Thederfner wrote:Misi2 suhu2 SM sekaliaan, minta suggestionnya dong, rencana ane mw beli mobkas sekita 100-140jtan (kira2 segitulah) nah ane ada beberapa kandidat nih :
- civic es vtis ( yang facelift )
- accord cm5 (2004-2005)
- e46 (jujur, belom pernah megang mobil eropa sama sekali)
Sebelumnya ane pake terios dan march, jadi pengennya sedan type skrg. Dan ane bakal pake mobil dailyuse ( sekitar 5 hari dalam seminggu )
Nah ane punya pertanyaan buat e46, masalah fc dan segala macemnya buat ane ga masalah, yang ane takutkan ga bisa pake buat dailyuse, kira2 mendingan yang mesin m43 atau n42/n46 yah(sekedar membaca trit2 yang sudah memakai e46) , dan ane denger2 bmw itu bisa turun mesin, kira2 harganya brp tuh ya gan? Buat persiapan kalo megang ntuh boil ga kaget.....
Mohon suggestion dan juga review nya suhu2 sekalian, newbie butuh bantuan, thanks
ikut nimbrung ya, kebetulan ane dulu pake e46 dan sekarang pake civic es vtis hehehe
ane kasih saran berdasarkan pilihan yang ada
kesalahan (bos besar) ane pas ngangkut e46 adalah ngambil yang N42, dari beberapa referensi ternyata N42 memang yang paling manja buat perawatannya, beberapa yang pernah ane alami selama ga sampe 2 tahun megang mobil ini :
-fuel pump mati (note : isi selalu oktan 92)
-paking oli bawah, partsnya murah, jasanya 300% harga parts karena bongkar arm depan
-Speedo mati total yang entah gimana bikin kompresor ac juga ga nyala, habis deh sekitar 3 bulan naik bmw kepanasan, partsnya inden dan harganya sekitar 8 juta
-ac dingin sebelah, sialnya yang sisi driver yang kurang dingin, penyakitnya ga pernah ketemu sampe mobil ini dijual
-dan banyak perintilan lainnya
overall sangat nyaman dikendarai khas bmw, tenaga mantap buat ukuran 2000cc (walau tetep dikatain temen yang pake e36 320i, damn 6 cylinders), spare partnya juga sebenernya murah
kalo cari unit bekas sebaiknya yang servis recordnya lengkap, atau sekalian stay away dari si n42 ini (selain N42 review orang2 positif kok)
setelah mobil ini dijual, ane putusin buat ngangkut civic es vti-s 2005 a/t
feel nyetir nyaman dan responsif, handling juga lumayan, feel setir bagus karena power steering belum elektrik, tenaganya asik
kalo buat bos FC ga masalah, sekedar info aja FC mobil ini ngalahin mobil2 1500cc
PR nya ada di sektor kaki-kaki, buat umur segini ane udah ganti hampir semua bagian kaki depan, paling horor adalah harga shock depan per buah bisa 1,5jt
overall mobil ini jelas lebih nyaman dan bertenaga daripada small sedan, kualitas interior juga ga jelek, dan tentunya reliable
kesimpulannya ane ga nyesel sih tuker ke civic es dari e46, walau kadang kangen juga sama driving pleasure dan wangi khas interior bmw hehe
untuk accord CM5 tadinya mau tuker lagi ES dengan CM5 tapi dengan berbagai pertimbangan (terutama FC), gak jadi deh
pernah nyoba temen punya, interior sederhana tapi berkelas, lega banget dan nyaman, ga nyoba nyetir tapi katanya tenaga gede
dari review temen cukup reliable, cuma matiknya pernah jebol dan buat betulinnya menyentuh 8 digit angka rupiah
maaf ngetik panjang2, lagi ga ada kerjaan