hi all,
mau tanya nih ttg salah satu sensor di bawah mobil BMW
kmrn ini bokap kena sue di tol, dia berada di belakang camry, and camry itu tnyata nabrak rubber cone di cipularang, suenya lagi di dlm rubber cone itu ada batunya...mungkin camrynya kagak apa2...tapi suenya batunya masuk ke bawah mobil babeh..and sensornya kena katanya...indikator dashboard ngaco semua, panas dingin radiator naik turun, speedometer kelap kelip, tapi bensin tetap normal...untungnya tidak sampai airbag keluar...
kmrn ini sudah ke bengkel, and bisa diperbaiki, tapi chassis bodynya yg dekat stabilizer bawah penyok..
itu tuh sensor apa ya? mungkin ada teman2 yg expert di sini
HATI2 jg Buat rekan2 yg suka lewat Tol ,kalo2 menabrak rubber cone itu:
EMpuk sih buat cat, tapi ada batu di dlmnya tnyata
Sensor BMW 318i E46 2000 (Hati2 rubber cone di Tol)
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Wed Jul 21, 2004 6:15
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Hmmm, gw punya E36. Yg gw tau, cuma ada exterior temperature sensor yg letaknya di air duct yang buat rem depan. Gak tau tuh kalo ada sensor buat airbag, yg biasanya letaknya di atas.
Sensor temperatur buat coolant juga letaknya agak di atas di dekat radiator. Kalau sampe temperature gauge-nya ngaco, berarti sensor atau kabelnya yang kena. Coba tanya ke bengkelnya apa yang diganti (atau lihat di tanda terima/ceknya, kalau ada nomer part-nya bisa di-trace back).
Sorry gak bisa bantuin lebih lengkap.
Sensor temperatur buat coolant juga letaknya agak di atas di dekat radiator. Kalau sampe temperature gauge-nya ngaco, berarti sensor atau kabelnya yang kena. Coba tanya ke bengkelnya apa yang diganti (atau lihat di tanda terima/ceknya, kalau ada nomer part-nya bisa di-trace back).
Sorry gak bisa bantuin lebih lengkap.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4612
- Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
- Location: jauh di mata, dekat di hati
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Indonesia geto loh ...WP wrote:wah ngeri juga ya... rubber cone diisi batu biar ga ketiup... gw malah pernah liat cone yg sepintas mirip dari karet ternyata itu semen beton di-cor gilee...


Kalo sekilas mirip dr karet tp nyatanya semen beton yg di cor sih parah bener tuh ! Yg lebih parah lagi, drum oli yg dijadikan pembatas jalan (dipasang di tengah jalan !). Gile ngga tuh nyita jalan berapa banyak ?! Parahnya kalo ada mobil yg mau nyiap tp ngga keliatan, bisa DUAR !


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Sensor BMW 318i E46 2000 (Hati2 rubber cone di Tol)
Sorry ngga bisa bantu banyak soalnya ngga punya BMW.d4v1d1985 wrote:hi all,
mau tanya nih ttg salah satu sensor di bawah mobil BMW
kmrn ini bokap kena sue di tol, dia berada di belakang camry, and camry itu tnyata nabrak rubber cone di cipularang, suenya lagi di dlm rubber cone itu ada batunya...mungkin camrynya kagak apa2...tapi suenya batunya masuk ke bawah mobil babeh..and sensornya kena katanya...indikator dashboard ngaco semua, panas dingin radiator naik turun, speedometer kelap kelip, tapi bensin tetap normal...untungnya tidak sampai airbag keluar...
kmrn ini sudah ke bengkel, and bisa diperbaiki, tapi chassis bodynya yg dekat stabilizer bawah penyok..
itu tuh sensor apa ya? mungkin ada teman2 yg expert di sini
HATI2 jg Buat rekan2 yg suka lewat Tol ,kalo2 menabrak rubber cone itu:
EMpuk sih buat cat, tapi ada batu di dlmnya tnyata
Tp emang BMW tuh sistem elektronik-nya rada rewel, yg kena cuma satu sensor tapi bisa ngerembet ke yang lain bahkan semuanya. Sodara gw pernah cerita, katanya dia punya temen pake seri 7 baru di Jakarta. Eh ngga taunya tuh spion disabet sama maling di lampu stopan. Kemudian semua panel indikator spt temp AC, speedometer, i-Drive nya ikut2an kena, jadi error. Mungkin komputernya ikut kena. Akhirnya dibawa ke bengkel BMW baru beres dah. Tapi dasar orang Indonesia masih ada untungnya, yaitu mobil masih bisa jalan...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1247
- Joined: Wed Jan 11, 2006 5:21
- Location: Subang
Re: Sensor BMW 318i E46 2000 (Hati2 rubber cone di Tol)
Mungkin yang kena sensor yang ada dalam reservoir oli mesin (oil pan) ... oli pan nya penyok gak (khususnya yang deket drain plug) ?d4v1d1985 wrote:hi all,
mau tanya nih ttg salah satu sensor di bawah mobil BMW
kmrn ini bokap kena sue di tol, dia berada di belakang camry, and camry itu tnyata nabrak rubber cone di cipularang, suenya lagi di dlm rubber cone itu ada batunya...mungkin camrynya kagak apa2...tapi suenya batunya masuk ke bawah mobil babeh..and sensornya kena katanya...indikator dashboard ngaco semua, panas dingin radiator naik turun, speedometer kelap kelip, tapi bensin tetap normal...untungnya tidak sampai airbag keluar...
kmrn ini sudah ke bengkel, and bisa diperbaiki, tapi chassis bodynya yg dekat stabilizer bawah penyok..
itu tuh sensor apa ya? mungkin ada teman2 yg expert di sini
HATI2 jg Buat rekan2 yg suka lewat Tol ,kalo2 menabrak rubber cone itu:
EMpuk sih buat cat, tapi ada batu di dlmnya tnyata
Atau mungkin Oxygen Sensor yang biasanya diletakkan di depan dan belakang Catalytic Converter ... kelihatannya yang kena itu ... perlu di bawa ke bengkel BMW check DTC-nya. Kalau konsumsi BBM masih ok berarti bukan Oxygen Sensor ... mungkin CC sensornya ayau mungkin Vehicle Speed Sensornya ... tapi kalau stabilizer bawah yang penyok kelihatannya kena ke engine oli reservoir (oil pan) ... so sensornya kena.

-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 16
- Joined: Wed Jul 21, 2004 6:15