Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by octafiantos »

VanzMatic wrote:Rekues ku ngga laku.. [emoji22]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
Mau bikin review bingung Om.
Naik aja belum pernah :ngacir:

Iphone 9.5 Pake Tapatalk.
User avatar
34lee
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 613
Joined: Sun Jul 13, 2014 4:09
Location: Republic Of CH

Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by 34lee »

Btw. Pesawat yg paling nyaman buat tmn2 SM apa ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

34lee wrote:Btw. Pesawat yg paling nyaman buat tmn2 SM apa ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
Absolutely da queen on da sky.... Boeing 747.. [emoji209] [emoji177]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16791
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by ChZ »

34lee wrote:Btw. Pesawat yg paling nyaman buat tmn2 SM apa ya ?


Sent from my iPhone using Tapatalk
Kalo paling nyaman ya pastinya B777-300ER nya GA waktu ke Tokyo compared to A330-200 ya, atmosfer kabinnya lebih comfy B777-300ER sih. Cuma pernah pake itu yang paling gede. :ngacir: Masih ngidam kepengen naik 747 atau 787. Liat kabinnya 787 bikin ngilerrrr.

Pengalaman naik pesawat itu cuma penerbangan gak lebih dari sejam Semarang-Surabaya dan sebaliknya ajah.... paling lama ke Tokyo, 8 jam. Jadi paling naik pesawat-pesawat nggak terlalu besar macem ATR72-600 Wings Air, 737-200 Sriwijaya Air, Airbus A320-200 AirAsia (sayang penerbangan ke SUB-SRG AirAsia ditutup, padahal enak sekali naik A320 ini), dan 737-800NG Garuda waktu dari CGK-SRG.

Yang cukup berkesan sih ya ATR72-600, seneng banget kalo dapet duduk deket sayap. Biar sempit dan berisik tapi engine note nya beuh.... :big_love:

BTW belakangan lagi mengagumi design sayapnya 2 pesawat ini

Boeing 747 - 8

Image

Boeing 787 - 9 "Dreamliner"

Image

Keren aja sayapnya beneran kayak sayap burung lagi ngepak. Waktu liat video Megafactories - Boeing 747-8 juga dijelasin katanya buat meminimalkan drag di ujung sayapnya makanya desain sayapnya 747 diubah jadi seperti itu, The Queen of the Skies has gotten more beautiful :cupss:

Untuk passenger jet entah kenapa lebih sreg desainnya Boeing daripada Airbus, apalagi A380 yang kalo ditatap frontal langsung kayak ikan louhan :e-wall: :e-wall:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adty »

Saya pribadi masih terkagum kagum sama Airbus a300-600 Super Transport ini

Image

Image

:mky_01:
Penikmat roti tawar beroda
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by DOHC »

kl pesawat2 yg ane perna rasain ckup enak... B747.. A330... 2 2nya utk penerbangan jarak jauh...

tp kayanya utk penerbangan rute pendek, ga ad yg nyaman2 nya bagi ane... apalagi kl pernebangan lingkup lokal... penuh turbulensi, dan blom lg diperparah dgn landing super harsh ala pilot2 lokal sini... ud 2 kali kejadian ane naek lion air, pas mendarat di bandara PLW mutiara, ampe loncat2 an gt pas landing... bahkan yg terakhir ampe abis itu pesawat nya d grounded utk next flight... gegara keras banget pas landing nya...ampe pucat itu muka para penumpang...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16791
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by ChZ »

DOHC wrote:kl pesawat2 yg ane perna rasain ckup enak... B747.. A330... 2 2nya utk penerbangan jarak jauh...

tp kayanya utk penerbangan rute pendek, ga ad yg nyaman2 nya bagi ane... apalagi kl pernebangan lingkup lokal... penuh turbulensi, dan blom lg diperparah dgn landing super harsh ala pilot2 lokal sini... ud 2 kali kejadian ane naek lion air, pas mendarat di bandara PLW mutiara, ampe loncat2 an gt pas landing... bahkan yg terakhir ampe abis itu pesawat nya d grounded utk next flight... gegara keras banget pas landing nya...ampe pucat itu muka para penumpang...
Ahh apalagi kalo pake ATR buat rute pendek itu turbulensinya berasa banget pesawat kecil gt, mo landing juga side wind kerasa banget. Ya seru - seru menegangkan gitu deh sensasinya, kek naek roller coaster cuma tarohannya nyawa :ngacir:

Landing paling smooth seumur-umur Garuda (737-800NG) ama AirAsia (A320-200). Sisanya ya medioker ajah...

Yang jelas kalo disuruh milih yang affordable sekarang pilihannya cuma Sriwijaya.... Lion/Wings kalo terpaksa ajah, kalo gak terpaksa ya males... AirAsia udah kagak ada rute SUB-SRG :e-wall: padahal kangen ane naik A320nya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by DOHC »

kl bagi ane... kayanya slama itu penerbangan dgn persh low cost carrier... mau itu lion, air asia, sriwijaya dan sgala air2 lain nya... sama aj mods... sama ga ad enak nya... kursi sempit, leg room super sempit, dan ga jarang kursi nya agak "beraroma"...dtambah lg sensasi taruhan nyawa pas landing dan turbulensi... makanya beberapa trip trakir ane kl rute nasional, ane make garuda aj, tohh tiket tinggal ane reimburse ke kantor... tp leg room manusiawi, pramugari yg lebi royal senyum, suasana kabin yg lebi manusawi... dan somehow, entah bener atau kaga, tp garuda utk landing dan take off nya lebi smooth ktimbang tuh low cost carrier..

kl ATR ane perna coba tuh... rute PLW- luwuk.. emang suara mesin nya agak2 gmana gt... dan sensasi pas mau landing nya, kaya goyang kiri kanan dl ampe bsa ngerasain roda sisi mana dulu yg touchdown ke runway nya...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16791
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by ChZ »

DOHC wrote:kl bagi ane... kayanya slama itu penerbangan dgn persh low cost carrier... mau itu lion, air asia, sriwijaya dan sgala air2 lain nya... sama aj mods... sama ga ad enak nya... kursi sempit, leg room super sempit, dan ga jarang kursi nya agak "beraroma"...dtambah lg sensasi taruhan nyawa pas landing dan turbulensi... makanya beberapa trip trakir ane kl rute nasional, ane make garuda aj, tohh tiket tinggal ane reimburse ke kantor... tp leg room manusiawi, pramugari yg lebi royal senyum, suasana kabin yg lebi manusawi... dan somehow, entah bener atau kaga, tp garuda utk landing dan take off nya lebi smooth ktimbang tuh low cost carrier..

kl ATR ane perna coba tuh... rute PLW- luwuk.. emang suara mesin nya agak2 gmana gt... dan sensasi pas mau landing nya, kaya goyang kiri kanan dl ampe bsa ngerasain roda sisi mana dulu yg touchdown ke runway nya...
Hehehe ya namanya LCC oom klep, penerbangan cuma point A to point B. Ibaratnya kl taxi ya pake taxi Limo biasa yang udah gak karuan suspensinya, dan masih bonus bau badan abang supirnya udah gitu bawanya serampangan kadang... intinya bisa sampe ke tempat tujuan.

Kl mau plus plus nyaman dan fasilitas lebih ya pake burung silper.... :mrgreen:

Wah tiket bisa di reimburse ke kantor ya enak, kl mahasiswa kayak ane mo reimburse ke mana masa ke ortu :e-wall:

Kalo perjalanan kurang dari 2 jam ya ceng li lah kalo kata orang Chinese cuma kayak pindah pantat. Kalo perjalanan ke Eropa atau Amerika ya mending pake yang mahal sekalian.... in case kalo tujuannya beneran family leisure holiday, kalo buat backpacker ya mending pake LCC, lebih ekonomis dan lebih "seru".... :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Izark
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Thu May 17, 2012 16:30

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by Izark »

dari semua maskapai yang ada direct flight ke BDO, mo LCC kek, mo FSC kek, gak ada yang lebih smooth landingnya dari (alm) Merpati Nusantara Airlines. Terakhir naik 737-lupa seri apa rute SUB-BDO, last flight, just 2-3 weeks before officially ceased operations for good :frm_salut:
mau nulis apa ya...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

adty wrote:Saya pribadi masih terkagum kagum sama Airbus a300-600 Super Transport ini

Image

Image

:mky_01:
Si paus belluga... [emoji41]

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
User avatar
batumakam
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 830
Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by batumakam »

ChZ wrote:
DOHC wrote:kl bagi ane... kayanya slama itu penerbangan dgn persh low cost carrier... mau itu lion, air asia, sriwijaya dan sgala air2 lain nya... sama aj mods... sama ga ad enak nya... kursi sempit, leg room super sempit, dan ga jarang kursi nya agak "beraroma"...dtambah lg sensasi taruhan nyawa pas landing dan turbulensi... makanya beberapa trip trakir ane kl rute nasional, ane make garuda aj, tohh tiket tinggal ane reimburse ke kantor... tp leg room manusiawi, pramugari yg lebi royal senyum, suasana kabin yg lebi manusawi... dan somehow, entah bener atau kaga, tp garuda utk landing dan take off nya lebi smooth ktimbang tuh low cost carrier..
kl ATR ane perna coba tuh... rute PLW- luwuk.. emang suara mesin nya agak2 gmana gt... dan sensasi pas mau landing nya, kaya goyang kiri kanan dl ampe bsa ngerasain roda sisi mana dulu yg touchdown ke runway nya...
Hehehe ya namanya LCC oom klep, penerbangan cuma point A to point B. Ibaratnya kl taxi ya pake taxi Limo biasa yang udah gak karuan suspensinya, dan masih bonus bau badan abang supirnya udah gitu bawanya serampangan kadang... intinya bisa sampe ke tempat tujuan.
Kl mau plus plus nyaman dan fasilitas lebih ya pake burung silper.... :mrgreen:
Wah tiket bisa di reimburse ke kantor ya enak, kl mahasiswa kayak ane mo reimburse ke mana masa ke ortu :e-wall:
Kalo perjalanan kurang dari 2 jam ya ceng li lah kalo kata orang Chinese cuma kayak pindah pantat. Kalo perjalanan ke Eropa atau Amerika ya mending pake yang mahal sekalian.... in case kalo tujuannya beneran family leisure holiday, kalo buat backpacker ya mending pake LCC, lebih ekonomis dan lebih "seru".... :ngacir:
IMO kalo maskapai LCC gue paling rekomen si Sriwijaya,lebih manusiawi ketimbang Lion dkk, kalo gak ada airasia biasanya gue selalu pilih Sriwijaya :mky_01: Kalo urusan kantor ya tetep kalo bisa Garuda kenapa enggak? wong dibayari kok :mky_03: Pernah sekali naik 'liong air' pas urgent, karena jadwal yg paling deket waktu gw datang ke bandara,eh kampretnya malah delay hampir 2 jam :big_chicken: Sampe Tempat meeting gw di bom habis2an sama bos+direksi :ungg: Lah gw yg bawa dokumen malah paling akhir datangnya wakakakaka...
*ada efek positifnya, sejak saat itu kalo kemana2 selalu dikasih minimal citilink atau garuda :big_smoking:
always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
adty
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 932
Joined: Thu Sep 04, 2014 2:06

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by adty »

batumakam wrote:IMO kalo maskapai LCC gue paling rekomen si Sriwijaya,lebih manusiawi ketimbang Lion dkk, kalo gak ada airasia biasanya gue selalu pilih Sriwijaya :mky_01: Kalo urusan kantor ya tetep kalo bisa Garuda kenapa enggak? wong dibayari kok :mky_03: Pernah sekali naik 'liong air' pas urgent, karena jadwal yg paling deket waktu gw datang ke bandara,eh kampretnya malah delay hampir 2 jam :big_chicken: Sampe Tempat meeting gw di bom habis2an sama bos+direksi :ungg: Lah gw yg bawa dokumen malah paling akhir datangnya wakakakaka...
*ada efek positifnya, sejak saat itu kalo kemana2 selalu dikasih minimal citilink atau garuda :big_smoking:
Yes saya setuju juga Sriwajaya better. Pernah ke Jayapura 5 jam ga dikasih apa2 di Lion Air. Beda sama Sriwijaya dikasih air mineral+roti, belum kalo take off lagi abis transit dikasih lagi. Ah jadi kangen jaman kecil dulu bolak balik Kalimantan naik Bouraq, Adam Air, hmm apalagi ya entah Pelita atau Jatayu saya lupa, pastii selalu dikasih makan at least roti. Dan juga setiap take off dikasih permen...

Lha sekarang? :e-snooty:
Penikmat roti tawar beroda
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Post by DOHC »

Jahhh kl lion mahh no hope lahh... boro2 roti... aer setetes jg ga dkasi... tp dl kl naek maskapai ini... krn ud bete saking pelitnya... d luggage ane slalu standby makanan dan minuman sendiri... dan berhubung bandara yg ane lewati agak "terbelakang" jadi yahh lewat2 aj tuh bawa makanan ama minuman d tas... d psawat pun jg nonik pramugari nya ga ad yg brani tegor ane..

Sent from my Ericsson GF388 using Tapatalk
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Post by VanzMatic »

Udah ngga pernah terpikir liong selama beberapa taun ke belakang. Bukan masalah seating pitch atau sesek sesekan kayak pindang keranjang, tapi masalah pelayanan dan tepat waktu. Tepat waktu disini tuh boarding time ya. Kalo delay akibat antrian bebek yang pada mau terbang, beda perkara. Gak bisa dihindari itu mah.

Tapi perkara pelayanan dan posisi kursi. Minimal Air Asia lah kalo kantor kasi tiket. Kalo pas beli sendiri ya citilink atau sriwi lah. Kalo pas pengin sekali sekali nikmatin yg manusiawi dikit, pake kocek ndiri, ya paling kenceng cuma bisa Batik Air rekomen deh walaupun segrup ama liong tapi ngga sebusuk liong.

Sent from my Siemens S25 using Tapatalk
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

Sundul ah... lama ga nongol ni tit..... err.. trid...

Halo om Nyoman, halo mas haristk7..

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3282
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Saya lama gak buka sm lewat web jadi ya~

Btw, Sriwijaya dan Lion Air tidak termasuk LowCostCarier tetapi LowFares =)
Sisanya seperti Citilink, Airasia adalah LowCostCarier

Kita sering bicara Widebody Aircraft yuk sekali kali kita bicarakan narowbody airplane khususnya Jetseater untuk hub, berkapasitas 50-100 penumpang..
Kenapa jet? Ok untuk hub biasanya menggunakan pesawat turboprop dengan asumsi supaya lebih irit bahan bakar. Semakin pesatnya dunia bisnis, airline membutuhkan pesawat yang hemat bahan bakar, terbang lebih senyap dengan service ceilling lebih tinggi namun terbang lebih cepat dari pesawat turboprop reguler. Ya turboprop masih memiliki kelemahan di kecepatan jelajah yang hanya menembus 500km/h saja serta service ceilling yang rendah, memang ada pesawat turboprop dengan kecepatan maks 850km/h hanya saja tidak di gunakan sebagai pesawat penumpang (kecuali Tu-144 yang sangat berisik). Beberapa pesawat turboprop yang kita kenal dan menjadi andalan airline adalah ATR, de Havilland Canada serta Antonov (ada yang masih di produksi dan beroprasi? Tolong quote dan tambahkan)

Pesawat apa saja yang menarik untuk disimak? Coba kita pecah satu persatu terutama yang pernah beredar di Indonesia..
(saya hanya menulis sejarah singkat ya)

Foker 100
Saya agak kurang paham dengan sejarahnya, tapi kita coba kulik ya.. Pesawat ini pernah digunakan oleh Merpati dan Pelita Airservice sebagai fleet mereka, pesawat ini nyaman serta cukup luas, berisi maksimum 122 penumpang. Saya hanya memiliki pengalaman amat pendek dengan pesawat ini karena hanya sempat terbang dengan Pelita pada tahun 2003 saja dan Merpati saya lupa tahun nya.. Bermesin Rolls-Royce Tay Mk 650-15 dengan konfigurasi mesin berada dibelakang sayap. Primary user nya adalah Aurstrian Arrows, KLM (city hooper) dan Qantas (link)

Image


Bombardier CRJ
Berawal dari bussiness jet yaitu Canadair Challanger dibuatlah versi regional jet 50 seat CRJ200 dengan mesin GE CF34 series. Versi pengembangan nya adalah yang sering kita lihat sekarang yaitu CRJ700, CRJ900 serta CRJ1000 dengan primmary user Skywest dan Lufthansa. Mesin ditarik kebelakang serta sayap yang bisa di tarik lebih mundur, membuat pesawat sangat mudah bermanuver dan memiliki kemampuan takeoff yang baik, di Indonesia yang menggunakan pesawat ini adalah Garuda Indonesia.

Image

Embraer E-Jet series
Bermula dari E120, no pressuries cabin hingga menjadi seperti ini. Embraer merupakan pabrikan pesawat yang memang memulai dari sesuatu yang bisa kita anggap biasa saja, tidak canggih serta cenderung ketinggalan jaman. Namun step by step akhirnya lahirlah E-Jet Family dengan tagline 2+2. Generasi awal adalah E170/E175 dengan 88 seat dan dilanjutkan dengan versi "panjang" yaitu E190/195 dengan kapasitas max122 seat.
Pesawat ini boleh dibilang merupakan saingan dari Bombardier CRJ family. Menurut saya pesawat ini lebih nyaman dibandingkan CRJ1000, kabin lebih lapang serta kesenyapan yang lebih baik. Menggunakan mesin GE CF34 (sama dengan CRJ) namun memiliki konfigurasi mesin yang berbeda dari pesaingnya yang berada dibelakang sayap, embraer E-Jet menggunakan konfigurasi mesin di pylon. Primary user nya adalah Flybe, Jetblu dan Lufthansa Regional, sedangkan pengguna di Indonesia adalah Kalstar Aviation.

Image


Sukhoi SSJ Series
Ini adalah salah satu underdog diantara seluruh pesawat di kategori narrow body short range airplane. Jika kita bertanya tentang teknologi pesawat ini lebih canggih dari beberapa pesawat yang saya sebutkan diatas, keluasan kabin? menang, kesenyapan? luarbiasa. Namun kenapa tidak ada yang membeli? Salah satunya maskapai masih wait and see, karena pesawat ini tergolong masih sangat muda first flight pada 2008 serta dibuat oleh company yang boleh dibilang hampir tidak pernah membuat sesuatu yang bisa diandalkan untuk pesawat penumpang. SSJ adalah satu dari sekian banyak proyek Rusia untuk pesawat jet penumpang yang berhasil. Konfigurasi seat 3+2, bermesin Powerjet SaM146 kerjasama Snecma (prancis) serta NFO Saturn (Rusia) yang di develop dari mesin CFM56 yang terletak di pylon. Primary user masih sekitar Rusia seperti Aeroflot dan Interjet, di Indonesia? Ada, yaitu Sky Aviation.

Image

Sebetulnya masih ada lagi regional atau narrow body short range yang menarik. Misalnya saja BAe Avrojet 146 yang pernah menghiasi langit Indonesia serta sempat digunakan sebagai RI1 dan RI2. McDonald Douglas MD82/90 atau Boeing 717 (setelah MD diambil alih Boeing), Airbus 318 (320 family) dan 737-500.

BAe 146 Avrojet
Image

Airbus A318
Image

MD82/90
Image

ada yang terlupa? bisa ditambahkan oleh rekan2 yang lain.. Salam
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3282
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Ada satu pesawat lagi yang menggelitik saya beberapa hari ini, pesawat ini bukan pesawat penumpang reguler melainkan pesawat pribadi atau bussiness jet. Tapi ini tidak bermesin jet, bermesin twin turboprop dengan konfigurasi "pusher". Pesawat ini unik, bentuk yang aerodinamis dan cantik, bisa dibilang inilah Ferrari nya pesawat pribadi.. Service ceilling tinggi (41.000ft) serta menghasilkan kecepatan jet.

Piaggio Avanti P180
Image
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by VanzMatic »

Aah... seperti sebuah pesawat russia nampaknya. Dahulu ada juga kan pesawat tempur Nazi yg turboprop model pusher

Sent from my Lenovo S890 using Tapatalk
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3282
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by NYoman »

Yap, dan pada dasarnya pesawat pertama di dunia buatan Wright Brother adalah pusher config..

Kekurangan tentu saja aerodinamika, berisik, engine cooling semakin kompleks dan center of gravity yg jelek.. Kelebihan adalah pada aerodinamika(kekurangan yg bisa di minimalisir dengan hitungan yang jauh lbh kompleks) serta fuselage yang bisa dibuat lebih pendek..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

sy koreksi dikit ttg fokker-100*

bukan backbone merpati tapi sempatiair ...sembilanperwiratinggi (umar, rono, dodo, mono, mitro, raden, mumun, hono, lisa)

sempatiair adalah global launch customer fokker-70 (construction number 11529 reg. PK-JGI dan 11532 reg. PK-JGJ ) the first in asia with in-seat individual LCDscreen entertainment system in all J and Y travel classes and all recaro seats covered with genuine leather

hanya dua dari sepuluh units yg sempati pesan ... sanggup dibuat fokker** dan ferry flight ke jkt 1995.03.09 (JGI yg skrg jadi PH-EZL austrian airlines) dan 1995.03.17 (JGJ skrg under austrian airlines PH-EZR)

**1996.03.15 hogeraad van amsterdam judge rulings declared fokker bankrupcy ending its 84yr presence in aviation industry

*smua fokker 100s and 70s sempati saat masih active punya registration alphabetical order PK-JG...
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by psiturism »

batumakam wrote: IMO kalo maskapai LCC gue paling rekomen si Sriwijaya,lebih manusiawi ketimbang Lion dkk, kalo gak ada airasia biasanya gue selalu pilih Sriwijaya :mky_01: Kalo urusan kantor ya tetep kalo bisa Garuda kenapa enggak? wong dibayari kok :mky_03: Pernah sekali naik 'liong air' pas urgent, karena jadwal yg paling deket waktu gw datang ke bandara,eh kampretnya malah delay hampir 2 jam :big_chicken: Sampe Tempat meeting gw di bom habis2an sama bos+direksi :ungg: Lah gw yg bawa dokumen malah paling akhir datangnya wakakakaka...
*ada efek positifnya, sejak saat itu kalo kemana2 selalu dikasih minimal citilink atau garuda :big_smoking:
lion emg paling juara urusan delay begituan.. prnh gw delay 6 jam naik lion dari semarang ke jakarta.. untung dikasih makan, itupun cuma ayam sama nasi sama aqua gelas.. tapi yg paling parah sih garuda pas terminal 2 kebakaran juli kemaren.. pas kebakaran pas jadwal gw naik.. gila sampe 24 jam gw di airport kaga tidur sama sekali.. dari yg jadwalnya berangkat jm 9.40 sampe jm 9.40 besoknya kaga berangkat juga.. makanan udh rebutan kaya mau demo, pas dibuka cuma roti, wafer top, sama aqua gelas.. anehnya di gate lain ada yg dpt KFC (gate gw ga dpt).. untung di refund full tiketnya..

yg cukup unik pas bulan lalu ke solo naik lion.. gatau ada setan apa lion yg biasanya delay, ini malah berangkatnya kecepetan 10 menit dari jadwal.. sampe solo muter2 dulu iatas kotanya sampe lama sekitaran 10-15 menitan baru landing... ditambah bonus landingnya bikin seluruh penumpang jantungan.. ganteng bener dah :big_exellent:
Last edited by psiturism on Sat Nov 28, 2015 8:38, edited 1 time in total.
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
psiturism
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 326
Joined: Fri Sep 18, 2015 17:54
Location: Pagedangan
Daily Vehicle: 2016 Toyota AN140 2GD Q AT

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by psiturism »

sorry double post :big_dunno:
2016 Toyota AN140 Q 2GD-FTV 6AT
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7655
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by newrubble »

LCC = low commitment carrier

lion tdk brengsek tapi mrk cukup faham ratarata org org indo

sensorik motorik tdk pernah kompak dlm satu gerak

grumble.tapi tetap sj naik ... mau delay mau cebur laut mau tabrak kuburan mau banpatah ...

sblm bikin lion ruskir sdh survey naik turun metromino microlet n kluar masuk ghetto n kesimpulan dia ...

tampilan bole beda tapi mindset sama sj ...px itu kartu sehat kartu pintar holders ... cabin crews itu tukang jamu ... cockpit crews itu supir dg handuk di leher .... PA system.ya sama sj spt yg di kampungrambutan ... airport ya terminalbus
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pesawat-pesawat yg Mengagumkan

Post by DOHC »

sdikit oot...

sebenernya plus minus enjin di sayap ama di body blakang pesawat apa yahh...

mengenai fokker 100... ane perna naek skali, bener sperti kata om NR, waktu itu ane naek nya sempati air... rute jakarta batam kl ga salah... satu hal yg ane notice, suara engine nya heboh bener...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: