andrijet wrote:
Ummm... Serious..?
Skip skip skip, and BTW..
Saya heran kenapa produk Korea ini mahal-mahal di Indo.
Pajaknya gede banget yak?
Picanto full option mungkin bisa tembus 200juta.
Carens full option bisa 400juta.
Rio full option bisa seharga Jazz atau Fiesta.
Optima yang masuk hampir full option beneran, harganya serempetan sama Accord dan Camry yak?
Sayangnya strategi KIA Indo itu set harga di bawah Jepang dengan
potong fitur edan-edanan.
Bahkan lebih edan dari Jonfis Fandi yang belakangan mulai 'insyaf' dalam hal potong fitur karena pasar dan kompetitor makin agresif..!
Kalo caranya gitu seh sampai kapanpun image brand Korea gak akan pernah naik, sebagai brand murah yang kualitas dan fiturnya di bawah merk Jepang.
karena pajak masuk mobil Korea sinting, 40% bok.
Nggak ada free trade agreement antara Indonesia-Korea. Sedangkan semua barang Hyundai/KIA disini CBU Korea semua, ya mampus. Andaikan Hyundai mau invest buka pabrik di Thailand atau Malaysia, mungkin harganya bisa jauh lebih murah.
Beda langkahnya dengan GM yang punya production plant di Thailand, makanya Craptiva yang sama-sama barang Korea (Daewoo) bisa lebih murah.
Di Hyundai lineup teratasnya, SantaFe pun nggak ada fitur keselamatan standar macem VSC, airbag cuma 2 biji, no HDC, no HSA.... padahal itu fitur-fitur krusial untuk sebuah SUV seharga 500juta. Apalagi mobil ini punya 445Nm of Torque semua disalurkan ke roda depan, lho? mau bunuh diri torsi sebesar itu tanpa ada fitur keselamatan standar?
evansant wrote:Om walid kalo emang ga suka baca tulisan beginian. Ya jangan buka serayamotor. Mending beli majalah aja.
Justru review dari Chz, madcat gini yg bener2 netral, apa adanya.
Beda dgn majalah, yg uda penuh dengan "titipan". Ditulis yg bagus2nya aja.
Btw untuk Chz, madcat. Maju terus, pantang mundur. Bnyk member di SM yg membutuhkan review dari anda. Sangat subyektif. Murni, apa adanya. Hahaha lebay banget ya
hehehe thank you oom sekali lagi
ane juga banyak belajar dari reviewer lain seperti oom helm dan madcat.
frankly speaking, seburuk apapun review di SM tetap saja terasa lebih punya soul daripada review di beberapa media yang keliatan banget itu "titipan". dan review di SM baik itu tukang TD maupun user tetap terasa lebih jujur dibanding review majalah.
VanzMatic wrote:Gud review, bro Ch_Z. ! [emoji122] [emoji322] Satu langkah lagi review ente semakin baik. Pengalaman membuat kita semakin maju.
Saya butuh review yang sadis dan objektif tanpa titipan pesan sponsor dari merk yang anda TD. Karena itu, saya sudah 5 tahun meninggalkan majalah dan tabloid yg berbau otomotif, khasnya testdrive session. Why? Karena begitu plain testdrive nya.
Mana 'celaan' sisi negatif mobil/motor? Impossible banget kalau mobil/motor ngga punya sisi negatif, walaupun itu sebuah sosok kuda jingkrak atau kebo mabok, yang secara performa, kita sebagai orang awam pasti akan memujanya... tapi di SM ini, sebuah kebo mabok pun bisa disembelih sadis.
Me like da repiuw on Seraya Motor. Karena itu lah, akun saya di tiga forum otomotif, dan member di salah satu grup otomotif di w.a practically nganggur abis, nggada yang seobjektif SM, dan ngga ada yang se guyub SM. Disini, semua didiskusikan dengan objektif dan hangat. Masing masing kepala boleh beda pendapat, tapi pilihan tetap hak (kantong) kita dan hak mata dan hati kita.
Itu yang nggada di 3 forum yang saya pernah sign up.
Keep reviewing like this, bro Ch_Z.
[emoji106]
Sent from my Siemens C35 using Tapatalk
thank you oom van
betul oom, apalagi di forum sebelah yang isinya perang fanboy melulu setiap nyela suatu mobil. jujur, itu yang mendasari kenapa ane pindah dari forum sebelah ke SM.
dan tidak ada yang lebih menyenangkan dari membuat sebuah review dimana kita bisa bebas hujat itu mobil sampe ke kedalaman neraka sekalipun.... tanpa ada interupsi pihak luar maupun ATPM. a very honest review at its best.
Terbukti, banyak temen-temen jebolan forum sebelah dulu yang jadi SR di SM. kadang mereka tiba-tiba ngechat bilang kalo mereka SR dan sering baca review-review SM dan mereka menyukainya.
axala wrote:Welldone [emoji16] [emoji16]
Btw hebat respon setirnya masi bagus....karena hyundae kea jaman sekaranh dah gemar2nya pk EMPS yg bikin makin ringan setir kaya sorento...at least better [emoji9]
Soal suspensi...need some change...sedikit modifikasi disektor kaki2 membantu,overall barunya si XG memang kurang worth..menang pano macam sorentondol menang pano juga ketimbang santi yg dah sesuai harga ama fitur....ini aja rear airvent disunat tdnya ada di europe
hmmm baca lagi baik-baik, bro. kayaknya ane nulis steering salah satu bagian terburuk yang bikin ane skeptis pertama kali....
Setelah itu madcat membelokkan mobil full throttle dan saya mulai sangsi, di kondisi belok full throttle sangat keliatan,
setir sama sekali tidak memberikan "perlawanan" which is, bikin saya skeptis lagi.
Yang pertama saya notice adalah setirnya yang sangat ringan. Feelnya terasa mirip dengan 3 mobil Korea lain yang pernah saya setir.
Setir terasa melayang dengan feedback zero, bahkan speed-sensitive nya pun terasa sangat sintetik, mau lagi ngebut pun gerakan ban seakan sulit diprediksi, steering ratio yang berubah-ubah dengan cepat pun bikin saya ngeri. Seperti mood ababil atau cewek PMS yang lagi diputusin pacarnya. Feel setir udah buruk, saya makin skeptis lagi.
sama seperti Rio, Sportage, Sorento..... very dull steering yang bobotnya berubah-ubah sakarepe dhewe...
modifikasi kaki-kaki? remember, this is a korean, not a Toyota or Honda yang part aftermarketnya bejibun... part aftermarket untuk mobil Korea sangat sulit dan nyaris ngga ada... adapun gambling, iya kalo tambah empuk, kalo tambah atos gimana?
yaa IMO enak beli yang udah nyaman sekalian sih, ga buang duit.
wong harga segitu banyak kok. CX-5 2.0 Sport, CR-V 2.0 MT, X-Trail 2.0 CVT, Subaru XV, Mitsu OS, Chevrolet Craptiva.... dan i must say damping keseluruh mobil ini jauh lebih baik dibanding Tucson yang kayak gerobak.... or i must say.... kayak Terios gen.1
ricz wrote:Nice review bro...
Belom pernah masuk ke tucson seh apalagi TD (krn nth kenapa kaga minat sm sekali)
Tapi pernah masuk ke KIA Sportage (sodara sebasis si tucson, harusnya hampir sama lah built qualitynya)
Begitu masuk.... speechless... ini mobil msh baru tp koq banyak baretnya di dash yak... Trus jok kulitnya jg grainnya kasar, beda ama OOTlander yg lebih halus (sorry bwt owner sportage)
Btw, setuju ama kaka chriz, mending CRV RM 2.0 aja...
Sent from Nokia 3310 using Tapatalk
thank you ric
to be honest, sebetulnya ane kurang tertarik juga, tapi berhubung ada request dan Sonata udah nggak ada, jadi ya untuk memenuhi request aja ane TD ini benda. dan kebetulan yang request udah bungkus
ane pernah masuk ke keduanya dan TD keduanya (Sportage & Tucson), setuju, plastic di kedua mobil ini begitu horror, seperti plastic dash LMPV atau LCGC. well built? interior Honda masa kini aja terasa lebih solid dibanding keduanya.
yoi, IMO, seburuk apapun CR-V RM tetap terasa lebih worth it dibanding Tucson... dari segi ride quality maupun fitur.... CR-V jadi terasa worth.
artoodetoo wrote:Saya juga mau protes!
Kenapa saya gak diajak pas mereview.
errrr anu ituuu....
madcat mana madcat
sirahngelu wrote:
Bwahahaha, komen paling lucu di tret ini.
Maap-maap, kalau di surabaya ya teman yg akrab itu justru sering mengolok-olok.
contoh "Jiaann***, gambarmu cocoke dikirim nang acarane pak tino sidin Ndeng!"
itu komentar teman pada gambar flowchart pemgrograman yang susah payah dikebut semalam, dan memang belepotan sih.
Teman yg akrab gak sungkan mengkritik dengan pedas, karena tau yg dikritik gak bakal emosi.
Aku sih ngganggapnya ini fast review om walid, bacanya santai sekip-sekip lebih pada lihat gambarnya dan rangkumannya di bawah.
kalau Sir Ad74ya memang deep review sih, nyari teh dan camilan dulu sebelum baca.
Semua reviewer ada style-nya sendiri-sendiri, om walid kasih review juga dong biar tambah lagi corak review di sini.
thank you oom sirahngelu
hahahahaha bener kalo sahabatan mah biasa malah pisu-pisuan.... juan**k
yoi, review hasil TD itu hanya gambaran awal gimana performa sebuah mobil. sisanya, ya user review lebih mengena pasti dibanding review dari tukang TD.