Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
marmut wrote:pilihan pertama adalah "belajar dari bapak", karena pertama kali mengenal mesin sewaktu SD kelas 1, diajarin cara gosok platina yang bener sama bapak. selanjutnya saya centang semua pilihan yang dikasih oom Turboman.
Nah itu dia om.... yang ngga bisa di mobil sekarang.
Anak ane mau ane jadiin [cencored] buat bantuin apa coba?
Buka box filter udara? Ada banyak soket2 elektronik disitu. Kalo soket ada yg patah oleh anak ane, modhiar ane.
Mau buat suru buka busi? Ada printilan kabel juga disitu.
Mau disuru gosok platina, udah elektronik semua.
*sigh..
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
@ VM : paling enak kasih pelajaran teori dan praktek 50:50. jangan kebanyakan teori atau kebanyakan praktek. bisa dimulai dari pengenalan yang gampang2 dulu, trus suruh ngeliatin saat buka busi, buka filter udara, prosesnya begimana. dulu juga saya cuma disuruh "melihat, memperhatikan, dan pelajari" sama bapak.
edit :
kalo mau gosok platina, cabut relay aja. pan relay masi pake platina....
pengalaman kelas 4 sd, ayah punya motor yamaha V80 yang kondisinya masih sangat bagus. waktu itu V80 sudah termasuk motor antik (kalo gk dibilang jadul).
Awalnya penasaran banget sama mesin, kok bisa jalan gitu ada apa di dalamnya?
terus kebetulan waktu itu ayah bongkar2 cylinder head buat bersihin karbon. dari situ penasaran dalamnya gitu kok bisa jalan/berputar?
akhirnya setelah beberapa bulan dan di rumah sepi, berbekal pengalaman melihat cara membongkar n membersihkan head, saya bongkar sendiri head sekalian bloknya (karena penasaran). bongkarnya cuma pake kunci inggris kecil. bongkar sukses (piston masih terpasang di conrod, takut melepas), akhirnya dibersihin semua keraknya pake obeng dan pisau, terakhir pakai lap dan bensin. masalah timbul saat memasang blok. waktu itu piston gk mau masuk, hampir nangis rasanya, akhirnya diteliti, ternyata alur ring piston ada tonjolan kecil buat mencegah ring piston geser. setelah ketemu permasalahannya, baru bisa terpasang (waktu itu masang tanpa dikasih pelumas dahulu). untungnya, paking blok dan head tidak rusak (memang belum kepikiran paking, kebetulan paking menempel di salah satu sisi).
setelah terpasang, coba2 diselah, hidup, puas banget rasanya.
tapi misteri mengapa mesin bisa hidup, belum terjawab karena minimnya referensi. setelah smp baru terjawab setelah bongkar2 buku di perpustakaan mengenai mesin2 otomotif. setelah itu mulai tahu 4tak dan 2 tak, mesin wankel, turbin, dan jet. andai jaman sekarang, langsung googling bisa ketemu jawabnya.
selang beberapa hari, ayah mengeluh kok ada suara2 aneh pas coba naik motor, terus setelah dicek katanya businya longgar, hampir lepas. baru ingat, pas masang busi belum dikencangkan, waktu itu saya diem aja, takut dimarahi. sekarang motor itu telah dijual, sayang sekali, padahal rencana mau saya jadikan collector item,
saya belajarnya dari SM, baca-baca majalah, dan dari teman-teman se-hobby. ya jadi kalau skrg ingin memperdalam ilmu DIY aja sih, jadi kalau untuk urusan-urusan simple gak melulu mesti ke bengkel
artoodetoo wrote:Ini atas2 ane macam medket, wasir, kodok pada merendah semua tapi ninggiin mutu sakjane
Ane ini yg nubi sejati, bisanya cuma buka kap mesin doang
*kaget*
astaga, cuma bisa buka kap mesin doang? nutupnya ga bisa? ckckck terlalu!
artoodetoo wrote:Ini atas2 ane macam medket, wasir, kodok pada merendah semua tapi ninggiin mutu sakjane
Ane ini yg nubi sejati, bisanya cuma buka kap mesin doang
*kaget*
astaga, cuma bisa buka kap mesin doang? nutupnya ga bisa? ckckck terlalu!
ane malah cuma bisa ngisi air radiator, air wiper, cek dan isi air aki kalo kurang, cek oli, cek dan isi minyak rem.
kalo ane pas kelas 3 smp tau dari tabloid motorplus..itu edisi awal2 kalo gak salah digratisin sampe 10 edisi, sejak itu ane jadi kecanduan oprek engine..
engine pertama yang ane oprek suzikui ternoda, mulai dari copot semua lampu, terakhir papas cyl head dan piston trus ane buat kebut2an ama satria temen yang 2 tak juga..hasilnya ane pernah menang satu motor, tapi setelah itu engine overheat dan oli beleleran keluar dari sela2 crankcase..
alhasil ane balikin standar dan dijual ma ortu..untungnya masih laku padahal lampu2nya ane copotin entah pada dimana..
Wong waktu itu kami gak punya yg namanya kendaraan bermotor. Adanya sepeda doank. Jadi kalo baca2 rubrik otomotif di majalah itu jadi seneng. Begitu dibeliin motor ama ibu (smp kls 1), jadi serius belajar. Tujuannya ngirit. Mana yg bisa dilakukan sendiri ya dilakukan. Kebetulan emang dari kecil juga dah suka ngoprek sepeda, jadi pas punya motor gak kagok ngopreknya.
Walaupun ada juga dodolnya. Pernah suatu saat iseng ngetes sistem pengapian make testpen. Ujung kabel diiket di testpen, ujung testpen dipegang. Terus dgn semangat, engkol diputer. Senuuuttt... Listrik ribuan volt mengalir ke tangan itu ternyata amazing...
Sekarang mah nyari infornya dari mana2. Dari internet (SM termasuk di sini, kan?), temen2 klub, majalah/tabloid, dsb...
Wong waktu itu kami gak punya yg namanya kendaraan bermotor. Adanya sepeda doank. Jadi kalo baca2 rubrik otomotif di majalah itu jadi seneng. Begitu dibeliin motor ama ibu (smp kls 1), jadi serius belajar. Tujuannya ngirit. Mana yg bisa dilakukan sendiri ya dilakukan. Kebetulan emang dari kecil juga dah suka ngoprek sepeda, jadi pas punya motor gak kagok ngopreknya.
Walaupun ada juga dodolnya. Pernah suatu saat iseng ngetes sistem pengapian make testpen. Ujung kabel diiket di testpen, ujung testpen dipegang. Terus dgn semangat, engkol diputer. Senuuuttt... Listrik ribuan volt mengalir ke tangan itu ternyata amazing...
Sekarang mah nyari infornya dari mana2. Dari internet (SM termasuk di sini, kan?), temen2 klub, majalah/tabloid, dsb...
really amazing yo mas...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Hooh... Jaman semana... Masih smp, gitu. Belum ngerti itungan besarnya voltase vs nilai resistor yg semestinya terpasang utk menyalakan lampu di testpen...
an15wn wrote:Hooh... Jaman semana... Masih smp, gitu. Belum ngerti itungan besarnya voltase vs nilai resistor yg semestinya terpasang utk menyalakan lampu di testpen...
Bujug bunengng masih setia langganan PS tho mas?
Isine isih ngangeni lho...
Lagi moco cerita cekak mas... sing Doel Peqok
Iki trit opo toh??
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
Tapi asli, ane cukup banyak tahu dasar2 motor bakar dari majalah PS, lho. Sampe2 tahu apa itu katup harmonika di motor 2 tak dari situ. Pas SMA sukses ngganti katup harmonika FR 80 yg sobek. Motor tiba2 ngadat gak idup, padahal pengapian bagus. Akhirnya dgn modal sedikit nekat, bongkar juga lah mesinnya. Gimana gak nekat, itu katup yg harganya (waktu itu) cuma 3000 perak, nggantinya musti ngebelah mesin dulu.
Tapi dgn makin canggihnya mesin2 skrg, malah jadi ngeri sendiri. Terlalu banyak elektroniknya. Takut kalo ada apa2 di jalan repot. Ya semoga aja gak ada apa2.
Beli dan pelihara merk/type yg "katanya" rewel dan ngga reliable (hobby yg keterusan sampai sekarang),
Trus diotak-atik habis, coba dikeluarkan semua penyakit yg umumnya dikatakan orang
Yaahh begitulah, akhirnya jadi mudeng
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking