Bukan mau debat soal harganya sih~, cuman mau bilang kalau mobil ron 98 juga ada bensinnya kok di negara kitaChZ wrote: makanya oom, RON100 semahal itu, siape mau beli mana yang jual dispenseran di Jkt doang. di luar Jkt harus beli galonan.
Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
- Location: Sby
- Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
nah, seperti biasa, negara kita setiap ada kebijakan anget-anget tai ayam. ngga da kabarnya kan itu RFID sekarang?montirangin wrote:om chz..dengan menggelontorkan lebih dari 1T untuk pengadaan RFID menunjukan bahwa negara peduli dengan bbm yg kita pilih. Juga dengan melarang premium di sebagian wilayah jakarta dan SPBU dijalan tol. Kalo negara tidak peduli, rasanya semua itu ga akan dilakukan
tapi kan balik lagi pilihan masing2...well..no point discussing this further..kita ke topic lain yukk
yep, mahal..... sangat mahal...MojoBerry wrote: Bukan mau debat soal harganya sih~, cuman mau bilang kalau mobil ron 98 juga ada bensinnya kok di negara kita
karena setau ane di luar negeri RON98 itu udah standar lho oom. di luar basic udah 92 atau 95, yang hi-octane 98.
ngga usah jauh-jauh, di negara tetangga aja (malaysia) seingat ane paling rendah 95, paling tinggi 98. bah!
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
yap, pertama ane tau kaget (kaget banget malah) kebetulan dulu ada partner kerja orang malaysia, dia bilang waduh bensin disini jelek2 semua yah? (padahal dia kalo ngisi BBM mesti P+/dex) lah emang ente biasa ngisi bbm ron berapa di malay? R98 dia jawab emang dijual bebas tanya ane? Yoa paling rendah R95 mah kalo di malay kata diaChZ wrote:nah, seperti biasa, negara kita setiap ada kebijakan anget-anget tai ayam. ngga da kabarnya kan itu RFID sekarang?montirangin wrote:om chz..dengan menggelontorkan lebih dari 1T untuk pengadaan RFID menunjukan bahwa negara peduli dengan bbm yg kita pilih. Juga dengan melarang premium di sebagian wilayah jakarta dan SPBU dijalan tol. Kalo negara tidak peduli, rasanya semua itu ga akan dilakukan
tapi kan balik lagi pilihan masing2...well..no point discussing this further..kita ke topic lain yukk
yep, mahal..... sangat mahal...MojoBerry wrote: Bukan mau debat soal harganya sih~, cuman mau bilang kalau mobil ron 98 juga ada bensinnya kok di negara kita
karena setau ane di luar negeri RON98 itu udah standar lho oom. di luar basic udah 92 atau 95, yang hi-octane 98.
ngga usah jauh-jauh, di negara tetangga aja (malaysia) seingat ane paling rendah 95, paling tinggi 98. bah!
*ngisi P+ aja udah uenak banget apalagi diisi Ron 98? *
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
bwahahhahahahaha betul oom, saya pernah ditunjuki salah 1 teman saya waktu di MY, RON95 dan RON98, dimana harganya juga lebih murah dari RON92 dan RON95 lokalbatumakam wrote: yap, pertama ane tau kaget (kaget banget malah) kebetulan dulu ada partner kerja orang malaysia, dia bilang waduh bensin disini jelek2 semua yah? (padahal dia kalo ngisi BBM mesti P+/dex) lah emang ente biasa ngisi bbm ron berapa di malay? R98 dia jawab emang dijual bebas tanya ane? Yoa paling rendah R95 mah kalo di malay kata dia
*ngisi P+ aja udah uenak banget apalagi diisi Ron 98? *
buat kita RON95 itu udah mewah sekali, sedangkan di luar RON95 itu standarrrr
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
semua karena tidak efisien dari oknum birokrat yg menyebabkan biaya nya mahal
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Sat Aug 04, 2012 15:16
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
Awal taun ane pergi sih ron 95 dan 97 di shell KL.
Kalo dieselnya setau ane mereka standardnya jg masih euro2. Masih sama dengan indonesia. Makanya cx5 diesel yang ckd dirakit di malaysia tidak dipasarkan di malaysia sendiri. Tapi ke vietnam dan thailand.
Cmiiw
Kalo soal birokrasi atau antek2 yang menyebabkan bbm indonesia mahal ai no comment deh. Sudah jelas2 terbukti tapi ga bisa apa2 juga
Kalo dieselnya setau ane mereka standardnya jg masih euro2. Masih sama dengan indonesia. Makanya cx5 diesel yang ckd dirakit di malaysia tidak dipasarkan di malaysia sendiri. Tapi ke vietnam dan thailand.
Cmiiw
Kalo soal birokrasi atau antek2 yang menyebabkan bbm indonesia mahal ai no comment deh. Sudah jelas2 terbukti tapi ga bisa apa2 juga
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
BBM yg gak disubsidi di Malaysia cuman yg RON 97 / 98
RON 95 nya di subsidi
Btw ada yg udah pernah coba naekkin Oktan dgn campur Toluene ? Katanya bisa naekkin oktan tuh, tapi handling Toulene hrs hati2 sekali
Or cara yg lebih mudah = oplos dgn Pertamax Racing RON 100
Cuman dr pengmatan ane, BBM enak gak sekedar angka RON aja, additive2 yg terkandung juga amat sgt berperan
RON 95 nya di subsidi
Btw ada yg udah pernah coba naekkin Oktan dgn campur Toluene ? Katanya bisa naekkin oktan tuh, tapi handling Toulene hrs hati2 sekali
Or cara yg lebih mudah = oplos dgn Pertamax Racing RON 100
Cuman dr pengmatan ane, BBM enak gak sekedar angka RON aja, additive2 yg terkandung juga amat sgt berperan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
walau disubsidi, ane rasa ga sebesar subsidi di indonesia juga kalo di rata2 secara liter.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1306
- Joined: Mon Apr 20, 2009 6:17
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
tanya donk om reviewer...
itu soal jeduk saat lewatin poldur itu artinya mobil gasruk ato bantingan suspensi yg keras ato suspensinya bunyi jeduk...
setelah nubie baca2, nubie merasa sedikit bingung menginterpretasikannya...
terima kasih y om atas reviewnya...nice review n nice photo...
itu soal jeduk saat lewatin poldur itu artinya mobil gasruk ato bantingan suspensi yg keras ato suspensinya bunyi jeduk...
setelah nubie baca2, nubie merasa sedikit bingung menginterpretasikannya...
terima kasih y om atas reviewnya...nice review n nice photo...
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 375
- Joined: Sun Apr 29, 2012 17:40
- Location: Sby
- Daily Vehicle: Ferarri 488 Pista
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
trnyata ron 95 di KL subsidi toh pantes ron95 di indo mahal banget semoga aja pemerintahan baru nanti mafia migas dibekuk supaya pertamax dan plus disubsidi juga walaupun amat-amat ga mungkin sih
@om turboman: dulu ane juga sering banget ngoplos premium dan plus 50:50 kan dapet ron91 jatuhnya jg lebih murah....cuman pernah baca dimana gt katanya mesin tetap kotor karena jumlah adiktif pembersih di plus tidak bisa mengimbangi banyaknya timbal di premium....
@om turboman: dulu ane juga sering banget ngoplos premium dan plus 50:50 kan dapet ron91 jatuhnya jg lebih murah....cuman pernah baca dimana gt katanya mesin tetap kotor karena jumlah adiktif pembersih di plus tidak bisa mengimbangi banyaknya timbal di premium....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
justru denger2 ga boleh di campur2..ga tau efeknya knp tapi intinya 92 dan 88 dimix sparo2 ituu ga jadi 90..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
Nice review bro chz uda lebih rapi nih reviewnya, dua baris diselingin gambar jadinya lebih enak diliat mata aja
gambar juga lumayan lengkap, tapi foto bagasinya ga ada yah
and gw sih mau request sih kalo sempet fotoin gitu fuel consumptionnya
tau sih bawanya emang sengaja di WOT tapi mau tau aja kalo WOT itu fuel consumption-nya bisa sampe separah apa
soalnya tiap kali kalo liat di review yang majalah2 gitu mah semuanya masak 1:10 keatas jalan normal
aneh aja gitu kalo liat mobil 2000cc turbo dibilang sama majalah tertentu bisa 1:11
gambar juga lumayan lengkap, tapi foto bagasinya ga ada yah
and gw sih mau request sih kalo sempet fotoin gitu fuel consumptionnya
tau sih bawanya emang sengaja di WOT tapi mau tau aja kalo WOT itu fuel consumption-nya bisa sampe separah apa
soalnya tiap kali kalo liat di review yang majalah2 gitu mah semuanya masak 1:10 keatas jalan normal
aneh aja gitu kalo liat mobil 2000cc turbo dibilang sama majalah tertentu bisa 1:11
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 99
- Joined: Wed Dec 19, 2012 5:11
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
itu rear consolenya njijiki banget trondol... harusnya ada climate control-nya... ngerti sih trim paling bawah, tapi come on.... masa mobil 1M trondol gitu...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27150
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
toluene itu sejenis pelarut kan yah.. mirip ama acetone, malah acetone sifat nya lebih "keras" ktimbang toluene... cmiiw...Turboman wrote:BBM yg gak disubsidi di Malaysia cuman yg RON 97 / 98
RON 95 nya di subsidi
Btw ada yg udah pernah coba naekkin Oktan dgn campur Toluene ? Katanya bisa naekkin oktan tuh, tapi handling Toulene hrs hati2 sekali
Or cara yg lebih mudah = oplos dgn Pertamax Racing RON 100
Cuman dr pengmatan ane, BBM enak gak sekedar angka RON aja, additive2 yg terkandung juga amat sgt berperan
dulu ane perna campurin ini acetone ke 1TR dan HR15 ane... K3 ane pun jg sempet jadi klinci percobaan ane... di 1TR ga terasa ada perubahan signifikan... malah di HR15 sangat terasa bedanya... mendadak knocking berkurang drastis, dmikian jg di K3 ane... tp di HR15 entah knapa stelah pemakaian 2-3 kali, injector jd mampet... engine mendadak kaya kecekik saluran bensin nya... musti di gas2 baru joss lg...
takaran ane dl 100cc per isi 30 liter premios...
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 22053
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
Boleh ommontirangin wrote:justru denger2 ga boleh di campur2..ga tau efeknya knp tapi intinya 92 dan 88 dimix sparo2 ituu ga jadi 90..
Pada dasarnya semua bensin mo Oktan berapapun itu berasal dari Straight Run Gasoline dari kilang
Yg Oktan tinggi ditambah zat Peningkat Oktan yang dewasa ini digunakan HOMC / High Octane MoGas Component, mau RON makin tinggi ya HOMC nya dibanyakkin
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
suara "JEDUK" itu sebenernya suara benturan antara kolong mobil sama polisi tidur oommr_mytplx wrote:tanya donk om reviewer...
itu soal jeduk saat lewatin poldur itu artinya mobil gasruk ato bantingan suspensi yg keras ato suspensinya bunyi jeduk...
setelah nubie baca2, nubie merasa sedikit bingung menginterpretasikannya...
terima kasih y om atas reviewnya...nice review n nice photo...
polisi tidur di araya memang nggak bersahabat untuk mobil dengan wheelbase panjang seperti BMW 5-series
thank you oom poikpoik99 wrote:Nice review bro chz uda lebih rapi nih reviewnya, dua baris diselingin gambar jadinya lebih enak diliat mata aja
gambar juga lumayan lengkap, tapi foto bagasinya ga ada yah
and gw sih mau request sih kalo sempet fotoin gitu fuel consumptionnya
tau sih bawanya emang sengaja di WOT tapi mau tau aja kalo WOT itu fuel consumption-nya bisa sampe separah apa
soalnya tiap kali kalo liat di review yang majalah2 gitu mah semuanya masak 1:10 keatas jalan normal
aneh aja gitu kalo liat mobil 2000cc turbo dibilang sama majalah tertentu bisa 1:11
nah seperti yang terlihat di depan, FC pun sempat ane foto waktu exploring iDrive. dan surprisingly dengan cara bawa kasar sambil ngedrift-ngedrift dan high-RPM terus, FCnya di angka 14,5L/100km atau 6,89km/l. which is believable.
kalo majalah-majalah klaimnya sih kadang berdasarkan cara bawa eco drive. lha cara bawa eco drive, mobil 2400cc pun bisa 1 : 10 padahal realitanya, mobil saya CR-V 2400cc maksimal 7,5 km/l
buat saya test FC yang sebenernya ya mobil dibejek-bejek mulu, seboros apa mobil itu meminum bensin.
berarti lain kali saya harus reset dan fotoin MID (kalo ada)
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
ya ampun ternyata FC-nya itu ada di idrive-nya ya kirain masi di MID odo-nya terpukau sama data power sama torque-nyaChZ wrote:
thank you oom poik
nah seperti yang terlihat di depan, FC pun sempat ane foto waktu exploring iDrive. dan surprisingly dengan cara bawa kasar sambil ngedrift-ngedrift dan high-RPM terus, FCnya di angka 14,5L/100km atau 6,89km/l. which is believable.
kalo majalah-majalah klaimnya sih kadang berdasarkan cara bawa eco drive. lha cara bawa eco drive, mobil 2400cc pun bisa 1 : 10 padahal realitanya, mobil saya CR-V 2400cc maksimal 7,5 km/l
buat saya test FC yang sebenernya ya mobil dibejek-bejek mulu, seboros apa mobil itu meminum bensin.
berarti lain kali saya harus reset dan fotoin MID (kalo ada)
tapi kalo 7km/l buat mobil yg ada turbo and ga boyo sih masih masuk akal yah, apalagi yang namanya dibawa kasar gitu pasti kalo bawa santai bisa lebih irit lagi seharusnya, at least 9km/l
nah itu dia tuh kalo di majalah mah pada kasih liatnya 1:10 semua mau cc mesinnya berapa temen ane jga ada tuh crv 2,4 pas liat di MID-nya 6,8kml malah buset dah pdahal tu orang ga pernah bejek lebih dari 140 wkwkwk
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
tap mayan irit ya om 1:7 2.4l engine..bayangin innova dan kijang kapsul yg ga beda segitu juga dgn mesin lebih kecil
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
yap, my highest praise for BMW's TwinPowerTurbo, salah satu enjin yang terbaik yang pernah ane coba di mobil, selain VW's TSI.poik99 wrote:
ya ampun ternyata FC-nya itu ada di idrive-nya ya kirain masi di MID odo-nya terpukau sama data power sama torque-nya
tapi kalo 7km/l buat mobil yg ada turbo and ga boyo sih masih masuk akal yah, apalagi yang namanya dibawa kasar gitu pasti kalo bawa santai bisa lebih irit lagi seharusnya, at least 9km/l
nah itu dia tuh kalo di majalah mah pada kasih liatnya 1:10 semua mau cc mesinnya berapa temen ane jga ada tuh crv 2,4 pas liat di MID-nya 6,8kml malah buset dah pdahal tu orang ga pernah bejek lebih dari 140 wkwkwk
gila aja, cara bawa kasar masih bisa dapet 7 km/l at least, dengan kata lain FCnya sama kayak Suzuki SX-4 yang bermesin 1500cc full dibawa bejek-bejekan kasar. salut ane sama teknologinya.
dan ngga lepas dari peran transmisi 8-speed ZF yang sangat halus dan efisien dalam memindahkan gigi. sehingga nggak ada power terbuang percuma.
rasanya untuk penggunaan dalem kota bisa lah 1 : 8 - 9 berkat small displacement nya dan auto start/stop nya
kalo liat majalah, CR-V 2.4 bisa diklaim 9 km/l dalem kota... rasanya orang-orang pada ngeluh boros cuma bisa dapet maks 8 km/l itupun sudah pake perta.
nah, kalo bandingannya innova bensin ya masih irit oom montirmontirangin wrote:tap mayan irit ya om 1:7 2.4l engine..bayangin innova dan kijang kapsul yg ga beda segitu juga dgn mesin lebih kecil
innova bensin lossnya gede. torsi kecil, RWD.
makin kesini mobil makin powerful tapi makin efisien. dan mesin N/A makin ditinggalkan.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3700
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
ChZ wrote:polisi tidur di araya memang nggak bersahabat untuk mobil dengan wheelbase panjang seperti BMW 5-series
Memang polisi tidur tidak manusiawi di situ, sangat tinggi
Bahkan bisa jadi kena gasruk di kolongnya
Pas ane bawa sotoy pun malah kena gasruk itupun kondisi semua standar dan errrr..... Kecepatan rendah.....
Makanya bawa BMW kalo ketemu poisi tidur hati2
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
kalo sedan sptnya teana walah keliatan rendah, ternyata tinggi ya. pernah td trus hajar poldur yg rada tinggi, ga gasruk sama sekali
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 78
- Joined: Sat Aug 04, 2012 15:16
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
Ada yang tau beda 520i vs 528i apa aja? Worth ga perbedaan harganya untuk ambil 528i...
Kalo 520i vs c250 mending mana yaaa. Secara harganya berdekatan.
Kalo 520i vs c250 mending mana yaaa. Secara harganya berdekatan.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1239
- Joined: Mon Nov 16, 2009 6:20
- Location: Surabaya
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
sandal wrote:ChZ wrote:polisi tidur di araya memang nggak bersahabat untuk mobil dengan wheelbase panjang seperti BMW 5-series
Memang polisi tidur tidak manusiawi di situ, sangat tinggi
Bahkan bisa jadi kena gasruk di kolongnya
Pas ane bawa sotoy pun malah kena gasruk itupun kondisi semua standar dan errrr..... Kecepatan rendah.....
Makanya bawa BMW kalo ketemu poisi tidur hati2
Kembalikan jalanan paving tsb spt dulu lagi, gegara jd jalan umum tuh sama ad pajero cemprot warga Araya yg nyungsep d bundaran tuh, pdhl jg trek tes ane tuh jalan kembar. hikz
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
mending baca direview om gazelink
-
- SM Specialist
- Posts: 16117
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review of BMW 520i Modern Facelift (F10) 2014.
saran saya : 528i. period.gazelink wrote:Ada yang tau beda 520i vs 528i apa aja? Worth ga perbedaan harganya untuk ambil 528i...
Kalo 520i vs c250 mending mana yaaa. Secara harganya berdekatan.
perbedaan harganya sekitar 100jutaan dari 520 ke 528, dan bagi saya sangat worth. setau saya banyak fitur-fitur di 528i yang tidak dimiliki oleh 520i, dan powernya beda signifikan (184 vs 245 hp, 270 vs 360 Nm)
kalo sama C250? Nyata pilih 520i. wong sama W212 E250 saja ane kalo disuruh pilih ya milih F10 520i
anyway ini kesaksian dari sales BMW yang nemenin ane, katanya banyak pengguna E300 W212 yang beralih ke 520i. padahal E300 itu top of the line W212 520i entry-level nya F10 no offense. just sharing apa yang diceritakan salesnya kemaren.
dan sekarang Mercedes ngeluarin E400 untuk head-on dengan F10 535i sama-sama dengan enjin 3000 Turbo
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7