sbrapa..jgn lupa perngamatan tsb dilakukan dlm kondisi mesin udah dingin ya. Dlm arti sama2 kndisi oli udah turun kembali ke panci oli.
Mengenai kebocorannya, mmg tdk melulu cuma ke ruang bakar, tp bs jg ke temnpat lain, misalnya...misalnya saja nih ya...bs saja bocor ke ruang bakar nya justru cm dikit, tp yg byk adlh bocor keluar/packing oil pan udah jelek..itu misalnya saja loh ya...perlu diamati lbh seksama dimana ada rembesan oli.
Jgn lupa check jg air di radiator, ada berminyak gak.
Btw, pd kondisi terakhir tsb, mass airflow sensor nya udah dipasang kembali kan ya?
.
Kalau mengenai korelasi busi basah oleh oli, dg oli yg berkurang, tentu ada korelasi. Utk meyakinkan, diperlukan cek intensif bbrp hari...misalnya sehari 2x-3x dicek dipstick...berkurangnya sbrapa..jgn lupa perngamatan tsb dilakukan dlm kondisi mesin udah dingin ya. Dlm arti sama2 kndisi oli udah turun kembali ke panci oli.
Mengenai kebocorannya, mmg tdk melulu cuma ke ruang bakar, tp bs jg ke temnpat lain, misalnya...misalnya saja nih ya...bs saja bocor ke ruang bakar nya justru cm dikit, tp yg byk adlh bocor keluar/packing oil pan udah jelek..itu misalnya saja loh ya...perlu diamati lbh seksama dimana ada rembesan oli.
Jgn lupa check jg air di radiator, ada berminyak gak.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
coba di cek kompresi silinder masing masing , kalau dibawah 10 berarti harus turun mesin bro
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
Telstar itu yang kembaran mesinnya sama Cronos yg 2000cc ya? 

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Jul 06, 2013 13:02
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
oke omsolar_kerosen wrote: coba di cek kompresi silinder masing masing , kalau dibawah 10 berarti harus turun mesin bro
kemarin udah test injection... beda ya dg cek kompressi?
iya kayaknya sama dg cronos 2000imsus2c wrote:Telstar itu yang kembaran mesinnya sama Cronos yg 2000cc ya?
iya om .. udah clear tampaknyaandy1800 wrote:Skurlah sudah cukup clear problemnya...mekanik tsb nampaknya andalan...pls share dong, mekanik tsb dmana, dan kontak nya..
Btw, pd kondisi terakhir tsb, mass airflow sensor nya udah dipasang kembali kan ya?
.
Kalau mengenai korelasi busi basah oleh oli, dg oli yg berkurang, tentu ada korelasi. Utk meyakinkan, diperlukan cek intensif bbrp hari...misalnya sehari 2x-3x dicek dipstick...berkurangnya sbrapa..jgn lupa perngamatan tsb dilakukan dlm kondisi mesin udah dingin ya. Dlm arti sama2 kndisi oli udah turun kembali ke panci oli.
Mengenai kebocorannya, mmg tdk melulu cuma ke ruang bakar, tp bs jg ke temnpat lain, misalnya...misalnya saja nih ya...bs saja bocor ke ruang bakar nya justru cm dikit, tp yg byk adlh bocor keluar/packing oil pan udah jelek..itu misalnya saja loh ya...perlu diamati lbh seksama dimana ada rembesan oli.
Jgn lupa check jg air di radiator, ada berminyak gak.
yg menangani cuma mekanik lokal om, tetangga desa di nganjuk jawatimur, kayaknya udah terbiasa nangani dohc.. terakhir sebelum ford ini sempat nangani cronos v6
sektor mesin udah sipp memuaskan.. walaupun masih ada PR dikit
- kondisi tsb mass airflow sensor dll udah terpasang sesuai asalnya
- oli masih dlm pengamatan dg seksama, air radiator bersih ga ada minyak, menurut rekan mekanik penyebabnya di salahsatu packing tapi masih bisa ditoleransi (blm urgent)
- suara check.. check.. check.. menjadi pelan saat oli ditambahkan sesuai ukuran, tapi msh terdengar dikit, kata mekanik kemungkinan pompa olinya udah agak soak
maklum ini mbl baru dpt, down grade dari absolute

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 999
- Joined: Thu Jun 13, 2013 8:58
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
Selamat atas keberhasilannya om Joni
kalo liat ada kasus begini & bisa clear berkat diskusi & sharing di SM
ane gumbira ria....
trus kalo udah clear.... siap2 pasukan OOT menyerbu
kalo liat ada kasus begini & bisa clear berkat diskusi & sharing di SM
ane gumbira ria....

trus kalo udah clear.... siap2 pasukan OOT menyerbu

kabeh wis ono sing ngatur.....
Gusti Allah mboten sare....
Gusti Allah mboten sare....
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Sat Jul 06, 2013 13:02
Re: [tanya] Ford Telstar saat digas mau nyalip, tegaga hilan
hahaha.. haha.. matursuwun omBhanaspati wrote:Selamat atas keberhasilannya om Joni
kalo liat ada kasus begini & bisa clear berkat diskusi & sharing di SM
ane gumbira ria....![]()
trus kalo udah clear.... siap2 pasukan OOT menyerbu
sippp .. serayamotor.com sungguh bermanfaat
om, ada yg tau gak ya dimana service/repair mika stop lamp yg gupil (retak & bolong dikit) kayak gini?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.