Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
amfibi wrote:
Jangankan AMT si Savvy...
CVT honda jazz/city kalo jebol, harus ganti segelondongan, & bisa sampe setengah harga bekas si savvy buat beli utuh transmisi CVTnya......
Cuma di jazz/city, banyak versi copotan yg harganya paling mahal 10jt...
Entahlah di savvy bijimane...
berenang bandung-penang buat ambil AMT terus balik lagi
Sebenernya transmisi kek semi otomatik yg mayan keren kek di almarhum spark..
Pake transformatik.. Kalo mau metik, tinggal pencet. Otomatis ga usa pake kopling.
Kalo mau pake manual pencet lagi..
Ga berbahaya dari M/T krn A/T lebih mudah. Kalo yg ga bisa bawa M/T atau yg baru belajar biasanya di tanjakan sering mesinnya mati dan mundur nyium mobil dibelakangnya. Kalau A/T kan tinggal gas rem aja, asal pake perasaan jgn langsung kick down.
sharing pengalaman pribadi, sekitar tahun 2007, ada kejadian yang tidak akan pernah saya lupakan. Saya menggunakan mobil matic (Toyota corona) dan entah karena terlalu lelah atau lagi "blank", pada waktu parkir maksud hati injak rem ternyata kaki saya malah injak gas. Untung sigap langsung pindah kaki ke rem dan berhenti tepat sebelum menabrak tiang (waktu itu di parkiran mal).
Saya sudah menyetir mobil selama 9 tahun waktu itu (mulai nyetir tahun 1998) dan sejak tahun 2005 pakai mobil matic Toyota corona itu.
Sejak kejadian itu, saya selalu menghindari menyetir waktu terlalu capek, syukur ga pernah kejadian lagi.
Ane ga setuju kalo dibilang a/t lbh berbahaya dibanding m/t. Semua tergantung skill dr pengemudinya..
Jika orang biasa pake m/t trus pindah pake a/t akan lbh cepet adaptasinya..
Tp jika orang biasa pake a/t n ga pernah pake m/t lalu dia mau pake m/t maka dia akan kesulitan dgn m/t karena dia harus belajar main kopling dulu..
Ditambah dlm kondisi jalan tertentu seperti jalan menanjak lalu tiba2 harus berhenti maka untuk mulai jalan lagi dia akan kesulitan krn seringnya mesin mati2 mulu krn ga biasa pake m/t..
Akibatnya mobil blakang klaksonin mulu, lalu tambah gugup, keringat dingin ngucur..wahahaaa...alamat deh..jgn sampe nyium mobil blakang aja..
Kembali ke drivernya..baik skill maupun konsentrasinya..
kayak om mantal..ane juga pernah lengah pas mau bayar parkir..tapi ane pake m/t..mau ngerem..eh malah injek pedal gas..untungnya ane langsung injak kopling full..dan mobil hanya meraung saja..
jago nyetir tapi ga konsen juga bahaya..
pernah pas macet2an di tanjakan..sebelumnya mobil depan ane ga pernah mundur selama merayap dan berhenti di tanjakan..normal lah..tapi mungkin karna lamanya macet..drivernya mungkin lelah/hilang konsentrasi..tiba2 tuh mobil gloyor mundur..langsung deh ane klakson..untung masih sempat ngerem en ga nubruk..