Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11939
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
kalo mau belajar tehnik heel and toe saat brenti di tanjakan dengan M/T. tidak ada bantuan dari handbrake dan usahakan mobil tidak bergerak mundur terlalu banyak. itu jauh lebih berguna di jalan raya.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
LFB atau heel and toe atau LFB menggunakan heel and toe? Kalo yg trakhir, gimana dgn clutch nya?marmut wrote:kalo mau belajar tehnik heel and toe saat brenti di tanjakan dengan M/T. tidak ada bantuan dari handbrake dan usahakan mobil tidak bergerak mundur terlalu banyak. itu jauh lebih berguna di jalan raya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11939
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
LFB = menekan pedal rem dengan kaki kiri.
heel & toe = kaki kiri tetap di pedal kopling. tumit kaki kanan di pedal gas dan ujung jempol kaki kanan di pedal rem.
di dunia reli, dipake saat mau masuk tikungan dan harus oper gigi menjaga RPM tanpa banyak kehilangan waktu & kecepatan.
heel & toe = kaki kiri tetap di pedal kopling. tumit kaki kanan di pedal gas dan ujung jempol kaki kanan di pedal rem.
di dunia reli, dipake saat mau masuk tikungan dan harus oper gigi menjaga RPM tanpa banyak kehilangan waktu & kecepatan.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Wuihhh... Ditinggal nguli trit-nya jadi rame euy... 
Menurut pendapat ogud yang Nubitol bin Sotoy ini... LFB menjadi berbahaya karena dari awal kita belajar mengaplikasikan pedal rem dan gas dengan kaki kanan dan kaki kiri mengaplikasikan pedal kopling yang habitnya adalah "Tekan Penuh, Lepaskan Perlahan" dan hal ini terekam di alam bawah sadar kita sehingga dalam kondisi refleks ketika ada kejadian mendadak kaki kiri akan menekan pedal kopling dalam (menjaga agar mesin tidak mati) dan kaki kanan menekan rem seperlunya. (Dengan asumsi, pada umumnya sebelum menggunakan mobil AT pengemudi lebih dahulu menguasai mobil MT)
Sekarang bayangkan seandainya ada sesorang yang sejak awal belum pernah belajar mengemudikan mobil dan diperkenalkan dengan mobil AT (langsung) . Instrukturnya mengajarkan mengaplikasikan pedal rem dengan kaki kiri dan pedal gas dengan kaki kanan apakah akan berbahaya? Jawabannya Belum Tentu karena ibarat "Hard Drive" yang masih kosong YBS "memporgram" fungsi kaki kanan dan kaki kirinya pada 2 pedal yang berbeda.
Dan ternyata sudah ada contoh nyatanya pula seperti yang dituturkan oleh Om TUFF Stough
Sekarang... Coba diingat - ingat kembali, pada saat hari pertama kita mengemudikan mobil dan mengaplikasikan pedal rem dengan kaki kanan. Berapa diantara kita yang melakukan rem mendadak bahkan dengan kaki kanan? Kalau ogud sih kebetulan iya bahkan hingga beberapa kali
Jadi menurut kesimpulan ogud dari hasil eksplorasi yang ogud lakukan bukan masalah takdir kaki kanan atau kaki kiri pada pedal gas atau rem tetapi kepada apa yang menjadi kebiasaan mengemudi kita pada umumnya. Yang menjadi berbahaya atau beresiko adalah ketika kita tidak berhasil melakukan "Cracking" kebiasaan kita pada saat LFB dan reflex memerintahkan untuk menginjak pedal kopling padahal yang diinjak adalah pedal Rem.
CMIIW
@Master Billy : Thanks Banget atas uraiannya Om...

Menurut pendapat ogud yang Nubitol bin Sotoy ini... LFB menjadi berbahaya karena dari awal kita belajar mengaplikasikan pedal rem dan gas dengan kaki kanan dan kaki kiri mengaplikasikan pedal kopling yang habitnya adalah "Tekan Penuh, Lepaskan Perlahan" dan hal ini terekam di alam bawah sadar kita sehingga dalam kondisi refleks ketika ada kejadian mendadak kaki kiri akan menekan pedal kopling dalam (menjaga agar mesin tidak mati) dan kaki kanan menekan rem seperlunya. (Dengan asumsi, pada umumnya sebelum menggunakan mobil AT pengemudi lebih dahulu menguasai mobil MT)
Sekarang bayangkan seandainya ada sesorang yang sejak awal belum pernah belajar mengemudikan mobil dan diperkenalkan dengan mobil AT (langsung) . Instrukturnya mengajarkan mengaplikasikan pedal rem dengan kaki kiri dan pedal gas dengan kaki kanan apakah akan berbahaya? Jawabannya Belum Tentu karena ibarat "Hard Drive" yang masih kosong YBS "memporgram" fungsi kaki kanan dan kaki kirinya pada 2 pedal yang berbeda.
Dan ternyata sudah ada contoh nyatanya pula seperti yang dituturkan oleh Om TUFF Stough
TUFF Stough wrote:Justru sekarang keterusan om, dah bawa mobil ke bandung bolak-balik, anyer, tangkuban perahu, kliling2 jakarta fun2 aja.[emoji28]montirangin wrote:bahaya om. justru nyubi harusnya ga diperbolehkan LFB.TUFF Stough wrote:err... berhubung ane supir nyubi, belajarnya malah LFB doloan.
Soalnya trauma pake RFB salah nginjek waktu mo ngerem. Otaknya belon sinkron kali ya?
hape jadoel ditaplakin
Sekarang... Coba diingat - ingat kembali, pada saat hari pertama kita mengemudikan mobil dan mengaplikasikan pedal rem dengan kaki kanan. Berapa diantara kita yang melakukan rem mendadak bahkan dengan kaki kanan? Kalau ogud sih kebetulan iya bahkan hingga beberapa kali

Jadi menurut kesimpulan ogud dari hasil eksplorasi yang ogud lakukan bukan masalah takdir kaki kanan atau kaki kiri pada pedal gas atau rem tetapi kepada apa yang menjadi kebiasaan mengemudi kita pada umumnya. Yang menjadi berbahaya atau beresiko adalah ketika kita tidak berhasil melakukan "Cracking" kebiasaan kita pada saat LFB dan reflex memerintahkan untuk menginjak pedal kopling padahal yang diinjak adalah pedal Rem.

CMIIW

Err... That's a little long story Om POS VETT tapi anak - anak Wasem sih udah tau sejarahnya om...POS VETT wrote:Betty itu nama perempuan. Koq orangnya laki?

@Master Billy : Thanks Banget atas uraiannya Om...

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Wuihhh!!!marmut wrote:LFB = menekan pedal rem dengan kaki kiri.
heel & toe = kaki kiri tetap di pedal kopling. tumit kaki kanan di pedal gas dan ujung jempol kaki kanan di pedal rem.
di dunia reli, dipake saat mau masuk tikungan dan harus oper gigi menjaga RPM tanpa banyak kehilangan waktu & kecepatan.

Berasa nonton Film "Initial D" Om Marmut... Selama ini dengan mobil MT ogud sih di tanjakan kalau tidak terlalu lama berhenti ogud tidak pernah menggunakan "Hand Brake" kok Om, dan pada saat start cukup "gantung" kopling kaki dari pedal rem langsung pindah ke pedal gas dan mobil tidak akan melorot.
Tapi masukan dari Om Marmut sangat menarik untuk dieksplorasi nanti setelah berhasil, ogud share di sini om... Thanks Banget atas masukannya...

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3515
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Mungkin aku bukan contoh yg pas. Bisa jadi juga karena aku kidal, jadinya lebih mudah seimbangkan penggunaan kaki kiri dengan kanan.
Btw, ada yg tahu caranya ningkatin sensitifitas kaki dalam nginjak pedal? Aku kok sampe sekarang masih lebih pede nginjak pedal tanpa alas kaki ya?
Btw, ada yg tahu caranya ningkatin sensitifitas kaki dalam nginjak pedal? Aku kok sampe sekarang masih lebih pede nginjak pedal tanpa alas kaki ya?

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Seharusnya tidak berbeda jauh kok Om... Kalau Om Kidal malah lebih seru lagi karena ibaratnya meminta orang "Kadal" (Yang Non Kidal maksudnyaTUFF Stough wrote:Mungkin aku bukan contoh yg pas. Bisa jadi juga karena aku kidal, jadinya lebih mudah seimbangkan penggunaan kaki kiri dengan kanan.
Btw, ada yg tahu caranya ningkatin sensitifitas kaki dalam nginjak pedal? Aku kok sampe sekarang masih lebih pede nginjak pedal tanpa alas kaki ya?



Tapi terlepas dari itu semua, apakah Om memang selamanya tidak berniat mengendarai Mobil ber pedal kopling?



Sedikit OOT, masalah sensitifitas menginjak pedal adalah "masalah pemula" dan cuma masalah kebiasaan. Hampir semua pengemudi pada awal belajar mengemudi mengalami permasalahan ini (Termasuk Ogud). Nah... dibandingkan belajar LFB dan sebaliknya... lebih penting belajar mengemudi dengan alas kaki dan kalau tidak salah (CMIIW) Mengemudi dengan alas kaki (Sepatu) termasuk dalam salah satu kategori aspek safety driving.

Saran Ogud, mulai sekarang biasakan kembali menyetir dengan alas kaki (kalau bisa sepatu karena menggunakan sepatu tidak mudah selip, bergeser ) mungkin bisa dengan sepatu kain dengan tapak karet dulu agar lebih mudah (Sangat ringan dengan sol yang tidak terlalu tebal sehingga feel pedal masih berasa) nanti kalau sudah jago boleh menggunakan bakiak saat nyetir...



REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
g masalah si kadal n kidal wkwkwk.... 
ane kadal ko, blajar pertama MT, tiap hari ganti2 AT dan MT.. lefty selalu klw pke AT except di mbl2 diatas yg memang g enak *atw blm nemu posisinya*
semua jga bisa dilatih, yg penting jgn sampai ngebahayain saat latihan, dan karna g ada yg nguji, hrs bisa ngukur sendiri uda lancar atw blm.
of course at your own risk .


ane kadal ko, blajar pertama MT, tiap hari ganti2 AT dan MT.. lefty selalu klw pke AT except di mbl2 diatas yg memang g enak *atw blm nemu posisinya*
semua jga bisa dilatih, yg penting jgn sampai ngebahayain saat latihan, dan karna g ada yg nguji, hrs bisa ngukur sendiri uda lancar atw blm.
of course at your own risk .

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Wed Sep 18, 2013 9:28
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Beda bener emang kalau Master udah bersabda...billyd1773dz wrote:g masalah si kadal n kidal wkwkwk....
ane kadal ko, blajar pertama MT, tiap hari ganti2 AT dan MT.. lefty selalu klw pke AT except di mbl2 diatas yg memang g enak *atw blm nemu posisinya*
semua jga bisa dilatih, yg penting jgn sampai ngebahayain saat latihan, dan karna g ada yg nguji, hrs bisa ngukur sendiri uda lancar atw blm.
of course at your own risk .

REAL MAN USE THREE PEDALS
*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

*Sambil Mijit - mijit Betis Kiri*

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Yap, saya melakukan lfb hanya pada saat setelah menerjang genangan air untuk mengeringkan brake pads. Tapi itu pun dilakukan saat lalulintas sedang ngga ramai.alexdonovan wrote:Seumur hidup baru sekali nyoba Left foot braking. Niatnya sambil jalan sambil nowel pedal buat ngeringin rem (habis masuk banjir). Ndilalah kaki kiri yang niatnya cuma nowel, malah nginjek rem sampe full stop. Untung dari belakang ga ada apa apa.
Sequence of event-nya:
- Nowel rem pake kaki kiri
- Rem mulai kering, cakram mulai gigit, ada deselarasi
- deselarasi bikin inersia badan kedorong kedepan, termasuk kaki kiri
- nginjek rem makin dalem, kedorong inersia
- nginjek poll karena lupa bahwa kaki kiri diatas rem (biasanya diatas kopling![]()
![]()
)
Sejak itu kapok sekapok-kapoknya
Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3515
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Mengenai pindah haluan AT ke MT, insya Allah pede berbekal sehari-hari pake motor manual kopling. Yg bikin gak pede karena belum punya mobil MT sendiri. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Belum pernah membiasakan injak rem pakai kaki kiri sih. Kok layaknya bahaya deh.
Yg sering heel and toe, pakai kaki kanan. Kalau pakai metik, kaki kiri santai aja. Toh tugas kaki kanan masih blm berat kok. Kembali heel and toe lebih mudah dari sinkron kaki kanan kiri (IMHO)
Yg menurut aku lebih manfaat belajar tarik rem tangan, layaknya skrg jarang ada yg masih bisa bikin donut alias berpusing ada axisnya.
Yg sering heel and toe, pakai kaki kanan. Kalau pakai metik, kaki kiri santai aja. Toh tugas kaki kanan masih blm berat kok. Kembali heel and toe lebih mudah dari sinkron kaki kanan kiri (IMHO)
Yg menurut aku lebih manfaat belajar tarik rem tangan, layaknya skrg jarang ada yg masih bisa bikin donut alias berpusing ada axisnya.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
sayangnya umur rem tangan udah limited om sudarsono.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11939
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
TUFF Stough wrote: Btw, ada yg tahu caranya ningkatin sensitifitas kaki dalam nginjak pedal? Aku kok sampe sekarang masih lebih pede nginjak pedal tanpa alas kaki ya?
nggak ada cara selain latihan dan latihan oom. dimulai dari sepatu yang tipis, meningkat ke sepatu yang sol-nya agak tebal, sampai dengan sepatu PDL tentara.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Ane juga sama, banyakan tanpa alas. Ga tau knp lebih enak aja berasanya. YG susah kalo pas bawa mobil kantor yg bener2 banyak bekas2 sandal orang..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3515
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
Susahnya kalo jadi weekend warrior, kebagian pake mobil cuman Sabtu-Minggu doank.marmut wrote:TUFF Stough wrote: Btw, ada yg tahu caranya ningkatin sensitifitas kaki dalam nginjak pedal? Aku kok sampe sekarang masih lebih pede nginjak pedal tanpa alas kaki ya?
nggak ada cara selain latihan dan latihan oom. dimulai dari sepatu yang tipis, meningkat ke sepatu yang sol-nya agak tebal, sampai dengan sepatu PDL tentara.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Sharing dan Diskusi Left Foot Braking (LFB)
bgetul harus practice practice and practice..