setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22007
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Intinya ya user hrs paham teknis pengoperasian dan sgt menguasainya scr riil
Gak usah mobil Matic, coba Sepeda aja.........maen sepeda MTB di jalan tanah / berpasir, kalau gak nguasain teknik nge gowesnya juga bisa bahaya tuh.......gak sedikit orang jatuh dr sepeda dan masuk RS dan bahkan ada yg RIP
Yg ini lebih bahaya lagih :
Gak usah mobil Matic, coba Sepeda aja.........maen sepeda MTB di jalan tanah / berpasir, kalau gak nguasain teknik nge gowesnya juga bisa bahaya tuh.......gak sedikit orang jatuh dr sepeda dan masuk RS dan bahkan ada yg RIP
Yg ini lebih bahaya lagih :
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
WOT = Wide Open Throttlemadcat015 wrote:Yang ane bold...doq wrote:Segera bikin thread tandingan: "setujukah jika metket itu dianggap ooters dari tomket?"
#downshiftWOT......................................
WOT : Wooq on Top?
*active matic ke M-1, lepas rem parkir, injak gas rata lantai...*
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2287
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Gawat Kalau Turboman udah OOT (out of Turboman)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
ilhami wrote:Gawat Kalau Turboman udah OOT (out of Turboman)
Sudah bosan idup atas ane ini
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Ane sepakat...madcat015 wrote:Jadi, inti dari trit ini adalah: pengemudi yg menentukan tingkat bahaya suatu transmisi?
Utk yg dah bisa driving/riding, no problemo mau pake yg mana.
Utk yg baru bisa driving/riding ane lebih prefer utk belajar yg manual aja. Alasannya, kalo matik atau puter throtle (utk motor), sekali injek kecepatan bisa naik sampe mentok. Dan itu sangat berbahaya buat yg belum bisa ngendaliin kendaraan. Kalo pelan2 aja belum becus, gimana kalo kendaraannya cepet?
Kalo manual, tanpa mindahin gigi dijamin mobil/motor gak bakalan lari kenceng. So, kecepatan disesuaikan dgn kemampuan. Apalagi kalo ngomongin motor2 CVT yg dipegang anak2 abg bin alay. main geber2 seenaknya tanpa tahu gimana cara ngeberhentiinnya.
Kalo masalah kebiasaan, emang di mobil rada susah utk mbedain. Kalo ane sih termasuk yg gak mau make kaki kiri utk ngerem di matik. Paling sering ya kalo mesin dah cukup tinggi rpmnya, refleknya tangan kiri megang shifter, kaki kiri nginjek 'kopling' yg ternyata kosong kalo di matik. Apalagi kalo sehari tuker2 mobil matik vs manual (rombongan). Jadi bahan ketawaan temen yg biasa make matik waktu dia duduk di samping ane.
Kalo utk motor, masih lumayan utk mbedainnya. Kalo kaki nginjek dek, otomatis tangan kiri menggenggam tuas rem belakang. Kalo yg diinjek adalah batangan, rem ada di kaki kanan dan tangan kiri kosong (biasa make bebek dan matik). Mau sehari ganti berkali2 juga gak bakalan salah lagi.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11056
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
kan ada pohon mangga.....an15wn wrote:Ane sepakat...madcat015 wrote:Jadi, inti dari trit ini adalah: pengemudi yg menentukan tingkat bahaya suatu transmisi?
Utk yg dah bisa driving/riding, no problemo mau pake yg mana.
Utk yg baru bisa driving/riding ane lebih prefer utk belajar yg manual aja. Alasannya, kalo matik atau puter throtle (utk motor), sekali injek kecepatan bisa naik sampe mentok. Dan itu sangat berbahaya buat yg belum bisa ngendaliin kendaraan. Kalo pelan2 aja belum becus, gimana kalo kendaraannya cepet?
Kalo manual, tanpa mindahin gigi dijamin mobil/motor gak bakalan lari kenceng. So, kecepatan disesuaikan dgn kemampuan. Apalagi kalo ngomongin motor2 CVT yg dipegang anak2 abg bin alay. main geber2 seenaknya tanpa tahu gimana cara ngeberhentiinnya.
Kalo masalah kebiasaan, emang di mobil rada susah utk mbedain. Kalo ane sih termasuk yg gak mau make kaki kiri utk ngerem di matik. Paling sering ya kalo mesin dah cukup tinggi rpmnya, refleknya tangan kiri megang shifter, kaki kiri nginjek 'kopling' yg ternyata kosong kalo di matik. Apalagi kalo sehari tuker2 mobil matik vs manual (rombongan). Jadi bahan ketawaan temen yg biasa make matik waktu dia duduk di samping ane.
Kalo utk motor, masih lumayan utk mbedainnya. Kalo kaki nginjek dek, otomatis tangan kiri menggenggam tuas rem belakang. Kalo yg diinjek adalah batangan, rem ada di kaki kanan dan tangan kiri kosong (biasa make bebek dan matik). Mau sehari ganti berkali2 juga gak bakalan salah lagi.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
berbahaya? tidak ada alat apapun yg berbahaya, semua aman, semua kembali kepada si pemakai. Untuk hal ini kt ngomongin mobil, mau bawa truk gede, mobil kecil, mobil boyo, mobil kencang, manual matic, semua tergantung pengemudi, semua mobil bisa jadi berbahaya, wong avanza aja bisa jauh lebih berbahaya daripada porche GT kok
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Ada, Oom. Tapi masih abg juga. Tingginya masih semeteran...marmut wrote: kan ada pohon mangga.....
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
-
- SM Specialist
- Posts: 15628
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
yup, kalo motor bedainnya cukup mudahan15wn wrote: Kalo utk motor, masih lumayan utk mbedainnya. Kalo kaki nginjek dek, otomatis tangan kiri menggenggam tuas rem belakang. Kalo yg diinjek adalah batangan, rem ada di kaki kanan dan tangan kiri kosong (biasa make bebek dan matik). Mau sehari ganti berkali2 juga gak bakalan salah lagi.
ane dulu belajar motor pake matik, begitu pindah ke bebek tinggal main pindahin gigi aja kaya tiptronic masalah biasanya rem di tangan ini di kaki, dulu waktu awal2 sih suka reflek pake rem depan, skrg udah terbiasa pake rem kakinya
kalo kopling belum bisa
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 467
- Joined: Fri Aug 15, 2008 23:31
- Location: Jakarta Timur
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Yg ribet kayaknya emang kalo awal2 make motor matic dari yg sebelumnya make motor berkopling manual. Bisa lucu di jalan. Pas mau 'pindah gigi' pasti endut2an karena tangan kiri refleks narik tuas kopling.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11056
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
sudah coba naik sepeda tanpa rem lewat turunan curam?madcat015 wrote:Ganti yg lebih aman...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Engine breaknya gimana yak?marmut wrote:sudah coba naik sepeda tanpa rem lewat turunan curam?madcat015 wrote:Ganti yg lebih aman...
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
pake sendal jepitFelixz_Yaris wrote:Engine breaknya gimana yak?marmut wrote:sudah coba naik sepeda tanpa rem lewat turunan curam?madcat015 wrote:Ganti yg lebih aman...
"The Power of ren-Dreams"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Barefoot dongBueuk_32 wrote:pake sendal jepitFelixz_Yaris wrote:Engine breaknya gimana yak?marmut wrote:
sudah coba naik sepeda tanpa rem lewat turunan curam?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Mohon tidak terlalu OOT..
Kasian TSnya
Kasian TSnya
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6012
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Ah, calon moderator telah bersabda.Felixz_Yaris wrote:Mohon tidak terlalu OOT..
Kasian TSnya
Siap boss
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Ente lagi latihan jd moderator ya...Felixz_Yaris wrote:Mohon tidak terlalu OOT..
Kasian TSnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
kalau pisau lebih berbahaya dari gunting ga?
secara teori sih pisau memang umumnya lebih tajam dari gunting. tapi menggunakan pisau memang ga mudah, makanya anak kecil sebaiknya dijauhkan dari pisau. tapi memotong daging atau mengiris bawang, mana enak pake gunting? toh pake gunting tumpul pun kalau ga hati2 bisa bikin luka juga..
*analogi dari sis yustanti yg sedang kuliah di negerinya ratu elizabeth
secara teori sih pisau memang umumnya lebih tajam dari gunting. tapi menggunakan pisau memang ga mudah, makanya anak kecil sebaiknya dijauhkan dari pisau. tapi memotong daging atau mengiris bawang, mana enak pake gunting? toh pake gunting tumpul pun kalau ga hati2 bisa bikin luka juga..
*analogi dari sis yustanti yg sedang kuliah di negerinya ratu elizabeth
"The Power of ren-Dreams"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11056
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
siap. laksanakan.Felixz_Yaris wrote:Mohon tidak terlalu OOT..
Kasian TSnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
jekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
kan pake torque converter
kalo lu liatin GTR atau sportscar yang sudah two pedal, sebetulnya itu automated clutch, jadi karakteristiknya persis manual, cuma pedal kiri diamputasi
contoh paling membuminya... Smart ForTwo
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Namanya AMT...imingwahyudi wrote:jekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
kan pake torque converter
kalo lu liatin GTR atau sportscar yang sudah two pedal, sebetulnya itu automated clutch, jadi karakteristiknya persis manual, cuma pedal kiri diamputasi
contoh paling membuminya... Smart ForTwo
Contoh yang lebih membumi lagi, ya Proton Savvy...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
amfibi wrote:Namanya AMT...imingwahyudi wrote:jekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
kan pake torque converter
kalo lu liatin GTR atau sportscar yang sudah two pedal, sebetulnya itu automated clutch, jadi karakteristiknya persis manual, cuma pedal kiri diamputasi
contoh paling membuminya... Smart ForTwo
Contoh yang lebih membumi lagi, ya Proton Savvy...
terlupakan satu itu...btw ngilang ye savvy...
gatau gara" bener kalo AMTnya jebol bisa ngebenerin setengah harga bekasnya
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
ChZ wrote:dan stigma ini yg bikin para fanboy manual menjelek-jelekkan matik dgn mengatakan matik itu "banci"....Mamang555 wrote:Yup. Nissan March MT ane aja masuk gigi satu dan angkat pedal kopling juga udah gelinding itu mobil. Berguna banget saat macet2andoq wrote:Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
Sebenernya yang bahaya itu stigma yang bilang kalo mobil matic lebih mudah dari mobil manual atau yang udah sering bawa manual pasti lancar bawa matic. IMHO itu SALAH BESAR. Setiap mobil punya karakter yang beda2. Even bawa mobil yang sama2 manual sekalipun. Jadi ya butuh pengalaman, kesiapan dan jangan lupa konsentrasi saat mengemudi. Minimal kalo udah banyak pengalaman jam terbang bakal lebih sigap antisipasi kalo ada kejadian diluar dugaan.
Btw ane malah baru beberapa bulan ini make matik. Itupun model gate pulak. Tapi Alhamdulillah pelan2 biasa juga.
dan dengan bangganya menempelkan sticker alay "REAL MAN USE THREE PEDALS" di mobil mereka.... padahal mobilnya jg mobil sejuta umat bkn performance car
who cares about your pedals if you drive like sh*t
apalagi yang pake krum kruman ga jelas, nyetir seenak udel...diklakson malah kasih jari tengah
merusak nama sejuta umat aje
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Jangankan AMT si Savvy...imingwahyudi wrote:amfibi wrote:Namanya AMT...imingwahyudi wrote:
kan pake torque converter
kalo lu liatin GTR atau sportscar yang sudah two pedal, sebetulnya itu automated clutch, jadi karakteristiknya persis manual, cuma pedal kiri diamputasi
contoh paling membuminya... Smart ForTwo
Contoh yang lebih membumi lagi, ya Proton Savvy...
terlupakan satu itu...btw ngilang ye savvy...
gatau gara" bener kalo AMTnya jebol bisa ngebenerin setengah harga bekasnya
CVT honda jazz/city kalo jebol, harus ganti segelondongan, & bisa sampe setengah harga bekas si savvy buat beli utuh transmisi CVTnya......
Cuma di jazz/city, banyak versi copotan yg harganya paling mahal 10jt...
Entahlah di savvy bijimane...