Hands on review Proton Suprima Turbo
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Hands on review Proton Suprima Turbo
First of all
Namanya juga hands on review......cuman test drive singkat.....jadi reportnya juga cuman secuil........jangan protess yee......xixixixixixi
Interior :
Bagi kita yg terbiasa bawa mobil Jepun, fitur2 di kabin Suprima ini terkesan lebih spt mobil Eropa, dimana tuas sen di kiri, pengatur rebahan back rest bangku benar2 di pangkal back rest bawah
Menurut ane disain dashbor-nya agak "classic" yah......tapi yg bikin aneh adanya panel silver yg motif sisik sisik spt Carbon panel tapi ini warnanya silver semua.......menurut ane adanya panel ini membuat interior jadi terkesan "murahan".........wakakakkaka
Dashboard bagian atas sudah menggunakan bahan "kenyal".....ane bilang lebih tepat disebut kenyal dan bukan empuk, tapi at least gak pake plastik keras lah
Bangku belakang cukup lumayan, back rest cukup nyaman, nggak kelewat tegak, ada headrest, ruang kaki juga mayan lah walau nggak gede2 amat.
Setir :
Setirnya Suprima boleh dibilang enggak ringan utk ukuran mobil masa kini.....mungkin bagi banyak orang akan mengatakan setirnya berat........walau ane pribadi sih lebih suka mobil yg setirnya mantap & nggak enteng
Bagusnya Suprima masih pakai PS Hidrolik
Turning circle cukup ringkas / ga butuh space banyak
hanya saja selama pengendaraan ane merasa sesekali setir ada terasa sedikit kurang linear saat dibelokkan.
Mesin :
Turbo lag boleh dibilang sgt minim.........saat awal gas diinjak mesin lgs merespons (zona RPM dr idle ke 2000)......Thx to Borg warner mini turbo with electronic controlled wastegate
Minusnya = suara mesin agak mengaung saat berputar ke RPM menengah, juga terdengar saat deselerasi
Selama pengendaraan, kesan yg ane dapat adalah bahwa mesin 1.6 Turbo ini spt-nya lebih ditujukan utk penggunaan Daily Drive dan economic factor instead of speed / performance......jadi mungkin drpd mrk pakai mesin 2000 cc NA, lebih baik pakai 1,6 Turbo, dgn output sama (140 PS / 205 Nm), BBM lebih hemat serta Torsi gede yg didapat sejak 2000 RPM
Torsi gede @RPM rendah ini memang kerasa
Kinerja akselerasi :
Mobil ini dilengkapi Transmisi CVT by Punch Powertrain - http://www.punchpowertrain.com/
Jika kita masuk di posisi D, saat gas dibejek, begitu RPM masuk zona 3000 - 3800 akselerasi terasa spt tertahan / naiknya lambat.......padahal dari posisi diam ke 2500 an RPM terasa cukup gesit........
Jadi kalau mau akselerasi cepat mesti mainkan paddle shift / masuk ke S, barulah RPM melejit ke 6000 dgn cepat.
Spt nya mereka harus memprogram ulang TCU-nya.......supaya kinerja jadi lebih optimal.......
Kinerja suspensi :
Berhubung selama sesi TD jalanan banyakkan macet, jadi ga bisa menilai gimana kinerjanya
Hanya saja saat dari arah Simprug menuju arteri PI, ada jalanan menikung ke kiri di samping FlyOver, ane bejek di situ dan Suprima menikung dengan mantap.......abis itu depannya dah macet lageeeee
Saat lewat jalan jelek belum ane test
Rem :
Rem sudah 4 wheel disc brake + segala assisting device spt ABS / EBD / BA
tapi yg ane rasakan : jarak main pedal rem-nya cukup panjang / dalam
Overall kinerja rem sih yah cukup lah, nggak kurang & nggak lebih
Odo mobil yg ane test juga dah 1744 Km, means rem dah fully break in
Booster rem made by TRW
Bagasi :
Bagasi cukup lega utk mobil kelas hatchback compact
Kesimpulan :
Terlepas dari faktor mereknya, kalo mobil ini diskonnya gede sih spt nya akan menarik, karena compact hatchback bermesin turbo 1600 cc (Power setara 2000 cc NA) + Full feature dgn asking price under 280 jt
Kalo aja after diskon jadi under 250 jt sih mestinya jadi menarik, selisih diskon menjadi biaya utk perbaikan kekurangan2 mobil ini, spt perbaikan exhaust misalnya (krn downpipe-nya nekuk spt angka 2)
mesin Gasoline Turbo cc kecil - menengah, bagi saya pribadi menjadi plus point tersendiri, karena Torsi gede dari RPM rendah (Diesel like Torque character) yg gak bisa didapat di Gasoline NA cc kecil - menengah.
Hanya saja faktor merek........ini yg bikin berat
Demikian hands on review
(Btw utk gambar2 exterior & interior bisa di google aja, ada banyak sekali)
Namanya juga hands on review......cuman test drive singkat.....jadi reportnya juga cuman secuil........jangan protess yee......xixixixixixi
Interior :
Bagi kita yg terbiasa bawa mobil Jepun, fitur2 di kabin Suprima ini terkesan lebih spt mobil Eropa, dimana tuas sen di kiri, pengatur rebahan back rest bangku benar2 di pangkal back rest bawah
Menurut ane disain dashbor-nya agak "classic" yah......tapi yg bikin aneh adanya panel silver yg motif sisik sisik spt Carbon panel tapi ini warnanya silver semua.......menurut ane adanya panel ini membuat interior jadi terkesan "murahan".........wakakakkaka
Dashboard bagian atas sudah menggunakan bahan "kenyal".....ane bilang lebih tepat disebut kenyal dan bukan empuk, tapi at least gak pake plastik keras lah
Bangku belakang cukup lumayan, back rest cukup nyaman, nggak kelewat tegak, ada headrest, ruang kaki juga mayan lah walau nggak gede2 amat.
Setir :
Setirnya Suprima boleh dibilang enggak ringan utk ukuran mobil masa kini.....mungkin bagi banyak orang akan mengatakan setirnya berat........walau ane pribadi sih lebih suka mobil yg setirnya mantap & nggak enteng
Bagusnya Suprima masih pakai PS Hidrolik
Turning circle cukup ringkas / ga butuh space banyak
hanya saja selama pengendaraan ane merasa sesekali setir ada terasa sedikit kurang linear saat dibelokkan.
Mesin :
Turbo lag boleh dibilang sgt minim.........saat awal gas diinjak mesin lgs merespons (zona RPM dr idle ke 2000)......Thx to Borg warner mini turbo with electronic controlled wastegate
Minusnya = suara mesin agak mengaung saat berputar ke RPM menengah, juga terdengar saat deselerasi
Selama pengendaraan, kesan yg ane dapat adalah bahwa mesin 1.6 Turbo ini spt-nya lebih ditujukan utk penggunaan Daily Drive dan economic factor instead of speed / performance......jadi mungkin drpd mrk pakai mesin 2000 cc NA, lebih baik pakai 1,6 Turbo, dgn output sama (140 PS / 205 Nm), BBM lebih hemat serta Torsi gede yg didapat sejak 2000 RPM
Torsi gede @RPM rendah ini memang kerasa
Kinerja akselerasi :
Mobil ini dilengkapi Transmisi CVT by Punch Powertrain - http://www.punchpowertrain.com/
Jika kita masuk di posisi D, saat gas dibejek, begitu RPM masuk zona 3000 - 3800 akselerasi terasa spt tertahan / naiknya lambat.......padahal dari posisi diam ke 2500 an RPM terasa cukup gesit........
Jadi kalau mau akselerasi cepat mesti mainkan paddle shift / masuk ke S, barulah RPM melejit ke 6000 dgn cepat.
Spt nya mereka harus memprogram ulang TCU-nya.......supaya kinerja jadi lebih optimal.......
Kinerja suspensi :
Berhubung selama sesi TD jalanan banyakkan macet, jadi ga bisa menilai gimana kinerjanya
Hanya saja saat dari arah Simprug menuju arteri PI, ada jalanan menikung ke kiri di samping FlyOver, ane bejek di situ dan Suprima menikung dengan mantap.......abis itu depannya dah macet lageeeee
Saat lewat jalan jelek belum ane test
Rem :
Rem sudah 4 wheel disc brake + segala assisting device spt ABS / EBD / BA
tapi yg ane rasakan : jarak main pedal rem-nya cukup panjang / dalam
Overall kinerja rem sih yah cukup lah, nggak kurang & nggak lebih
Odo mobil yg ane test juga dah 1744 Km, means rem dah fully break in
Booster rem made by TRW
Bagasi :
Bagasi cukup lega utk mobil kelas hatchback compact
Kesimpulan :
Terlepas dari faktor mereknya, kalo mobil ini diskonnya gede sih spt nya akan menarik, karena compact hatchback bermesin turbo 1600 cc (Power setara 2000 cc NA) + Full feature dgn asking price under 280 jt
Kalo aja after diskon jadi under 250 jt sih mestinya jadi menarik, selisih diskon menjadi biaya utk perbaikan kekurangan2 mobil ini, spt perbaikan exhaust misalnya (krn downpipe-nya nekuk spt angka 2)
mesin Gasoline Turbo cc kecil - menengah, bagi saya pribadi menjadi plus point tersendiri, karena Torsi gede dari RPM rendah (Diesel like Torque character) yg gak bisa didapat di Gasoline NA cc kecil - menengah.
Hanya saja faktor merek........ini yg bikin berat
Demikian hands on review
(Btw utk gambar2 exterior & interior bisa di google aja, ada banyak sekali)
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11055
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
bagian depannnya agak aneh ya....
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Yup.....disain depan dan interior terkesan spt mobil era 2003 - 2004
Tapi ya mobil utk dikendarai....bukan pajangan......heehheheeh
Tapi ya mobil utk dikendarai....bukan pajangan......heehheheeh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 248
- Joined: Wed Oct 30, 2013 4:21
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
nice review om turbo
Bener kata om turbo masalah faktor merk..
ane dulu pengen bgt ambil exora..karna harga ga begitu mahal namun dapat mobil yang spacenya lega menurut saya..
namun karna proton..ya..ane langsung mengurungkan niat
Bener kata om turbo masalah faktor merk..
ane dulu pengen bgt ambil exora..karna harga ga begitu mahal namun dapat mobil yang spacenya lega menurut saya..
namun karna proton..ya..ane langsung mengurungkan niat
"Supermouse Use No Pedals..."
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Gambarnya yang ini ya?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
mantap om turbo... penasaran pingin TD mbl ini juga sih.....Turboman wrote:
Kinerja akselerasi :
Mobil ini dilengkapi Transmisi CVT by Punch Powertrain
Jika kita masuk di posisi D, saat gas dibejek, begitu RPM masuk zona 3000 - 3800 akselerasi terasa spt tertahan / naiknya lambat.......padahal dari posisi diam ke 2500 an RPM terasa cukup gesit........
Jadi kalau mau akselerasi cepat mesti mainkan paddle shift / masuk ke S, barulah RPM melejit ke 6000 dgn cepat.
Spt nya mereka harus memprogram ulang TCU-nya.......supaya kinerja jadi lebih optimal.......
imho klw bicara CVT di mode D, jgn nungguin RPM naik g bakal terjadi selayaknya geared at tujuan awal cvt kan memang rpm dibikin diem hehe
itu juga yg gw rasain saat pertama kli TD mira, nyusul kickdown gaspol rpm naik mendekati peak power.......... lha rpm diem kya ngeden g mau naik lagi, mbl ga lari batal nyusul deh... miranya uda punya pakai lama baru ngerti..waktu ngeden CVT lag tunggu 2s bru deh rpm tetep diem tp mbl bisa ngacir.... liatnya speedometer n butt o meter hehe
klw d paddle shift mestinya uda kya geared AT y?
imho coba suprima ada yg MT dgn basic trim aja dgn harga 200jtan dan memang bwat enthusiast nyari hatcback turbo.
liat d forum my yg ngoprek pke piggy banyak juga.
setuju om.. brand protonnya yg bikin berat.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Billyd1773dz
Billyd1773dz
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
nice review om turbo, menurut ane bagian backnya yg keren..depan agak meksa wkwkwkwkwkwkw...rmengingatkan mobil2 eropa yg kaslik lama (modle old school europe) dan stirnya yg kurang tebel tuh bellnya, hehehe
btw klo menurut om turbo, klo jerohan dan reliable mesin proton sendiri gimana om? secara mereka kan bukan pure yg develop tuh engine heheheh
awesome, udah dapet strut bar
btw klo menurut om turbo, klo jerohan dan reliable mesin proton sendiri gimana om? secara mereka kan bukan pure yg develop tuh engine heheheh
awesome, udah dapet strut bar
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Nah ini ane gak paham dahola_comoesta wrote: btw klo menurut om turbo, klo jerohan dan reliable mesin proton sendiri gimana om? secara mereka kan bukan pure yg develop tuh engine heheheh
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3148
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
kira2 siapa yg berani beli mobil ky gini?
150jt ane ogah bayar mobil tua banget modelny
150jt ane ogah bayar mobil tua banget modelny
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
fenomena baru = Mobil = barang pajangan......walid_007 wrote:kira2 siapa yg berani beli mobil ky gini?
150jt ane ogah bayar mobil tua banget modelny
Mobil yah harus di Test drive...........
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Ripiu yang mantab om Turbo... tfs...
Untuk mesin, ane rada meragukan durabilitas turbochargernya. Apalg dgn setting low rpm sudah menyalak...
Andai mobil ini seharga 230jt an, dan ganti emblem bukan M-Alay, mungkin bs jadi fenomena di Indonesia...
Mungkin lho...
Untuk mesin, ane rada meragukan durabilitas turbochargernya. Apalg dgn setting low rpm sudah menyalak...
Andai mobil ini seharga 230jt an, dan ganti emblem bukan M-Alay, mungkin bs jadi fenomena di Indonesia...
Mungkin lho...
Obey the mahakitteh.
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Hal itu bisa didapat krn Turbo yg dipake ukurannya kecilll.....spool up cepat.......cuman yah RPM tingginya ya jadi biasa2 ajamadcat015 wrote: Untuk mesin, ane rada meragukan durabilitas turbochargernya. Apalg dgn setting low rpm sudah menyalak...
jadi bukan karena "pemaksaan"
Turbonya buatan Borg Warner type KP 39
http://www.turbos-bwauto.de/press/newsA ... spx?id=268
Selama disain jalur oli bagus / EGT masuk dalam range / setting boost dalam range aman, Turbo akan awet
Banyak mobil2 Gasoline Turbo merek Eropa yg Turbo-nya disupply BW.......khan BW Turbo itu dulunya adalah KKK Turbo.....tahu dong ?
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 15628
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
IMHO, suprima ini model hatch nya agak mirip sama subie impreza GRB ane ngerasa agak dejavu liat bentuknya
klonengan subie dari malay
klonengan subie dari malay
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Kalo ga mampu beli subbie, ya beli ini aja, mirip2 lhar...ChZ wrote:IMHO, suprima ini model hatch nya agak mirip sama subie impreza GRB ane ngerasa agak dejavu liat bentuknya
klonengan subie dari malay
BTW, joknya enak ga om turbo? Kata om rubble di forum sebelah, jok mobil ini dibuat oleh recaro lho...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Seperti biasa mod turbo.. Nice repiu..
Ntah apa nasibnya kek Preve apa kagak.
Mungkin kurang lakunya proton di indo gegara sentimen negara
Ntah apa nasibnya kek Preve apa kagak.
Mungkin kurang lakunya proton di indo gegara sentimen negara
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
wah, ane belum pernah dengar KKK turbo om, kalo BW atau IHI turbo seting dengar...
Last edited by madcat015 on Tue Dec 03, 2013 12:02, edited 1 time in total.
Obey the mahakitteh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
Bubuhkan komen dulu, baru baca kemudian ....
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
kalau merk-[cencored] sering denger gak?madcat015 wrote:wah, ane belum pernah dengar KKK turbo om, kalo BW atau IHI turbo seting dengar...
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Hands on review Proton Suprima Turbo
seketika trit berubah menjadi 21+htannis wrote:kalau merk-[cencored] sering denger gak?madcat015 wrote:wah, ane belum pernah dengar KKK turbo om, kalo BW atau IHI turbo seting dengar...
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya