billyd1773dz wrote:next day.... gw siap2, ngejajal dcab yg paling gw harepin........

yup yaitu ford ranger T6 ..
langsung aja k beres ford bdg, ngobrol2 dgn salesnya ternyata unit XLT baik 3.2 dan 2.2 serta wildtrak AT sudah sold out dan harus inden...................... yang ready adalah XLS Plus 2.2-H MT VIN2013 dan Base 2.2 MT VIN2012, masing2 dgn disc 35 dan 65jt.

XLS Plus
XLT dan XLS plus bedanya, di aksen krom d mirro grill dan beberapa panel exterior, sidemirror sign, di kabin absen fitur Voice command dan HU dgn BT, dan steering Audio dan cruise control... lainya.... Dual Airbag ABS EBD , MID tetep jadi std...

XLT

2.2-Hi 150ps 375nm
mulai 2014. versi XLT hanya ada model 3.2ltr dan 2.2 ada di XLS Plus, updatenya velg sudah R17" dan ada bedliner.

3.2 5cyld 200ps 470nm
sedangkan yang base... versi bener2 basic... powerwindow pun tak ada, bemper berwarna hitam..peredam kabin terasa jauh berkurang, audio single din, dan tdk ada MID. mesin pun 2.2ltr Mid power 125ps 320Nm beda mesinya sendiri si sales tidak tw selain perbedaan settingan....

2.2-Mi 125ps 320nm sorry gelep......... minus engine overnya
yang wildtrak, tidak ada unitnya di sana, tp fitur-fiturnya jauh lebih komplit, seperti leather interior, AT,rollbar d bak,HDC,HSA,ESP, dual climate control,n rim 18"
ada yg unik atau err rancu d brosur peak torque 2.2-Mid ini sudah ada dari 320@1700rpm sedangkan yang Hi 375@2500 rpm... nah yg rancu d web ford oz 2.2-Hi harusnya 375@1500-2500rpm... bgtu juga versi 3.2, versi indo 470@1750, sedangkan versi oz 3.2 470@1500-2750
ntah salah ketik atau memang ada yg beda. y uda kita coba aja langsung di jalanan...................

jika di banding colorado dan dmax posisi mesin lebih tinggi di atas axle
beruntung ada unit testdrive, meski bertype 2.2 XLT MT VIN2012.......
ok langsung aja di jajal2
penampilan exterior well one of the best looking ute out there

nuansa american truck sangat kental di exteriornya, dengan guratan2 garis body yang mirip dgn big brothernya F150.

makin maskulin aja
interior kabin masih serba hardplastik.... hanya pegangan pintu yg ada soft paddednya..

stir suda kulit dan dilengkapi audio control dan cruise control... voice comand juga ada layaknya jajaran produk ford lainya.

XLT

XLS Plus

Base
kesan pertama saat masuk ke kabin dan menutup pintu..

wuihh kedap !

apalagi setelah menyalakan mesin suara PUMA engine 2.2 ltr ini masih lebih halus dari colorado dan ipah.. jauuh lebih halus dari dmax sih...

baik suara dan getaran.... wajar aja klw d telusuri puma ZSD-422 ini pernah dipakai juga d jaguar X-Type jd soal kehalusan memang ga maluin2...

selain di pakai di defender 2.2 juga.
gearbox MT 6speed gerakan tuasny pendek, dgn speeling minim layaknya gearbox sedan...... beda jauh dgn ipah,colorado dan dmax yang gerakan tuas2nya panjang dan terasa longgar....

memang butuh penyesuaian karna R nya ke depan... juga karna perpindahannya dkt, suka ketuker masuk giginya.. sekali lagi soal kebiasaan. clutch pun terasa ringan. kadang terpikir klw gbnya kya gini sih enak..... gmn klw g ambil yg matic hehe

toh rasanya pke dcab sgede ranger ke tengah kota macet bukan ide yg baik.....
selanjutnya kita coba jalan.... kata salesnya kita balik arah ajah....... wah langsung kepikirin... dcab 5.3m balikin arahnya pasti seru hahaha

yaa benar aja g bisa sekali belok harus mundur dulu... radius putar/turning circle sekitar 12.7m, setara colorado namun lebih jauh dari triton 11.8 dan hilux 12.4 namun masih lebih baik dari navara 13.3m.
yang menarik adalah ratio steering rack nya

untuk muterin dari tengah ke mentok kanan atau kiri hanya butuh 1.5x putaran setir, bearti dari ujung kanan ke kiri end to end hanya butuh 3x...jd untuk belok2 driver g perlu banyak2 mutering stir...karna stir lebih sensitif.

ranger lama butuh 6x end to end... one of the worst.... hilux colorado 4x seperti sebagian besar mbl lain
seepp beres U-turn.. gigi 1 bejeekkk.......

not yet and zuuttttt masuk range 1800 jambakannya narik.... sampai rpm 4000

setelah itu jd rada berkurang hingga redline di 5000. imho d range turbonya ranger 2.2 ini masih jauuh lebih enak jambakannya di banding colorado...

range turbo aktif sedikit lebih cepet sekitar 1700-1800 dan mulai ngejambak....

puma engine ini redline nya d 5000, stw nubie ini d dcab selain clone nya bt50 hanya navara yg juga punya redline d 5000

.. sayang tuning enginenya tidak di maksimalkan untuk high rev sehingga sweet spot 1750-3700 saja.. setelah itu mending shift... yaa namanya juga truck...

versi 3.2 konon revnya lebih pendek lagi karna peaknya d 3000rpm, tp y penasaran juga.. yg 2.2 aja uda asik gini.. apalagi yg 3.2 hehehe
memang di low rev sblm range turbo masih terasa kosong... hingga 1750 langsung kerasa ngejambak.. jika d 2000an gas diangkat dan gas lagi, juga masih kerasa ada lag,sblm ngejambak lagi...
suspensi....

terasa stiff namun tidak menyiksa...juga tidak pontang panting atau mengayun kaya perahu.... more suv like

meski yg blkng akan lebih enak klw leafnya d kurangin dikit.
puas nyupir...

skrng pindah ke bangku penumpang... as expected 2nd row legaa kaki lebih legaa dari colorado yg uda lega juga, sekalipun bangku dpn uda d pundurin yg blkng masih bisa duduk nyaman. sayang sandaran masih terlalu tegak. klw kita duduk merebah kan diri karna leg room masih luas, jok jadi kerasa terlalu kecil n pendek... kyanya lebih enak, jika jok blkng di majuin *toh leg room masih besar * agar sandaran bisa lebih rebah.
duduk di 2nd row, suara mesin makin g kedengeran... wkwkwkw

mantap
ok setelah puas muter2 kita kembali ke showroom
sejujurnya kita dibikin jatuh hati sama ranger ini.... hehehe

wajar aja berbagai review luar banyak yg ngasih penghargaan ke T6 ini....
sayang unit wildtrak sudah tdk ada dan harus inden, bgtu juga yang 3.2......masih dihantui kenaikan harga per 2014 hingga 10jt.. hmmmmmm yang ada saat ini XLS plus.. ini setera dgn colorado LT..

dan yang base.
hasilnya makin lieur....

maunya mungkin nabung sambil nunggu wildtrak atw 3.2....

sekalian aja flagshipnya, atau klw mepet kebelet T6 y jd XLS plus dgn disc 35jt.......
di jalan pulang, ayah saya bilang sesuatu yg menggelitik saya... " bill ni ipah ini dulu hebat yah..... uda coba colorado, ranger dll....... tp soal low rev g ada yg mendekati, ampir semua kosong d bawahnya, sedangkan ipah ini dulu kan 1200 juga uda ngejambak.............

blm lagi ke rpm atasnya..." hahaha

iya juga y padahal kaga vgt.....
yak bearti piggy selalu masuk daptar blanja ntar... haha
