Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Maaf nubi mau tanya: ATF itu apa?
Oli transmisi kah?
Itu khan tertulis "no need to replace under normal driving condition" ya benar dong, di Indonesia kapan kondisi normal tercapai?
Di kota besar macet, di daerah jalannya rusak
artoodetoo wrote:Maaf nubi mau tanya: ATF itu apa?
Oli transmisi kah?
Itu khan tertulis "no need to replace under normal driving condition" ya benar dong, di Indonesia kapan kondisi normal tercapai?
Di kota besar macet, di daerah jalannya rusak
Ane sama sekali nggak percaya ada barang yang secara teknis bisa turun kualitasnya seperti ATF bisa bertahan selamanya - tidak mungkin. Dan, kalo ane baca2 ternyata ATF itu nyawa dari transmisi otomatis daaaannnnn 90% dari jebolnya transmisi matic karena ATF yg gak pernah diperhatikan...mending keluar duit dikit ganti ATF daripada benerin transmisi ...muahal-nya bow...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
Betul Bro Turbo,
Di buku manual, oli matic Yaris diganti di km 80 rb km, (Note, cuma dfiganti bukan di kuras dan di ganti oli baru)
Waktu ane msh pake Yaris, ane selalu ganti oli matic setiap kelipatan 20K.
Efeknya transmisi maticnya selalu halus dan smooth shifting-nya dan sigap jika dipacu di rpm tinggi....
Utk pemakaian di Jabodetabek yg macet dan stop & go, paling minimal utk penggantian oli matic, paling telat ane selalu ganti setiap kelipatan 40k dan kuras oli di 80K, NGAK peduli di buku manual tertulis oli tsb lifetime.......
andy1800 wrote:Kesimpulan sejauh ini, adlh...buku petunjuk penggunaan (manual book) tdk layak dipercaya.
Apalagi klo stiker2 petujuk yg tertempel di mobil.
Gitu ga sih?
:e_think:
Di buku petunjuk service selalu ada catatan khusus utk kondisi2 tertentu spt :
- Ganti xxxx Km / x bulan bila digunakan di daerah yg sgt berdebu / menarik beban berat / jalan deket ber-ulang2 dll
Biasanya potong separuh dr interval normal
Ini yg jarang dibaca
SA di BeRes kerja kayak robot (no passion), pemilik mobil juga malas baca buku manual / panduan servis......klop dah
andy1800 wrote:Kesimpulan sejauh ini, adlh...buku petunjuk penggunaan (manual book) tdk layak dipercaya.
Apalagi klo stiker2 petujuk yg tertempel di mobil.
Gitu ga sih?
:e_think:
Di buku petunjuk service selalu ada catatan khusus utk kondisi2 tertentu spt :
- Ganti xxxx Km / x bulan bila digunakan di daerah yg sgt berdebu / menarik beban berat / jalan deket ber-ulang2 dll
Biasanya potong separuh dr interval normal
Ini yg jarang dibaca
SA di BeRes kerja kayak robot (no passion), pemilik mobil juga malas baca buku manual / panduan servis......klop dah
Nah, ya ya...
Jd klo buat semi-awam di jkt ini, kondisi apa yg plg mendekati di dlm buku panduan tsb ya? Kondisi sgt berdebu, atau yg jalan deket ber-ulang2, atau yg apa ya enaknya? Yg panduannya plg pas buat kita anut.
kalvin wrote:Ane sih ga percaya bisa lifetime om, dulu pernah nanya ke om turboman ane ganti per 15000km, udah oke.tapi beliau bilang kalo mau lebih enak dikuras.
O ya om kalo ane belon sempet kuras hanya ganti per 15000 km terus gapapa om? Gakan jebol? Karna budgetnya masi tarik sana sini hehe.
Terus kalo pake matic pas mau maju masuk d,bole langsung digas? Suka kaya belon masuk benet giginya ya?
Pengalaman ane di Yaris matic aman2 aja Bro, cuma ganti doang setiap 20K dan tanpa kuras oli hingga jarak 80K.
Utk pemakaian normal di Jkt, menurut ane mubazir kalo mau kuras oli matic setiap jarak 20K, sebaiknya tunggu minimal jarak tempuh 40K...
Selain faktor oli matic, umur matic juga dipengaruhi oleh cara pemakaian. Kalo makenya kasar.. ya jebol juga. Contoh ketika mundur (R) mobil belum berenti bener udah shifting ke D.