Review Etios Valco 2013
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Review Etios Valco 2013
Permisi sepuh dan senior SM, kebetulan kerjaan kantor lagi agak longgar jadi ane mau coba review lagi. Beberapa hari lalu ditawari sama temen untuk test drive Agya. Ane ga gitu tertarik dan coba untuk ajukan New Vios aja tapi unit test drive ga ada. Alternatif lain Etios, so ane pilih Etios ajah. Itung2 compare dengan Splash juga. Oya, rute test drivenya adalah daerah SCBD
============================================================
Prolog
Sebenernya small hatch ini sudah lama dirilis di India, tepatnya pertengahan tahun 2011 silam. Diperkenalkan dalam 2 versi yaitu sedan (Etios) dan hatchback (Liva). Di India, Liva bersaing dengan Polo, Micra, i10 dan Maruti Ritz untuk kelas city car. Setelah tahun 2012 launching di Brasil, awal 2013 ini, Etios resmi dirilis oleh TAM untuk mengisi kelas small hatch. Konon kabarnya, launching Etios agak tergesa-gesa karena antisipasi penginden Agya (dan Ayla) yang sudah terlanjur bete karena mobil (tidak) murah tersebut tak kunjung keluar. Nama Etios sendiri berasal dari bahasa Yunani "Ethos" yang berarti semangat, karakter dan penuh ide (??) sementara untuk pasar Indonesia ditambahkan embel2 Valco yang katanya sih bermakna burung Falcon yang terbang tinggi diangkasa, atau ada juga yang menyebut Value & Economis. Di Indonesia, Etios harus bertarung dengan March, Mirage, Picanto dan Splash untuk hatchback 1200cc. Oya yang ane test adalah Etios Valco tipe E, yang menurut primbon brosur masuk ke trim tengah.
Satu hal yang jadi menarik soal Etios ini adalah mesinnya, yang saat ini dipasangkan ke ALL NEW YARIS (baru launch kemaren di Thailand). Memang sih sedikit berbeda karena New Yaris sudah teraplikasi dual vvt-i dan super CVT girboks, but still, ane merasa sedikit hilite soal performa New Yaris bisa dirasakan dengan test drive Etios ini. Oke, langsung aja ini impresi ane soal Etios:
Ada yang menarik dari eksteriornya?
Hmm.. gimana ya. Ane agak bingung dengan eksteriornya. Coba kita mulai dari depan aja. Menurut ane yang nubie nan sotoy ini, tampang depan Etios serba nanggung. Dibilang sporti, ga juga. Dibilang elegan, ga juga. Dikata retro koq ya ga juga. Dibilang feminim, ya ga terlalu. Grillnya imho hampir mirip Vios gen2 versi terakhir minus krom2an. Ane pribadi sih ngeliatnya sepintas koq mirip Starlet ya. Ah mungkin aja TAM mau menghidupkan nostalgia konsumen Indonesia akan mobil kecil nan handalnya itu dulu. Mungkin aja. Overall, desain depan khas Toyota. Aman dan ga aneh2 meski rada ga jelas maksudnya. Beralih kebelakang ane yang sotoy ini malah tambah bingung. Ini mau desainernya apa ya? Koq meleyot-meleyot begitu sih desainnya. Ane berpikir desainernya sedang flu berat. Eh tapi dari jauh mirip sama VW Polo lho. Dari jauh tapinya. Yah setidaknya Toyota berani agak out of the box lah disini. Rada nyeleneh which is good for me (for the desain sake) Beralih ke samping, ga ada yang istimewa. Tarikan desainnya rapi dan aman-aman saja. Terlihat sebagai proper hatchback dari sisi ini. Coba intip bannya, make Dunlop dengan ukuran ban 185/60/15. Velgnya ane suka karena terkesan sporti. Oya pembeda dengan varian tertinggi (tipe G) adalah tidak disertakannya bodi kit dan vog lamp. Secara umum, tampilan luarnya ga masuk ke selera ane.
Biar ga terlalu aneh gimana caranya?
Kalo ambil tipe E, pasang bodi kit dan fog lamp bisa sedikit membantu. Ambil warna yang ga umum biar makin aneh sekalian. Biru misalnya.
Akomodasi dan fiturnya gimana om?
Ane coba masup kedalem...WOWWWW LEGA BENER. Ini hatchback 1200 paling lega yang pernah ane naikin. Dibanding March ane rasa Etios sedikit lebih unggul dan jauhhhhhhhh jika di compare dengan Splash. Leg room depan nyaman, leg room belakang lega. Komen temen ane sih kemungkinan karena desain dashboard yang pendek sehingga memberi ruang lebih buat penumpang. Head room juga lega. Untuk ane yang tinggi 173 masih terasa lega padahal kalo dari luar terlihat mobil ini "pendek", rupanya bisa roamy juga ya. Toyota juga ga pelit untuk urusan penyimpanan. Cup holder ada dimana2, laci penyimpanan juga tersedia. Dibanding March dan Splash (dan mungkin semua hatchback 1200), Etios menang telak masalah akomodasi. Ane pernah baca (lupa dimana, mohon dikoreksi) kalo Etios ini memakai platform yang sama dengan Yaris so wajar kalo akomodasinya sangat baik untuk ukuran mobil kutu begini.
Beralih ke fitur, lirik sana sini, liat apa yang menarik. Eh koq ga ada yang bisa diutak atik ya. Ane langsung ilfil sama mobil ini. Harusnya TAM tau kalo daya tarik utama jualan mobil di Indonesia adalah fiturnya. Bahkan head unitnya pun tidak ada koneksi AUX dan USB! (CMIIW). Tombol sentral lockpun tidak ada meski kalo mau ngunci semua pintu ya tetep bisa (mirip sama proses di Xenia kalo ga salah inget). Lirik ke stir ada tulisan SRS Airbags. Nahhh ini kali fitur yang sedikit bisa mengobati kekecewaan kalo2 ada yang tertarik beli Valco.
Yang menarik dari interiornya?
Tuh tuas perseneling. Sporty sekaliiii...
Bagaimana build quality dan fit finishing interiornya?
Kalo fitur dirasa sudah menyedihkan, coba temen2 liat build quality dan finishing materialnya. Masya Allah, ini PARAH BENER. Hey TAM, ini mobil harga OTRnya 150 juta kurang dikit lho. Mosok sih bikin yang rapi dan oke sedikit aja ga bisa. Kalo March sudah dirasa jelek, coba deh liat mobil ini. Jauhhh kalo dibanding sama Picanto, Mirage dan Splash. Sudah plastik keras, kasar, door trim full plastik, warna hitam semua pula. Lengkap sudah. Temen ane bilang "ini interior horor bener ya". Ah ya, itu panel speedometer juga sebelas dua belas parahnya. Nanti deh ane ceritain perihal speedometer ini saat test drive. Overall kualitas interiornya PARAH. Titik.
Performa
Some numbers. 3NR FE 1200 cc 4 silinder 80PS 104 NM @3100 RPM. Mirip2 dengan Splash dan March. Apa yang menarik pikir ane. Coba masuk ke dalam kabin kemudian duduk. Eh nyaman banget. Meski ga terlalu mantap dan rada tepos busanya, tapi empukk banget bangkunya Hidupkan mesin, suara masuk ke kabin, tapi masih taraf nyaman. Pasang seat belt masuk gigi R. Ada bunyi "tit". Hmmm ada sensor parking kayaknya. Pedal kopling enteng juga. Bentuk stir mantap dan nyaman digenggam. Keluar parkiran Sequislife yang rada menanjak untuk bayar parkir sebentar.
Setelah bayar, langsung gas. Lho koq mundur dikit. Kudu injek gas agak dalam rupanya kalo tanjakannya curam. Mesin rada meraung. Sementara itu sang sales berkicau tentang pentingnya 4 silinder apabila kita memilih mobil. Eh perasaan dulu make 3 silinder nanjak curam ga gini2 amat. Keluar parkiran depan Ducati masuk ke tunnel untuk menguji performanya. Nubie bejek aja dalem2 itung2 italian tune up. Wow napasnya panjang juga ya. Mesin meraung panjang ane oper ke gigi 2 kemudian gigi 3. Wihh keren nih mobil... kecepatan piro yo? Eh koq gelap? Berapa KPJ iki? Hehehe.. Jujur ane ga terlalu aneh dengan desain center fascia begini karena lumayan sering bawa Yasir. Tapi di Yasir, andai lampu utama tidak dihidupkan, kondisi siang hari masih terlihat jelas itu speedo. Lah ini koq ga kethok blassss. Apa karena letaknya yang menjorok kedalam dan tertutup sehingga kalo berlawan arah matahari jadi gelap? Ntah lah.
Masih dalam terowongan, coba manuver-manuver tajam kayak anak alay. Ehhh enak juga. Feelnya tidak serigid Splash, tapi masih diatas March. Zig zag make mobil ini ga bikin muntah rupanya. Feedbacknya juga bagus, jauh lebih bagus dari March. Cobain deh Keluar terowongan ane ambil jalur kanan agar tetap di dalam SCBD. Coba nikung tajam dan berpikir akan terlempar2, rupanya masih oke. Body roll tetep terasa tapi masih acceptable. Coba lagi ah ditikungan depan JAK TV. Wussss... Enak juga. Bentuk stir yang oke, feedbacknya yang mantap dan kopling yang enteng bikin sedikit lupa soal interiornya yang busuk ini. Kedepan cuci mobil situ rada macet sedikit. Maklum jam makan siang. Kopling dan stirnya membuat perjalanan tetep nyaman. Coba ah sekali lagi masup ke tunnel. Rasanya sama seperti tadi. Ane terlalu underestimate sama performa mobil ini. Pantes tumben2an TAM berani bikin tag "Lets Drive" untuk brosur promosinya.
Abis puter2 ane coba deh parkir sebentar. Tukeran sama temen ane biar dia yang nyupir. Ane duduk dibelakang. Wuih lega bener. Enakkkkk lho buat selonjoran. Jok juga empuk (walau tetep tepos). Seinget ane, March tidak selega ini dan Splash adalah yang terburuk. Oya lupa, bantingannya juga enak lho. Belom senyaman March, tapi jauh lebih empuk dari Splash. Mungkin tengah2 kali ya. Sementara itu, sang sales masih sibuk berkicau tentang pentingnya 4 silinder alih-alih 3 silinder.......
Verdict
Andai Etios harga OTRnya lebih kompetitif dengan fitur dan kualitas lebih baik, nubie dengan segala kerendahan hati dan kesotoyan ini sangat MEREKOMENDASIKAN mobil ini. Tapi semua yang asik soal mobil ini buyar karena harga retailnya yang tinggi sementara kelebihan lain yang kita dapet cuma akomodasi thok.
CMIIW
IMHO
============================================================
Prolog
Sebenernya small hatch ini sudah lama dirilis di India, tepatnya pertengahan tahun 2011 silam. Diperkenalkan dalam 2 versi yaitu sedan (Etios) dan hatchback (Liva). Di India, Liva bersaing dengan Polo, Micra, i10 dan Maruti Ritz untuk kelas city car. Setelah tahun 2012 launching di Brasil, awal 2013 ini, Etios resmi dirilis oleh TAM untuk mengisi kelas small hatch. Konon kabarnya, launching Etios agak tergesa-gesa karena antisipasi penginden Agya (dan Ayla) yang sudah terlanjur bete karena mobil (tidak) murah tersebut tak kunjung keluar. Nama Etios sendiri berasal dari bahasa Yunani "Ethos" yang berarti semangat, karakter dan penuh ide (??) sementara untuk pasar Indonesia ditambahkan embel2 Valco yang katanya sih bermakna burung Falcon yang terbang tinggi diangkasa, atau ada juga yang menyebut Value & Economis. Di Indonesia, Etios harus bertarung dengan March, Mirage, Picanto dan Splash untuk hatchback 1200cc. Oya yang ane test adalah Etios Valco tipe E, yang menurut primbon brosur masuk ke trim tengah.
Satu hal yang jadi menarik soal Etios ini adalah mesinnya, yang saat ini dipasangkan ke ALL NEW YARIS (baru launch kemaren di Thailand). Memang sih sedikit berbeda karena New Yaris sudah teraplikasi dual vvt-i dan super CVT girboks, but still, ane merasa sedikit hilite soal performa New Yaris bisa dirasakan dengan test drive Etios ini. Oke, langsung aja ini impresi ane soal Etios:
Ada yang menarik dari eksteriornya?
Hmm.. gimana ya. Ane agak bingung dengan eksteriornya. Coba kita mulai dari depan aja. Menurut ane yang nubie nan sotoy ini, tampang depan Etios serba nanggung. Dibilang sporti, ga juga. Dibilang elegan, ga juga. Dikata retro koq ya ga juga. Dibilang feminim, ya ga terlalu. Grillnya imho hampir mirip Vios gen2 versi terakhir minus krom2an. Ane pribadi sih ngeliatnya sepintas koq mirip Starlet ya. Ah mungkin aja TAM mau menghidupkan nostalgia konsumen Indonesia akan mobil kecil nan handalnya itu dulu. Mungkin aja. Overall, desain depan khas Toyota. Aman dan ga aneh2 meski rada ga jelas maksudnya. Beralih kebelakang ane yang sotoy ini malah tambah bingung. Ini mau desainernya apa ya? Koq meleyot-meleyot begitu sih desainnya. Ane berpikir desainernya sedang flu berat. Eh tapi dari jauh mirip sama VW Polo lho. Dari jauh tapinya. Yah setidaknya Toyota berani agak out of the box lah disini. Rada nyeleneh which is good for me (for the desain sake) Beralih ke samping, ga ada yang istimewa. Tarikan desainnya rapi dan aman-aman saja. Terlihat sebagai proper hatchback dari sisi ini. Coba intip bannya, make Dunlop dengan ukuran ban 185/60/15. Velgnya ane suka karena terkesan sporti. Oya pembeda dengan varian tertinggi (tipe G) adalah tidak disertakannya bodi kit dan vog lamp. Secara umum, tampilan luarnya ga masuk ke selera ane.
Biar ga terlalu aneh gimana caranya?
Kalo ambil tipe E, pasang bodi kit dan fog lamp bisa sedikit membantu. Ambil warna yang ga umum biar makin aneh sekalian. Biru misalnya.
Akomodasi dan fiturnya gimana om?
Ane coba masup kedalem...WOWWWW LEGA BENER. Ini hatchback 1200 paling lega yang pernah ane naikin. Dibanding March ane rasa Etios sedikit lebih unggul dan jauhhhhhhhh jika di compare dengan Splash. Leg room depan nyaman, leg room belakang lega. Komen temen ane sih kemungkinan karena desain dashboard yang pendek sehingga memberi ruang lebih buat penumpang. Head room juga lega. Untuk ane yang tinggi 173 masih terasa lega padahal kalo dari luar terlihat mobil ini "pendek", rupanya bisa roamy juga ya. Toyota juga ga pelit untuk urusan penyimpanan. Cup holder ada dimana2, laci penyimpanan juga tersedia. Dibanding March dan Splash (dan mungkin semua hatchback 1200), Etios menang telak masalah akomodasi. Ane pernah baca (lupa dimana, mohon dikoreksi) kalo Etios ini memakai platform yang sama dengan Yaris so wajar kalo akomodasinya sangat baik untuk ukuran mobil kutu begini.
Beralih ke fitur, lirik sana sini, liat apa yang menarik. Eh koq ga ada yang bisa diutak atik ya. Ane langsung ilfil sama mobil ini. Harusnya TAM tau kalo daya tarik utama jualan mobil di Indonesia adalah fiturnya. Bahkan head unitnya pun tidak ada koneksi AUX dan USB! (CMIIW). Tombol sentral lockpun tidak ada meski kalo mau ngunci semua pintu ya tetep bisa (mirip sama proses di Xenia kalo ga salah inget). Lirik ke stir ada tulisan SRS Airbags. Nahhh ini kali fitur yang sedikit bisa mengobati kekecewaan kalo2 ada yang tertarik beli Valco.
Yang menarik dari interiornya?
Tuh tuas perseneling. Sporty sekaliiii...
Bagaimana build quality dan fit finishing interiornya?
Kalo fitur dirasa sudah menyedihkan, coba temen2 liat build quality dan finishing materialnya. Masya Allah, ini PARAH BENER. Hey TAM, ini mobil harga OTRnya 150 juta kurang dikit lho. Mosok sih bikin yang rapi dan oke sedikit aja ga bisa. Kalo March sudah dirasa jelek, coba deh liat mobil ini. Jauhhh kalo dibanding sama Picanto, Mirage dan Splash. Sudah plastik keras, kasar, door trim full plastik, warna hitam semua pula. Lengkap sudah. Temen ane bilang "ini interior horor bener ya". Ah ya, itu panel speedometer juga sebelas dua belas parahnya. Nanti deh ane ceritain perihal speedometer ini saat test drive. Overall kualitas interiornya PARAH. Titik.
Performa
Some numbers. 3NR FE 1200 cc 4 silinder 80PS 104 NM @3100 RPM. Mirip2 dengan Splash dan March. Apa yang menarik pikir ane. Coba masuk ke dalam kabin kemudian duduk. Eh nyaman banget. Meski ga terlalu mantap dan rada tepos busanya, tapi empukk banget bangkunya Hidupkan mesin, suara masuk ke kabin, tapi masih taraf nyaman. Pasang seat belt masuk gigi R. Ada bunyi "tit". Hmmm ada sensor parking kayaknya. Pedal kopling enteng juga. Bentuk stir mantap dan nyaman digenggam. Keluar parkiran Sequislife yang rada menanjak untuk bayar parkir sebentar.
Setelah bayar, langsung gas. Lho koq mundur dikit. Kudu injek gas agak dalam rupanya kalo tanjakannya curam. Mesin rada meraung. Sementara itu sang sales berkicau tentang pentingnya 4 silinder apabila kita memilih mobil. Eh perasaan dulu make 3 silinder nanjak curam ga gini2 amat. Keluar parkiran depan Ducati masuk ke tunnel untuk menguji performanya. Nubie bejek aja dalem2 itung2 italian tune up. Wow napasnya panjang juga ya. Mesin meraung panjang ane oper ke gigi 2 kemudian gigi 3. Wihh keren nih mobil... kecepatan piro yo? Eh koq gelap? Berapa KPJ iki? Hehehe.. Jujur ane ga terlalu aneh dengan desain center fascia begini karena lumayan sering bawa Yasir. Tapi di Yasir, andai lampu utama tidak dihidupkan, kondisi siang hari masih terlihat jelas itu speedo. Lah ini koq ga kethok blassss. Apa karena letaknya yang menjorok kedalam dan tertutup sehingga kalo berlawan arah matahari jadi gelap? Ntah lah.
Masih dalam terowongan, coba manuver-manuver tajam kayak anak alay. Ehhh enak juga. Feelnya tidak serigid Splash, tapi masih diatas March. Zig zag make mobil ini ga bikin muntah rupanya. Feedbacknya juga bagus, jauh lebih bagus dari March. Cobain deh Keluar terowongan ane ambil jalur kanan agar tetap di dalam SCBD. Coba nikung tajam dan berpikir akan terlempar2, rupanya masih oke. Body roll tetep terasa tapi masih acceptable. Coba lagi ah ditikungan depan JAK TV. Wussss... Enak juga. Bentuk stir yang oke, feedbacknya yang mantap dan kopling yang enteng bikin sedikit lupa soal interiornya yang busuk ini. Kedepan cuci mobil situ rada macet sedikit. Maklum jam makan siang. Kopling dan stirnya membuat perjalanan tetep nyaman. Coba ah sekali lagi masup ke tunnel. Rasanya sama seperti tadi. Ane terlalu underestimate sama performa mobil ini. Pantes tumben2an TAM berani bikin tag "Lets Drive" untuk brosur promosinya.
Abis puter2 ane coba deh parkir sebentar. Tukeran sama temen ane biar dia yang nyupir. Ane duduk dibelakang. Wuih lega bener. Enakkkkk lho buat selonjoran. Jok juga empuk (walau tetep tepos). Seinget ane, March tidak selega ini dan Splash adalah yang terburuk. Oya lupa, bantingannya juga enak lho. Belom senyaman March, tapi jauh lebih empuk dari Splash. Mungkin tengah2 kali ya. Sementara itu, sang sales masih sibuk berkicau tentang pentingnya 4 silinder alih-alih 3 silinder.......
Verdict
Andai Etios harga OTRnya lebih kompetitif dengan fitur dan kualitas lebih baik, nubie dengan segala kerendahan hati dan kesotoyan ini sangat MEREKOMENDASIKAN mobil ini. Tapi semua yang asik soal mobil ini buyar karena harga retailnya yang tinggi sementara kelebihan lain yang kita dapet cuma akomodasi thok.
CMIIW
IMHO
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 300
- Joined: Tue May 03, 2011 3:14
Re: Review Etios Valco 2013
Pertamax diamanken
Nice review om
Nice review om
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 223
- Joined: Fri Jun 08, 2012 4:22
- Location: South Jakarta
Re: Review Etios Valco 2013
Mantep reviewnya,
Buat ane, yg nggak sreg dari etios selain desainnya, itu tuh lubang blower ac yg posisinya menurut ane aneh bener. Selain itu panel spidometernya terkesan murahan banget, nggak enak dilihat.
Buat ane, yg nggak sreg dari etios selain desainnya, itu tuh lubang blower ac yg posisinya menurut ane aneh bener. Selain itu panel spidometernya terkesan murahan banget, nggak enak dilihat.
-
- SM Specialist
- Posts: 15625
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Etios Valco 2013
etios valco... hmm.. banyak yg aneh di mobil ini :
1. mesin ga dikasih vvt-i.... masa mobil taun 2013 teknologinya kaya.... kijang EFI
2. transmisi otomatis.... ane masih ga ngeh sama pabrikan yang ga ngasih opsi matik di mobilnya... udah tau di kota besar indonesia macet... kenapa ga kasih opsi matik? mobil2 yang ga ada opsi matiknya sekarang di kota besar jarang dilirik.... bahkan skrg avanza/xenia pun rasanya kalo ngeliat populasi yg matik cukup banyak juga...
3. kelasnya nanggung... di bawahnya ada agya, di atasnya ada yaris... terus mobil ini masuk kelas yang mana ini sama rancunya kaya suzuki karimun-splash-swift....
feel nyetirnya kayanya sih kalo toyota masih mendingan daripada nissan....
1. mesin ga dikasih vvt-i.... masa mobil taun 2013 teknologinya kaya.... kijang EFI
2. transmisi otomatis.... ane masih ga ngeh sama pabrikan yang ga ngasih opsi matik di mobilnya... udah tau di kota besar indonesia macet... kenapa ga kasih opsi matik? mobil2 yang ga ada opsi matiknya sekarang di kota besar jarang dilirik.... bahkan skrg avanza/xenia pun rasanya kalo ngeliat populasi yg matik cukup banyak juga...
3. kelasnya nanggung... di bawahnya ada agya, di atasnya ada yaris... terus mobil ini masuk kelas yang mana ini sama rancunya kaya suzuki karimun-splash-swift....
feel nyetirnya kayanya sih kalo toyota masih mendingan daripada nissan....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Review Etios Valco 2013
@omsafety & om indrasir
Makasi om. Itu sekilas pengalaman ajah. Hasil mungkin berbeda kalo supirnya beda
2. Biasalah India. Negaranya ga demen matic. Konon sampe taun depan-pun ga akan ada maticnya. Apa akan di bunuh ya since Yasir ada kemungkinan make 1200cc?
3. Kelas nanggung, harga nanggung. Coba set harga 135 terbawah dan 150 juta tertinggi (exclude cashback). Mungkin akan sedikit kompetitif.
Oya diskon maksimal 15 juta untuk all varian. Yang tipe J udah discontinue. Diupgrade jadi JE (atau JX ya?) dengan penambahan printilan yang ane ga perhatiin banget :D
Makasi om. Itu sekilas pengalaman ajah. Hasil mungkin berbeda kalo supirnya beda
1. Iya betul. Aneh juga toyota iniChZ wrote:etios valco... hmm.. banyak yg aneh di mobil ini :
1. mesin ga dikasih vvt-i.... masa mobil taun 2013 teknologinya kaya.... kijang EFI
2. transmisi otomatis.... ane masih ga ngeh sama pabrikan yang ga ngasih opsi matik di mobilnya... udah tau di kota besar indonesia macet... kenapa ga kasih opsi matik? mobil2 yang ga ada opsi matiknya sekarang di kota besar jarang dilirik.... bahkan skrg avanza/xenia pun rasanya kalo ngeliat populasi yg matik cukup banyak juga...
3. kelasnya nanggung... di bawahnya ada agya, di atasnya ada yaris... terus mobil ini masuk kelas yang mana ini sama rancunya kaya suzuki karimun-splash-swift....
feel nyetirnya kayanya sih kalo toyota masih mendingan daripada nissan....
2. Biasalah India. Negaranya ga demen matic. Konon sampe taun depan-pun ga akan ada maticnya. Apa akan di bunuh ya since Yasir ada kemungkinan make 1200cc?
3. Kelas nanggung, harga nanggung. Coba set harga 135 terbawah dan 150 juta tertinggi (exclude cashback). Mungkin akan sedikit kompetitif.
Oya diskon maksimal 15 juta untuk all varian. Yang tipe J udah discontinue. Diupgrade jadi JE (atau JX ya?) dengan penambahan printilan yang ane ga perhatiin banget :D
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Etios Valco 2013
Nice ripiu om mamang. Benar2 menyenangkan membaca ripiu Etios ini...
Memang interiornya horror... tapi yah, bijimane lagi...
Masalahnya, eksterior buruk mungkin ga akan terlalu diperhatikan, karena sebagian besar waktu akan dihabiskan saat mengemudi alias di dalam mobil...
Jd kalo interior kurang atraktif, siap2 aja cepat bosan
*untung setiap kali ane TD, sales ga ada yg berani berkicau... kecuali sales nya nonik2, silahkan berkicau sepuasnya...*
Memang interiornya horror... tapi yah, bijimane lagi...
Masalahnya, eksterior buruk mungkin ga akan terlalu diperhatikan, karena sebagian besar waktu akan dihabiskan saat mengemudi alias di dalam mobil...
Jd kalo interior kurang atraktif, siap2 aja cepat bosan
*untung setiap kali ane TD, sales ga ada yg berani berkicau... kecuali sales nya nonik2, silahkan berkicau sepuasnya...*
Obey the mahakitteh.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Review Etios Valco 2013
Makasi om metketmadcat015 wrote:Nice ripiu om mamang. Benar2 menyenangkan membaca ripiu Etios ini...
Memang interiornya horror... tapi yah, bijimane lagi...
Masalahnya, eksterior buruk mungkin ga akan terlalu diperhatikan, karena sebagian besar waktu akan dihabiskan saat mengemudi alias di dalam mobil...
Jd kalo interior kurang atraktif, siap2 aja cepat bosan
*untung setiap kali ane TD, sales ga ada yg berani berkicau... kecuali sales nya nonik2, silahkan berkicau sepuasnya...*
Iya tuh interiornya bikin bosen. Kualitas suara audionya juga parah bener deh. Ya memang ane ga gitu ngarep muluk2 tapi koq ini parah abis. Udah suaranya cempreng, ga kedengeran pula. Ane sampe kudu besarin volume ke angka 14 biar kedengeran jelas. Di Splash dan March lebih mending.
Ane TD Hando dong om kalo ke SBY
-
- SM Specialist
- Posts: 15625
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Etios Valco 2013
Mamang555 wrote:@omsafety & om indrasir
Makasi om. Itu sekilas pengalaman ajah. Hasil mungkin berbeda kalo supirnya beda
1. Iya betul. Aneh juga toyota iniChZ wrote:etios valco... hmm.. banyak yg aneh di mobil ini :
1. mesin ga dikasih vvt-i.... masa mobil taun 2013 teknologinya kaya.... kijang EFI
2. transmisi otomatis.... ane masih ga ngeh sama pabrikan yang ga ngasih opsi matik di mobilnya... udah tau di kota besar indonesia macet... kenapa ga kasih opsi matik? mobil2 yang ga ada opsi matiknya sekarang di kota besar jarang dilirik.... bahkan skrg avanza/xenia pun rasanya kalo ngeliat populasi yg matik cukup banyak juga...
3. kelasnya nanggung... di bawahnya ada agya, di atasnya ada yaris... terus mobil ini masuk kelas yang mana ini sama rancunya kaya suzuki karimun-splash-swift....
feel nyetirnya kayanya sih kalo toyota masih mendingan daripada nissan....
2. Biasalah India. Negaranya ga demen matic. Konon sampe taun depan-pun ga akan ada maticnya. Apa akan di bunuh ya since Yasir ada kemungkinan make 1200cc?
3. Kelas nanggung, harga nanggung. Coba set harga 135 terbawah dan 150 juta tertinggi (exclude cashback). Mungkin akan sedikit kompetitif.
Oya diskon maksimal 15 juta untuk all varian. Yang tipe J udah discontinue. Diupgrade jadi JE (atau JX ya?) dengan penambahan printilan yang ane ga perhatiin banget :D
bener jg yah mobil2 yang lahir di negara indiahe ga ada matiknya... splash dan R3 dulu awal2 juga ga ada matiknya
feeling ane etios ga lama bakal discontinue... diapit yaris dan agya.... orang mau beli Etios nanggung abis... kalo murah + cari matik jelas udah ada agya.... kalo mau mahal sekalian yaris....
Etios valco yg baru tipe JX oom
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 14, 2013 8:56
Re: Review Etios Valco 2013
pernah masuk kedalam si Valco trim G..bagian yg menarik cuman gear lever plus setir doang ...liat speedometer..alamakkk...itu jarum belom pakai akrilik..persis supra 100 cc ane ..yg diluncurkan taon 1997 ..lebih kerenan agya ayla,yg udah pake akrilik sehingga lebih terang jarumnya
liat bagian pintu..lebih menyedihkan..karet bodi dibagian pintu pun absen..hanya ada secuil di bodi..mengingatkan ane akan mobil kenangan ane..kijang super ..lagi2 karet pintu ini hadir di agya ayla
liat bagian pintu..lebih menyedihkan..karet bodi dibagian pintu pun absen..hanya ada secuil di bodi..mengingatkan ane akan mobil kenangan ane..kijang super ..lagi2 karet pintu ini hadir di agya ayla
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Etios Valco 2013
Nice review om...
Gw pas servis Ipah pernah ditawarin Valco, gw langsung bilang, "Jelek"
Trus emang ga sreg krn ga ad maticnya...
Gw pas servis Ipah pernah ditawarin Valco, gw langsung bilang, "Jelek"
Trus emang ga sreg krn ga ad maticnya...
2021 Fortuner VRZ
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2726
- Joined: Wed Feb 08, 2012 11:57
- Location: Bekasi
- Daily Vehicle: 2013 Honda Vario 125
Re: Review Etios Valco 2013
Akhirnya ada jg yg mau review mobil ini
Thx om mamang
Udh pernah masuk ke interiornya pas ada pameran di mall. Emang lega sih interiornya. Mungkin karena basisnya yaris itu kali ya makanya interior lega
Kalo plastikan interior sih emang sampah
GC tinggi cocok nih buat di indon yg jalanannya kacau balau
Kemaren pas jalan2 ke daerah ciamis-tasikmalaya mayan banyak mobil ini. Kyknya mayan laris di daerah2
Oh iya yg tipe baru tipe JX om mamang. Cuma ada penambahan Power Steering dari tipe J. Gelo masak mobil 135 jt belum PS
Thx om mamang
Udh pernah masuk ke interiornya pas ada pameran di mall. Emang lega sih interiornya. Mungkin karena basisnya yaris itu kali ya makanya interior lega
Kalo plastikan interior sih emang sampah
GC tinggi cocok nih buat di indon yg jalanannya kacau balau
Kemaren pas jalan2 ke daerah ciamis-tasikmalaya mayan banyak mobil ini. Kyknya mayan laris di daerah2
Oh iya yg tipe baru tipe JX om mamang. Cuma ada penambahan Power Steering dari tipe J. Gelo masak mobil 135 jt belum PS
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: Review Etios Valco 2013
Multi quote pegimane sih?
@om chz
Yup cacatnya mobil ini karena memang ga ada matik. Agak ironis sebenernya kalo city car yang habitatnya di dalam kota ga punya matik
@om ocob
Iya parah bener deh om speedonya. Buat ane ga gitu nyaman ngeliatnya dan terkesan murahan.
@om felixz_yaris
Konsumsi BBM ane kurang faham om. Ga ada mid soalnya. Rasanya sih ga jauh2 dari small hatch 1200cc yang lain deh. Dalkot 9-10 KPL, Lukot 15-18 KPL. CMIIW
@om ricz
Iya masbro mending test drive New Vios aja atau New kemri sekalian
@om jambangan
Makasih ya om koreksinya Tetep aja buat ane mobil ini kemahalan. Brio, Splash dan Mirage aja sih yang menurut ane harganya masuk akal dengan fitur yang cukup oke
@om chz
Yup cacatnya mobil ini karena memang ga ada matik. Agak ironis sebenernya kalo city car yang habitatnya di dalam kota ga punya matik
@om ocob
Iya parah bener deh om speedonya. Buat ane ga gitu nyaman ngeliatnya dan terkesan murahan.
@om felixz_yaris
Konsumsi BBM ane kurang faham om. Ga ada mid soalnya. Rasanya sih ga jauh2 dari small hatch 1200cc yang lain deh. Dalkot 9-10 KPL, Lukot 15-18 KPL. CMIIW
@om ricz
Iya masbro mending test drive New Vios aja atau New kemri sekalian
@om jambangan
Makasih ya om koreksinya Tetep aja buat ane mobil ini kemahalan. Brio, Splash dan Mirage aja sih yang menurut ane harganya masuk akal dengan fitur yang cukup oke
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Etios Valco 2013
Ane pernah masuk, pegang2 tapi gak menyalakan mesin dan mengemudi.
Jadi gak berani review.
Nice review, Om
Jadi gak berani review.
Nice review, Om
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Etios Valco 2013
Jambangan wrote:Akhirnya ada jg yg mau review mobil ini
Thx om mamang
Udh pernah masuk ke interiornya pas ada pameran di mall. Emang lega sih interiornya. Mungkin karena basisnya yaris itu kali ya makanya interior lega
Kalo plastikan interior sih emang sampah
GC tinggi cocok nih buat di indon yg jalanannya kacau balau
Kemaren pas jalan2 ke daerah ciamis-tasikmalaya mayan banyak mobil ini. Kyknya mayan laris di daerah2
Oh iya yg tipe baru tipe JX om mamang. Cuma ada penambahan Power Steering dari tipe J. Gelo masak mobil 135 jt belum PS
Miras GLX 139 juta dah ada climate control loh...
2021 Fortuner VRZ
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Etios Valco 2013
Plastik mobil ini emang... Horror...
Desain? Apalagi...
Pokoknya, ini mobil bener2 jadi bahan celaan ane tiap liat ini melintas...
Desain? Apalagi...
Pokoknya, ini mobil bener2 jadi bahan celaan ane tiap liat ini melintas...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Etios Valco 2013
Mungkin yang bikin ini mobil laris di daerah, karna lega, merk besar Toyota, & orang daerah belom biasa pake matic...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 335
- Joined: Sun Jun 30, 2013 7:00
- Location: Sin City
Re: Review Etios Valco 2013
nice review om meskipun ga pernah sreg sama etios valco tapi review nya cukup menarik
ane setuju dengan pendapat TS, design emang keliatan kyk starlet cuma versi barunya, interior emang parah banget kualitas cuma kelebihannya lebih lapang aja
ane setuju dengan pendapat TS, design emang keliatan kyk starlet cuma versi barunya, interior emang parah banget kualitas cuma kelebihannya lebih lapang aja
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 343
- Joined: Sat Sep 21, 2013 1:31
Re: Review Etios Valco 2013
nice review om
emg eksterior ne mobil diluar selera ane maupun keluarga,makanya kemaren di coret dari list kandidat
emg eksterior ne mobil diluar selera ane maupun keluarga,makanya kemaren di coret dari list kandidat