COMPARE MATIC: MIO vs VARIO vs SPIN vs KYMCO
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
COMPARE MATIC: MIO vs VARIO vs SPIN vs KYMCO
Buat yg pernah nyoba langsung ke-3 tipe matic diatas tolong kasi masukannya dr berbagai segi bisa aja di compare: dari Harga, model, posisi duduk, kenyamanan, spare part modif, tarikan, konsumsi bahan bakar etc.
Sengaja hanya 3 model ini krn menggunakan pelek yg sama. sedang kymco peleknya lbh kecik 2 inch jd tdk dimasukkan, tp boleh aja kalo ada yg mau compare.
Sengaja hanya 3 model ini krn menggunakan pelek yg sama. sedang kymco peleknya lbh kecik 2 inch jd tdk dimasukkan, tp boleh aja kalo ada yg mau compare.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
ada tanggapan ?...perasaan udah sering diulas baik di milis maupun di media cetak tentang komparasi semuanya...yg test ride malah bukan sekeder asal pake motor tp emang yg udah ngerti motor. dari semuanya hasilnya bervariasi dan sifatnya relatif...sebenernya sih bukan mencari siapa yg lebih baik, tp ini masalah selera dan merek minded aja koq...kalo yg udah loyal pake honda pasti pilih vario, kalo udah maniac yamaha pilihannya mio, kalo yg udah sayang suzuki pilih spin, kalo terlanjur cinta kymco yah mungkin pilih free lx...
gimana bro, apalagi yg perlu dibandingin....? spec, harga, model, konsumsi bensin semuanya udah jelas, menurut ane sih kaga ada yg perlu di banding2in lagi...
paling ujung2nya bukan compare motor tertentu, tp compare merek, atpm dll yg bersifat non tehnis....
maaf lho bro mixer, kaga ada maksud utk menyelah topik. tp mungkin bro yg lain punya tanggapan yg berbeda? kita sharing aja mungkin, bukan comparing....
to bro semua, mumpung suasana lebaran masih anget ane mo ngucapin met lebaran bg yg merayakan dan mohon maaf lahir bathin atas semua kata2 sy yg kurang berkenan dan posting2 ane yg ga bermutu....
gimana bro, apalagi yg perlu dibandingin....? spec, harga, model, konsumsi bensin semuanya udah jelas, menurut ane sih kaga ada yg perlu di banding2in lagi...
paling ujung2nya bukan compare motor tertentu, tp compare merek, atpm dll yg bersifat non tehnis....
maaf lho bro mixer, kaga ada maksud utk menyelah topik. tp mungkin bro yg lain punya tanggapan yg berbeda? kita sharing aja mungkin, bukan comparing....
to bro semua, mumpung suasana lebaran masih anget ane mo ngucapin met lebaran bg yg merayakan dan mohon maaf lahir bathin atas semua kata2 sy yg kurang berkenan dan posting2 ane yg ga bermutu....
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
gw sih br ambil vario, klo sama mio kynya vario lebih boros deh, klo buat jarak-jarak kompleks aja, gw udah ngukur bensinnya sekitar 1:35an, tapi tariakn yahuddd, cuman suara mesin lebih kasar trus ada radiatornya lohhh.
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
Bener Bung Azizdth, mungkin sudah pernah di bahas mengenai matic jepun ini tp kan yg tipe Vario & Spin relatif masih baru bbrp bulan ini, so mgkn skr2 ini udah mulai byk yg pake jd byk pendapat. Juga betul bhw byk yg fanatik merk ttt tapi ada juga yg lbh mementingkan performa...ada yg lbh mementingkan model jd sangat beragam.
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 505
- Joined: Fri Apr 21, 2006 4:33
- Location: JAKARTA
ama mio lah masa ama TigerMixer wrote:Bener Bung Azizdth, mungkin sudah pernah di bahas mengenai matic jepun ini tp kan yg tipe Vario & Spin relatif masih baru bbrp bulan ini, so mgkn skr2 ini udah mulai byk yg pake jd byk pendapat. Juga betul bhw byk yg fanatik merk ttt tapi ada juga yg lbh mementingkan performa...ada yg lbh mementingkan model jd sangat beragam.
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
GW PUNYA HOBI OTOMOTIF, YA SAPA TAU KETEMU YG HOBI JG JD BISA TUKER PENDAPAT DALAM MODIFIKASI
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 986
- Joined: Wed Feb 23, 2005 5:24
Kalo saya pikir sih review dari media baik TV or tabloid n internet udah cukup utk dijadikan referensi. kalo diliat dari keunggulan, baik fitur maupun performa, jelas matic2 terbaru udah pasti lebih unggul dibanding matic lama/mio, kymco. krn pasar matic kan udah lama dikuasai mio yg kita semua udah tau bagus jeleknya, nah kompetitor pasti pengen lebih menguasai, ya dgn jalan perbaikan sana sini...Mixer wrote:Bener Bung Azizdth, mungkin sudah pernah di bahas mengenai matic jepun ini tp kan yg tipe Vario & Spin relatif masih baru bbrp bulan ini, so mgkn skr2 ini udah mulai byk yg pake jd byk pendapat. Juga betul bhw byk yg fanatik merk ttt tapi ada juga yg lbh mementingkan performa...ada yg lbh mementingkan model jd sangat beragam.
Itulah gunanya forum ini jg dgn byknya pendapat & kepentingan maka calon pembeli motor tipe tsb bisa menyesuaikan dgn kebutuhan sesuai dgn pendapat teman2 yg kebetulan memiki kesamaan sudut pandang thd motor. kalo gw sendiri terus terang lbh tertarik dgn Spin krn yg menonjol adalah tenaga & keiritannya. Sedang kalo Bro Dado mengatakan tarikannya yahuudd! hehhee.... di compare ama Mio apa Tiger neh bos??
dari situ kita bisa lihat kira2 siapa yg lebih unggul. tp kalo dicari siapa yg paling bagus, masih relatif, tinggal masalah selera aja...
saya udah 2 taun make mio edisi pertama, masih ok2 aja mesinnya, padahal udah 2 kali got accident yg cukup parah. tarikannya juga masih bagus, tp masih lom bisa ngejar ninja nih...
cuman pengalaman make mio, dulu sering tiba2 mati mesinnya, dan begitu di stater ama di selah ga mo idup. tp setelah kebengkel, katanya sih kualitas bensin penyebabnya. trus aga susah kalo belok tajam di puteran yg sempit, krn sikut pasti nyenggol dengkul. nah katanya, riding position tsb udah di perbaiki di vario, entah kalo spin...cuman kalo denger2 sih katanya spin boros banget. tp kayanya wajar deh, CC lebih gede dan matic gitu loch...mio aja rata2 1:35 km, kl vario klaim lebih irit dari keduanya...
intinya sih, jangan kuatir make merk apapun, semua pasti ada lebih dan kurangnya. gitu loh bro...sori yah kalo jawabannya kurang berkenan...biar yg lebih ahli yg nanti njawab...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 210
- Joined: Mon Aug 22, 2005 15:10
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
kakak gw punya mio dan nouvo.
katanya mio sedikit lebih spontan,
tapi nouvo jauuh lebih irit.
padahal lubang venturi karbu nouvo 1mm lebih gede.
fyi, kondisi kedua2nya standar abiss.
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0610 ... 029079.htm
tadinya gw mau jawab, ternyata udah ada sama bro sebelah
yang ini
dan yang ini
ditambah lagi faktor bahwa bro Indra (pemilik spin) tersebut bilang
...Putaran gas kurang dari setengah tarikan gas, saya pun putar-putar kompleks dengan kecepatan di bawah 50 kilometer per jam.....
seberapa boros sistem CVT kalau diperlakukan begini dibanding nanti setelah lewat masa break-in (inreyen), sptnya cukup lumayan juga.
katanya mio sedikit lebih spontan,
tapi nouvo jauuh lebih irit.
padahal lubang venturi karbu nouvo 1mm lebih gede.
fyi, kondisi kedua2nya standar abiss.
yang ini ya bro?pitbull wrote:spin kan ada yang komplen di kompas, katanya irit, gak taunya cuma 1:20 max.
http://www.kompas.com/kompas-cetak/0610 ... 029079.htm
tadinya gw mau jawab, ternyata udah ada sama bro sebelah
yang ini
dan yang ini
ditambah lagi faktor bahwa bro Indra (pemilik spin) tersebut bilang
...Putaran gas kurang dari setengah tarikan gas, saya pun putar-putar kompleks dengan kecepatan di bawah 50 kilometer per jam.....
seberapa boros sistem CVT kalau diperlakukan begini dibanding nanti setelah lewat masa break-in (inreyen), sptnya cukup lumayan juga.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 366
- Joined: Tue Jun 29, 2004 15:53
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sat Jul 02, 2005 13:15
Duh spin 1:20... terus terang saya pakai spin125 buat padalarang bandung majalaya, dengan 2 liter bensin odometer bertambah 90 km toh hitung2 1:45, dan itu keadaan standard tidak pakai irit2an dll, kec rata2 40-60kpj (emang bisa ngebut aman dengan lalin macet sekarang...?).. kalo mio saya juga pernah pake dengan rute kurang lebih sama, jelas 1:35 , dipake pelan (alon2 banget) gimanapun mio tetap 1:35-38 an, kalo vario No Comment (blon pake...) :-)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 213
- Joined: Wed Oct 25, 2006 9:42
- Location: Surabaya
nah...ternyata memang ada 2 pendapat yg satu mengatakan Spin boros sedang Bro Agus lay mengatakan lbh hemat dibanding Mio pdh cc lbh besar. tentunya pendapat Bro Agus lay cukup mewakili krn ybs pernah nypba Mio & Spin. kapan2 coba Vario jg bro!..pinjem punya temen or teman ktr mgkn hehehhehe....tp kalo bisa di review jgn hanya konsumsi bensinx tp jg posisi duduk apa cukup nyaman kalo belok? tarikan bawah-menengahx bgm?
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Sat Jul 02, 2005 13:15
Ok...
Mio : handling buat belok2 tajam ala pembalap dalam kota enak banget, ban belakang seperti nempel di aspal, soalnya sepertinya titik berat motor kayaknya lebih bawah ketimbang spin, tarikan awal enak juga, saya coba start di lampu merah kagak ada yang nyusul (untuk pesaing bebek 4 tak 110-125) sampai kecepatan +/1 50 kpj mio ada di depan, sampe bebek2 pada bengek mau nyusul... cuman untuk kecepatan 60-80 kpj agak berat tercapai.. apalagi 100 kpj...
Spin: handling buat belok2 tajam kayak mio agak menakutkan, soalnya jadi agak understeer nya mobil gitu loh, jadi banyak makan jalan orang nih, untuk tikungan yang sama dengan mio motor spin mesti lebih rebah ketanah supaya tetap dijalur, suspensi blk terlalu empuk kesan nya melayang jadi kurang kontrol kalo belok kecepatan tinggi, tarikan awal jelas kalah ama mio, (ini mungkin yang bikin irit), untuk kecepatan 60-80 kpj tercapai lebih cepat sedikit ketimbang mio, blon pernah diatas itu (80 kpj) maklum masih inreyen lho... :-)
Vario : Ada yang bisa kasih info ...?
Mio : handling buat belok2 tajam ala pembalap dalam kota enak banget, ban belakang seperti nempel di aspal, soalnya sepertinya titik berat motor kayaknya lebih bawah ketimbang spin, tarikan awal enak juga, saya coba start di lampu merah kagak ada yang nyusul (untuk pesaing bebek 4 tak 110-125) sampai kecepatan +/1 50 kpj mio ada di depan, sampe bebek2 pada bengek mau nyusul... cuman untuk kecepatan 60-80 kpj agak berat tercapai.. apalagi 100 kpj...
Spin: handling buat belok2 tajam kayak mio agak menakutkan, soalnya jadi agak understeer nya mobil gitu loh, jadi banyak makan jalan orang nih, untuk tikungan yang sama dengan mio motor spin mesti lebih rebah ketanah supaya tetap dijalur, suspensi blk terlalu empuk kesan nya melayang jadi kurang kontrol kalo belok kecepatan tinggi, tarikan awal jelas kalah ama mio, (ini mungkin yang bikin irit), untuk kecepatan 60-80 kpj tercapai lebih cepat sedikit ketimbang mio, blon pernah diatas itu (80 kpj) maklum masih inreyen lho... :-)
Vario : Ada yang bisa kasih info ...?
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Nov 07, 2006 10:10
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 1563#61563blackjadi2an wrote:Tambahin :
1. Selera
2. Harga
Yang namanya matic hampir ngga ada yg seirit bebek
kata bro aguslay spin 1:45 ,
posting bro jojo (menurut m+) new vega-r 1:45
nah?
matic seirit bebek
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Visitor
- Posts: 3
- Joined: Tue Nov 07, 2006 10:10
Dengan karakteristik penggunaan yang sama dengan Bebek ?yoyoyo wrote: http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 1563#61563
kata bro aguslay spin 1:45 ,
posting bro jojo (menurut m+) new vega-r 1:45
nah?
matic seirit bebek
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 357
- Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 901
- Joined: Tue Sep 07, 2004 20:44
coba dilihat lagi postingnya bro aguslay diatas,blackjadi2an wrote:Dengan karakteristik penggunaan yang sama dengan Bebek ?yoyoyo wrote: http://serayamotor.com/diskusi/viewtopi ... 1563#61563
kata bro aguslay spin 1:45 ,
posting bro jojo (menurut m+) new vega-r 1:45
nah?
matic seirit bebek
juga info dari bro jojo (he said Mplus 388) http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=8824
Nah, berdasarkan 2 tadi, jd menurut bro gimana karakteristiknya?
Btw, poin gw bukannya matic seirit bebek in general, tapi kebetulan ada new vega-r (bebek) yang lebih minum dari rivalnya yg sama-sama 110cc,
dan ada spin yg lebih tahan haus dari rivalnya yg 100cc. Ketemu deh di kisaran 1:45 . Hence the emoticon in my reply.
Nano Energizer - (Product of nanoTec International - Korea) dengan nano ceramic technology.
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
Easy Engine Restore, repair & protect
Cukup sekali pakai utk 30rb-50rb Km..Tambah tenaga,Hemat BBM,Mengurangi Polusi.
klik disini utk lihat infonya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
sorry, ikutan nimbrung di sini.....
saya juga berminat dgn skutik2 ini(nouvo,mio,vario,spin)....simple...
btw menurut bro2 sekalian, mending beli baru atau bekas yah?
trus harganya masing2 berapa(baru&bekas)?
jujur aja, kalo dari model, saya suka nouvo....tapi kalo perhatikan pwr/weight ratio, paling bgs itu mio y?
buat saya, model bukan yg utama....tapi spek lebih diutamakan...
sekali lagi sorry....karena saya awam sekali soal motor....
thx berat buat tanggapannya,
ween
saya juga berminat dgn skutik2 ini(nouvo,mio,vario,spin)....simple...
btw menurut bro2 sekalian, mending beli baru atau bekas yah?
trus harganya masing2 berapa(baru&bekas)?
jujur aja, kalo dari model, saya suka nouvo....tapi kalo perhatikan pwr/weight ratio, paling bgs itu mio y?
buat saya, model bukan yg utama....tapi spek lebih diutamakan...
sekali lagi sorry....karena saya awam sekali soal motor....
thx berat buat tanggapannya,
ween
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 642
- Joined: Tue Nov 08, 2005 10:19
- Location: Indonesia
klo liat spek gw jadi jatuh hati ke vario gara2 iritnya di M+ terbaru (padahal gw biasanya gedeg bgt ama Honda he3x..ahh jgn2 gara2 bokapnya si eneng org AHM halah... ga nyambung) atw spin karena tenaganya...
tapi klo buat modif2 tetep mio no 1 deh.. udah byk aksesoris bolt-on-nya
katanya demam retro bakal jadi virus tahun 2007 nah klo vario kayaknya rada susah klo diretro (bentuknya rada futuristik), klo mio,spin,free LX masih bisa lah he3x..
tapi klo buat modif2 tetep mio no 1 deh.. udah byk aksesoris bolt-on-nya
katanya demam retro bakal jadi virus tahun 2007 nah klo vario kayaknya rada susah klo diretro (bentuknya rada futuristik), klo mio,spin,free LX masih bisa lah he3x..
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 146
- Joined: Thu Sep 16, 2004 7:08
- Location: Jabodetabek
Lho? bukannya Vario?ahardo wrote:klo u emang spek lebih di utamakan ya mending lebih pilih ke Spin 125..
karena:
1. Rasio kompresi paling tinggi, tapi bisa pakai premium
2. Pakai Radiator, peredaman panas lebih stabil, sepertinya hal ini yang membuat bisa pakai premium walaupun kompresi diatas 1:10
3. Warna lebih beragam
4. pakai catalic converter (CMIIW)
5. AutoChoke, Rem Tangan (seperti di mobil), dan Side Stand Switch untuk mencegah mesin menyala bila standar samping masih aktif,
6. Mereknya honda dan faktor agnes monica hehehehe
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1355
- Joined: Wed Nov 16, 2005 14:21
- Location: jkt
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 443
- Joined: Sat May 20, 2006 8:47
- Location: Sondy Raya, But now Jakarta barat
gw pilih variooo hehhehehe, soalnya vario bodynya lebih ramping, dan yahuddween wrote:setelah coba2 & test.....
ternyata saya lebih suka head lamp di tameng depan.....
rasanya lebih mantap aja kalo malem krn rasanya lebih terang....
(apa karena dua headlamp y?)
jadi pilihannya sudah menyempit......
antara vario Vs nouvo
menurut rekan2 lebih worthed mana y?
Turbo Hayabusa