Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
DOHC wrote:pake kampas bendix.... biasanya yg kalah duluan kampas nya.... baru jalan 20 rebu km di mobil manual uda abis kira2 stengah pad nya.... waktu pake akebono, malah awet bener... tp kayanya disc nya yg kalah, baret2...
tau umur teknisnya nggak? brake pad di mobil ane udah 5 taun tapi baru kemakan (kira-kira) seperempat bagian.
umur teknis maksudnya, umur maksimal dimana kampas remnya masih direkomendasikan untuk dipakai ya? misalnya umur teknisnya 3 tahun, tapi oom pakainya udah 5 tahun and belum menunjukkan tanda2 aus, so jadi direkomendasikan ganti? begitu ya oom?
seperti pertanyaan saya sebelumnya di atas,
ban yang umurnya udah 5 taun lebih tapi kembangannya masih tebel, karetnya pasti udah mengeras / retak halus plus daya cengkram ke jalan juga pasti akan berkurang. kalo brake pad / brake shoe begimana? ada expire date-nya juga apa enggak?
karena brake pad di mobil udah mau masuk taun ke 6 tapi baru kemakan seperempatnya. dan menurut perasaan sih saat injek rem masih enak ngga ada masalah.
seperti pertanyaan saya sebelumnya di atas,
ban yang umurnya udah 5 taun lebih tapi kembangannya masih tebel, karetnya pasti udah mengeras / retak halus plus daya cengkram ke jalan juga pasti akan berkurang. kalo brake pad / brake shoe begimana? ada expire date-nya juga apa enggak?
karena brake pad di mobil udah mau masuk taun ke 6 tapi baru kemakan seperempatnya. dan menurut perasaan sih saat injek rem masih enak ngga ada masalah.
@ oom nes, ya begitu oom....
Pengalaman saya ya pak, gejalanya sama dengan ban
Kampas-nya membatu, apalagi kalau sering kena air (maksudnya banjir)
Daya rem-nya juga ngga se enak kalau masih baru (feeling sih) dan cepet bikin cakram baret
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
@marmut: hehe, kalau saya feeling aja sih oom, kalau udah lama umurnya and kebetulan harga kampas remnya ndak terlalu mahal (kebetulan saya pakai bendix general ct) jadinya saya ganti aja deh.. hehe
@ kobanes : ohh ternyata gt tohh om... soalnya tiap kali beli kampas rem... ane blom nemu ada produsen yg tulis batas umur kampas rem nya... bahkan yg cantumin tanggal produksi nya aja jarang...
mengenai soal empuk tidak nya si kampas... rasa2 nya bsa rancu deh ama kualitas minyak rem... ipah ane tiap kali abis ane kuras minyak rem nya, pedal nya jd empuk enak lg...
DOHC wrote:@ kobanes : ohh ternyata gt tohh om... soalnya tiap kali beli kampas rem... ane blom nemu ada produsen yg tulis batas umur kampas rem nya... bahkan yg cantumin tanggal produksi nya aja jarang...
mengenai soal empuk tidak nya si kampas... rasa2 nya bsa rancu deh ama kualitas minyak rem... ipah ane tiap kali abis ane kuras minyak rem nya, pedal nya jd empuk enak lg...
iya oom, betul waktu itu yang ane coba malah kuras minyak rem, ganti disc brake depan sama ganti kampas rem, feels good
Baru replace brake pad dpn brio satya, pake trestor metallic plus + kuras minyak rem...
Harga trestor 1/3 dari oem replacement nya, first impression rem lebih pakem & nginjek pedal ngga terlalu dalem
Hati2 buat yg mau ganti brake shoe aftermarket bagian belakang brio satya (2013 - 2015), rata2 merek brik*ns, toh*ku, H level kw, dll ngga sama model & dimensi nya dgn oem replacement
Untuk yg blkg prefer ganti pake oem replacement lg aja
Mobil km. Berapa ini om ganti kampas? Ganti langsung depan belakang ya?
akbrn wrote:Up thread lama
Baru replace brake pad dpn brio satya, pake trestor metallic plus + kuras minyak rem...
Harga trestor 1/3 dari oem replacement nya, first impression rem lebih pakem & nginjek pedal ngga terlalu dalem
Hati2 buat yg mau ganti brake shoe aftermarket bagian belakang brio satya (2013 - 2015), rata2 merek brik*ns, toh*ku, H level kw, dll ngga sama model & dimensi nya dgn oem replacement
Untuk yg blkg prefer ganti pake oem replacement lg aja
indeskey wrote:Mobil km. Berapa ini om ganti kampas? Ganti langsung depan belakang ya?
akbrn wrote:Up thread lama
Baru replace brake pad dpn brio satya, pake trestor metallic plus + kuras minyak rem...
Harga trestor 1/3 dari oem replacement nya, first impression rem lebih pakem & nginjek pedal ngga terlalu dalem
Hati2 buat yg mau ganti brake shoe aftermarket bagian belakang brio satya (2013 - 2015), rata2 merek brik*ns, toh*ku, H level kw, dll ngga sama model & dimensi nya dgn oem replacement
Untuk yg blkg prefer ganti pake oem replacement lg aja
KM udah gondrong oom, 1xx.[cencored] (belasan). Sementara ganti dpn dulu, yg blkg diluar dugaan ternyata masih tebel.
Yg blkg udah kurang pakem kl di rem tangan, dikirain dari brake shoe yg tipis. Ternyata dari kabel rem tangan sebelah kanan yg udah lemah.
kompresorz wrote:kampas rem bendix di anki kalo masih awal jalan kurang pakem....bisa kagetan di rem nyelonong...
tapi klo udah panas bagus sangat mirip standar ...
dan gak bikin rem getar juga bunyi....walo dipakenya selalu mentokin spido sampe pintu keluar tol rem sekuat tenaga kaki....