Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
1. Prolog
Lagi enak-enak menikmati malam yang santai sambil chatting, eh..tiba-tiba ditodong rame-rame disuruh review T31, jadi yaa apa sudahlah ya..jalankan saja, mumpung lagi gak ada kerjaan juga.
Pertama kali diperkenalkan ke Indonesia tahun 2009, Nissan XTrail T31 melanjutkan perjuangan T30 di lini SUV Nissan Indonesia yang merupakan salah satu SUV yang cukup popular di Indonesia dan merupakan pesaing lama dari Honda CRV. T31 sendiri menjadi SUV pertama di Indonesia yang mempekenalkan teknologi transmisi Automatic CVT. Tersedia opsi mesin 2000cc petrol (MR20DE), 2500cc petrol (QR25DE), dan 2000cc diesel (M9R), hanya sayang untuk Indonesia NMI tidak memberikan opsi Diesel hingga saat ini, padahal menurut saya versi Diesel dari XTrail itu sangat menggoda iman apabila kita lihat spesifikasinya (170hp @3750rpm, 360nm of torque @2000rpm, dipadukan dengan 6 speed conventional AT). Saat ini ada 5 trimline yang tersedia di pasar: 2.0MT, 2.0AT, 2.5st, Urban Selection (Autech), dan XTremer (menggantikan 2.5xt).
T31 yang dipasarkan oleh NMI hanya dibekali penggerak roda depan, padahal versi aslinya ada 4x4 yang pengoperasiannya simpel banget, tinggal puter knob, lalu ada fitur macam Hill Start Assist dan Hill Descend Control yang juga lenyap dari mobil ini…padahal HSA menurut ane cukup berguna, terutama untuk tanjakan terjal.
Kebetulan unit yang ada di garasi adalah T31 facelift yang sudah dikasih rombakan baru di grill, lampu depan, dan lampu belakang..mari kita jelajahi Nissan XTrail T31 2.5st (Sport Touring)
2. Eksterior
Dari luar T31 ini terlihat maskulin dengan bodi khas nya yang kotak, nggak kayak sebagian besar SUV pesaingnya yang udah rada membulet jadi kesan macho nya sebagai mobil besar sedikit berkurang. Ooh well….dengan bentuk seperti ini T31 gak akan pernah bisa menang kalo ada kontes kecantikan SUV..kalo ada…
Salah satu fitur favorit gw, headlamp washer, nggak mesti di mobil ini, tapi di mobil lain juga..itupun kalo nggak kena sunat..lampu XTrail T31 sudah mengadopsi Xenon Headlamp (2.0MT gak dapet tapi) with Automatic Levelizer yang penerangannya kalo untuk di kota sih cukup..tapi kemaren abis diajak laga pantura malam-malam..lampunya kurang terang nih, alhasil sukses menghajar “ranjau” yang lumayan dalem beberapa kali..
Bagian belakangnya, gw demen bagian ini kalo malem hari, lampu LED dibagian belakang itu cantiiiikkkk banget, mempermanis bokongnya yang kekar.
Yang gak gw suka dari bagian ini adalah posisi lampu mundur yang ada di bagian bawah..bawah banget, it’s a BIG NO for me (what were you thinking Nissan !?). Sekarang bayangkan kalo lagi rada macet dan kita mau mundur untuk ambil ancang-ancang puter balik, misalnya dibelakang kita itu Toyota Fortuner, dia gak akan bisa ngeliat tuh lampu mundur nyala dan mungkin gak sadar tuh kalo gw lagi mundur, alhasil ane terapkan pake lampu Hazard kalo mau mundur jadi orang yang di belakang gak usah neken klakson segala kalo kaget mobil ini mundur mendadak..
Pengait towing, lumayan berguna walaupun mobil ini di Indonesia T31 dari NMI hanya FWD, tapi setidaknya pernah berjasa narik mobil temen yang nyangkut di trotoar tinggi.
3. Interior
T31 2.5st interiornya warna hitam, lumayanlah nggak bikin keliatan cepet kotor, kemarin center console habis ketumpahan es krim cokelat bersihinnya juga gampang..much better dari Urabn Selection yang warna interiornya terkesan nabrak warnanya..dashboardnya T31 itu softpad dan beberapa bagian door trim juga kena sentuhan softpad which is good..i love softpad..bagian yang kena sentuhan hard plastic ada di center console dan sebagian door trim, not to bad lah plastiknya..nggak kayak berasa megang ember cucian baju yang sudah berumur..
untuk area speedometer...hmm kesannya biasa aja sih, cuma MID nya enak dilihat..much better menurut ane tampilan layarnya kalo dibandingin ama Impreza dan CRV RE
Ada juga cup holder yang ada saluran udara dinginnya, lumayan lah ya kalo mau naro Coca Cola atau Teh Botol, gw sering naro botol Aqua disitu, awalnya botolnya masih suhu ruangan, ditaro disitu 30 menit kemudian airnya udah dingin sejuk gimana gituuu..
Selain berfungsi sebagai tempat untuk naro minuman, cupholdernya juga berfungsi sebagai..
Tempat naro HP ! yeaps, lumayan juga fungsinya, habis ditaro disini pasti HP nya langsung jadi dingin, kan lumayan tuh, apalagi kalo HP nya habis dipake rada lama trus jadi “demam”, taro bentar disitu untuk cooling down, tapi awas loh mbak sist masbro, menaro HP disini sebenernya menurut ane cukup riskan karena bisa mengundang kejahatan di lampu merah..so do it on your own risk !
3.a Build Quality
Well…gimana ya…dibilang bagus nggak, dibilang jelek…juga..gak jelek juga sih..kalo pas mobilnya masih baru ya..so-so lah menurut gw..tapi kemaren Glovebox gw copot gara2 engselnya rusak..lha piye toh..baru 2 tahun dipake Glovebox udah nyerah duluan..
Ooh iya, jarum penunjuk bahan bakar sekarang juga udah mulai ngaco, kapasitas tanki 65 liter, setengahnya berarti 32.5 liter…kemaren gw ngisi bensin masih diatas setengah jarumnya..tau2 keisi 42L..lha..ajaib..tanki T31 gw melar apa ya ? kayaknya dulu kalo ngisi pas masih setengah lebih dikit ada di kisaran 28-30 liter..
Untuk AC…dingin sih, gw akuin ini AC nya dingin banget, gw kalo pulang malem pake ini nyetirnya harus sedia jaket..karena ini AC nya dingin bener..tapi ada penyakitnya juga, kok suka ada bau bahan bakar kecium ya..kalo pas start up di pagi hari..padahal lubang sirkulasi udara posisinya dia nutup udara luar..mobil ini ada rear vent nya juga, jadi gak ada alasan itu penumpang belakang kepanasan..tombol AC masih kayak mengoperasikan kompor di dapur, knob jadul begitu..dan nggak ada dual zone climate control, even for full spec JDM/UK version…
Dengan problem diatas..jadi mungkin kalo untuk long termnya, build quality T31 isn’t very good …T31 disini ya..tau deh versi luar negeri gimana tuh..
3.b Entertainment System
Ada 6 speaker (4 speaker + 2 tweeter) yang mengeluarkan suara hiburan yang ajib..kalo HU nya mendukung sih..HU layar sentuh bawaannya sih merk..merk apa ya..kalo nggak salah ada angsa angsanya begitu..jelek abis, parah..one of the worst yang pernah ane coba..mengoperasikannya njelimet banget, berasa pake HU non touch screen, masih lebih mudah make 2din bawaan Nissan Grand Livina..makanya begitu mobil ini dateng ke garasi untuk pertama kalinya, besoknya langsung ane bawa ke took audio dan ganti pake Clarion VX401A..which is good, suaranya ajib abis, bass dan treblenya juga enak banget ..suaranya bersaing dengan HU Alpine IVE-W535BT yang terpasang di Impreza ane..sayangnya dari awal mobil ini nggak punya rear parking camera..fitur yang menurut ane berguna untuk nyetir mobil segede ini selain parking sensor (panjangnya 4.6 meter ooy)
Sayang sekali lagi, nggak ada tombol audio di stir..versi 2.5st nggak dikasih…masa kalah ama Yaris dan Swift yang harganya lebih murah tapi ada tombol audionya..hiks
3.c Storage
Kalo boleh gw bilang, kapasitas angkut barang XTrail T31 itu merupakan yang terbesar di kelasnya, dan ini yang paling gw suka dari T31, kapasitas bagasi ! apalagi kalo 2nd row dilipet..berubah deh si T31, dari mobil angkut penumpang jadi mobil box kecil..
Di dashboard sendiri masih ada laci yang rada gede lah kalo misalnya barang di glovebox udah penuh, banyak tempat penyimpanan di bagian depan mobil..gw sampe lupa naro permen dimana, untuk bagasi…ini gede..mungkin kalo misalnya gw nyulik 2 ekor anak kambing, muat kali tuh anak kambing di bagasi T31..ada raknya pula, jadi kalo mau naro barang kecil, daripada berceceran kemana-mana, ada rak kecil buat menampung supaya nggak berceceran
Bahkan di bagasinya ada tempat colokan listrik loh, jadi bisa ngecharge HP disitu daripada rebutan charger di depan, bisa nge charge di belakang, asal jangan lupa diambil itu HP..kalo lupa ambil trus ketinggalan di mobil dan kebawa ama empunya mobil, nggak tanggung ya..i warn you already.
di 2nd row juga ada cup holder dibawah rear vent (center console) selain yang tersedia di pintu...tapi posisinya deket kaki..which is unnoticeable ama ane..
3,d Seating
Kursi pengemudi sudah dilengkapi 6 way electrical adjustment seating dengan manual lumbar support, kursi kanan depan sudah 4 way electrical adjustment, bahan joknya masih fabric untuk versi 2.5st, which is….not bad at all, nyaman loh, sangking nyamannya sukses membuat gw ngantuk menyetir mobil ini kalo habis beraktivitas banyak..siap sedia minuman manis atau camilan atau permen karet deh kalo gitu..atau bisa nyalain musik yang bikin melek..
Untuk 2nd row..silahkan liat..
Untuk driver dan penumpang depan mohon jangan dimentokin ke belakang kursinya, kasian yang dibelakang, itu sempit banget 2nd row nya, nggak nyaman untuk orang tinggi dalam perjalanan jauh ..tinggi ane 180cm dan posisi duduk ane udah selonjoran di kursi loh, tapi legroomnya menyedihkan, bikin ane tersiksa kalo perjalanan jauh, weleehh..piye toh Nissan..gimana kalo orang Eropa atau Australia yang badannya subur ya ? kasian juga tuh..Impreza gw aja masih jauh lebih luas 2nd rownya..semoga di XTrail gen terbaru nanti, 2nd row udah luas deh..jangan kayak gini..
4. Driving Impression
Ban bawaannya Dunlop ST20 ukuran 225/60/R17…untuk desain velgnya ane demen tuh sebenernya yang Urban Selection, yang versi ini..hmm..biasa aja..nothing special..bannya sendiri kayaknya kurang grip..lebih mantep grip CRV RE menurut ane..
Mulai dari akselerasi, hmm..mesinnya 2.5L dan transmisi CVT, kalo mau gerak cepet harus diinjek rada dalem dengan respon yang..nggak begitu demen sih gw, kayak ada jeda lag gitu, tapi setidaknya CVT nya gak bikin mobil lemot amat, terbukti di Pantura masih mudah untuk aksi salip menyalip dengan kendaraan lain, walaupun gak seenak akselerasi CRV dan CX5 sih. Untuk mesinnya, cukup haus dengan konsumsi dalam kota 6-7km/l (bahkan pernah Bintaro-Senayan 4km/l) dan luar kota kemaren Cuma dapet 11-12km/l, itu menurut MID ya, pas ane tes hitung manual ya gak jauh-jauh amat hasilnya, cuma beda koma, tapi suara pas start engine itu kurang enak menurut ane , kayak orang keselek atau orang yang tenggorokannya kurang air. Untuk pengereman..4 disc brake with ABS EBD dan BA cukup baguslah buat berhentiin mobil seberat kurang lebih 1.5 Ton.
Suspensi mobil ini…empuk ! empuk banget, enak kalo nerjang jalan rusak, suspensinya cukup nyerap goyangan dan gak bikin mantul, jadi didalem kabin tetap nyaman ….cuman…efeknya ke pengendaliannya…
Pengendaliannya…stirnya ringan, rada minim feedback, gw kurang begitu demen..ditambah lagi suspensi yang empuk, pengendaliannya di tikungan dalam kecepatan tinggi………….jangan dibawa ngebut ya pas belok..bodyroll nya gak enak..gw pernah bejek ampe 160kmh..berasa melayang..nggak deh ngebut pake mobil ini, gak disarankan..bawa kalem aja, cukup 100kmh..120kmh lah maksimum banget…
The good thing is, badannya yang tinggi itu cukup membantu menerjang banjir di Jakarta..memberikan sedikit rasa percaya diri berkendara di Jakarta pas musim hujan dan banjir.
5. Safety Feature
Untuk fitur safety, mobil ini cukup…….memalukan kalo ane boleh bilang…hanya dilengkapi ABS EBD BA dan dual front SRS Airbag…boro-boro Side ama Curtain Airbag..VSC, Traction Control, ama Hill Start Assist ajak nggak ada..CRV aja dikasih VSA (VSC Honda), masa XTrail nggak dikasih..piye toh Nissan Indonesia ? kenapa safety fiturnya sama dengan mobil di range harga 100-200jt ? setidaknya kasih VSC lah ya, biar makin aman, terutama pas hujan deras di tol..
6. Conclusion
Sebuah SUV yang bentuknya masih gagah perkasa..tapi rada boros bahan bakar..untuk di Jakarta sih.. dan masih memiliki kekurangan yang harusnya NMI (Nissan Motor Indonesia) bisa memperbaikinya, ntah untuk T31 sekarang (FL terakhir untuk penyempurnaan maybe ?) atau XTrail new gen yang akan datang..sehingga XTrail bisa tetap kompetitif dengan SUV sekelasnya di pasar Indonesia..
Apa T31 layak dimiliki ? tergantung kondisi..
- Kalo butuh SUV dengan kapasitas bagasi besar, ya mobil ini pantas dimiliki
- Untuk jalan-jalan keluar kota sambil bawa barang bawaan yang banyak ? ya pantas banget dimiliki, tapi tolong pilih versi XTremer yang ada roof lamp, roof lamp XTrail itu membantu banget untuk jalanan luar kota
- Butuh mobil gede dengan tampilan macho nan gagah ? ya boleh aja sih pilih mobil ini
- Apa semua orang di rumah memiliki postur besar ? kalo iya, lupakan mobil ini..2nd rownya nggak begitu nyaman, untung terbayar dengan bantingan yang lembut.
Kalo mau cari SUV dengan safety equipment yang memadai dan fitur yang lebih canggih, mending cari merk lain deh, atau pilih aja Renaul Koleos, secara mekanikal dia sama persis dengan T31, Cuma beda bentuk bodi dan interior aja..
apakah saya menyukainya ? yes, mungkin fitur yang ditawarkan tidak banyak kalo dibanding lawan-lawannya, konsumsi bensin juga rada boros..tapi bagi para penyuka SUV boxy, XTrail sangat terlihat gagah dan macho..terutama versi XTremernya
i love my "truck"
for Nissan XTrail T31 2.5st
- Pros
1. Body gagah
2. Kapasitas bagasi besar
3. Bantingan empuk
4. Nyaman
5. Body tinggi siap nerjang banjir dan jalan rusak
6. Speaker bawaan ajib juga suaranya kalo HU nya mendukung
7. Xenon headlamp with headlamp washer + auto leveling
8. Transmisi CVT tapi tetap bertenaga
9. AC dingin, lumayan untuk Jakarta yang panas
- Cons
1. Bensin boros
2. 2nd row sempit
3. Build Quality not so good
4. Safety feature minim
7. Score
Scorenya untuk Nissan XTrail T31 2.5st Facelift menurut penilaian saya adalah.... 6/10
segitu aja dulu review dari nubitol bin sotoy ini..sori kalo ada kesalahan dan kalimat tidak enak
Lagi enak-enak menikmati malam yang santai sambil chatting, eh..tiba-tiba ditodong rame-rame disuruh review T31, jadi yaa apa sudahlah ya..jalankan saja, mumpung lagi gak ada kerjaan juga.
Pertama kali diperkenalkan ke Indonesia tahun 2009, Nissan XTrail T31 melanjutkan perjuangan T30 di lini SUV Nissan Indonesia yang merupakan salah satu SUV yang cukup popular di Indonesia dan merupakan pesaing lama dari Honda CRV. T31 sendiri menjadi SUV pertama di Indonesia yang mempekenalkan teknologi transmisi Automatic CVT. Tersedia opsi mesin 2000cc petrol (MR20DE), 2500cc petrol (QR25DE), dan 2000cc diesel (M9R), hanya sayang untuk Indonesia NMI tidak memberikan opsi Diesel hingga saat ini, padahal menurut saya versi Diesel dari XTrail itu sangat menggoda iman apabila kita lihat spesifikasinya (170hp @3750rpm, 360nm of torque @2000rpm, dipadukan dengan 6 speed conventional AT). Saat ini ada 5 trimline yang tersedia di pasar: 2.0MT, 2.0AT, 2.5st, Urban Selection (Autech), dan XTremer (menggantikan 2.5xt).
T31 yang dipasarkan oleh NMI hanya dibekali penggerak roda depan, padahal versi aslinya ada 4x4 yang pengoperasiannya simpel banget, tinggal puter knob, lalu ada fitur macam Hill Start Assist dan Hill Descend Control yang juga lenyap dari mobil ini…padahal HSA menurut ane cukup berguna, terutama untuk tanjakan terjal.
Kebetulan unit yang ada di garasi adalah T31 facelift yang sudah dikasih rombakan baru di grill, lampu depan, dan lampu belakang..mari kita jelajahi Nissan XTrail T31 2.5st (Sport Touring)
2. Eksterior
Dari luar T31 ini terlihat maskulin dengan bodi khas nya yang kotak, nggak kayak sebagian besar SUV pesaingnya yang udah rada membulet jadi kesan macho nya sebagai mobil besar sedikit berkurang. Ooh well….dengan bentuk seperti ini T31 gak akan pernah bisa menang kalo ada kontes kecantikan SUV..kalo ada…
Salah satu fitur favorit gw, headlamp washer, nggak mesti di mobil ini, tapi di mobil lain juga..itupun kalo nggak kena sunat..lampu XTrail T31 sudah mengadopsi Xenon Headlamp (2.0MT gak dapet tapi) with Automatic Levelizer yang penerangannya kalo untuk di kota sih cukup..tapi kemaren abis diajak laga pantura malam-malam..lampunya kurang terang nih, alhasil sukses menghajar “ranjau” yang lumayan dalem beberapa kali..
Bagian belakangnya, gw demen bagian ini kalo malem hari, lampu LED dibagian belakang itu cantiiiikkkk banget, mempermanis bokongnya yang kekar.
Yang gak gw suka dari bagian ini adalah posisi lampu mundur yang ada di bagian bawah..bawah banget, it’s a BIG NO for me (what were you thinking Nissan !?). Sekarang bayangkan kalo lagi rada macet dan kita mau mundur untuk ambil ancang-ancang puter balik, misalnya dibelakang kita itu Toyota Fortuner, dia gak akan bisa ngeliat tuh lampu mundur nyala dan mungkin gak sadar tuh kalo gw lagi mundur, alhasil ane terapkan pake lampu Hazard kalo mau mundur jadi orang yang di belakang gak usah neken klakson segala kalo kaget mobil ini mundur mendadak..
Pengait towing, lumayan berguna walaupun mobil ini di Indonesia T31 dari NMI hanya FWD, tapi setidaknya pernah berjasa narik mobil temen yang nyangkut di trotoar tinggi.
3. Interior
T31 2.5st interiornya warna hitam, lumayanlah nggak bikin keliatan cepet kotor, kemarin center console habis ketumpahan es krim cokelat bersihinnya juga gampang..much better dari Urabn Selection yang warna interiornya terkesan nabrak warnanya..dashboardnya T31 itu softpad dan beberapa bagian door trim juga kena sentuhan softpad which is good..i love softpad..bagian yang kena sentuhan hard plastic ada di center console dan sebagian door trim, not to bad lah plastiknya..nggak kayak berasa megang ember cucian baju yang sudah berumur..
untuk area speedometer...hmm kesannya biasa aja sih, cuma MID nya enak dilihat..much better menurut ane tampilan layarnya kalo dibandingin ama Impreza dan CRV RE
Ada juga cup holder yang ada saluran udara dinginnya, lumayan lah ya kalo mau naro Coca Cola atau Teh Botol, gw sering naro botol Aqua disitu, awalnya botolnya masih suhu ruangan, ditaro disitu 30 menit kemudian airnya udah dingin sejuk gimana gituuu..
Selain berfungsi sebagai tempat untuk naro minuman, cupholdernya juga berfungsi sebagai..
Tempat naro HP ! yeaps, lumayan juga fungsinya, habis ditaro disini pasti HP nya langsung jadi dingin, kan lumayan tuh, apalagi kalo HP nya habis dipake rada lama trus jadi “demam”, taro bentar disitu untuk cooling down, tapi awas loh mbak sist masbro, menaro HP disini sebenernya menurut ane cukup riskan karena bisa mengundang kejahatan di lampu merah..so do it on your own risk !
3.a Build Quality
Well…gimana ya…dibilang bagus nggak, dibilang jelek…juga..gak jelek juga sih..kalo pas mobilnya masih baru ya..so-so lah menurut gw..tapi kemaren Glovebox gw copot gara2 engselnya rusak..lha piye toh..baru 2 tahun dipake Glovebox udah nyerah duluan..
Ooh iya, jarum penunjuk bahan bakar sekarang juga udah mulai ngaco, kapasitas tanki 65 liter, setengahnya berarti 32.5 liter…kemaren gw ngisi bensin masih diatas setengah jarumnya..tau2 keisi 42L..lha..ajaib..tanki T31 gw melar apa ya ? kayaknya dulu kalo ngisi pas masih setengah lebih dikit ada di kisaran 28-30 liter..
Untuk AC…dingin sih, gw akuin ini AC nya dingin banget, gw kalo pulang malem pake ini nyetirnya harus sedia jaket..karena ini AC nya dingin bener..tapi ada penyakitnya juga, kok suka ada bau bahan bakar kecium ya..kalo pas start up di pagi hari..padahal lubang sirkulasi udara posisinya dia nutup udara luar..mobil ini ada rear vent nya juga, jadi gak ada alasan itu penumpang belakang kepanasan..tombol AC masih kayak mengoperasikan kompor di dapur, knob jadul begitu..dan nggak ada dual zone climate control, even for full spec JDM/UK version…
Dengan problem diatas..jadi mungkin kalo untuk long termnya, build quality T31 isn’t very good …T31 disini ya..tau deh versi luar negeri gimana tuh..
3.b Entertainment System
Ada 6 speaker (4 speaker + 2 tweeter) yang mengeluarkan suara hiburan yang ajib..kalo HU nya mendukung sih..HU layar sentuh bawaannya sih merk..merk apa ya..kalo nggak salah ada angsa angsanya begitu..jelek abis, parah..one of the worst yang pernah ane coba..mengoperasikannya njelimet banget, berasa pake HU non touch screen, masih lebih mudah make 2din bawaan Nissan Grand Livina..makanya begitu mobil ini dateng ke garasi untuk pertama kalinya, besoknya langsung ane bawa ke took audio dan ganti pake Clarion VX401A..which is good, suaranya ajib abis, bass dan treblenya juga enak banget ..suaranya bersaing dengan HU Alpine IVE-W535BT yang terpasang di Impreza ane..sayangnya dari awal mobil ini nggak punya rear parking camera..fitur yang menurut ane berguna untuk nyetir mobil segede ini selain parking sensor (panjangnya 4.6 meter ooy)
Sayang sekali lagi, nggak ada tombol audio di stir..versi 2.5st nggak dikasih…masa kalah ama Yaris dan Swift yang harganya lebih murah tapi ada tombol audionya..hiks
3.c Storage
Kalo boleh gw bilang, kapasitas angkut barang XTrail T31 itu merupakan yang terbesar di kelasnya, dan ini yang paling gw suka dari T31, kapasitas bagasi ! apalagi kalo 2nd row dilipet..berubah deh si T31, dari mobil angkut penumpang jadi mobil box kecil..
Di dashboard sendiri masih ada laci yang rada gede lah kalo misalnya barang di glovebox udah penuh, banyak tempat penyimpanan di bagian depan mobil..gw sampe lupa naro permen dimana, untuk bagasi…ini gede..mungkin kalo misalnya gw nyulik 2 ekor anak kambing, muat kali tuh anak kambing di bagasi T31..ada raknya pula, jadi kalo mau naro barang kecil, daripada berceceran kemana-mana, ada rak kecil buat menampung supaya nggak berceceran
Bahkan di bagasinya ada tempat colokan listrik loh, jadi bisa ngecharge HP disitu daripada rebutan charger di depan, bisa nge charge di belakang, asal jangan lupa diambil itu HP..kalo lupa ambil trus ketinggalan di mobil dan kebawa ama empunya mobil, nggak tanggung ya..i warn you already.
di 2nd row juga ada cup holder dibawah rear vent (center console) selain yang tersedia di pintu...tapi posisinya deket kaki..which is unnoticeable ama ane..
3,d Seating
Kursi pengemudi sudah dilengkapi 6 way electrical adjustment seating dengan manual lumbar support, kursi kanan depan sudah 4 way electrical adjustment, bahan joknya masih fabric untuk versi 2.5st, which is….not bad at all, nyaman loh, sangking nyamannya sukses membuat gw ngantuk menyetir mobil ini kalo habis beraktivitas banyak..siap sedia minuman manis atau camilan atau permen karet deh kalo gitu..atau bisa nyalain musik yang bikin melek..
Untuk 2nd row..silahkan liat..
Untuk driver dan penumpang depan mohon jangan dimentokin ke belakang kursinya, kasian yang dibelakang, itu sempit banget 2nd row nya, nggak nyaman untuk orang tinggi dalam perjalanan jauh ..tinggi ane 180cm dan posisi duduk ane udah selonjoran di kursi loh, tapi legroomnya menyedihkan, bikin ane tersiksa kalo perjalanan jauh, weleehh..piye toh Nissan..gimana kalo orang Eropa atau Australia yang badannya subur ya ? kasian juga tuh..Impreza gw aja masih jauh lebih luas 2nd rownya..semoga di XTrail gen terbaru nanti, 2nd row udah luas deh..jangan kayak gini..
4. Driving Impression
Ban bawaannya Dunlop ST20 ukuran 225/60/R17…untuk desain velgnya ane demen tuh sebenernya yang Urban Selection, yang versi ini..hmm..biasa aja..nothing special..bannya sendiri kayaknya kurang grip..lebih mantep grip CRV RE menurut ane..
Mulai dari akselerasi, hmm..mesinnya 2.5L dan transmisi CVT, kalo mau gerak cepet harus diinjek rada dalem dengan respon yang..nggak begitu demen sih gw, kayak ada jeda lag gitu, tapi setidaknya CVT nya gak bikin mobil lemot amat, terbukti di Pantura masih mudah untuk aksi salip menyalip dengan kendaraan lain, walaupun gak seenak akselerasi CRV dan CX5 sih. Untuk mesinnya, cukup haus dengan konsumsi dalam kota 6-7km/l (bahkan pernah Bintaro-Senayan 4km/l) dan luar kota kemaren Cuma dapet 11-12km/l, itu menurut MID ya, pas ane tes hitung manual ya gak jauh-jauh amat hasilnya, cuma beda koma, tapi suara pas start engine itu kurang enak menurut ane , kayak orang keselek atau orang yang tenggorokannya kurang air. Untuk pengereman..4 disc brake with ABS EBD dan BA cukup baguslah buat berhentiin mobil seberat kurang lebih 1.5 Ton.
Suspensi mobil ini…empuk ! empuk banget, enak kalo nerjang jalan rusak, suspensinya cukup nyerap goyangan dan gak bikin mantul, jadi didalem kabin tetap nyaman ….cuman…efeknya ke pengendaliannya…
Pengendaliannya…stirnya ringan, rada minim feedback, gw kurang begitu demen..ditambah lagi suspensi yang empuk, pengendaliannya di tikungan dalam kecepatan tinggi………….jangan dibawa ngebut ya pas belok..bodyroll nya gak enak..gw pernah bejek ampe 160kmh..berasa melayang..nggak deh ngebut pake mobil ini, gak disarankan..bawa kalem aja, cukup 100kmh..120kmh lah maksimum banget…
The good thing is, badannya yang tinggi itu cukup membantu menerjang banjir di Jakarta..memberikan sedikit rasa percaya diri berkendara di Jakarta pas musim hujan dan banjir.
5. Safety Feature
Untuk fitur safety, mobil ini cukup…….memalukan kalo ane boleh bilang…hanya dilengkapi ABS EBD BA dan dual front SRS Airbag…boro-boro Side ama Curtain Airbag..VSC, Traction Control, ama Hill Start Assist ajak nggak ada..CRV aja dikasih VSA (VSC Honda), masa XTrail nggak dikasih..piye toh Nissan Indonesia ? kenapa safety fiturnya sama dengan mobil di range harga 100-200jt ? setidaknya kasih VSC lah ya, biar makin aman, terutama pas hujan deras di tol..
6. Conclusion
Sebuah SUV yang bentuknya masih gagah perkasa..tapi rada boros bahan bakar..untuk di Jakarta sih.. dan masih memiliki kekurangan yang harusnya NMI (Nissan Motor Indonesia) bisa memperbaikinya, ntah untuk T31 sekarang (FL terakhir untuk penyempurnaan maybe ?) atau XTrail new gen yang akan datang..sehingga XTrail bisa tetap kompetitif dengan SUV sekelasnya di pasar Indonesia..
Apa T31 layak dimiliki ? tergantung kondisi..
- Kalo butuh SUV dengan kapasitas bagasi besar, ya mobil ini pantas dimiliki
- Untuk jalan-jalan keluar kota sambil bawa barang bawaan yang banyak ? ya pantas banget dimiliki, tapi tolong pilih versi XTremer yang ada roof lamp, roof lamp XTrail itu membantu banget untuk jalanan luar kota
- Butuh mobil gede dengan tampilan macho nan gagah ? ya boleh aja sih pilih mobil ini
- Apa semua orang di rumah memiliki postur besar ? kalo iya, lupakan mobil ini..2nd rownya nggak begitu nyaman, untung terbayar dengan bantingan yang lembut.
Kalo mau cari SUV dengan safety equipment yang memadai dan fitur yang lebih canggih, mending cari merk lain deh, atau pilih aja Renaul Koleos, secara mekanikal dia sama persis dengan T31, Cuma beda bentuk bodi dan interior aja..
apakah saya menyukainya ? yes, mungkin fitur yang ditawarkan tidak banyak kalo dibanding lawan-lawannya, konsumsi bensin juga rada boros..tapi bagi para penyuka SUV boxy, XTrail sangat terlihat gagah dan macho..terutama versi XTremernya
i love my "truck"
for Nissan XTrail T31 2.5st
- Pros
1. Body gagah
2. Kapasitas bagasi besar
3. Bantingan empuk
4. Nyaman
5. Body tinggi siap nerjang banjir dan jalan rusak
6. Speaker bawaan ajib juga suaranya kalo HU nya mendukung
7. Xenon headlamp with headlamp washer + auto leveling
8. Transmisi CVT tapi tetap bertenaga
9. AC dingin, lumayan untuk Jakarta yang panas
- Cons
1. Bensin boros
2. 2nd row sempit
3. Build Quality not so good
4. Safety feature minim
7. Score
Scorenya untuk Nissan XTrail T31 2.5st Facelift menurut penilaian saya adalah.... 6/10
segitu aja dulu review dari nubitol bin sotoy ini..sori kalo ada kesalahan dan kalimat tidak enak
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Nice ripiu bro haristk... akhirnya ente ripiu juga ni boil sebelum ente diganyang seantero WASeM...
Pertama kali T31 rilis ane lgs bingung...
Mirip bener sama T30...
Sejak kapan batu makam ikut2an Porsche yang begitu2 saja desain nya...
Begitu liat bokong: alamaaaaaakkk... penempatan reverse light sama panel bawah bumper belakang kayak mobil ga jadi... kurang "sesuatu". ga nyambung bener...
Dari kabin, desain head lamp segede gaban T31 bikin masalah tersendiri: blindspot. Tepian muncung mobil dapat bonus tonjolan yg bikin ane ga ngeh... bijimane memperkirakan bagian sisi muncung mobil?
2nd row as usual: rubbish. Tp untungnya, terbayar dengan suspensi terbaik di kelasnya.
Dan dibandingkan dengan rivalnya: CRV RE, seingat ane fitur T31 XT lebih ajib.
Cmiiw...
Pertama kali T31 rilis ane lgs bingung...
Mirip bener sama T30...
Sejak kapan batu makam ikut2an Porsche yang begitu2 saja desain nya...
Begitu liat bokong: alamaaaaaakkk... penempatan reverse light sama panel bawah bumper belakang kayak mobil ga jadi... kurang "sesuatu". ga nyambung bener...
Dari kabin, desain head lamp segede gaban T31 bikin masalah tersendiri: blindspot. Tepian muncung mobil dapat bonus tonjolan yg bikin ane ga ngeh... bijimane memperkirakan bagian sisi muncung mobil?
2nd row as usual: rubbish. Tp untungnya, terbayar dengan suspensi terbaik di kelasnya.
Dan dibandingkan dengan rivalnya: CRV RE, seingat ane fitur T31 XT lebih ajib.
Cmiiw...
Obey the mahakitteh.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
thanks om kitty
untuk fitur kalo bisa dibilang CRV RE dan XTrail 2.5xt/XTremer on par (setara), di Xtremer ada tombol audio di stir sedangkan RE nggak ada. Di RE udah dual zone climate control tapi si Xtremer belom..jadi kayak apa yang ada di XTrail, nggak ada di CRV, begitu juga sebaliknya..kalo CRV RE vs Xtrail 2.5st ya si RE yang menang..menurut ane
ngomong2 soal blindspot, ane lupa...blind spot pillar A itu rada mengesalkan, tapi gak separah blindspot pillar C yang jauh lebih mengesalkan..visibility kebelakang jadi terganggu
untuk moncong, ane lebih mudah nerka moncong ini mobil dimana dibanding moncong Impreza ane, tonjolannya malah membantu ane menerka moncong mobil lagi dimana
untuk fitur kalo bisa dibilang CRV RE dan XTrail 2.5xt/XTremer on par (setara), di Xtremer ada tombol audio di stir sedangkan RE nggak ada. Di RE udah dual zone climate control tapi si Xtremer belom..jadi kayak apa yang ada di XTrail, nggak ada di CRV, begitu juga sebaliknya..kalo CRV RE vs Xtrail 2.5st ya si RE yang menang..menurut ane
ngomong2 soal blindspot, ane lupa...blind spot pillar A itu rada mengesalkan, tapi gak separah blindspot pillar C yang jauh lebih mengesalkan..visibility kebelakang jadi terganggu
untuk moncong, ane lebih mudah nerka moncong ini mobil dimana dibanding moncong Impreza ane, tonjolannya malah membantu ane menerka moncong mobil lagi dimana
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- SM Specialist
- Posts: 15615
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
nice review bro haris
ane dulu pernah miara T31 2009... tipe 2.5St juga, ya bisa dibilang keluaran awal lah.... ane cukup kagum dengan dasbornya yang ber-softpad
T31 FL ini menurut ane jauh lebih bagus dibanding non FL.... headlampnya lebih macho, grillnya lebih kekar, cluster nya mirip VW (dimana yang non-FL itu juelek banget clusternya.... MID aja bentuknya aneh... kalo pernah liat MID nissan juke, sama lah bentuknya ), and dat LED stop lamp... cakep
1 hal yang ane gak suka di T31 type St : SETIRNYA plain banget.... pelit amat tombol audio cuma dikasih di tipe Xt dan XTREMER
ane setuju dengan penempatan reverse lamp di bagian bawah.... rada bahaya buat driver mobil tinggi....
dan ane juga setuju bagasinya enak banget buat bawa barang... apalagi waktu liburan, bagasi diisi barang gak penuh-penuh tapi mengorbankan legroom row 2 yang sangat tidak nyaman untuk diduduki
ane dulu pernah miara T31 2009... tipe 2.5St juga, ya bisa dibilang keluaran awal lah.... ane cukup kagum dengan dasbornya yang ber-softpad
T31 FL ini menurut ane jauh lebih bagus dibanding non FL.... headlampnya lebih macho, grillnya lebih kekar, cluster nya mirip VW (dimana yang non-FL itu juelek banget clusternya.... MID aja bentuknya aneh... kalo pernah liat MID nissan juke, sama lah bentuknya ), and dat LED stop lamp... cakep
1 hal yang ane gak suka di T31 type St : SETIRNYA plain banget.... pelit amat tombol audio cuma dikasih di tipe Xt dan XTREMER
ane setuju dengan penempatan reverse lamp di bagian bawah.... rada bahaya buat driver mobil tinggi....
dan ane juga setuju bagasinya enak banget buat bawa barang... apalagi waktu liburan, bagasi diisi barang gak penuh-penuh tapi mengorbankan legroom row 2 yang sangat tidak nyaman untuk diduduki
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Akhirnya mobil ni direview juga
Nice review bro haris
terus terang ini mobil kompliit betul mulai dari rear airvent dan electric seat dua2nya ( fitur kebanggan ane )
ampe softpad n headlight washer ( br tau xtrail bersoftpad )
Imho Jauh lebih baik daripada RE .....sayang ....interiornya item....tapi cocok dibalut kulit tan/ purple dakkar dan dikasih woodpanel
semakin komplit ni mobil
Nice review bro haris
terus terang ini mobil kompliit betul mulai dari rear airvent dan electric seat dua2nya ( fitur kebanggan ane )
ampe softpad n headlight washer ( br tau xtrail bersoftpad )
Imho Jauh lebih baik daripada RE .....sayang ....interiornya item....tapi cocok dibalut kulit tan/ purple dakkar dan dikasih woodpanel
semakin komplit ni mobil
Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Gak ada stability control? CR-V aja ada + hill start assist, dual zone ac, leather, tombol2 setir, paddle shift, cruise control...katanya Honda pelit?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Nice...
Dashboard xtrail sama teana 2010 aja, banyakan xtrail softpadnya...
Legroom row2 mirip xtrail T30 ya...
Itu setir plain bener, kasih aksen silver dikit kek...
Dashboard xtrail sama teana 2010 aja, banyakan xtrail softpadnya...
Legroom row2 mirip xtrail T30 ya...
Itu setir plain bener, kasih aksen silver dikit kek...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 101
- Joined: Tue Apr 01, 2008 8:38
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
suspensinya gimana ya om?
tahan buat dipake jalanan rusak ga ya?
nice review btw
tahan buat dipake jalanan rusak ga ya?
nice review btw
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 439
- Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
T31 vs RE1/3, diibaratkan seperti Elegan vs Macho. Ane sebenarnya suka T31 dgn segala kelengkapan "Macho"nya, apalagi yg versi XT, ditambah roof lamp jadi makin gagah (selain karena gagah karena bentuk kotaknya). Tapi sayangnya point2 minus T31 ini signifikan, seperti jok baris ke-2 yg super sempit (ane 186 cm tinggi), lebih lega city car & interior yg kurang mewah (no climate control)
Dan sepertinya harus say goodbye untuk semua ke-"Macho"-an di X-trail (body kotak, outdoor accessories), karena model berikutnya jadi elegan seperti CRV.
Dan sepertinya harus say goodbye untuk semua ke-"Macho"-an di X-trail (body kotak, outdoor accessories), karena model berikutnya jadi elegan seperti CRV.
アイドリング!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Mantab reviewnya pm haristk7!
Bacanya betul2 menggambarkan daily usage mobil ini kesannya seperti apa.
Sy jg pernah pakai t31 2.5 st cvt kira2 thn..
Ikut share ya om, kalau kesimpulan sy pakai mobil ini baik yg nyetir maupun penumpang bawaannya bakalan ngantuk semua ha ha..Tapi bukan berarti lemot, imho malah lebih kencang dr crv.. Imho Tp semua dibuat terlalu isolated disconnected antara driver dgn mobil.
Dan satu lagi: cocok isi premium!!
Hidup premium!
Bacanya betul2 menggambarkan daily usage mobil ini kesannya seperti apa.
Sy jg pernah pakai t31 2.5 st cvt kira2 thn..
Ikut share ya om, kalau kesimpulan sy pakai mobil ini baik yg nyetir maupun penumpang bawaannya bakalan ngantuk semua ha ha..Tapi bukan berarti lemot, imho malah lebih kencang dr crv.. Imho Tp semua dibuat terlalu isolated disconnected antara driver dgn mobil.
Dan satu lagi: cocok isi premium!!
Hidup premium!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 578
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Maap typo..
Maksudna om haristk7..
Maksudna pakai selama 2 tahun he he..
Maksudna om haristk7..
Maksudna pakai selama 2 tahun he he..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12275
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Nice review kak haris...
Pernah bawa ini mbl, emang bantingannya empuk banget, plg empuk dr med SUV yg pernah gw naikin...
Tenaga agak ngeden di putaran bawah tp ganas di putaran atas...
Pernah bawa ini mbl, emang bantingannya empuk banget, plg empuk dr med SUV yg pernah gw naikin...
Tenaga agak ngeden di putaran bawah tp ganas di putaran atas...
2021 Fortuner VRZ
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3211
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
nice repiu om... errr... mas... errr.. kak T31 ane demen bodi boxynya...
T31nya keren kak... Putih
T31nya keren kak... Putih
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
@bro ChZ: thank you bro. Personally ane juga kagum ama softpad di T31, setelah diraba-raba banyak juga bagian yang ada softpadnya, emang gak selembut punya CX5 dan Impreza, harus diteken dikit biar kerasa softpadnya..bagasi T31 emang luar biasa besar ya bro hehehe
@bro axala: thank you bro, material interior yang digunakan di T31 ini ternyata lebih oke daripada CRV RE/RM menurut ane, cuma ya build qualitynya harus ada improvement biar nggak mengecewakan kustomer untuk long term nya. Untuk interior ane setuju tuh kalo jok nya dikulitin dengan warna brown atau sejenisnya, cocok untuk interior yang sudah hitam
@om dubz: iya om, disitu letak kelemahan fatal T31 Indonesia, safety feature nya pelit banget..untuk fitur-fitur penunjang convinience emang juga dibawah CRV, bahkan versi fullspec di luar juga nggak dapet itu dual zone climate control..
@fibby: thank you yaa, untuk legroom karena dulu demen nebeng T30 punya temen, emang kerasa mirip, sama-sama sempit..untuk setir yaa maklumin aja kali ya karena emang gak ada pencetan tombol segala macem, kalo versi yang ada pencetan tombolnya ada aksen silver yang selaras ama stirnya
@om CikidingTralala: untuk suspensi sih empuk banget, terempuk di kelasnya kalo ane boleh bilang, untuk ketahanan mobil ini suka dipake laga pantura ke Cirebon, selama ini sih fine-fine aja suspensinya walaupun suka ngehajar lobang pas kecepatan tinggi
@om Tomiko_Van: yup, mungkin T31 ini menjadi the last boxy medium SUV ya dari Japanese brand, versi XTremer emang gagah banget, kotak dan ada roof lamp, kalo dikasih warna abu-abu gelap cakep banget itu, cakep polllll
personally...ane juga kecewa denga XTrail gen 3, meninggalkan kemachoan yang dimiliki pendahulunya
@om hitutbaw: thank you om, temen-temen ane yang kadang nebeng aja cepet terlelap pulas kalo naik T31, kata mereka bantingannya empuk banget berasa kayak sedan medium, jadi bikin cepet ngantuk hehehe
@bro ricz: thank you bro, mobil ini paling enak untuk jalan jauh dengan kecepatan rata-rata 80km/h, mesin dan transmisinya menurut ane klop untuk perjalanan begitu, salip menyalip juga enak, malah ane kadang lebih beringas bawa T31 daripada Impreza kalo di tol
@felly: thank you yaa, ane juga demen body boxy nya, gagah dan macho
@bro axala: thank you bro, material interior yang digunakan di T31 ini ternyata lebih oke daripada CRV RE/RM menurut ane, cuma ya build qualitynya harus ada improvement biar nggak mengecewakan kustomer untuk long term nya. Untuk interior ane setuju tuh kalo jok nya dikulitin dengan warna brown atau sejenisnya, cocok untuk interior yang sudah hitam
@om dubz: iya om, disitu letak kelemahan fatal T31 Indonesia, safety feature nya pelit banget..untuk fitur-fitur penunjang convinience emang juga dibawah CRV, bahkan versi fullspec di luar juga nggak dapet itu dual zone climate control..
@fibby: thank you yaa, untuk legroom karena dulu demen nebeng T30 punya temen, emang kerasa mirip, sama-sama sempit..untuk setir yaa maklumin aja kali ya karena emang gak ada pencetan tombol segala macem, kalo versi yang ada pencetan tombolnya ada aksen silver yang selaras ama stirnya
@om CikidingTralala: untuk suspensi sih empuk banget, terempuk di kelasnya kalo ane boleh bilang, untuk ketahanan mobil ini suka dipake laga pantura ke Cirebon, selama ini sih fine-fine aja suspensinya walaupun suka ngehajar lobang pas kecepatan tinggi
@om Tomiko_Van: yup, mungkin T31 ini menjadi the last boxy medium SUV ya dari Japanese brand, versi XTremer emang gagah banget, kotak dan ada roof lamp, kalo dikasih warna abu-abu gelap cakep banget itu, cakep polllll
personally...ane juga kecewa denga XTrail gen 3, meninggalkan kemachoan yang dimiliki pendahulunya
@om hitutbaw: thank you om, temen-temen ane yang kadang nebeng aja cepet terlelap pulas kalo naik T31, kata mereka bantingannya empuk banget berasa kayak sedan medium, jadi bikin cepet ngantuk hehehe
@bro ricz: thank you bro, mobil ini paling enak untuk jalan jauh dengan kecepatan rata-rata 80km/h, mesin dan transmisinya menurut ane klop untuk perjalanan begitu, salip menyalip juga enak, malah ane kadang lebih beringas bawa T31 daripada Impreza kalo di tol
@felly: thank you yaa, ane juga demen body boxy nya, gagah dan macho
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2968
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Reviewnya capcussss ooom
Kebetulan T31 favorit saya yang pre FL...lebih boxy dan sangar lagi...berasa aura Titan hehehe
Btw CVT nya so far so good? Soalnya banyak problem di t31 pre fl...beberapa ada yang pasang ATF cooler...buat manjangin umur CVT ktnye hehehehe
Kebetulan T31 favorit saya yang pre FL...lebih boxy dan sangar lagi...berasa aura Titan hehehe
Btw CVT nya so far so good? Soalnya banyak problem di t31 pre fl...beberapa ada yang pasang ATF cooler...buat manjangin umur CVT ktnye hehehehe
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 547
- Joined: Sat May 12, 2012 13:30
- Location: Osaka-shi 大阪市
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Nice Repiu Bro Haris
salah satu suv favorite ane juga nih, eksteriornya TOP dah, macho nya juga dapet.
yg naik ini 0 meter gantengnya jd bertambah imo wkwkwkke
ane penasaran itu softpad apaan yakk baru denger istilah itu di mobil, ada busa2 nya gtu
salah satu suv favorite ane juga nih, eksteriornya TOP dah, macho nya juga dapet.
yg naik ini 0 meter gantengnya jd bertambah imo wkwkwkke
ane penasaran itu softpad apaan yakk baru denger istilah itu di mobil, ada busa2 nya gtu
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14333
- Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
- Location: jakarta
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
oom haristk7, knapa ga ambil yang roof lampnya? yg bikin lbh gagah kalau menurut saya ya karena ada roof lampnya
oya oom, bisa nambah sendiri ga itu roof lampnya?
oya oom, bisa nambah sendiri ga itu roof lampnya?
Permisii .............................
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Nice review bro haristk.
Soal 2nd row yg sempit, ane liat di X-Trail 2014 terbaru nanti udh bisa sliding maju mundur 2nd rownya.
Kenyamanan suspensi emang yg terbaik di kelasnya. Empuk bgt, apalagi kalau diganti dgn ban Michelin Latitude Tour dan naik jd 65.
Btw, ban yg versi facelift ini downgrade ya ke Dunlop. Model pra facelifit dikasihnya Bridgestone.
Soal 2nd row yg sempit, ane liat di X-Trail 2014 terbaru nanti udh bisa sliding maju mundur 2nd rownya.
Kenyamanan suspensi emang yg terbaik di kelasnya. Empuk bgt, apalagi kalau diganti dgn ban Michelin Latitude Tour dan naik jd 65.
Btw, ban yg versi facelift ini downgrade ya ke Dunlop. Model pra facelifit dikasihnya Bridgestone.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Mungkin yg penasaran dgn X-Trail terbaru nanti spt apa bisa liat u tube ini:
http://www.youtube.com/watch?v=3HmzaC5i_a8
-LED, HID Xenon
-Dual zone climate control
-Bose audio system 9 speakers
-Turn signal LED di cover mirror yg modelnya jauh lebih mewah
-Panoramic sunroof (bisa dibuka)
-Power tailgate
-Jok 2nd row bisa sliding dan keliatan lebih luas
-Rak bagasinya unik dan multifungsi
-MID nya warna dan informatif
-dll
http://www.youtube.com/watch?v=3HmzaC5i_a8
-LED, HID Xenon
-Dual zone climate control
-Bose audio system 9 speakers
-Turn signal LED di cover mirror yg modelnya jauh lebih mewah
-Panoramic sunroof (bisa dibuka)
-Power tailgate
-Jok 2nd row bisa sliding dan keliatan lebih luas
-Rak bagasinya unik dan multifungsi
-MID nya warna dan informatif
-dll
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 169
- Joined: Fri Aug 23, 2013 12:54
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Itu laci penyimpanan bagasi emang cuma sebelah kanan ya ? Punya tante ane juga cuma sebelah kanan. Kirinya bodong. Pelit amat Nissan. Itu emang dari pabriknya gitu atau "dicopot" lalu dijual terpisah sebagai aksesoris ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1412
- Joined: Sun Nov 18, 2012 10:01
- Daily Vehicle: Pleiades
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
- @bro Iming: CVT so far so good, tidak ada keluhan berarti kecuali ndutndutan khas CVT
- @sist Uchy: thanks sist softpad itu kayak bahan-bahan empuk gitu di interior mobil..cmiiw
- @om nescafe: lucunya nyokap ane nggak demen yang ada rooflamp, rooflamp bisa nambah cuma mahal amit2..bisa tembus 30jeteng
- @om digitall: wah enak banget dikasih bridgestone, ane pengennya ganti ke Yokohama nih om hehehe..setuju, T31 is the best deh kalo soal bantingan empuk, tapi 2nd row nya amit2
- @om demonusil: laci sebelah kiri dijual terpisah, pelit amat ya Nissan..laci doang dijual terpisah..mahal pula..tembus 1jt kalo gak salah
- @sist Uchy: thanks sist softpad itu kayak bahan-bahan empuk gitu di interior mobil..cmiiw
- @om nescafe: lucunya nyokap ane nggak demen yang ada rooflamp, rooflamp bisa nambah cuma mahal amit2..bisa tembus 30jeteng
- @om digitall: wah enak banget dikasih bridgestone, ane pengennya ganti ke Yokohama nih om hehehe..setuju, T31 is the best deh kalo soal bantingan empuk, tapi 2nd row nya amit2
- @om demonusil: laci sebelah kiri dijual terpisah, pelit amat ya Nissan..laci doang dijual terpisah..mahal pula..tembus 1jt kalo gak salah
#menolaklupa
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
"If you think education is expensive, try the cost of ignorance"
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
boleh tau rekan2 di SM kalo beli ATF cooler di mana yah? kayaknya butuh nih secara sering banget terjebak macet berjam2...
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
nice review om..
Xtrail T31 ini memang mantap, uda electric seat di driver dan penumpang depan, banyak softpad di interior, headroom berlimpah, cuma memang legroom baris keduanya agak sempit..
Xtrail T31 ini memang mantap, uda electric seat di driver dan penumpang depan, banyak softpad di interior, headroom berlimpah, cuma memang legroom baris keduanya agak sempit..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4595
- Joined: Sun Oct 09, 2016 15:14
- Location: East Jakarta
- Daily Vehicle: BRV Prestige Non HS 2023 - AN HRV SE 2023
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Nice review om
Xtrail T31 ini memang mobil yang bagus om, sayang isu realibility & rattling interior menjadi penghambatnya, model gagah, fitur melimpah, bagasi luas & peformanya menjadi kelebihan meskipun harus dikompensasi dengan konsumsi BBM yang boros menurut saya, btw denger2 T31nya udah lama dilego ya? hahaha
Xtrail T31 ini memang mobil yang bagus om, sayang isu realibility & rattling interior menjadi penghambatnya, model gagah, fitur melimpah, bagasi luas & peformanya menjadi kelebihan meskipun harus dikompensasi dengan konsumsi BBM yang boros menurut saya, btw denger2 T31nya udah lama dilego ya? hahaha
Past:
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
'09 GE8
'10 CRV RE
'13 CX5
'17 Xpander
'19 Yaris
'18 CX5
'18 ANF 2GD
'18 HRV
'18 ANKI 2GD
'19 CRV
'14 GNKI 1TR
'22 brio
'18 RX300
'18 ANPS
Now:
'23 voxy
'23 BRV
'23 HRV
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2111
- Joined: Wed Jan 25, 2017 9:12
Re: Review: Nissan XTrail 2012 T31 2.5st Facelift
Xtrail ane ditawar temannya teman ane..akhirnya deal.. mobil diambil akhir bulan ini..
karena belakangan jarang pake 2 mobil.. lebih sering pake taxol.. lebih praktis.. mengenai mobil pengganti belum kepikiran lagi..