Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3107
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
kalo di panther kesayangan ane, oli pake Shell Rimula, kadang ganti oli gak sampai 5ribu ud ane ganti, dengan maksud dan tujuan yaaaaaa biar mesinnya awet aja
wuzz...wuzz...wuzz nyaris tak terdengar.
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
sangat irit dan kuat !!!!!!!!!!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Om, ini setau ane udah muncul lama banget, tapi setelah ane belajar di forum ini ane jadi paham itu banyak syarat dan ketentuan he..he..he...ane pernah pakai oli max 30KM tanpa ganti di oreo ane...dan 30KM itu tercapai kira2 17-19 bulan.Salvanost wrote:btw ada rumor muncul oli yang tahan lama,
bisa dipake sampai 50000km
beneran tuh?
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
kalau mesin diesel olinya cepet banget item. Jadi pingin ganti terus
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Hitam hanya pertanda soot aja, tapi gak mengindikasikan kualitas oliilhami wrote:kalau mesin diesel olinya cepet banget item. Jadi pingin ganti terus
Sy pernah test oli semi synth Diesel 10w40 ACEA B4 di ToKiDies Diesel jadul yg dimana oli baru 3 hari aja dah item, test jalan sejauh 8500 Km / 8,5 bulanan
Guess what ? setelah hasil test Corelab keluar, semua parameter penting masih bagus, oli masih layak pakai, biar warna itam pekat tapi soot masih di angka 80 - 90 an sementara batas maksimum soot = 140.
TBN dan visc kinematic akhir juga semua masih dalam range layak pakai
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
ohhhh...(sambil manggut2 gaya orang bijak gituuu......)...... ai miss u tuu zommmm..... sini2... ....ZombiEE wrote:Biasanya 200 jam oom sjam...oom sjam ai miss yuuuu
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
OOT sedikit testi om
BapakKu pernah bilang;
Jaman dulu motor jadul dkw, bsa, norton, dll, cukup pake oli jelantah(minyak goreng bekas) krn jaman dulu emg blom banyak produsen oli.
Pikir" emg bisa sih kan cuma buat melumasin internal mesin yg berputar;
Dari situ saya berinisiatif buat alternatif laen dari yg laen.
Oli motor dirancang buat mesin berkitir ±10k rpm bahkan lebih, sedangkan oli mobil kebanyakan dirancang kebanyakan under 5k rpm. Sedangkan mesin motor masih banyak bgt minim pendingin mesin tanpa radiator. Mestinya oli motor lebih ekstrim donk??
Saya buktikan sendiri innova bensin udah 4taon saya kasih oli AHM motor yg buat motor berkopling. Krn Oli motor berkopling dirancang khusus lagi ada aditif++ buat menjaga kampas tahan selip saya pikir lebih bagus donk banding oli motor matic. So far baik" aja. Begitu juga dengan mobil yg laen nomade 4wd, mantan FJ40 semua pake oli motor AHM.
Terrano abang saya juga saya saranin pake oli tersebut, ada temen juga vios, avansa saya saranin pake oli motor, dia pilih yamalube juga udah berjalan cukup lama. Yg terpenting Oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil.
Saya punya pandangan laen lagi, klo oli mesin diesel dirancang lebih ekstrim timbang oli mesin bensin. Krn mesin diesel punya kompresi yg besar banget; jadi pastinya oli disel bagus juga dipasang dimesin bensin.
Tq
BapakKu pernah bilang;
Jaman dulu motor jadul dkw, bsa, norton, dll, cukup pake oli jelantah(minyak goreng bekas) krn jaman dulu emg blom banyak produsen oli.
Pikir" emg bisa sih kan cuma buat melumasin internal mesin yg berputar;
Dari situ saya berinisiatif buat alternatif laen dari yg laen.
Oli motor dirancang buat mesin berkitir ±10k rpm bahkan lebih, sedangkan oli mobil kebanyakan dirancang kebanyakan under 5k rpm. Sedangkan mesin motor masih banyak bgt minim pendingin mesin tanpa radiator. Mestinya oli motor lebih ekstrim donk??
Saya buktikan sendiri innova bensin udah 4taon saya kasih oli AHM motor yg buat motor berkopling. Krn Oli motor berkopling dirancang khusus lagi ada aditif++ buat menjaga kampas tahan selip saya pikir lebih bagus donk banding oli motor matic. So far baik" aja. Begitu juga dengan mobil yg laen nomade 4wd, mantan FJ40 semua pake oli motor AHM.
Terrano abang saya juga saya saranin pake oli tersebut, ada temen juga vios, avansa saya saranin pake oli motor, dia pilih yamalube juga udah berjalan cukup lama. Yg terpenting Oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil.
Saya punya pandangan laen lagi, klo oli mesin diesel dirancang lebih ekstrim timbang oli mesin bensin. Krn mesin diesel punya kompresi yg besar banget; jadi pastinya oli disel bagus juga dipasang dimesin bensin.
Tq
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Utk sementara masih ngikut saran pabrikan yaitu tiap 5000 km atau maks 6 bln, lah. Wong selama ini km yg duluan tercapai.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Salut dah utk keberaniannya............
Setahu saya kalo utk oli motor yg karakteristiknya mirip oli mesin mobil yaitu si JASO MB, bagusnya JASO MB itu antiwear additivenya (ZDDP) tinggi spt era oli API SG / SH, cuman kalo utk TBN rata2 JASO MB saya gak paham
Oli JASO MA itu mengandung friction modifier, dimana utk mencegah agar kopling gak selip, tapi bagaimana efek adanya zat Friction Modifier ini thd komponen mesin yg gak ada kopling basahnya, kita gak tahu
Kalo utk mesin mobil bensin sih jika mau pake oli motor ya yg deket = JASO MB, utk interval penggantian olinya ada baiknya melihat kandungan TBN si oli JASO MB tsb.
Oli mesin mobil itu kompleks, gak cuman melumasi komponen mesin yg berputar aja, tapi juga dia harus bisa meng-combat senyawa asam sisa pembakaran, menjaga kebersihan karter / ring piston dari endapan karbon
Kalo cari oli mesin berdasarkan pertimbangan harga, ada Prima XP 10W40 :
ganti tiap 5000 Km atau 6 bulan aja cukup
Setahu saya kalo utk oli motor yg karakteristiknya mirip oli mesin mobil yaitu si JASO MB, bagusnya JASO MB itu antiwear additivenya (ZDDP) tinggi spt era oli API SG / SH, cuman kalo utk TBN rata2 JASO MB saya gak paham
Oli JASO MA itu mengandung friction modifier, dimana utk mencegah agar kopling gak selip, tapi bagaimana efek adanya zat Friction Modifier ini thd komponen mesin yg gak ada kopling basahnya, kita gak tahu
Kalo utk mesin mobil bensin sih jika mau pake oli motor ya yg deket = JASO MB, utk interval penggantian olinya ada baiknya melihat kandungan TBN si oli JASO MB tsb.
Oli mesin mobil itu kompleks, gak cuman melumasi komponen mesin yg berputar aja, tapi juga dia harus bisa meng-combat senyawa asam sisa pembakaran, menjaga kebersihan karter / ring piston dari endapan karbon
Kalo cari oli mesin berdasarkan pertimbangan harga, ada Prima XP 10W40 :
ganti tiap 5000 Km atau 6 bulan aja cukup
4lICe wrote:OOT sedikit testi om
BapakKu pernah bilang;
Jaman dulu motor jadul dkw, bsa, norton, dll, cukup pake oli jelantah(minyak goreng bekas) krn jaman dulu emg blom banyak produsen oli.
Pikir" emg bisa sih kan cuma buat melumasin internal mesin yg berputar;
Dari situ saya berinisiatif buat alternatif laen dari yg laen.
Oli motor dirancang buat mesin berkitir ±10k rpm bahkan lebih, sedangkan oli mobil kebanyakan dirancang kebanyakan under 5k rpm. Sedangkan mesin motor masih banyak bgt minim pendingin mesin tanpa radiator. Mestinya oli motor lebih ekstrim donk??
Saya buktikan sendiri innova bensin udah 4taon saya kasih oli AHM motor yg buat motor berkopling. Krn Oli motor berkopling dirancang khusus lagi ada aditif++ buat menjaga kampas tahan selip saya pikir lebih bagus donk banding oli motor matic. So far baik" aja. Begitu juga dengan mobil yg laen nomade 4wd, mantan FJ40 semua pake oli motor AHM.
Terrano abang saya juga saya saranin pake oli tersebut, ada temen juga vios, avansa saya saranin pake oli motor, dia pilih yamalube juga udah berjalan cukup lama. Yg terpenting Oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil.
Saya punya pandangan laen lagi, klo oli mesin diesel dirancang lebih ekstrim timbang oli mesin bensin. Krn mesin diesel punya kompresi yg besar banget; jadi pastinya oli disel bagus juga dipasang dimesin bensin.
Tq
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Om @TurboMan
Sebenarnya alasan utama saya pake oli motor pertama kali si bukan masalah harga, alasan laen juga karna bengkel mobil jauh dari rumah kebetulan disamping rumah bengkel motor; hehe
Dan lagi ini dulu isyu yg bikin saya ogah dibengkel klo ganti oli pake disemprot kompresor, yg notabene mengandung sedikit air katanya bisa bikin korosi dalam jangka panjang. Ya meskipun saya sendiri juga udah mengabaikannya karna efek airnya yg dalam jumlah sedikit tsb ternyata afeknya ga begitu signifikan juga kok, buktinya banyak orang jugak yg ganti oli diberes bertaon2 mobilnya masih sehat aja.
Alasan alasan laen lagi Pengen menjiwai menghayati ntah apa lagi bahasanya sama mesin" yg kita punya biar menambah pengetahuan juga seluk beluk permili; jadi bisa tau klo kenapa" sedikit" tau cara mengatasinya. lawong tipikal saya bukan orang yg supersibuk jadi timbang gada kerjaan aja hehe
Sebenarnya alasan utama saya pake oli motor pertama kali si bukan masalah harga, alasan laen juga karna bengkel mobil jauh dari rumah kebetulan disamping rumah bengkel motor; hehe
Dan lagi ini dulu isyu yg bikin saya ogah dibengkel klo ganti oli pake disemprot kompresor, yg notabene mengandung sedikit air katanya bisa bikin korosi dalam jangka panjang. Ya meskipun saya sendiri juga udah mengabaikannya karna efek airnya yg dalam jumlah sedikit tsb ternyata afeknya ga begitu signifikan juga kok, buktinya banyak orang jugak yg ganti oli diberes bertaon2 mobilnya masih sehat aja.
Alasan alasan laen lagi Pengen menjiwai menghayati ntah apa lagi bahasanya sama mesin" yg kita punya biar menambah pengetahuan juga seluk beluk permili; jadi bisa tau klo kenapa" sedikit" tau cara mengatasinya. lawong tipikal saya bukan orang yg supersibuk jadi timbang gada kerjaan aja hehe
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
wah penjelasan bung turbo mantep tenanTurboman wrote:oo kalo 7 - 8000 Km dicapai dlm 6 bulan sih bagusss.......jika pakai HX8 terusin aja sampai 10.000 Km yg berarti di bulan ke 8-9 dah masuk donk yahfabreguz wrote: Oli yg terbaik itu gimana yach bung turboman ?
soale sy sudah biasa pake shell helix hx8
itu termasuk bagus ndak ya ?
ooo jarak 7-8 rb km tu dalam waktu 6 bulanan
brarti termasuk mobilitas tinggi ato tidak ?
gimana ? masih bagus ga ya ?
Yg penting saat ganti olinya hindari tiup2 angin kompressor krn berisiko uap air masuk ke karter.
HX8 dia meet MB 229.3 dimana jika dalam kondisi ideal alias Full highway dan BBM rendah sulphur scr teoritis bisa dipakai sampai 30.000 KM atau 12 bulan Max
nah di kita potong 1/3 nya jadi 10.000 Km aza
Cuman yah kalo misal anda rasa di 8000 / 9000 Km udah mulai gak enak yah kalao mau ganti yah terserah.....tapi dgn durasi 9 bulan dan 10.000 Km pada sebuah mesin yg prima, oli tsb sanggup melayani dgn baik.
juga utk pengarahannya dari awal tret ini
saya jadi semakin mantep utk ganti oli di tiap 10000 km
juga utk mobil mobil sy yg lain dan bakal mobil istri yg mendatang
waduh payah tenan
saya kok setiap ganti oli malah sering kalo disemprot pake kompresor
biasanya sekalian bersihkan filter udara
soalnya kalo disemprot kompresor, oli lama terlihat lebih cepat meluncur keluar
sy jadi yakin lebih bersih, mungkin ini salah ya ?
kalo misalnya tidak disemprot kompresor, mungkinkah masih ada oli lama yg belum keluar dan bisa bercampur dengan oli yg baru???
juga apa dampak uap air masuk karter ?
Don't ate
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
saya lihat lokasinya di amerikaPOS VETT wrote:Ndak ada pilihannya untuk interval 16.000 km.
di amerika pakainya miles ? berarti 16000 km = 10000 miles ya ?
mestinya aturan ganti oli mesin lain lagi kah ?
mantep tenan moderator dohcDOHC wrote:8000 - 9000 km uda diganti beserta filter... penurunan performance secara butt o meter uda terasa banget soal nya di odo sgitu..
saya jg sering bertanya tanyaSalvanost wrote:btw ada rumor muncul oli yang tahan lama,
bisa dipake sampai 50000km
beneran tuh?
kalau oli yg dipakai utk mobil reli paris dakar dengan jarak luar biasa jauh
bukan antar pulau saza tapi sudah jarak lintas benua
jgn jgn pakai oli seperti yg bung salvanost sebutkan
kan ndak lucu kalo kalah gara gara cuman ganti oli mesin thok
Don't ate
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
info menarik banget inisjamsul wrote:hmm...klo ga salah pada genset, pemakaian olinya pakai jam kerja....misalkan tiap 1000 jam atau 2000 jam kerja (contoh aja ya).....pada saat itu oli sdh boleh diganti. Tapi pada mobil atau motor, agak susah menentukannya krn alat ukurnya ga ada atau ga dipasangin.....
mungkin klo mau lbh mendekati pakai jam kerja oli....ane pernah punya alat yg namanya 'time counter'.....nah, saat mobil dihidupkan alat ini mulai menghitung....jadi bisa tau kapan saatnya ganti oli..............
smoga bermanfaat........
bukan jam terbang, tapi sudah engine hour
pengertiannya sudah lain lagi
semoga ada referensi bacaannya
sangat bermanfaat
ZombiEE wrote:Biasanya 200 jam oom sjam...oom sjam ai miss yuuuu
ayo ditunggu review mobil barunyaSilverK610i wrote:nubie ikut nyimak di trit bergizi,maaf ga bisa ikutan polling.wong baru punya boil sehari
Don't ate
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
- Location: Paragon City
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
saya denger juga begituilhami wrote:kalau mesin diesel olinya cepet banget item. Jadi pingin ganti terus
kalo mesin diesel cepet item olinya
kalau ini sama sekali tidak oot4lICe wrote:OOT sedikit testi om
BapakKu pernah bilang;
Jaman dulu motor jadul dkw, bsa, norton, dll, cukup pake oli jelantah(minyak goreng bekas) krn jaman dulu emg blom banyak produsen oli.
Pikir" emg bisa sih kan cuma buat melumasin internal mesin yg berputar;
Dari situ saya berinisiatif buat alternatif laen dari yg laen.
Oli motor dirancang buat mesin berkitir ±10k rpm bahkan lebih, sedangkan oli mobil kebanyakan dirancang kebanyakan under 5k rpm. Sedangkan mesin motor masih banyak bgt minim pendingin mesin tanpa radiator. Mestinya oli motor lebih ekstrim donk??
Saya buktikan sendiri innova bensin udah 4taon saya kasih oli AHM motor yg buat motor berkopling. Krn Oli motor berkopling dirancang khusus lagi ada aditif++ buat menjaga kampas tahan selip saya pikir lebih bagus donk banding oli motor matic. So far baik" aja. Begitu juga dengan mobil yg laen nomade 4wd, mantan FJ40 semua pake oli motor AHM.
Terrano abang saya juga saya saranin pake oli tersebut, ada temen juga vios, avansa saya saranin pake oli motor, dia pilih yamalube juga udah berjalan cukup lama. Yg terpenting Oli motor harga lebih murah timbang oli khusus mobil.
Saya punya pandangan laen lagi, klo oli mesin diesel dirancang lebih ekstrim timbang oli mesin bensin. Krn mesin diesel punya kompresi yg besar banget; jadi pastinya oli disel bagus juga dipasang dimesin bensin.
Tq
tapi malah testi yang menarik banget
oli motor dibuat mesin mobil. hebat salut
sangat bermanfaat
Don't ate
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Om @turboman
oli motor jaman sekarang udah Jaso MB smua buat engine" matic; motor2 matic system pelumasan enginnya ga jauh beda sama mobil pada umumnya. Sedangkan oli motor buat yg engine berkopling dg Jaso MB.
Nah symtem pelumasan motor berkopling Jaso MB lebih komplex lagi disamping melumasin engin juga melumasin transmisi serta merta melumasin system kopling itu sendiri. Klo mesin motor matic system pelumasannya sama dg mobil pada umumnya yaitu cuma melumasin mesin tok.
Saya juga pernah tes motor matic boreup pake oli MA lebih tahan timbang pake oli MB full syntetic sekalipun.
Mengenai Oli JASO MA itu mengandung friction modifier, dimana utk mencegah agar kopling gak selip, efek adanya zat Friction Modifier ini thd komponen mesin yg gak ada kopling basahnya, kayaknya ga ngefek deh
Oli mesin motor juga gak cuman melumasi komponen mesin yg berputar aja om, tapi juga bisa meng-combat senyawa asam sisa pembakaran, menjaga kebersihan karter / ring piston dari endapan karbon jugak. Klo ga ya jelas oli muncrat keruang bakar donk om,.. Hehe
Lagi om klo saya ganti oli sendiri, karna ga disemprot kompresor, saya juga punya trik sendiri biar bersih dari oli lama; yaitu setelah oli udah ga netes lagi, saya idupin mesin bentar aja tapi jangan geber" gasnya ya sampai gada lagi oli yg muncrat, dijamin bersih sampai endapannya. Aman kok ga bakalan sampe rontok mesin; kan masih ada sisa" oli yg nempel dikomponen" dalam mesin.
Klo penggantian oli tinggal sesuaiin aja spek anjuran olinya; diitung dari tempuh km/waktu mana yg mencapai terlebih dahulu. Krn laen oli laen juga speknya, boleh maju, klo terpaksa mundur dikit aja jangan sampe terlalu banyak klo sayang mesin. Hehe
Wih cuapek ngetik,..
Met malming smua ya om,..•
oli motor jaman sekarang udah Jaso MB smua buat engine" matic; motor2 matic system pelumasan enginnya ga jauh beda sama mobil pada umumnya. Sedangkan oli motor buat yg engine berkopling dg Jaso MB.
Nah symtem pelumasan motor berkopling Jaso MB lebih komplex lagi disamping melumasin engin juga melumasin transmisi serta merta melumasin system kopling itu sendiri. Klo mesin motor matic system pelumasannya sama dg mobil pada umumnya yaitu cuma melumasin mesin tok.
Saya juga pernah tes motor matic boreup pake oli MA lebih tahan timbang pake oli MB full syntetic sekalipun.
Mengenai Oli JASO MA itu mengandung friction modifier, dimana utk mencegah agar kopling gak selip, efek adanya zat Friction Modifier ini thd komponen mesin yg gak ada kopling basahnya, kayaknya ga ngefek deh
Oli mesin motor juga gak cuman melumasi komponen mesin yg berputar aja om, tapi juga bisa meng-combat senyawa asam sisa pembakaran, menjaga kebersihan karter / ring piston dari endapan karbon jugak. Klo ga ya jelas oli muncrat keruang bakar donk om,.. Hehe
Lagi om klo saya ganti oli sendiri, karna ga disemprot kompresor, saya juga punya trik sendiri biar bersih dari oli lama; yaitu setelah oli udah ga netes lagi, saya idupin mesin bentar aja tapi jangan geber" gasnya ya sampai gada lagi oli yg muncrat, dijamin bersih sampai endapannya. Aman kok ga bakalan sampe rontok mesin; kan masih ada sisa" oli yg nempel dikomponen" dalam mesin.
Klo penggantian oli tinggal sesuaiin aja spek anjuran olinya; diitung dari tempuh km/waktu mana yg mencapai terlebih dahulu. Krn laen oli laen juga speknya, boleh maju, klo terpaksa mundur dikit aja jangan sampe terlalu banyak klo sayang mesin. Hehe
Wih cuapek ngetik,..
Met malming smua ya om,..•
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Sorry ralat oli motor berkopling pake jaso ma kali hehe, maklum tadi buru" mau pergi malming hahaha kaburrr
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
@4lice :
salut utk percobaan pribadi anda
Ditunggu hasil test lab oli JASO MA yg dipake di mobil setelah sekian ribu Km
Contoh sheet hasil test dr Corelab
salut utk percobaan pribadi anda
Ditunggu hasil test lab oli JASO MA yg dipake di mobil setelah sekian ribu Km
Contoh sheet hasil test dr Corelab
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Lantas artinya apa itu om??
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 63
- Joined: Sat Aug 03, 2013 10:48
- Location: riau
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Maksot saya, om bilang ditunggu hasil lab, tapi koq udah ada tabel diatas itu maksut dan arti tabelnya apa gitu loh om hehe
MacGyver Conventional
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
Manual Tech Super Hyper Primitive
Katrox Terasing Sejati
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Used Oil Analysis ibarat kita cek darah
Utk oli sbg indikasi apakah oli tsb sebetulnya masih kayak pakai / enggak jika digunakan utk sekian ribu / puluh ribu Km atau sekian ratus jam - engine hour
itu gbr nya saya cut, di bagian bawah ada resume dr si Lab
Tabel itu adalah jenis parameter baku dr si lab, jadi parameter apa aja yg di test, ada hasil test dr oli kita dan angka rujukannya (kayak test darah aza)....yg kiri angka rujukan, yg kanan = hasil test oli kita (Tabel itu hanya utk contoh saja)
Kalo di Corelab dulu test lengkap gini sekitar 185 rb, skg naek jadi 200 rb lebih
Sy bbrp X test oli bekas mesin saya di sana
*Bukan seles Korlab*
Utk oli sbg indikasi apakah oli tsb sebetulnya masih kayak pakai / enggak jika digunakan utk sekian ribu / puluh ribu Km atau sekian ratus jam - engine hour
itu gbr nya saya cut, di bagian bawah ada resume dr si Lab
Tabel itu adalah jenis parameter baku dr si lab, jadi parameter apa aja yg di test, ada hasil test dr oli kita dan angka rujukannya (kayak test darah aza)....yg kiri angka rujukan, yg kanan = hasil test oli kita (Tabel itu hanya utk contoh saja)
Kalo di Corelab dulu test lengkap gini sekitar 185 rb, skg naek jadi 200 rb lebih
Sy bbrp X test oli bekas mesin saya di sana
*Bukan seles Korlab*
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11053
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
ganti oli setiap 6 bulan tanpa liat KM karena mobil jarang jalan. dan saya dapet informasi kalau oli sudah masuk ke mesin ada masa kadaluarsanya yaitu maksimum 6 bulan.
mohon petunjuknya oom Turboman, apakah benar info yang saya dapat itu?
selama ini saya pake shell rimula 15w/40 untuk mesin bensin.
mohon petunjuknya oom Turboman, apakah benar info yang saya dapat itu?
selama ini saya pake shell rimula 15w/40 untuk mesin bensin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
mungkin sebaiknya ada produk semacam testpack, dicelup ke oli langsung ketahuan harus ganti atau tidak.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
12 bulanmarmut wrote:ganti oli setiap 6 bulan tanpa liat KM karena mobil jarang jalan. dan saya dapet informasi kalau oli sudah masuk ke mesin ada masa kadaluarsanya yaitu maksimum 6 bulan.
kalo olinya Full Synth dgn LongLife compliance dan mobil jarang jalan, ganti di bulan ke 13 gpp
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 84
- Joined: Thu Apr 11, 2013 8:23
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
Oom Turbo,
Ford Fiesta S saya pake Castrol Magnatec Professional 5W30. Selama ini sih saya pake sampe 10000 masih enak2 aja. Tapi katanya kalo semi synth cuma max 5000km? Kalo liat buku pedoman servisnya sih max 10000/12 bulan.
Jadi apa harus saya ganti per 5000km? Tapi emang ini oli rada 'aneh'. Semi synth, tapi harga lebih mahal dari full synth. Plus pas saya baca2 websitenya Castrol UK, malah direkomendasikan up to 15000km.
Ford Fiesta S saya pake Castrol Magnatec Professional 5W30. Selama ini sih saya pake sampe 10000 masih enak2 aja. Tapi katanya kalo semi synth cuma max 5000km? Kalo liat buku pedoman servisnya sih max 10000/12 bulan.
Jadi apa harus saya ganti per 5000km? Tapi emang ini oli rada 'aneh'. Semi synth, tapi harga lebih mahal dari full synth. Plus pas saya baca2 websitenya Castrol UK, malah direkomendasikan up to 15000km.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11053
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Interval ganti oli mesin mobil yang terbaik
nggak di pap smear sekalian oom?ilhami wrote:mungkin sebaiknya ada produk semacam testpack, dicelup ke oli langsung ketahuan harus ganti atau tidak.