WTA Dastek Q di nissan evalia

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by vipere »

Bros, mau tanya nih. Supaya evalia lebih mantep di tanjakan, pengaruh gak ya dipasangin dastek untuk geser torsinya di rpm bawah ? kondisi mesin masih standard,cuman pasang CAI aja. jadi tujuannya cuman mau lebih enak di tanjakan aja, kalo kenaikan hp sih gak terlalu penting. atau cukup pasang throttle controller aja ?
Thanks.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by JESKONENG »

cara yg lebih pasti utk meningkatkan torsi di rpm bawah-menengah : pasang header 4-2-1, buang CC dan ganti muffler tengah dengan resonator ukuran 30-35cm. Muffler di ujung knalpot bisa tetap pake std-nya

Kapan itu sy menyaksikan sendiri di Lestari Bintaro, Nissan GL yg sudah pake Dastek Unichip, cuma mencatat 110hp. Entah knapa, kalok di Honda, Unichip bisa nambah sampai 30hp, tapi di Nissan GL kok jauh dari harapan
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by htannis »

vipere wrote:Bros, mau tanya nih. Supaya evalia lebih mantep di tanjakan, pengaruh gak ya dipasangin dastek untuk geser torsinya di rpm bawah ? kondisi mesin masih standard,cuman pasang CAI aja. jadi tujuannya cuman mau lebih enak di tanjakan aja, kalo kenaikan hp sih gak terlalu penting. atau cukup pasang throttle controller aja ?
Thanks.
gak usah pasang semua nya om, habisin duit, terima aja kenapa dulu beli nissan. Soalnya ane dulu pake GL, pake dastek q+, tetap aja kalau tanjakan lemot juga. Makanya kapok pake mobil 7 seater 1500cc rwd gituan. Kalau beli mendingan duo kembar aja dah cuman 1300cc muatan full mantap bener di tanjakan walau a/t
*bukan sales duo kembar
*bukan black campaign
*hanya ingin menyampaikan gak usah buang duit buat re-map atau pasang piggy bisa habis 5 juta ke atas soalnya tapi beda tipis banget kerasanya
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by ALX7 »

Neng Eva nya m/t ato a/t om...?
Spt nya a/t yah...? :big_think:

Klo yg saya baca diforum2 ttg Eva sih, emang takdir nya ya spt bbrp pendapat diatas,
dikarenakan gear ratio yg diciptakan utk bisa lebih irit akhirnya ga kuat nanjak...

btw, saya pernah pake CAI di APV saya, efek nya malah ga kuat nanjak loh..

*hanya pendapat nubie
I am a Driver... not a Racer...
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by vipere »

JESKONENG wrote:cara yg lebih pasti utk meningkatkan torsi di rpm bawah-menengah : pasang header 4-2-1, buang CC dan ganti muffler tengah dengan resonator ukuran 30-35cm. Muffler di ujung knalpot bisa tetap pake std-nya

Kapan itu sy menyaksikan sendiri di Lestari Bintaro, Nissan GL yg sudah pake Dastek Unichip, cuma mencatat 110hp. Entah knapa, kalok di Honda, Unichip bisa nambah sampai 30hp, tapi di Nissan GL kok jauh dari harapan
kira2 berapa tuh dc nya ganti gituan,bro ?
ALX7 wrote:Neng Eva nya m/t ato a/t om...?
Spt nya a/t yah...? :big_think:

Klo yg saya baca diforum2 ttg Eva sih, emang takdir nya ya spt bbrp pendapat diatas,
dikarenakan gear ratio yg diciptakan utk bisa lebih irit akhirnya ga kuat nanjak...

btw, saya pernah pake CAI di APV saya, efek nya malah ga kuat nanjak loh..

*hanya pendapat nubie
iya bener, A/t , irit apanya, bro.., boros gini. cuman dapet 1:8 dalkot. itu juga campur lewat tol.
selama ini sih ketemu tanjakan masih ok ok aja, masih kuat. cuman agak lemot kalo dari posisi berhenti. misal kalo kayak macet di tanjakan mau masuk taman safari, kalo lepas rem langsung ngegas, mobilnya mundur dulu dikit deh baru maju. jadi biasanya diakalin dengan rem tangan,terus injek gas sampe rpm naik ,baru lepas rem tangan, nah kalo udah gini gak bakal mundur dulu.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by billyd1773dz »

sop berhenti di tanjakan kan memang pke rem tangan dulu bro di tahan....................... ujian sim ada deh klw g salah.
klw g mau mundur cari mobil yg ada HSA nya hehe :D


klw AT leftfoot braking juga bisa bwat nahan sebelum maju... tp ga sesuai sop................



:beer:
Last edited by billyd1773dz on Wed Feb 19, 2014 5:00, edited 1 time in total.
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by JESKONENG »

header (Kansai/Standar Adi Knalpot, dll) sekitaran 1,5 s/2 jutaan. Resonator stainless (JuraganKnalpot.com) ukuran 30-35cm mungkin sekitar 350 ribuan...
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by htannis »

jangankan evalia, dulu ane pake fortuner D4D a/t 2010, berhenti di tanjakan, dengan pedenya lepas rem injek gas dalem, tetap aja mundur dulu mesin agak ngeden baru maju :wkkk:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by ALX7 »

Oh klo masalah nya krn mundur pas lagi stop ditanjakan sih kaya nya hampir semua mobil a/t bodybesar pasti mengalami, kecuali ada fitur HSA (Hill Start Assist)..
Kirain pas lg di puncak-pass ato cipularang ga kuat naik...
Jd rasa nya sih percuma dipasangin dastek ato modif knalpot.. :big_smile]
I am a Driver... not a Racer...
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by vipere »

billyd1773dz wrote:sop berhenti di tanjakan kan memang pke rem tangan dulu bro di tahan....................... ujian sim ada deh klw g salah.
klw g mau mundur cari mobil yg ada HSA nya hehe :D


klw AT leftfoot braking juga bisa bwat nahan sebelum maju... tp ga sesuai sop................



:beer:

itu kan sop kalo berhenti,bro. yang saya maksud itu pas lagi mau jalan nya sehabis berhenti di tanjakan.
ALX7 wrote:Oh klo masalah nya krn mundur pas lagi stop ditanjakan sih kaya nya hampir semua mobil a/t bodybesar pasti mengalami, kecuali ada fitur HSA (Hill Start Assist)..
Kirain pas lg di puncak-pass ato cipularang ga kuat naik...
Jd rasa nya sih percuma dipasangin dastek ato modif knalpot.. :big_smile]
kalo cipularang sih ya pasti lewat .haha. itu yg jalan kalo dari lembang mau ke kota lewat jalan sersan bajuri kan tanjakannya lumayan itu sih masih kuat aja, atau parkiran hotel grand paradise yang tanjakan nya panjang, pake polisi tidur lagi.hehe.lucu juga ini, tanjakan dikasih polisi tidur. masih kuat aja sih. nah cuman kalo saya bandingin ama livina saya, misal lagi jalan di lembang gitu, ini kalo pas lagi macet, udah pake D1 juga lelet banget pas digas, jadi gas nya itu agak lelet gitu deh, rpmnya naiknya agak lemot pas mau jalan habis berhenti di tanjakan, kalo livina sih kalo habis dari berhenti gitu, ya gak selemot itu. terus pas jalan2 di lembang malah seringnya musti pake d1 dah, kalo livina di d2 juga masih enak.
kalo dikasih throtle controller aja bisa gak ngatasin masalah gas yg lemot ini ?
User avatar
ALX7
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 379
Joined: Wed May 01, 2013 4:43
Location: Jakarta

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by ALX7 »

oh ya, sejak kapan pake CAI nya? sebelum dipasangin CAI kondisi nya spt itu juga..?
klo saya sih suspect nya itu CAI, soalnya pernah ngalami ga kuat nanjak (dari posisi stop) sejak pake itu alat, tp ga selalu, kadang2 aja...
I am a Driver... not a Racer...
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by billyd1773dz »

vipere wrote:
billyd1773dz wrote:sop berhenti di tanjakan kan memang pke rem tangan dulu bro di tahan....................... ujian sim ada deh klw g salah.
klw g mau mundur cari mobil yg ada HSA nya hehe :D


klw AT leftfoot braking juga bisa bwat nahan sebelum maju... tp ga sesuai sop................



:beer:

itu kan sop kalo berhenti,bro. yang saya maksud itu pas lagi mau jalan nya sehabis berhenti di tanjakan.
ALX7 wrote:Oh klo masalah nya krn mundur pas lagi stop ditanjakan sih kaya nya hampir semua mobil a/t bodybesar pasti mengalami, kecuali ada fitur HSA (Hill Start Assist)..
Kirain pas lg di puncak-pass ato cipularang ga kuat naik...
Jd rasa nya sih percuma dipasangin dastek ato modif knalpot.. :big_smile]
kalo cipularang sih ya pasti lewat .haha. itu yg jalan kalo dari lembang mau ke kota lewat jalan sersan bajuri kan tanjakannya lumayan itu sih masih kuat aja, atau parkiran hotel grand paradise yang tanjakan nya panjang, pake polisi tidur lagi.hehe.lucu juga ini, tanjakan dikasih polisi tidur. masih kuat aja sih. nah cuman kalo saya bandingin ama livina saya, misal lagi jalan di lembang gitu, ini kalo pas lagi macet, udah pake D1 juga lelet banget pas digas, jadi gas nya itu agak lelet gitu deh, rpmnya naiknya agak lemot pas mau jalan habis berhenti di tanjakan, kalo livina sih kalo habis dari berhenti gitu, ya gak selemot itu. terus pas jalan2 di lembang malah seringnya musti pake d1 dah, kalo livina di d2 juga masih enak.
kalo dikasih throtle controller aja bisa gak ngatasin masalah gas yg lemot ini ?
justru maksud gw dan itu sop kalau mau jalan abis berhenti di tanjakan................... saat jeda waktu kaki pindah dari rem ke pedal gas... ya harus di tahan rem tangan ................. kecuali ada HSA yang nahan otomatis

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by imingwahyudi »

Mau kuat nanjak? RWD dong :weekk:

:upss: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:



peace oom :big_peace:
kalo otak sotoy neubie lebih milih ganti busi performa tinggi(bukan iridium, karena ga track use), less restrictive air filter, oli yang lebih encer(rasanya Evalia aman dikasih 5W30), bahan bakar berkualitas(pake additif kalo VIVA LA PLEMIUM :mky_02: ) daripada piggyback, mahal bok :mky_01: ...bisa dilanjutin header dan downpipe kalo masih kerasa kurang, itupun biaya nya masih jauh dibawah dastek Q IMO :mky_01: ..kalo suka start stop di tanjakan, boleh lah consider high performance clutch :mky_03: :mky_03: :mky_03:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by billyd1773dz »

RWD n FWD bwat nanjak pling beda traksinya hehehe :D tarikan sih bisa jadi fwd lebih baik drivetrain loss lebih kecil................. well selama dpt traksi...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by imingwahyudi »

billyd1773dz wrote:RWD n FWD bwat nanjak pling beda traksinya hehehe :D tarikan sih bisa jadi fwd lebih baik drivetrain loss lebih kecil................. well selama dpt traksi...


:beer:

captain n*mo mode on:

*tunjukin livina gabisa nanjak asepan di parkiran basement padahal sengaja salahin kopling
tuh seperti saya bilang, FWD itu ga bisa nanjak!!!


*tunjukin innova/avanza bisa nanjak di parkiran basement
RWD tuh kuat tau!!!!



:big_chicken: eh CN jelekin innova/livina si?


auk ah gelap :ngacir: :ngacir: :ngacir:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by billyd1773dz »

^^
yg di besmen sih kayanya handbrakenya yg kaga di lepas wkwkwwk :D

cuma memang di kasus tertentu FWD lebih susah dpt traksi... trutama pada mesin ber torque besar

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by imingwahyudi »

billyd1773dz wrote:^^
yg di besmen sih kayanya handbrakenya yg kaga di lepas wkwkwwk :D

cuma memang di kasus tertentu FWD lebih susah dpt traksi... trutama pada mesin ber torque besar

:beer:
:wkkk: :wkkk: :wkkk:

Positifnya dibegituin bil, edan lebaynya itu foto :big_biglaugh:

Betul, dan pas diatas beton licin tanpa kontur..dan fully loaded...beuhhh horror :big_chicken: :big_chicken: :big_chicken: :big_slap:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by vipere »

ALX7 wrote:oh ya, sejak kapan pake CAI nya? sebelum dipasangin CAI kondisi nya spt itu juga..?
klo saya sih suspect nya itu CAI, soalnya pernah ngalami ga kuat nanjak (dari posisi stop) sejak pake itu alat, tp ga selalu, kadang2 aja...
pasang cai pas km 1000, sekarang udah km 7000, kalo sebelum dan sesudah pasang CAI sih gak tau kondisinya,om. Soalnya sebelum pasang CAI belum dibawa ke luar kota.
imingwahyudi wrote:Mau kuat nanjak? RWD dong :weekk:

:upss: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:



peace oom :big_peace:
kalo otak sotoy neubie lebih milih ganti busi performa tinggi(bukan iridium, karena ga track use), less restrictive air filter, oli yang lebih encer(rasanya Evalia aman dikasih 5W30), bahan bakar berkualitas(pake additif kalo VIVA LA PLEMIUM :mky_02: ) daripada piggyback, mahal bok :mky_01: ...bisa dilanjutin header dan downpipe kalo masih kerasa kurang, itupun biaya nya masih jauh dibawah dastek Q IMO :mky_01: ..kalo suka start stop di tanjakan, boleh lah consider high performance clutch :mky_03: :mky_03: :mky_03:
thx masukannya,om. less restrictive air filter itu kayak apa,om ? masih awam nih.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by JESKONENG »

less restrictive air filter a.l. : air filter element replacement (ada merk K&N, dsb).
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
Tomiko_Van
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 439
Joined: Mon Jan 18, 2010 8:42

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by Tomiko_Van »

Seperti saran bung Jeskoneng, saran ane bisa di-optimalkan pada sektor Intake-Exhaust-Ignation terlebih dahulu. Biar lebih plong si mesin untuk bernafas & membuang gas. Biasanya lumayan kerasa kok efeknya. Kalau sdh pakai Piggyback, lebih kepada optimize powerband mesin, atau level selanjutnya.

Saran untuk tanjakan dgn matic. Kalau kira2 kondisi macet tanjakan curam (misal di puncak), bisa pakai kaki kiri untuk sementara menahan mobil agar tidak mundur, kaki kanan tetap fokus di pedal gas. Fungsi kaki kiri bukan untuk nge-rem ya, hanya bantuan kaki kanan agar tidak perlu pindah pedal. Biasanya cara ini ane aplikasi & sukses menghemat pemakaian rem tangan.
アイドリング!!!
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by billyd1773dz »

Gw malah klw pke matic selalu left foot braking wkwk
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by vipere »

JESKONENG wrote:less restrictive air filter a.l. : air filter element replacement (ada merk K&N, dsb).
thx,om. Kalo ganti header di mana bengkel yg recommend ? terus kalo mau dibalikin ke standard bisa gak ? misalnya karena mau dijual gitu mobilnya. Atau kalo udah dimodif gitu ,kalo mobilnya mau dijual gampang gak ya ? heheh
Tomiko_Van wrote:Seperti saran bung Jeskoneng, saran ane bisa di-optimalkan pada sektor Intake-Exhaust-Ignation terlebih dahulu. Biar lebih plong si mesin untuk bernafas & membuang gas. Biasanya lumayan kerasa kok efeknya. Kalau sdh pakai Piggyback, lebih kepada optimize powerband mesin, atau level selanjutnya.

Saran untuk tanjakan dgn matic. Kalau kira2 kondisi macet tanjakan curam (misal di puncak), bisa pakai kaki kiri untuk sementara menahan mobil agar tidak mundur, kaki kanan tetap fokus di pedal gas. Fungsi kaki kiri bukan untuk nge-rem ya, hanya bantuan kaki kanan agar tidak perlu pindah pedal. Biasanya cara ini ane aplikasi & sukses menghemat pemakaian rem tangan.
Kalo kayak tanjakan di puncak sih ,kalo saya pake livina biasanya lepas rem langsung gas aja,kagak masalah. Tapi kalo pake evalia, kalo lepas rem langsung gas, mundurnya agak lumayan dikit deh, makanya jadi ditahan rem tangan dulu, sambil ngegas.
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by JESKONENG »

Soal header / down pipe / flexible / resonator / muffler bisa ditanyakan ke Kansai atau Standar Adi Knalpot atau para pembuat parts itu yg sering dipake oleh para pehobi drag race
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by JESKONENG »

JESKONENG wrote:Soal header / down pipe / flexible / resonator / muffler bisa ditanyakan ke Kansai atau Standar Adi Knalpot atau para pembuat parts itu yg sering dipake oleh para pehobi drag race
atau coba kontak : www.juraganknalpot.com
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: WTA Dastek Q di nissan evalia

Post by vipere »

JESKONENG wrote:Soal header / down pipe / flexible / resonator / muffler bisa ditanyakan ke Kansai atau Standar Adi Knalpot atau para pembuat parts itu yg sering dipake oleh para pehobi drag race
thx,om. Setelah saya browsing2, ada juga header bikinan ord enginering ya, bagusan mana andara ord dan adi ?