AD74YA wrote:dulusementara wrote:
Tolong tanya kenapa disarankan untuk beli yang dual-clutch (A/T), bukannya M/T

? Boleh tahu alasannya?
Terus tolong tanya juga kalo saya kasih RON 92 apakah cukup? Dan jika tidak, boleh tahu alasannya juga? hehehe...
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Lalu untuk pertanyaan RON, nampaknya harus 95. Kenapa? Karena EcoBoost secara teori bekerja pada keadaan extra stratified.
Mode Stratified ini pada prinsipnya mesin dapat menyalurkan petrol dan udara dalam takaran tertentu tepat sesaat sebelum ignition, yang artinya mesin mendapatkan efisiensi maksimal berbanding tenaga yang dikeluarkan. Dengan keadaan seperti ini EcoBoost dapat mendekati keadaan stoichiometric, dimana mixture antara udara dan kualitas bbm yang dibutuhkan untuk pembakaran sempurna dan hal ini akan menyebabkan pembakaran yang stabil.. Jika 2 unsur itu tidak memenuhi kebutuhannya, maka akan terjadi gejala knocking.
Kira2 demikian penjelasannya dalam mode dummy.... semoga membantu...

klw ron di buku manual di tulis minimal brp ya om go? d us klw g salah tetep regular fuel unleaded which is aki 87 yg setara ron 90-91 disini.
soal Stratified, klw noobs ini g salah artinya justru mode pembakaran kurus yang jauh lebih kurus dari stochiometric/pembakaran sempurna, stratified itu leanburn dan memang tidak dibakar sempurna karna menghasilkan NOx, namun sangat berguna untuk fc.
pada pembakaran stochiometric biasa fuel injection di salurkan saat intake cycle dgn afr tepat 14.7:1 kemudian akan menyatu dgn udara dgn rata dan di bakar pada akhir compression cycle... hasilnya pembakaran sempurna mirip dgn mpi biasa.
sedangkan stratified, injeksi fuel di lakukan di compression cycle d titik saat seharusnya terbakar, dan yup tepat sebelum busi menyala. fuel ditembakan dan langsung di bakar oleh busi... sehingga memungkinkan pembakaran yg sangat kurus "stratified" namun dgn resiko knock lebih rendah karna fuel di injeksikan tepat di titik harus terbakar. more like diesel engine. hal yg mustahil di non GDI.. karna nozzle ada di saluran intake, dan saat compression cycle semua valve tertutup rapat.
imho salah satu kelebihan GDI cara dia bisa lebih irit, dan knp GDI bisa pke kompresi lebih tinggi dgn octane yg sama.
GDI menggunakan stratified di kondisi low load/cruise atau idle... dan di mode lain tetap menggunakan stochiometris utk pembakaran sempurna imho untuk menekan emisi, leanburn/stratified dapat menyebapkan sisa NOx. satu lagi di highload gdi menggunakan AFR lebih rich untuk mendinginkan ruang bakar dan mencegah knock/pinging
ummm blm pernah nyoba DSG ane g ngerti... karakter nya hehe

btw itu chart torque nya official om? ane ngubek2 nemu ini
dan ini yg versi 100ps

yg 100ps torque dip setelah 4000 gede bener...
125ps sih masih mending... need tuner touch neh
blm nemu
cmiiw
