Bakal ribet sendiri, kayaknya. HANS kan perlu helm juga. Nanti malah diketawain gara2 naik mobil pake helm. Atau ditangkep polisi. Dikira mau balapan di jalan umum.andy1800 wrote:Btw ada gak ya, yg sedemikian idealis mengenai fitur keselamatan ini? shg bagi bbrp org kdg mlh dinilai 'berlebihan', spt: ganti sabuk pengamannya mjd 6 titik, bahkan jg menambahkan/pakai HANS/ head n neck support ala F1 ?
Klo yg bgitu, tepat ga sih?
Knp tepatnya? knp tdk tepatnya?
Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Last edited by an15wn on Tue Oct 22, 2013 7:32, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Kalau menurut saya, seorang produsen harus bersikap idealis seperti itu. Seorang pembuat pasti akan melihat dan mengevaluasi hasil produk buatannya. Bila ada yg kurang sempurna, maka dia akan terus memperbaikinya. Jadi bila produsen peduli dengan konsumennya dan suatu saat terjadi sesuatu pada konsumennya akibat produk yg dia buat kurang bagus maka dengan tanggung jawab yg tinggi dia akan mempelajari lg kekurangan produknya dan memperbaikinya.andy1800 wrote:Btw ada gak ya, yg sedemikian idealis mengenai fitur keselamatan ini? shg bagi bbrp org kdg mlh dinilai 'berlebihan', spt: ganti sabuk pengamannya mjd 6 titik, bahkan jg menambahkan/pakai HANS/ head n neck support ala F1 ?
Klo yg bgitu, tepat ga sih?
Knp tepatnya? knp tdk tepatnya?
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Dan bila ada fitur yg dirasa tidak diperlukan, waktu nya di sunat dan harga tetap 
*ngibrit*

*ngibrit*

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
^^ ic
__________
Tp demi minimize efek fatal, lambat laun org pada rela2 saja mengenakannya...spt ketika jaman msh populernya helm batok, trus ada satu dua yg mengenakan helm fullface mlh dianggap terlalu extrem/ diketwain.
Bukan begitu?
__________
Bukannya perangkat keselamatan tu mmg hampir selalu bikin ribet om?an15wn wrote:Bakal ribet sendiri, kayaknya. HANS kan perlu help juga. Nanti malah diketawain gara2 naik mobil pake helm. Atau ditangkep polisi. Dikira mau balapan di jalan umum.andy1800 wrote:Btw ada gak ya, yg sedemikian idealis mengenai fitur keselamatan ini? shg bagi bbrp org kdg mlh dinilai 'berlebihan', spt: ganti sabuk pengamannya mjd 6 titik, bahkan jg menambahkan/pakai HANS/ head n neck support ala F1 ?
Klo yg bgitu, tepat ga sih?
Knp tepatnya? knp tdk tepatnya?
Tp demi minimize efek fatal, lambat laun org pada rela2 saja mengenakannya...spt ketika jaman msh populernya helm batok, trus ada satu dua yg mengenakan helm fullface mlh dianggap terlalu extrem/ diketwain.
Bukan begitu?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Teknologi terus berkembang termasuk teknologi keselamatan, teknologi yg dulu beda dgn yg sekarang, dan teknologi ke depan beda dgn sekarang.antekakio wrote:jangan terlalu mengandalkan safety gizmo...
ingat kejadian lady diana? siapa yg meragukan safety dari s-class? tp ttp aja meninggal.
ini juga di India s-class ttp aja RIP. bahkan airbagnya nggak deploy.
http://www.team-bhp.com/forum/street-ex ... s-fir.html
safety features designed to keep you safe, sure. But staying safe is all up to the driver.
Keselamatan memang benar sangat bergantung pada cara mengemudi drivernya tapi bagaimana kalau ada driver lain yg menyebabkan kita celaka contohnya waktu si dul nabrak mobil lain. Nah disinilah pentingnya fitur safety.
Kenapa fitur keselamatan sepertinya mahal, krn hanya sedikit produsen atau mobil yg pakai fitur keselamatan. Bila semua produsen membenamkan fitur keselamatan pada semua mobilnya maka perangkat keselamatan akan menjadi lebih murah (cost/unit berbanding terbalik dgn jumlah produksi) dan hasilnya bisa kita nikmati sebagai konsumen.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Artinya ya yg ribetnya wajar, lah.andy1800 wrote:Bukannya perangkat keselamatan tu mmg hampir selalu bikin ribet om?an15wn wrote: Bakal ribet sendiri, kayaknya. HANS kan perlu help juga. Nanti malah diketawain gara2 naik mobil pake helm. Atau ditangkep polisi. Dikira mau balapan di jalan umum.
Tp demi minimize efek fatal, lambat laun org pada rela2 saja mengenakannya...spt ketika jaman msh populernya helm batok, trus ada satu dua yg mengenakan helm fullface mlh dianggap terlalu extrem/ diketwain.
Bukan begitu?
Contoh lain juga pada bermotor. Masang sarung tangan aja banyak yg gak pake, kan. Helm (mau fullface, mau halfface) sekedar ditaruh tanpa dikunci. Ya percuma aja, kalo jatoh bener, tuh helm bisa lepas dari kepala. Terus tangan yg nahan ke aspal, dah boncel2 berdarah2.
Emang semuanya kembali ke drivernya. Tapi utk HANS atau seatbelt 6 titik, habitatnya sih rasa2nya di high performance driving aja. Kalo yg wajar di perkotaan, tanpa helm, tanpa sepatu, cukup seatbelt 3 titik, airbag, rasanya juga dah cukup.
Ini ya terkait perundang2an juga, sih. Yg minimum diwajibkan di perundang2an, itulah yg dipake. Kalo mau lebih, silakan walaupun nanti bakalan ada yg ngetawain. Ane juga pernah ngalamin, soalnya. Waktu telapak tangan ane luka, ane make sarung tangan kulit buntung (ujung jari nongol) yg biasa ane pake pas naik motor. Terus pas ada pengamen di perempatan yg ane gak pengen ngasih, ane 'dadah-in' aja. Eh, doi nyeletuk. "Sangar, euy. Kayak pembalap."

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4362
- Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
ABS, EBD dan semua fitur yg berkaitan dng performa pengereman, itu AMAT SANGAT PENTING... karna umumnya kita lebi ahli dan pengalaman ngegas daripada ngerem....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8285
- Joined: Mon Mar 24, 2008 19:52
- Location: djakarta
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Oo ya ya, ic...an15wn wrote:Artinya ya yg ribetnya wajar, lah.andy1800 wrote:Bukannya perangkat keselamatan tu mmg hampir selalu bikin ribet om?an15wn wrote: Bakal ribet sendiri, kayaknya. HANS kan perlu help juga. Nanti malah diketawain gara2 naik mobil pake helm. Atau ditangkep polisi. Dikira mau balapan di jalan umum.
Tp demi minimize efek fatal, lambat laun org pada rela2 saja mengenakannya...spt ketika jaman msh populernya helm batok, trus ada satu dua yg mengenakan helm fullface mlh dianggap terlalu extrem/ diketwain.
Bukan begitu?
Contoh lain juga pada bermotor. Masang sarung tangan aja banyak yg gak pake, kan. Helm (mau fullface, mau halfface) sekedar ditaruh tanpa dikunci. Ya percuma aja, kalo jatoh bener, tuh helm bisa lepas dari kepala. Terus tangan yg nahan ke aspal, dah boncel2 berdarah2.
Emang semuanya kembali ke drivernya. Tapi utk HANS atau seatbelt 6 titik, habitatnya sih rasa2nya di high performance driving aja. Kalo yg wajar di perkotaan, tanpa helm, tanpa sepatu, cukup seatbelt 3 titik, airbag, rasanya juga dah cukup.
Ini ya terkait perundang2an juga, sih. Yg minimum diwajibkan di perundang2an, itulah yg dipake. Kalo mau lebih, silakan walaupun nanti bakalan ada yg ngetawain. Ane juga pernah ngalamin, soalnya. Waktu telapak tangan ane luka, ane make sarung tangan kulit buntung (ujung jari nongol) yg biasa ane pake pas naik motor. Terus pas ada pengamen di perempatan yg ane gak pengen ngasih, ane 'dadah-in' aja. Eh, doi nyeletuk. "Sangar, euy. Kayak pembalap."

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Menurut gw penting...
Tapi emang tdk selamanya fitur keamanan bs membuat kita selamat dari kecelakaan, tergantung skill driver sendiri...
Tapi emang tdk selamanya fitur keamanan bs membuat kita selamat dari kecelakaan, tergantung skill driver sendiri...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
1.Fitur keselamatan tidak bisa mencegah kita dari kecelakaan karena memang fungsi fitur keselamatan adalah untuk meminimalisir cedera bila kecelakaan yang tidak diinginkan terjadi. Jadi fitur keselamatan sebenarnya wajib ada.ricz wrote:Menurut gw penting...
Tapi emang tdk selamanya fitur keamanan bs membuat kita selamat dari kecelakaan, tergantung skill driver sendiri...
2. Memang benar semua tergantung dr driver sendiri, tapi bukankah driver lain juga bisa membuat kita celaka
Ilustrasinya begini, seorang pembersih kaca bangunan bertingkat tinggi sudah sangat berpengalaman. Apakah dia tidak perlu alat keselamatan? Memang benar keahliannya bisa membuat dia selamat dalam pekerjaannya tapi bila sesuatu terjadi misal terpeleset kemudian terjatuh dr lantai yg tinggi apakah tali pengaman itu tidak perlu?
Jadi kalau menurut saya untuk mencegah kecelakaan memang skill driver berpengaruh...
Tapi bila kecelakaan akhirnya terjadi yang paling berperan penting adalah fitur keselamatannya...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
ada fitur keselamatan aja selesai..apalg gak ada...orangnya berantakan..
perasaan di sini yang bawa mobil ganas itu yang fiturnya pas2an drpd yg fiturnya banyak..
perasaan di sini yang bawa mobil ganas itu yang fiturnya pas2an drpd yg fiturnya banyak..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
buat ane fitur safety itu sangat penting dan masuk ke prioritas utama apabila mau meminang mobil, dan kalo bisa udah ada crash testnya juga (entah itu dari NCAP atau IIHS). Untuk dari IIHS, kalo mobilnya dikasih label "Top Safety Pick" itu akan jadi nilai plus di mata saya
selain seatbelt yang mandatory...ABS dan EBD (ada BA kalo bisa) itu fitur utama dan wajib buat ane, Airbag itu paling minimal 2..syukur2 lengkap (dual front + dual side + dual curtain..knee airbag dan 2nd row side airbag jadi optional)..tapi kalo mobilnya udah 400jt keatas ane akan pilih yang airbagnya paling minimal banget itu 4..VSC/VDC/VDIM/VSA/ESC integrated with Traction Control atau apapun namanya juga menurut ane penting untuk menjaga mobil biar gak mendadak liar..
fitur safety lainnya kayak Blind Spot Monitor atau Adaptive Front Lightning System juga kalo ada ya bagus jadi nilai plus, kalo nggak ada ya gpp juga..
semua fitur diatas emang mencegah kemungkinan terburuk, tapi semuanya kembali ke drivernya..apa dia aggresive driving atau defensive driving..buat apa juga sih ugal2an/aggresive..emang di jalanan kalo ugal2an dapet trophy atau medali apa ? yang ada bisa di sumpah serapahin orang..
selain seatbelt yang mandatory...ABS dan EBD (ada BA kalo bisa) itu fitur utama dan wajib buat ane, Airbag itu paling minimal 2..syukur2 lengkap (dual front + dual side + dual curtain..knee airbag dan 2nd row side airbag jadi optional)..tapi kalo mobilnya udah 400jt keatas ane akan pilih yang airbagnya paling minimal banget itu 4..VSC/VDC/VDIM/VSA/ESC integrated with Traction Control atau apapun namanya juga menurut ane penting untuk menjaga mobil biar gak mendadak liar..
fitur safety lainnya kayak Blind Spot Monitor atau Adaptive Front Lightning System juga kalo ada ya bagus jadi nilai plus, kalo nggak ada ya gpp juga..
semua fitur diatas emang mencegah kemungkinan terburuk, tapi semuanya kembali ke drivernya..apa dia aggresive driving atau defensive driving..buat apa juga sih ugal2an/aggresive..emang di jalanan kalo ugal2an dapet trophy atau medali apa ? yang ada bisa di sumpah serapahin orang..
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Kesimpulan sementara:
1. Skill dan sikap driver merupakan point paling penting untuk mencegah kecelakaan
2. Fitur keselamatan aktif seperti ABS, EBD, BA, traction control, dll adalah sarana penunjang driver terutama driver yg belum begitu ahli. Fungsinya untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
TAPI SEHEBAT APAPUN KEMAMPUAN DRIVER DAN SELENGKAP APAPUN FITUR KESELAMATAN AKTIF, KECELAKAAN MASIH DAPAT TERJADI KARENA FAKTOR KELALAIAN, FISIK, ATAU AKIBAT MOBIL LAIN MENABRAK. KALAU KECELAKAAN SUDAH TERJADI KEAHLIAN DRIVER ATAU FITUR KESELAMATAN AKTIF TIDAK DAPAT BERBUAT APA2. Makanya dibutuhkan hal yg ketiga ini
3. Fitur keselamatan pasif contohnya pretentioner seat belt, dual air bag,rangka G-con, ACE, MAIDAS, dll. Fitur keselamatan ini yang akan meminimalisir efek dari tabrakan yg terjadi. Fitur ini seharusnya ada pada semua mobil.
Untuk air bag saya pikir cukup dual air bag karena mayoritas tabrakan sifatnya frontal dan jarang yg berasal dr samping. efek tumbukan yg frontal juga lebih besar drpd yg samping sehingga untuk yg dr samping cukup memakai rangka yg sdh berteknologi side impact beam atau G-con, ACE, MAIDAS, dll.
1. Skill dan sikap driver merupakan point paling penting untuk mencegah kecelakaan
2. Fitur keselamatan aktif seperti ABS, EBD, BA, traction control, dll adalah sarana penunjang driver terutama driver yg belum begitu ahli. Fungsinya untuk mencegah terjadinya kecelakaan.
TAPI SEHEBAT APAPUN KEMAMPUAN DRIVER DAN SELENGKAP APAPUN FITUR KESELAMATAN AKTIF, KECELAKAAN MASIH DAPAT TERJADI KARENA FAKTOR KELALAIAN, FISIK, ATAU AKIBAT MOBIL LAIN MENABRAK. KALAU KECELAKAAN SUDAH TERJADI KEAHLIAN DRIVER ATAU FITUR KESELAMATAN AKTIF TIDAK DAPAT BERBUAT APA2. Makanya dibutuhkan hal yg ketiga ini
3. Fitur keselamatan pasif contohnya pretentioner seat belt, dual air bag,rangka G-con, ACE, MAIDAS, dll. Fitur keselamatan ini yang akan meminimalisir efek dari tabrakan yg terjadi. Fitur ini seharusnya ada pada semua mobil.
Untuk air bag saya pikir cukup dual air bag karena mayoritas tabrakan sifatnya frontal dan jarang yg berasal dr samping. efek tumbukan yg frontal juga lebih besar drpd yg samping sehingga untuk yg dr samping cukup memakai rangka yg sdh berteknologi side impact beam atau G-con, ACE, MAIDAS, dll.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Gak perlu teriak2 om santai aje 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Emang kedengeran ya om suaranya teriak2 wkwkwkdubz wrote:Gak perlu teriak2 om santai aje
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Kalo pake hurup besar2 artinya di dunia berforum = teriak.
http://www.webopedia.com/DidYouKnow/Int ... quette.asp
http://www.webopedia.com/DidYouKnow/Int ... quette.asp
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Oooo gitu ya Om.... baru tau hehehedubz wrote:Kalo pake hurup besar2 artinya di dunia berforum = teriak.
http://www.webopedia.com/DidYouKnow/Int ... quette.asp
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Tul.an15wn wrote:Artinya ya yg ribetnya wajar, lah.andy1800 wrote:Bukannya perangkat keselamatan tu mmg hampir selalu bikin ribet om?an15wn wrote: Bakal ribet sendiri, kayaknya. HANS kan perlu help juga. Nanti malah diketawain gara2 naik mobil pake helm. Atau ditangkep polisi. Dikira mau balapan di jalan umum.
Tp demi minimize efek fatal, lambat laun org pada rela2 saja mengenakannya...spt ketika jaman msh populernya helm batok, trus ada satu dua yg mengenakan helm fullface mlh dianggap terlalu extrem/ diketwain.
Bukan begitu?
Contoh lain juga pada bermotor. Masang sarung tangan aja banyak yg gak pake, kan. Helm (mau fullface, mau halfface) sekedar ditaruh tanpa dikunci. Ya percuma aja, kalo jatoh bener, tuh helm bisa lepas dari kepala. Terus tangan yg nahan ke aspal, dah boncel2 berdarah2.
Emang semuanya kembali ke drivernya. Tapi utk HANS atau seatbelt 6 titik, habitatnya sih rasa2nya di high performance driving aja. Kalo yg wajar di perkotaan, tanpa helm, tanpa sepatu, cukup seatbelt 3 titik, airbag, rasanya juga dah cukup.
Ini ya terkait perundang2an juga, sih. Yg minimum diwajibkan di perundang2an, itulah yg dipake. Kalo mau lebih, silakan walaupun nanti bakalan ada yg ngetawain. Ane juga pernah ngalamin, soalnya. Waktu telapak tangan ane luka, ane make sarung tangan kulit buntung (ujung jari nongol) yg biasa ane pake pas naik motor. Terus pas ada pengamen di perempatan yg ane gak pengen ngasih, ane 'dadah-in' aja. Eh, doi nyeletuk. "Sangar, euy. Kayak pembalap."
1. Jaman belum ada UU wajib sabuk pengaman, kalau saya pakai sabuk, dibilang kayak kuda diiket. Bahkan saat saya otomatis pakai sabuk di taksi di taun taun 1989, ibu saya malah melarang saya pakai sabuk, malu dikira orang ngapain pakai sabuk, kayak sok sokan aja mau selamet sendiri.
2. Jaman belum ada kewajiban pakai helm halfface, kalau saya pakai helm fullface, dibilang kayak butho cakil. Kalau pakai helm cetok apalagi yang talinya digunting atau diputus, baru deh dibilang anak gaul masa itu.
3. Jaman belum wajib Automatic Headlight On pada motor, saat saya on pakai lampu di Force1 saya siang hari, dibilang bangun kesiangan atau dikira habis kampanye pemilu..
So, selama belum ada wadah hukumnya / payung hokum, fitur tersebut hanya merupakan gimmick marketing saja, IMHO.
So, silakan saja pilih yang sudah berfitur airbag, abs, ebd ba, dll dkk dlsb, bila merasa perlu.
Yang lucu, UU tentang sabuk pengaman ternyata berlaku surut juga, artinya, kendaraan kendaraan jadul yang aslinya nda ada sabuk nya, malah diwajibkan pasang. Ini menimbulkan celah bisnis murahan, jual sabuk pengaman abal abal, bahkan sabuk berbentuk tali tas sekolah aja dijualin..
Ini ekses negative.
Kalau di US, tidak berlaku surut. Artinya, saat dimana UU itu berlaku, maka hanya mobil mobil yang diproduksi sejak produk hukum itu berlaku, wajib memasang dan wajib dikenakan. Mobil mobil jadul yang by default pabrikan memang ga pasang sabuk, seperti mobil2 era 30,40,50-an, tidak wajib pasang sabuk pengaman. Karena itu, mobil2 jadul yang di-retro atau customized atau dibikin hotrod, tidak dipasangin sabuk pengaman.
Tapi kalau aturan ini hanya berlaku di beberapa states, ya mohon dikoreksi saja. Karena ada juga state yang tidak mewajibkan helm pengaman bagi biker di state tsb. Lupa itu state mana.
IMHO Cmiiw..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11521
- Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Menurut ane kemampuan/kematangan driver serta fitur keselamatan adalah 2 hal lain yg saling melengkapi sih....gak ada yg lebih diutamakan, lebih baik kedua hal tsb bersinergi.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Nah, mustinya pemerintah juga memberi batasan yg tegas ttg kualitas pengaman. Gak cuma bilang harus ada, tapi harus bermutu baik. Langkah memberlakukan helm SNI mustinya juga dicontoh utk perlengkapan sabuk pengaman di mobil. Jadi gak ada lagi cerita produk keamanan dgn mutu gak jelas berkeliaran di pasar. Masalah akhirnya gak dipake atau dipake asal2an oleh pengendara, itu urusan lain lagi.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 150
- Joined: Tue Jul 31, 2012 4:31
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
kenapa kesimpulannya jadi gimmick marketing om?VanzMatic wrote:
1. Jaman belum ada UU wajib sabuk pengaman, kalau saya pakai sabuk, dibilang kayak kuda diiket. Bahkan saat saya otomatis pakai sabuk di taksi di taun taun 1989, ibu saya malah melarang saya pakai sabuk, malu dikira orang ngapain pakai sabuk, kayak sok sokan aja mau selamet sendiri.
2. Jaman belum ada kewajiban pakai helm halfface, kalau saya pakai helm fullface, dibilang kayak butho cakil. Kalau pakai helm cetok apalagi yang talinya digunting atau diputus, baru deh dibilang anak gaul masa itu.
3. Jaman belum wajib Automatic Headlight On pada motor, saat saya on pakai lampu di Force1 saya siang hari, dibilang bangun kesiangan atau dikira habis kampanye pemilu..
So, selama belum ada wadah hukumnya / payung hokum, fitur tersebut hanya merupakan gimmick marketing saja, IMHO.
So, silakan saja pilih yang sudah berfitur airbag, abs, ebd ba, dll dkk dlsb, bila merasa perlu.
ane rasa sih produsen buat mobil tergantung demand mayoritas konsumen ditempatnya
nah tugas pemerintah itu sering menakut2i (mengingatkan) masyarakat akan bahaya di lalu lintas.... otomatis demand masyarakat mengikuti waktu ...
siapa bilang gimmick? data 2012 di indonesia itu tiap jam 3 orang meninggal koq di lalu lintas di hitung setaun 26k orang meninggal, korban 9/11 aja kalah telak ... yah itu tadi kesadaran sangat kurang...coba cari data diluar imho dengan kesadaran berkendara yang tinggi dan permintaan fitur safety ( 2 keuntungan dari campur tangan pemerintah) data kematiannya jauh dibawah negara kita.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
@ Om Vanz:
Saya kurang setuju kalau fitur keselamatan merupakan gimmick marketing saja selama blm ada wadah hukum.
Mari berandai-andai, misalkan kita jadi pemimpin projek bangunan bertingkat. Nah untuk keamanan, para pekerja logisnya diberi perangkat keselamatan seperti helm, tali pengaman, dll. Apakah kita sebagai pemimpin berani atau tega melihat pekerja bekerja tanpa perangkat keselamatan? Apakah kita mesti menunggu peraturan pemerintah dulu baru mewajibkan semua pekerja memakai perangkat keselamatan? Atau kita jadi pekerjanya, apakah kita lebih memilih memakai perangkat keselamatan atau tidak setelah kita tahu bahaya kejatuhan barang dr atas atau kita terjatuh dr bangunan tinggi?
Ilustrasi pemimpin proyek menggambarkan produsen mobil dan pekerja mewakili konsumen.
Saya kurang setuju kalau fitur keselamatan merupakan gimmick marketing saja selama blm ada wadah hukum.
Mari berandai-andai, misalkan kita jadi pemimpin projek bangunan bertingkat. Nah untuk keamanan, para pekerja logisnya diberi perangkat keselamatan seperti helm, tali pengaman, dll. Apakah kita sebagai pemimpin berani atau tega melihat pekerja bekerja tanpa perangkat keselamatan? Apakah kita mesti menunggu peraturan pemerintah dulu baru mewajibkan semua pekerja memakai perangkat keselamatan? Atau kita jadi pekerjanya, apakah kita lebih memilih memakai perangkat keselamatan atau tidak setelah kita tahu bahaya kejatuhan barang dr atas atau kita terjatuh dr bangunan tinggi?
Ilustrasi pemimpin proyek menggambarkan produsen mobil dan pekerja mewakili konsumen.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
Simpel nya begini:
Selama tidak melanggar larangan hukum, berarti sesuai dengan regulasi / hukum yang berlaku di sini.
Pemasangan fitur fitur keamanan yang lebih advance, IMHO tidak melanggar larangan hukum, karena memang belum diatur. Karena belum diatur, maka celah ini bisa dimanfaatkan pabrikan untuk menawarkan sesuatu yang lebih, yang dulu belum pernah ditawarkan, sekaligus sebagai penarik jualan, bagi yang memang butuh dan (mungkin) sudah merasakan manfaatnya, atau pingin naik kasta merasakan kendaraan yang lebih advance.
Tidak ada yang melarang dan mencegah kan? Kan itu duid duid kita sendiri juga.
Yang berada pada pihak berseberangan, belum tentu berarti belum sadar keselamatan, bukan?
Bagi yang ngga butuh, atau takut keluar biaya super besar akibat...misalnya... secara ngga sengaja mobil mencelat nyundul mobil di depan akibat salah ngopling, sehingga yang semula mungkin cukup kita tanggung jawab betulin bemper mobil orang ama bemper kita, yang mungkin habis satu juta, katakanlah, malah membengkak berjuta juta lebih karena kudu ganti airbag satu set lengkap, ya silakan silakan aja ngga usah beli. Ini bukan berandai andai hampa, tapi satu kejadian sepele yang kerap terjadi di sekitar kita. Saya nda pakai pengamtsalan yang muluk muluk kok.
Untuk ilustrasi pekerja bangunan, monggo diliat juga, masih banyak juga kan yang hanya mengandalkan bamboo bamboo buat pekerja nya bikin bangunan, plus modal sandal jepit dan topi penghalau terik saja.
Betul itu pengamtsalan nya om. Ada yang peduli, ada yang alakadarnya, ada yang butuh, ada yang secukupnya.
Karena itu, berhubung ini juga forum, maka isi kepala juga berbeda beda, berbeda beda kebutuhan juga. Tidak bisa di satu pihak, karena mayoritas pro kepada bahasan A, maka minoritas lantas harus pro juga pada A, padahal kondisi mereka berada pada posisi B, bukan?
Perbedaan itulah yang bisa membuat kita melihat keadaan yang sedang terjadi sekarang, dan dalam kehidupan nyata, akan bisa kita lihat, berapa banyak yang pro kepada A dan B? Karena dunia nyata juga tidak selebar dunia maya, tentunya..

Selama tidak melanggar larangan hukum, berarti sesuai dengan regulasi / hukum yang berlaku di sini.
Pemasangan fitur fitur keamanan yang lebih advance, IMHO tidak melanggar larangan hukum, karena memang belum diatur. Karena belum diatur, maka celah ini bisa dimanfaatkan pabrikan untuk menawarkan sesuatu yang lebih, yang dulu belum pernah ditawarkan, sekaligus sebagai penarik jualan, bagi yang memang butuh dan (mungkin) sudah merasakan manfaatnya, atau pingin naik kasta merasakan kendaraan yang lebih advance.
Tidak ada yang melarang dan mencegah kan? Kan itu duid duid kita sendiri juga.
Yang berada pada pihak berseberangan, belum tentu berarti belum sadar keselamatan, bukan?
Bagi yang ngga butuh, atau takut keluar biaya super besar akibat...misalnya... secara ngga sengaja mobil mencelat nyundul mobil di depan akibat salah ngopling, sehingga yang semula mungkin cukup kita tanggung jawab betulin bemper mobil orang ama bemper kita, yang mungkin habis satu juta, katakanlah, malah membengkak berjuta juta lebih karena kudu ganti airbag satu set lengkap, ya silakan silakan aja ngga usah beli. Ini bukan berandai andai hampa, tapi satu kejadian sepele yang kerap terjadi di sekitar kita. Saya nda pakai pengamtsalan yang muluk muluk kok.

Untuk ilustrasi pekerja bangunan, monggo diliat juga, masih banyak juga kan yang hanya mengandalkan bamboo bamboo buat pekerja nya bikin bangunan, plus modal sandal jepit dan topi penghalau terik saja.
Betul itu pengamtsalan nya om. Ada yang peduli, ada yang alakadarnya, ada yang butuh, ada yang secukupnya.
Karena itu, berhubung ini juga forum, maka isi kepala juga berbeda beda, berbeda beda kebutuhan juga. Tidak bisa di satu pihak, karena mayoritas pro kepada bahasan A, maka minoritas lantas harus pro juga pada A, padahal kondisi mereka berada pada posisi B, bukan?
Perbedaan itulah yang bisa membuat kita melihat keadaan yang sedang terjadi sekarang, dan dalam kehidupan nyata, akan bisa kita lihat, berapa banyak yang pro kepada A dan B? Karena dunia nyata juga tidak selebar dunia maya, tentunya..

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11939
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
kalo sampeyan mau baca UU lalu lintas yang terbaru dari awal sampe akhir, disitu lengkap jelas peraturan dari pemerintah seperti apa. tapi faktanya, "peraturan dibuat untuk dilanggar".an15wn wrote:Nah, mustinya pemerintah juga memberi batasan yg tegas ttg kualitas pengaman. Gak cuma bilang harus ada, tapi harus bermutu baik. Langkah memberlakukan helm SNI mustinya juga dicontoh utk perlengkapan sabuk pengaman di mobil. Jadi gak ada lagi cerita produk keamanan dgn mutu gak jelas berkeliaran di pasar. Masalah akhirnya gak dipake atau dipake asal2an oleh pengendara, itu urusan lain lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11939
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Seberapa penting fitur keselamatan buat SMers?
ahahahaha..... ciri khas endonesya raya.VanzMatic wrote:Untuk ilustrasi pekerja bangunan, monggo diliat juga, masih banyak juga kan yang hanya mengandalkan bamboo bamboo buat pekerja nya bikin bangunan, plus modal sandal jepit dan topi penghalau terik saja