Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ZombiEE »

smurfy wrote:Blom dapat bahasan lengkap dari para master...
mestinya ada yg review singkat disini, accord dan civic dari masa ke masa..
bbrp master uda ada yg review perbandingan accord, cuma kurang dapet feel masa ke masanya..
nubie blom dapet esensinya, gmn feel accord prestige, maestro, cielo, cielo vtec, accord cm5, accord cp2, all new accord?
Sama oom..nubie juga belum "dapat"...
smurfy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Mon Dec 09, 2013 16:53

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by smurfy »

Sama oom..nubie juga belum "dapat"...[/quote]

Hehehe..salam hormat suhu jemb...
Sampe skrg kl liat bahasan nya, mungkin lbh tepat judul trit:
Built quality honda dari masa ke masa
Cmiww
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

walid_007 wrote:@om dj

Klo memang honda meniru mb, knp ia hanya meniru size e claas untuk accord,
Kenapa ga meniru quality ny?
Biarkan aja feel honda seperti apa ,
tp bisa ngak head2head dg e class sec langsung?


kenapa si accord hanya bisa melawan camry, m6, malibu dkk?
...

Really? :e-think:

Is that even a question? :e-doh:

Sorry, soalnya kalau memang itu pertanyaan betulan, untuk menjawab lengkapnya saya bisa elaborate sampai 10 halaman word mungkin.. Malah mungkin lebih kalau ditambah analisa PEST, TOWS, Six Sigma, dan lain-lain ane bisa bikin satu buku khusus buat bahas pertanyaan ini doang.. Tapi karena jari ane dah cukup sengklek hari ini, dan yang baca masih manusia normal, ane akan bahas dalam pocket edition aja, mungkin saya kasih judul:

Honda Business Strategy for Dummies

OK. Long story short, supaya perusahaan yang menjual produk itu bisa sukses, butuh adanya bisnis strategi yang jitu. Proses pembentukan bisnis strategi ini gampangnya melalui proses awal STP (Segmenting, Targeting, Positioning), intinya dari sini kita bisa tau seberapa luas pasar yang dituju, segmen pasar mana yang dituju, dan seperti apa kita menempatkan produknya; bahasa manusianya: menentukan product perception.

Setelah STP, perusahaan masih perlu melakukan diferensiasi produk, yaitu ciri khas yang bisa menjadi kelebihan kompetitif dan sekaligus identitas produk dibanding pesaingnya. As simple as that.

Setelah itu masih puanjang lagi, ada teori Selling, ada Marketing Mix, ada Value analysis (Brand, Service, Process), tapi pada intinya semua mengerucut kepada satu kata, yaitu; KARAKTER.

Ok, masuk ke teori Car Company Business Analysis secara general. Kalau dibenturkan dengan teori diatas, berarti apa yang harus dimiliki oleh perusahaan mobil, anak-anak?.. Apa?... Pinterr..... Betul, jawabannya adalah Karakteristik produk. Karakter ini bukan hal instan yang bisa selalu langsung sukses di aplikasikan, minimal harus melalui trial dan error. Karakter membutuhkan waktu yang sangat lama untuk tumbuh dan harus di nurture betul oleh perusahaan agar selalu menjadi fokus utama. Perusahaan pasti akan investasi 100% seluruh modal dan asset nya untuk membentuk, apalagi menjaga, karakter dan kelebihan kompetitif yang mereka punya, termasuk juga mindset pelanggan terhadap produknya, singkatnya; perusahaan gak akan pernah ganti karakter utama produk dan service nya.

Yang jadi pertanyaan, apa sih "karakter" nya Honda?...

Nah ini pentingnya kita menilik dari sejarah, karena dengan pergerakan otoritas regional, mindset pelanggan bisa sedikit shifting dari mindset globalnya karena produknya sedikit berbeda. Makanya di halaman sebelumnya ane rela tuh panjang lebar cerita sejarah, penting menurut ane.

Kalau udah pada baca, ada dua poin utama yang jadi karakter produk Honda, yaitu:
1) Mesin dengan Efisiensi tinggi (performa sebanding dengan konsumsi).
2) Reasonably Priced. Bahkan dalam membuat sport car (S500, S2000, NSX - you name it).

-End of Chapter 1-

...

Next.

Seberapa besar Honda bisa berkembang, sehingga menyesuaikan global produknya untuk memenuhi demand dari banyak region tanpa menghilangkan "karakter" ini? Disini cara gampangnya bisa lewat TOWS matrix. Ada elemen Threat, Opportunity, Weakness, and Strength. Dengan skema simpel ini objektif perusahaan bisa disesuaikan karena bisa diketahui faktor internal dan eksternal apa yang favorable dan unfavorable untuk dilakukan. Tentunya, karakter yang udah di nurture lama oleh perusahaan menjadi elemen paling penting di Strength, menjadi salah satu perimeter perusahaan bisa berubah dan berkembang sejauh apa.

Nah ini nyambung ke pertanyaan simpel bro walid, "Kenapa Gak Head To Head Langsung Dengan E-class?".. Kalau nangkep penjelasan saya diatas, pasti udah kebayang apa jawabannya kan?

Banyak faktor yang membuat kenapa Honda nggak akan pernah menyamai kualitas Mercedes dalam produknya (lingkup Honda ya, Acura bisa jadi berbeda.. Jangan melebar kemana-mana). Coba, kira-kira apa?

Jawaban logis nomer 1 yang biasa keluar dari sisi pengamat bisnis adalah; butuh investasi terlalu besar untuk menyamai R&D Mercedes di bidang trimming, fit and finish standard.

Jawaban logis nomer 1 yang biasa keluar dari sisi produsen dan pengembang adalah; kelayakan. They may be able, but they will need a lot of effort, money, and time. Is it worthed?

Tapi sebenernya pertanyaan paling krusial selalu pertanyaan yang biasanya keluar dari sudut pandang konsumen; Ini Honda? kok mahal? kok ribet? kok kayak gini?

Jika sampai timbul pertanyaan tentang jati diri sebuah merk dan menimbulkan kebingungan, itu malapetaka bagi business strategist. Contohnya? Lihat tret ini, karena mindset yang tidak bisa di definisikan secara clear oleh HPM ke produk-produknya sampai banyak yang justifikasi apakah HPM masih Honda.. Padahal produknya masih cheap and cheerful. Kebayang jika melencengnya jauh hingga menjadi luxury?

Dengan invest menyamai kualitas sampai E-class, Honda pasti bakal kasih price tag mahal yang sesuai dengan kualitas produknya. Bukan hanya dari segi development produk, dengan tag Joyful Honda, bisa jadi ASS nya harus di desain ulang dari ground-up. Dan kalau biayanya dimasukkan kedalam harga produk, Honda mau semahal apa? Dan siapa yang mau beli? Bukan karena harga utamanya tapi Persepsi. Persepsi orang tidak akan bisa diubah bahwa... Honda is Honda.. It will never be a Mercedes. Jadi....... Siapa konsumen Honda?....

:big_chicken:

-End of Chapter 2-

...

Chapter 3

Definisi terbatas "Benchmarking" terhadap merk lain. Ketika suatu produk mengatakan dia melakukan benchmarking terhadap merk lain, belum tentu semua parameter nya di bandingkan. Benchmark ada sebagian dan ada keseluruhan. Simpel nya, dalam kasus bisnis yang dilakukan oleh perusahaan yang sudah mapan, benchmark nggak pernah berarti pembandingan seluruh parameternya, selalu sebagian saja.

Hubungannya sama Honda? Ya kalau mereka klaim benchmark ke Ford dan Mercedes, bukan berarti semua aspek mereka ikuti, tentunya hanya sebagian saja yang memang sama atau parameter yang mirip dan general. Contohnya? Size, Design, Safety standard, Equipments.

Bisa jadi mereka melakukan benchmark ke bagian yang spesifik contohnya seperti : Ride and Handling.

Hal-hal kayak gini sih udah lumrah di bisnis. Bahkan di masa sekarang udah gak pakai rahasia-rahasian. Mercedes, Audi, Toyota melakukan benchmarking besar-besaran ke handling BMW, mereka rame-rame develop drivetrain di Nurburgring. Pengen bisa menyetarai waktu yang dicatat dengan feel legendaris BMW di jalan tapi tetep pengen signature mobil mereka sendiri ada. Merc mengelabui nya dengan torsi besar dan diff-lock super canggih, Audi dengan Quattro dan active suspension, dan Toyota dengan mesin yang bisa revving instan dibarengi pengurangan bobot kendaraan.

Tapi kalau sudah bahas diluar power dan drivetrain, sampai ke aspek kualitas buatan, itu menjadi terlalu spesifik, apalagi kalau mau di terapkan diseluruh global product. Untuk single product masih wajar, seperti new S-class yang benchmark kualitas interiornya adalah Bentley Mulsanne. Tapi untuk semua lini produk merk yang sudah mapan mendapatkan benchmarking di sektor kualitas interior untuk naik kelas, AFAIK nggak ada perusahaan yang rela invest disana, karena mereka justru beresiko menimbulkan kebingungan konsumen dan menghilangkan engagement. Dalam bahasa dummy; Suicidal move.

-End of Chapter 3-

CMIIW, mohon koreksinya. Semoga mengerti ya bro walid. Saya gak perlu bikin kesimpulan kan di chapter 4 kenapa Honda gak perlu menyamai kualitas trimming dan fit finish Mercedes?... Semoga...

*cek halaman
*bujug.. pocket edition aja 4 halaman
*cek jari
*yak 8 sengklek

:big_chicken:

:thanks:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

hitutbaw wrote:Wah mgkn sy yg apatis..
Joy of creating, joy of buying, joy of selling itu mah bukannya semua pabrik mobil dan cust jg begitu? Hahaa..

Kalau sampai gak joy2an berarti sadis tuh pabrik mobil..dan menyedihkan juga customernya

Nggak joy of selling.. Abis jualan, 2 thn lg udah gak ada tuh dealernya, bengkel resmi gak ada, sparepart gak jelas, mobil byk kasus customer gak tau solvingnya ke mana..
Nggak joy of buying.. Abis belinya jg kepaksa.. Gak suka modelnya, gak suka interiornya.. Kenapa beli? Ya kepaksa.. Kepaksa budget, kepaksa mainstream, kepaksa hrs beda sama tetangga, kepaksa kl pake model ini berarti dianggap org berpikiran maju gak kuno..ada yg gini ya?

Nggak joy of creating.. Ini arahnya ke kenikmatan modifikasi? Apa iya sih ada pabrik sengaja bikin mobil utk asik dimodif demi kenikmatan cust nya?
Toyota sengaja bikin innova diesel cupu biar asik dimodif? Kl niat mah mobil ganas aja msh dimodif..
Porsche aja byk versi modifnya..GTR aja msh ada versi nissmo yg lebih gahar...ujungnya mah hoby, bisnis tuner, hawa napsu modif, biar gaul, atau tulus modif krn ada kekurangan di mobilnya..bukan dari pabrikan tulus bikin mobil setengah spek biar asik dimodif, yg ada jg biar cost turun atau biar ada bisnis spare part tuning atau yg sadis memanfaatkan semangat abg alay sbg remaja mencari jatidiri utk memperkuat eksistensinya di teman2nya dgn memberinya pemahaman nih mobil beli aja asik loh modifnya..sesat.

Semuanya imho dan cmiiw ya.. No hard feeling, sy mgkn yg terlalu apatis dunia udah kapitalis semua, yg penting profit...
Sebenernya definisi Joy masing2 bukan kayak gitu tepatnya pak hitut... Lebih ke arah pembentukan (semi)closed-environment untuk membentuk customer engangement... Kalok googling mungkin lebih afdol dr ane yang gak pinter jelasin uwkwkwk...

Tapi beberapa poin yang mau ane coba tambahkan; betul di masa sekarang nyaris semua pabrikan mobil membentuk closed-environment seperti ini, tapi di masanya, Honda adalah pioneer nya... Dan sempat sukses menyebabkan Honda memiliki banyak fans fanatik.

Tapi diluar itu, dari scope luas, Yes, it is capitalist movements. Walau nggak seburuk Ferrari yang sampai jual after shave. :weekk:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by doq »

Go.....ane request donk
Minta tolong bikinin penjelasan versi dummies nya dari "Honda Business Strategy for Dummies" :ungg: :ungg:
Ra mudheng keneh aink teh.......









:ngacir:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by hitutbaw »

@artodetoo
Yup..kl gak terjadi tuh joy of buying maka malah akan jd joy of bullying om mod.

Saat org beli mobil pasti joy, apapun jenis, merk, atau hrga mobilnya. Liat aja tiap ada member abis beli mobil misal stlh minta suggest dan review master2 sini pasti akan diberi selamat atas mobil baru nya..
Di sini poinnya, kalau beli mobil aja gak joy (ini yg utk dipakai sendiri ya bukan utk usaha dll) maka utk apa udah keluar dana besar gak joy, mending utk hal lain dananya..
Pastilah dapet joy nya terlepas dari apa pun referensinya..nah kalau saat beli aja gak dapet joy nya jd kasihan imho, mgkn ya latar belakang atau motivasinya yg kurang tepat..
Pabrik mobil mana pun pasti berusaha utk buat value propotion msg2 shingga cust nya pas beli mobilnya akan joy.. Kl nggak ya gak dibeli lah.

Misal.. Beli avanza gak joy? Justeru akan dapet reliability nya, peace of mind, bengkel byk, GC tinggi, kuat nanjak..

Memang gak semua bs sesuai ekspektasi kan gak semua bisa beli merci, tapi pasti tetap joy..utk overcome kekurangannya ada di trit nya om turbo dll..

Sy jg masih pengen denger sharing utk feel honda ini gmn ya skrg?
Tapi senang sekali sy dpt pencerahan visi, filosofi, winning bussiness strategy, history pabrikan di sini ken membantu memandu dan lebih tepat memahami karakter feel mobil itu, tapi tetap final judgement ya diri kita sendiri..imho cmiiw..
Andhyka
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 421
Joined: Mon Nov 19, 2012 9:42

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by Andhyka »

Penjelasan yang sangat baik dan menyeluruh dari master AD74YA :big_exellent: :frm_salut:

Nubie mau menambahkan saja, dulu saya rasa image Honda identik dengan performance dan ASS/RV. Orang memilih Honda jika pengen performa yang lebih baik dengan harga dan ASS/RV yang mirip dengan kompetitornya aka Toyota. Sekarang image Honda lebih condong jualan untuk keiritan mesin dan kebutuhan mobil sehari-hari. Dimana kompetitor lain menggunakan mesin DOHC dan VVT, Honda malah downgrade ke mesin SOHC dan menambahkan fitur ECO demi FC lebih tinggi.
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6437
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by b0ku »

kalo menurut ge seh ud pernah pake city 2004 ke freed 2010 malah banyak improvement apalagi dari segi reability , rigidity sama fell Epsnya. keliatan chasis baru di freed jauh lebih enak padahal freed mini van di banding city handlingnya enakan freed jauh apalagi buat aggresive driving.

lagian honda waktu bikin accord 2008 emang keliatan bangeet galaunya sampe fellnya ilang lanjut ke civic malah banyak kena complaint di us hasilnya baru setaon keluar lsg facelift lagi, teruss CRV baruu nice car tapi gw ngeliat masih masih masuk produk gagalnya honda

since accord semuanya mulai better. just wait for new jazz :mky_02:

soal mesin jgn salahin hondanya juga mereka kena regulasi mesin N/A itu susah lolos regulasi emisi gw agak kecewa waktu taon 2010 kalo gak salah inget diamana semua mobil N/A fave gw pada tumbang satu2x , 6300 AMG diganti 5500 TURBO :frm_bang_head: , K20A1 koit di ganti K24 :frm_bang_head: , V8 4000CCnya M3 di ganti I6 TWIN TURBO 3,5 :frm_bang_head: , V10 nya M5 di ganti V8 turbo polar bear friendly :frm_bang_head:

kalo gw bilang mau dapat fell honda lama balik lagi trondolin peredamnya, korek mesinnya jadi High revvy you will got better car soalnya chasisnya makin rigid :ngacir:

gw inget banget waktu coba estilo 150hp n/a temen gw ni mobil emang sensasinya bikin nagih :glodak:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by amfibi »

Dimohon untuk SMers, komen di atas ane jangan dibales...

Trit ini msh sangat bergizi, jangan dibuat rusak dengan membahas chasis rigid, cornering, sunat mbl eropa, & hal2 lainnya yg mengotori trit...

*from WASem family

:beer:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

doq wrote:Go.....ane request donk
Minta tolong bikinin penjelasan versi dummies nya dari "Honda Business Strategy for Dummies" :ungg: :ungg:
Ra mudheng keneh aink teh.......









:ngacir:
Awak aja bingung... apaaa yang awak tulis..... :big_slap:

Dummies mode: ON

Perubahan kebiasaan Honda yang memiliki interior lebih condong ke spartan/bullet-proof tapi memiliki desain cantik yang berbeda dengan rivalnya menjadi menyasar ke kelas luxury (jika patokannya E-class) beresiko membuat adanya shifting perception kalau Honda sudah berubah. Akibatnya? Well, to put it simply; Customer hates Changes. Perubahan bisa di interpretasikan sebagai signal negatif, pada akhirnya membuat keraguan.. Apalagi dengan sudut pandang yang sudah sangat vary;
1. H@rdcore fanboy masih melihat Honda seperti Tamiya yang potensi upgrade nya besar, kalau berubah jadi luxury, artinya semua akan sudah built-in, tidak fleksibel untuk di modifikasi
2. Fanboy biasa masih suka understatement ketika naik Honda. Karakter "sleeper" yang melekat erat sama mobil ini bisa jadi hilang ketika Honda jadi mobil luxury, karena jadi nggak understated lagi
3. Customer biasa dan baru bakal seneng-seneng saja, tapi frame di pikiran mereka sudah pasti bahwa Honda adalah mobil lux, ketika line up lain keluar dan prinsip lux nya gak ada, kepercayaan mereka bisa hilang.

Dari 3 segmen konsumen itu saja, bisa dilihat kan resiko perubahannya? Soalnya berhubungan erat dengan karakter Honda yang sudah saya sebutkan sebelumnya. Kalau konsumen udah gak percaya, gak ada engagement, wis bubar jalan.

Contoh kasus simpel ginian banyak sebenernya... Waktu Honda bikin CVT, fans mulai negatif.. Suspensi makin soft kesini, fans negatif.. Bentuk makin konvensional kesini, fans negatif.. Puncaknya waktu Honda memutuskan gak lagi bikin Coupe dan fokus ke mobil keluarga, Honda sempet drop gila-gilaan tuh sampai hampir bangkrut.

Masih pada inget gak sih? Honda malah sempat mau dibeli sama Mitsubishi tahun 1992-1993 setelah mereka memutuskan fokus bikin mobil keluarga dan stop coupe.

Intinya: Customers Hate Changes. -> ini udah versi dummy paling dummy :big_chicken:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by artoodetoo »

nah, customer yg benci perubahan seperti itu nampaknya menjangkiti semua bidang, di IT misalnya, masih banyak yg kekeuh maunya pake winXP

*lirik moot VM*

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by axala »

b0ku wrote:kalo menurut ge seh ud pernah pake city 2004 ke freed 2010 malah banyak improvement apalagi dari segi reability , rigidity sama fell Epsnya. keliatan chasis baru di freed jauh lebih enak padahal freed mini van di banding city handlingnya enakan freed jauh apalagi buat aggresive driving.

lagian honda waktu bikin accord 2008 emang keliatan bangeet galaunya sampe fellnya ilang lanjut ke civic malah banyak kena complaint di us hasilnya baru setaon keluar lsg facelift lagi, teruss CRV baruu nice car tapi gw ngeliat masih masih masuk produk gagalnya honda

since accord semuanya mulai better. just wait for new jazz :mky_02:

soal mesin jgn salahin hondanya juga mereka kena regulasi mesin N/A itu susah lolos regulasi emisi gw agak kecewa waktu taon 2010 kalo gak salah inget diamana semua mobil N/A fave gw pada tumbang satu2x , 6300 AMG diganti 5500 TURBO :frm_bang_head: , K20A1 koit di ganti K24 :frm_bang_head: , V8 4000CCnya M3 di ganti I6 TWIN TURBO 3,5 :frm_bang_head: , V10 nya M5 di ganti V8 turbo polar bear friendly :frm_bang_head:

kalo gw bilang mau dapat fell honda lama balik lagi trondolin peredamnya, korek mesinnya jadi High revvy you will got better car soalnya chasisnya makin rigid

gw inget banget waktu coba estilo 150hp n/a temen gw ni mobil emang sensasinya bikin nagih :glodak:
amfibi wrote:Dimohon untuk SMers, komen di atas ane jangan dibales...

Trit ini msh sangat bergizi, jangan dibuat rusak dengan membahas chasis rigid, cornering, sunat mbl eropa, & hal2 lainnya yg mengotori trit...

*from WASem family

:beer:
Ente betul fib :mky_03: :mky_03:

kedamaian harus dipertahankan di thread yg berpotensi menimbulkan peperangan dan perpecahan macam thread ini :big_smoking:

karena bisa aja nanti ada perang pecah di thread ini :big_slap: :big_slap:
Pursuit of Perfection
angel dash
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Jul 14, 2012 2:55

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by angel dash »

ricz wrote:Honda skrg mah sampah... Beda ama Honda dulu...

i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...

Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...

Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
I-vtec banci?? Oh my :D

Berarti integra DC5, civic type-r ep2 & accord euro-r kalah enak dibanding siti type-z & stream 1.7 = joke of the decade :D

Oh iya, stream 1.7 yg anda sembah2 itu adalah versi pahe/sunat/boyo dari stream 2.0 bermesin i-vtec yg anda bilang banci loh :D
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ricz »

Oh ya, emang...

Brio sotoy yg anda sembah ampe mati pun juga banci loh i-VTECnya... :mrgreen:

CRV RM gw juga banci tuh i-VTECnya... :mrgreen:

Pengalaman ente cetek sih, coba bandingin tuh Brio Sotoy yg plg anda puja ampe mati tuh ama Stream... :mrgreen:

Ga ad pengalaman ya gitu deh... Ga heran... :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

artoodetoo wrote:nah, customer yg benci perubahan seperti itu nampaknya menjangkiti semua bidang, di IT misalnya, masih banyak yg kekeuh maunya pake winXP

*lirik moot VM*

:ngacir: :ngacir: :ngacir:
Mana ...?
Mana...?
:big_grin:
axala wrote:
b0ku wrote:kalo menurut ge seh ud pernah pake city 2004 ke freed 2010 malah banyak improvement apalagi dari segi reability , rigidity sama fell Epsnya. keliatan chasis baru di freed jauh lebih enak padahal freed mini van di banding city handlingnya enakan freed jauh apalagi buat aggresive driving.

lagian honda waktu bikin accord 2008 emang keliatan bangeet galaunya sampe fellnya ilang lanjut ke civic malah banyak kena complaint di us hasilnya baru setaon keluar lsg facelift lagi, teruss CRV baruu nice car tapi gw ngeliat masih masih masuk produk gagalnya honda

since accord semuanya mulai better. just wait for new jazz :mky_02:

soal mesin jgn salahin hondanya juga mereka kena regulasi mesin N/A itu susah lolos regulasi emisi gw agak kecewa waktu taon 2010 kalo gak salah inget diamana semua mobil N/A fave gw pada tumbang satu2x , 6300 AMG diganti 5500 TURBO :frm_bang_head: , K20A1 koit di ganti K24 :frm_bang_head: , V8 4000CCnya M3 di ganti I6 TWIN TURBO 3,5 :frm_bang_head: , V10 nya M5 di ganti V8 turbo polar bear friendly :frm_bang_head:

kalo gw bilang mau dapat fell honda lama balik lagi trondolin peredamnya, korek mesinnya jadi High revvy you will got better car soalnya chasisnya makin rigid

gw inget banget waktu coba estilo 150hp n/a temen gw ni mobil emang sensasinya bikin nagih :glodak:
amfibi wrote:Dimohon untuk SMers, komen di atas ane jangan dibales...

Trit ini msh sangat bergizi, jangan dibuat rusak dengan membahas chasis rigid, cornering, sunat mbl eropa, & hal2 lainnya yg mengotori trit...

*from WASem family

:beer:
Ente betul fib :mky_03: :mky_03:

kedamaian harus dipertahankan di thread yg berpotensi menimbulkan peperangan dan perpecahan macam thread ini :big_smoking:

karena bisa aja nanti ada perang pecah di thread ini :big_slap: :big_slap:
Yup, betul....
Trid nya bicara apaa, dia mbalesnya apa...

Kesian nggada wadah buat bahan curcolan...
:big_biglaugh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16798
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ChZ »

ricz wrote:Oh ya, emang...

Brio sotoy yg anda sembah ampe mati pun juga banci loh i-VTECnya... :mrgreen:

CRV RM gw juga banci tuh i-VTECnya... :mrgreen:

Pengalaman ente cetek sih, coba bandingin tuh Brio Sotoy yg plg anda puja ampe mati tuh ama Stream... :mrgreen:

Ga ad pengalaman ya gitu deh... Ga heran... :mrgreen:
brio ?

real brio cm yang 1.3L :mky_03:

brio 1.2L dan sotoy.... :big_slap:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by AD74YA »

ricz wrote:Honda skrg mah sampah... Beda ama Honda dulu...

i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...

Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...

Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
Tapi, Ricz, komen ente ini emang menarik...

Ane juga tergelitik untuk komen sebenernya, tapi ane pentingin jabarin company history nya dulu di halaman sebelah..

Maksudnya gini,yang pengen ane tanyakan, dilihat dari sudut pandang apa i-VTEC disebut sebagai VTEC banci? Apa hanya karena faktor sound saja? Atau karakter apa yang sebenernya berubah drastis dari VTEC yang ente rasakan?

Soale, AFAIK, bedanya VTEC sama i-VTEC itu kalau bahasa dummy-nya cuma:

VTEC = Bodo
i-VTEC = VTEC yang rada pinteran, karena ada imbuhan intelligent-nya .. :upss:

Mohon pencerahannya ricz.. :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by imingwahyudi »

ChZ wrote:
brio ?

real brio cm yang 1.3L :mky_03:

brio 1.2L dan sotoy.... :big_slap:
Mesin peresan tebu :mky_03:
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by amfibi »

angel dash wrote:
ricz wrote:Honda skrg mah sampah... Beda ama Honda dulu...

i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...

Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...

Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
I-vtec banci?? Oh my :D

Berarti integra DC5, civic type-r ep2 & accord euro-r kalah enak dibanding siti type-z & stream 1.7 = joke of the decade :D

Oh iya, stream 1.7 yg anda sembah2 itu adalah versi pahe/sunat/boyo dari stream 2.0 bermesin i-vtec yg anda bilang banci loh :D
Komen yg ini juga mohon jangan dibales & didebatkan...

Trit masih bergizi, sayang kalo trit jd penuh debat ga penting... :beer:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

angel dash wrote:
ricz wrote:Honda skrg mah sampah... Beda ama Honda dulu...

i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...

Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...

Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
I-vtec banci?? Oh my :D

Berarti integra DC5, civic type-r ep2 & accord euro-r kalah enak dibanding siti type-z & stream 1.7 = joke of the decade :D

Oh iya, stream 1.7 yg anda sembah2 itu adalah versi pahe/sunat/boyo dari stream 2.0 bermesin i-vtec yg anda bilang banci loh :D

Disini nggada yang sembah sembah merk dan model tertentu.
Disini yang ada adalah apa adanya. Mobil sendiri yang diperoleh dengan perasan darah dan keringat pun, kalau ada yang ngga enak ya kami bilang ngga enak juga kok. Apa adanya dimana ngga enaknya. Bukan lantas disembah setinggi langit. Ngapain? Barang mati itu.
Driving style enak ya dibilang enak, driving style dirasa sampah ya dibilang sampah... Itu hanya contoh kecil aja yang kami lakukan disini.

Oia, belum tau ya kalau mobil merk tertentu yang muahal ngejubile juga dicaci disini, eh?
Harganya ember emberan loh.... gue aja ngebayanginnya udah ngga berani.
Tapi kalo emang ngga enak, untuk pemakaian dalkot dan driving position, mosok lantas dibilang enak hanya karena liat harganya yang ampe ember emberan?

Itulah bedanya disini.
:big_biglaugh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ricz »

AD74YA wrote:
ricz wrote:Honda skrg mah sampah... Beda ama Honda dulu...

i-VTEC itu mah VTEC banci... Ga kek VTEC lama...

Beda loh feel bawa Stream ama CRV RM... Di CRV, gw jadi ga pengen ngebut... Sedangkan di Stream, kek ad setan yg ngebisikin, "Ricz, bawa Stream ini lebi kencang lg" Dan suaranya bagus... ga kek Hando masa kini yg jelek suaranya...

Makanya ad quote berkata, "Old Hondas never die, they just get faster"
Tapi, Ricz, komen ente ini emang menarik...

Ane juga tergelitik untuk komen sebenernya, tapi ane pentingin jabarin company history nya dulu di halaman sebelah..

Maksudnya gini,yang pengen ane tanyakan, dilihat dari sudut pandang apa i-VTEC disebut sebagai VTEC banci? Apa hanya karena faktor sound saja? Atau karakter apa yang sebenernya berubah drastis dari VTEC yang ente rasakan?

Soale, AFAIK, bedanya VTEC sama i-VTEC itu kalau bahasa dummy-nya cuma:

VTEC = Bodo
i-VTEC = VTEC yang rada pinteran, karena ada imbuhan intelligent-nya .. :upss:

Mohon pencerahannya ricz.. :big_peace:
Karakternya itu loh...

VTEC menurut gue tenaganya lebi nendang & nampol... i-VTEC ga terlalu nendang tenaganya...

Trus suaranya itu loh... ngebass bgt...

Mkny gw blg i-VTEC itu banci krn feelnya ga terlalu enak banding VTEC... Itu yg kelas jelata loh, bukan yg kelas elit macam Type R sebangsanya..

Gitu loh oom... :mky_01:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
angel dash
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 21
Joined: Sat Jul 14, 2012 2:55

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by angel dash »

ricz wrote:Oh ya, emang...

Brio sotoy yg anda sembah ampe mati pun juga banci loh i-VTECnya... :mrgreen:

CRV RM gw juga banci tuh i-VTECnya... :mrgreen:

Pengalaman ente cetek sih, coba bandingin tuh Brio Sotoy yg plg anda puja ampe mati tuh ama Stream... :mrgreen:

Ga ad pengalaman ya gitu deh... Ga heran... :mrgreen:
Wah luar biasa, segitu terkontaminasinya pemikiran anda cuma karena 'sensasi' suatu mobil yg secara teknis & fakta adalah mobil yg biasa2 saja. Sama seperti testimoni anda & the gank terhadap mobil 3 silinder yg memberi sensasi mobil balap tapi hanya suaranya doank :upss:

Wah jgn terlalu jauh donk bandingin stream vs brio, lagian waktu stream masih beredar brio blm lahir. Dulu wkt ane sering bawa lancer cb4 yg powernya lebih rendah beberapa kali ketemu stream 1.7 agresif tapi gampang bgt tuh lewatinnya, keplek-klepek tuh stream sesembahan anda :mrgreen:
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ricz »

Lagian jangan bandingin MPV ama sedan donk, dongok sekali anda :mrgreen:

Lancer bandinginnya ama Civic lah ngok... :mrgreen:

Klo kata org medan, "tua lan" :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by VanzMatic »

angel dash wrote:
ricz wrote:Oh ya, emang...

Brio sotoy yg anda sembah ampe mati pun juga banci loh i-VTECnya... :mrgreen:

CRV RM gw juga banci tuh i-VTECnya... :mrgreen:

Pengalaman ente cetek sih, coba bandingin tuh Brio Sotoy yg plg anda puja ampe mati tuh ama Stream... :mrgreen:

Ga ad pengalaman ya gitu deh... Ga heran... :mrgreen:
Wah luar biasa, segitu terkontaminasinya pemikiran anda cuma karena 'sensasi' suatu mobil yg secara teknis & fakta adalah mobil yg biasa2 saja. Sama seperti testimoni anda & the gank terhadap mobil 3 silinder yg memberi sensasi mobil balap tapi hanya suaranya doank :upss:

Wah jgn terlalu jauh donk bandingin stream vs brio, lagian waktu stream masih beredar brio blm lahir. Dulu wkt ane sering bawa lancer cb4 yg powernya lebih rendah beberapa kali ketemu stream 1.7 agresif tapi gampang bgt tuh lewatinnya, keplek-klepek tuh stream sesembahan anda :mrgreen:
Ketauan banget ngga pernah TD Mirage 3 silinder yak?

Mirage merah khas momod SM akan datang....
:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12278
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Perbandingan "Feel" sebuah honda dari masa-kemasa

Post by ricz »

Biasa, yg terlalu pinter tp pengalaman ga ada sih gitu... :mrgreen:

Ga heran omongannya kek gitu... :mrgreen:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165