Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Well, kali ini bukan review mobilnya sih... Sekali-sekali review modifikasi.
OK berawal dari obrolan iseng ane ke bokap untuk install Unichip Q+ ke gerobak tua ane karena sayang banget sejak mobil adik ane yaitu hatchback cap batu makam menyedihkan dilego, ini Unichip tertidur lelap tanpa ada yang pakai...
Well daripada punya barang bagus gak dipakai, jual aja di O*X.. loh!? Maksudnya mending dipasang aja... Yah seperti biasa bokap memberikan pesan yang selalu sama ketika ane mau modip engine : "jangan dipakai kebut-kebutan".... which is selalu ane langgar
Awalnya saya ke bengkel yang di rekomendasikan oleh om Rocco77 karena konon ongkosnya lebih bersahabat, tapi setelah ketemu orangnya langsung bilang "software nya buat Unichip lagi error".... Ya OK lah... akhirnya beralih ke the one and only, authorized dealer Dastek Unichip di Surabaya : GUT Motorsport. Atur appointment di hari Jumat, 14 Agustus, lalu satu set wiring langsung ane serahkan untuk diperiksa dan dibuat wiring harness baru which is lumayan menguras kantong mahasiswa ane yang udah cekak : 300ribu
Just FYI sebelom install Unichip mobil sudah di tune-up lengkap + cuci injektor, plus ganti filter replacement merek APEX.
What's Unichip?
Unichip adalah sejenis piggyback produk dari Dastek, perusahaan asal Australia.
Piggyback sendiri, seperti kita tahu mobil modern sekarang yang sudah menggunakan fuel injection memiliki benda aneh bernama ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sebagai "otak" mobil. Saking canggihnya ECU ini dapat mengatur semua system berdasarkan sensor - sensor yang ada seperti MAF sensor, IAT sensor, O2 sensor, dst dst, bahkan AFR (Air to Fuel Ratio) juga diatur oleh ECU.
Yang jadi masalah adalah the so called green movement bikin banyak pabrikan otomatis mengatur ECU nya untuk bisa se-efisien mungkin, AFR dibuat lean sehingga gak banyak bensin terbuang dan irit BBM. Diperparah dengan hadirnya teknologi aneh bernama DBW (Drive-By Wire) yang bikin response mobil jadi lambat sekali karena nggak pakai kawat gas konvensional yang begitu diinjek langsung spontan. DBW konon dibuat supaya bukaan gas bisa lebih akurat sesuai kebutuhan. Dan we all know "sesuai kebutuhan" means "irit". "Irit" means "loyo".
Pinternya lagi sekarang banyak pabrikan sengaja nge-lock ECU nya biar gak dikutak-katik sama si pemilik dengan sembrono dan hanya bisa dibuka menggunakan "software" khusus pabrikan yang ironisnya cuma ada di Bengkel Resmi, beda dengan zaman carburetor dulu kita bisa setel setel sendiri tinggal konsekuensinya kalo kenceng ya boros, kalo irit ya pelan. Padahal ECU ini kalau diulik potensinya besar sekali, bahkan lebih besar dari carburetor, contohnya VW Golf TSI dengan sedikit reflashing di ECU nya bisa dapat 220hp dari stocknya 160hp and lots of torque. LOTS. Bahkan di mesin EFI apalagi dengan VVT dan DBW fuel economy gak akan jadi soal kalau cuma manipulasi di ECU saja.
Piggyback singkatnya punya fungsi sebagai "penipu" ECU. Seluruh sinyal-sinyal dan bacaan sensor ke ECU dimanipulasi oleh "benda nakal" ini. Dastek Unichip series sendiri merupakan piggyback yang paling "basic". Di luar Unichip ada merek-merek seperti GReddy E-Manage, HKS F-Con, ECU SHOP Monsmax, Haltech, dst dst, bahkan beberapa punya fungsi sebagai ECU stand alone alias yang diganti bener-bener ECU nya, bukan cuma manipulasi.
Dan lebih nakalnya lagi, Piggyback dilengkapi dengan throttle module untuk mobil ber-DBW sehingga selain bacaan sensornya dibuat "kacau", bacaan input throttle nya juga dibuat "kacau".
Konsekuensi jelas ada, yang jelas karena AFR ikut dimainkan jadi jangan ikut uji emisi atau mobil anda bakal langsung dicap gak layak jalan apalagi untuk mobil-mobil berturbo seperti Innova Diesel yang asapnya kayak cumi-cumi karena boost juga dinaikkan via Piggyback, jangankan Euro2, Euro1 pun gak bakal lulus. Wong asapnya kayak cumi-cumi gitu...
Installation
Jumat pagi saya ke GUT Motorsport, masuk langsung wiring harness dikerjakan oleh para mekanik GUT yang memakan waktu sekitar 1 jam. Well, kalau belom dibuatin wiring harness nya dulu bisa sangat lama sekali.
Selesai instalasi wiring harness kemudian Ko Agus, dedengkot GUT untuk urusan unichip turun tangan buat setting di atas mesin Dyno. Setting takes another 1 hour and a LOT OF FUEL.... karena dibejek terus terusan di dynorun
And it's done....
Setelah dynorun yang cukup lama, akhirnya proses instalasi selesai, here's the result :
Run 5 : Stock. Run 6 : Unichip Q+
Horsepower : 108Hp @6000 RPM ---> 112Hp@6000RPM (6000 udah kena limiter jadi yang 6500 keatas gak dianggap *waktunya lepas limiter...*)
Torque : 137Nm @4000 RPM ----> 148Nm @4500RPM
Well, quite shocking since SX4 di brosur cuma ditulis 100Hp dan 133Nm. Dan jangan kaget graph torque nya sedikit aneh, wajar karena dyno mobil Automatic, yang under 4000RPM itu kena shifting dan gak valid.
So, does it drives actually different on the road?
Memang kalau kita lihat graph dan result nya mungkin kurang memuaskan, tapi hasilnya di jalan sangat terasa, seperti dulu di Harrier dan March, torque di 1500 sampai peak di 4500 sangat terasa sekali, di high RPM mendekati 6000 nyaris gak ada beda dengan standar. Maklum, horsepower cuma nambah 4.
Di throttle module bisa pakai sampai 5 mapping dan saya pakai Premium SP5, SP7 , Pertamax SP3, SP5, SP7. Di settingan TM SP7 Pertamax saya injek gas enteng saja tachometer nya langsung melejit ke 3000 RPM, sayangnya untuk saya ini terlalu agresif jika cuma dipakai dalam kota saja, jadi di dalem kota saya mainnya di sekitaran SP3 atau SP5 Pertamax. Naik tol baru pakai SP7.
Does it worth the Spend?
Jujur saja karena saya cuma istilahnya "dipasang daripada nganggur di rumah", jadi mobilnya masih full stock. Ongkos pasang 2juta jelas nggak jadi masalah karena hasilnya seperti yang saya harapkan.
Tapi sebetulnya kalau mau maksimal, sebaiknya hardware performance nya ditingkatkan terlebih dahulu, full exhaust minimal biar lebih maksimal. Apalagi considering harga Unichip sekarang cukup mahal, Q+ 7.3juta include wiring harness dan switch, dan Q4 versi terbaru 7.4juta include wiring harness dan switch.
Mungkin kalau dipasang di mobil Diesel seperti Innova D-4D atau Pajero Sport DAKAR, full stock nggak jadi masalah karena nggak usah dipasang apa-apa kedua mobil itu bisa naik dari 40% hingga 80% tenaga aslinya. Tapi untuk mobil bensin apalagi bensin cc kecil dan VVT, better pasang performance parts dulu baru Piggyback.
Well sekian review gak penting saya.
OK berawal dari obrolan iseng ane ke bokap untuk install Unichip Q+ ke gerobak tua ane karena sayang banget sejak mobil adik ane yaitu hatchback cap batu makam menyedihkan dilego, ini Unichip tertidur lelap tanpa ada yang pakai...
Well daripada punya barang bagus gak dipakai, jual aja di O*X.. loh!? Maksudnya mending dipasang aja... Yah seperti biasa bokap memberikan pesan yang selalu sama ketika ane mau modip engine : "jangan dipakai kebut-kebutan".... which is selalu ane langgar
Awalnya saya ke bengkel yang di rekomendasikan oleh om Rocco77 karena konon ongkosnya lebih bersahabat, tapi setelah ketemu orangnya langsung bilang "software nya buat Unichip lagi error".... Ya OK lah... akhirnya beralih ke the one and only, authorized dealer Dastek Unichip di Surabaya : GUT Motorsport. Atur appointment di hari Jumat, 14 Agustus, lalu satu set wiring langsung ane serahkan untuk diperiksa dan dibuat wiring harness baru which is lumayan menguras kantong mahasiswa ane yang udah cekak : 300ribu
Just FYI sebelom install Unichip mobil sudah di tune-up lengkap + cuci injektor, plus ganti filter replacement merek APEX.
What's Unichip?
Unichip adalah sejenis piggyback produk dari Dastek, perusahaan asal Australia.
Piggyback sendiri, seperti kita tahu mobil modern sekarang yang sudah menggunakan fuel injection memiliki benda aneh bernama ECU (Electronic Control Unit) yang bekerja sebagai "otak" mobil. Saking canggihnya ECU ini dapat mengatur semua system berdasarkan sensor - sensor yang ada seperti MAF sensor, IAT sensor, O2 sensor, dst dst, bahkan AFR (Air to Fuel Ratio) juga diatur oleh ECU.
Yang jadi masalah adalah the so called green movement bikin banyak pabrikan otomatis mengatur ECU nya untuk bisa se-efisien mungkin, AFR dibuat lean sehingga gak banyak bensin terbuang dan irit BBM. Diperparah dengan hadirnya teknologi aneh bernama DBW (Drive-By Wire) yang bikin response mobil jadi lambat sekali karena nggak pakai kawat gas konvensional yang begitu diinjek langsung spontan. DBW konon dibuat supaya bukaan gas bisa lebih akurat sesuai kebutuhan. Dan we all know "sesuai kebutuhan" means "irit". "Irit" means "loyo".
Pinternya lagi sekarang banyak pabrikan sengaja nge-lock ECU nya biar gak dikutak-katik sama si pemilik dengan sembrono dan hanya bisa dibuka menggunakan "software" khusus pabrikan yang ironisnya cuma ada di Bengkel Resmi, beda dengan zaman carburetor dulu kita bisa setel setel sendiri tinggal konsekuensinya kalo kenceng ya boros, kalo irit ya pelan. Padahal ECU ini kalau diulik potensinya besar sekali, bahkan lebih besar dari carburetor, contohnya VW Golf TSI dengan sedikit reflashing di ECU nya bisa dapat 220hp dari stocknya 160hp and lots of torque. LOTS. Bahkan di mesin EFI apalagi dengan VVT dan DBW fuel economy gak akan jadi soal kalau cuma manipulasi di ECU saja.
Piggyback singkatnya punya fungsi sebagai "penipu" ECU. Seluruh sinyal-sinyal dan bacaan sensor ke ECU dimanipulasi oleh "benda nakal" ini. Dastek Unichip series sendiri merupakan piggyback yang paling "basic". Di luar Unichip ada merek-merek seperti GReddy E-Manage, HKS F-Con, ECU SHOP Monsmax, Haltech, dst dst, bahkan beberapa punya fungsi sebagai ECU stand alone alias yang diganti bener-bener ECU nya, bukan cuma manipulasi.
Dan lebih nakalnya lagi, Piggyback dilengkapi dengan throttle module untuk mobil ber-DBW sehingga selain bacaan sensornya dibuat "kacau", bacaan input throttle nya juga dibuat "kacau".
Konsekuensi jelas ada, yang jelas karena AFR ikut dimainkan jadi jangan ikut uji emisi atau mobil anda bakal langsung dicap gak layak jalan apalagi untuk mobil-mobil berturbo seperti Innova Diesel yang asapnya kayak cumi-cumi karena boost juga dinaikkan via Piggyback, jangankan Euro2, Euro1 pun gak bakal lulus. Wong asapnya kayak cumi-cumi gitu...
Installation
Jumat pagi saya ke GUT Motorsport, masuk langsung wiring harness dikerjakan oleh para mekanik GUT yang memakan waktu sekitar 1 jam. Well, kalau belom dibuatin wiring harness nya dulu bisa sangat lama sekali.
Selesai instalasi wiring harness kemudian Ko Agus, dedengkot GUT untuk urusan unichip turun tangan buat setting di atas mesin Dyno. Setting takes another 1 hour and a LOT OF FUEL.... karena dibejek terus terusan di dynorun
And it's done....
Setelah dynorun yang cukup lama, akhirnya proses instalasi selesai, here's the result :
Run 5 : Stock. Run 6 : Unichip Q+
Horsepower : 108Hp @6000 RPM ---> 112Hp@6000RPM (6000 udah kena limiter jadi yang 6500 keatas gak dianggap *waktunya lepas limiter...*)
Torque : 137Nm @4000 RPM ----> 148Nm @4500RPM
Well, quite shocking since SX4 di brosur cuma ditulis 100Hp dan 133Nm. Dan jangan kaget graph torque nya sedikit aneh, wajar karena dyno mobil Automatic, yang under 4000RPM itu kena shifting dan gak valid.
So, does it drives actually different on the road?
Memang kalau kita lihat graph dan result nya mungkin kurang memuaskan, tapi hasilnya di jalan sangat terasa, seperti dulu di Harrier dan March, torque di 1500 sampai peak di 4500 sangat terasa sekali, di high RPM mendekati 6000 nyaris gak ada beda dengan standar. Maklum, horsepower cuma nambah 4.
Di throttle module bisa pakai sampai 5 mapping dan saya pakai Premium SP5, SP7 , Pertamax SP3, SP5, SP7. Di settingan TM SP7 Pertamax saya injek gas enteng saja tachometer nya langsung melejit ke 3000 RPM, sayangnya untuk saya ini terlalu agresif jika cuma dipakai dalam kota saja, jadi di dalem kota saya mainnya di sekitaran SP3 atau SP5 Pertamax. Naik tol baru pakai SP7.
Does it worth the Spend?
Jujur saja karena saya cuma istilahnya "dipasang daripada nganggur di rumah", jadi mobilnya masih full stock. Ongkos pasang 2juta jelas nggak jadi masalah karena hasilnya seperti yang saya harapkan.
Tapi sebetulnya kalau mau maksimal, sebaiknya hardware performance nya ditingkatkan terlebih dahulu, full exhaust minimal biar lebih maksimal. Apalagi considering harga Unichip sekarang cukup mahal, Q+ 7.3juta include wiring harness dan switch, dan Q4 versi terbaru 7.4juta include wiring harness dan switch.
Mungkin kalau dipasang di mobil Diesel seperti Innova D-4D atau Pajero Sport DAKAR, full stock nggak jadi masalah karena nggak usah dipasang apa-apa kedua mobil itu bisa naik dari 40% hingga 80% tenaga aslinya. Tapi untuk mobil bensin apalagi bensin cc kecil dan VVT, better pasang performance parts dulu baru Piggyback.
Well sekian review gak penting saya.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Nice review mod, saatnya porting polish + lepas cc kayaknya
Wow, 120hp on wheel @6500 rpm
Torsi di rpm rendah gmn mod?
Matic nya kuat ga ya kalo sering main di 6500 rpm..
Kalo engine nya si badak.
Wow, 120hp on wheel @6500 rpm
Torsi di rpm rendah gmn mod?
Matic nya kuat ga ya kalo sering main di 6500 rpm..
Kalo engine nya si badak.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Saatnya porting polish, lepas CC, pasang full exhaust, naik kompresi.... saatnya bangkrutKodokPushUp wrote:Nice review mod, saatnya porting polish + lepas cc kayaknya
Wow, 120hp on wheel @6500 rpm
Torsi di rpm rendah gmn mod?
Matic nya kuat ga ya kalo sering main di 6500 rpm..
Kalo engine nya si badak.
Torsi di RPM rendahnya sangat beda sekali dengan waktu standard dulu, bro. Di rpm rendah sampai rpm tengah-tengah cukup terasa perbedaannya. Seperti yang terlihat di graph.
Masalahnya ane harus lepas limiter dulu kalau mau main di 6500 RPM, karena limiternya dibatasi sampai 6000
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Err kok ane liatnya di graph, power band 4,5k-6,5k ya?
Sedangkan di bawah itu torsinya turun cukup banyak.
Kalo ane dulu waktu iseng coba geser2 powerband, power naek trade-off nya torsi di rpm rendah turun.
Stop and go aja mesti gas agak gede, tapi begitu rpm menengah, langsung kayak dipecut.
Wkwkwk matic si ya..
Seinget ane dulu (benerin kalo salah, agak2 lupa soalnya), di m15a manual, 6,5k rpm masi bisa deh
Sedangkan di bawah itu torsinya turun cukup banyak.
Kalo ane dulu waktu iseng coba geser2 powerband, power naek trade-off nya torsi di rpm rendah turun.
Stop and go aja mesti gas agak gede, tapi begitu rpm menengah, langsung kayak dipecut.
Wkwkwk matic si ya..
Seinget ane dulu (benerin kalo salah, agak2 lupa soalnya), di m15a manual, 6,5k rpm masi bisa deh
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Main NA di suzuki memang bakal ngabisin duit.
Dulu sx4 saya pas masih mudah dpt akses ke spare part suzuki, udah full exhaust kansai, dastek,M16A piston, porting polish, cuma dapet 120ish BHP dan 150an NM. Naik ga banyak tp galak di bawah.
Mau dpt power banyak mending main turbo aja. Itu modif dulu sudah ngabisin biaya 20-25juta. Apalagi sekarang. Hehe
Dulu sx4 saya pas masih mudah dpt akses ke spare part suzuki, udah full exhaust kansai, dastek,M16A piston, porting polish, cuma dapet 120ish BHP dan 150an NM. Naik ga banyak tp galak di bawah.
Mau dpt power banyak mending main turbo aja. Itu modif dulu sudah ngabisin biaya 20-25juta. Apalagi sekarang. Hehe
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
lmayan tuh 108 hp on wheel...
btw ane stuju ama saran prof kodok, coba di PnP dl mods... emg ga bakal naikin HP banyak... tp bkin napas mesin lebi plong... ujung2 nya kurva tenaga nya lebi pas..
trus.... lepas atuhh tuh limiter... masa ud naek dastek masi pake limiter...
btw ane stuju ama saran prof kodok, coba di PnP dl mods... emg ga bakal naikin HP banyak... tp bkin napas mesin lebi plong... ujung2 nya kurva tenaga nya lebi pas..
trus.... lepas atuhh tuh limiter... masa ud naek dastek masi pake limiter...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Mantap wes pigibek an.
Sekalian copot CC sama ganti filter udara yang agak plong aja chris, baru tuning lg.
Sekalian copot CC sama ganti filter udara yang agak plong aja chris, baru tuning lg.
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: RE: Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Ohh ente liatnya yang biru ya? Ane belom jelasin yang after yang bener itu yang garis ijo hahahaha.KodokPushUp wrote:Err kok ane liatnya di graph, power band 4,5k-6,5k ya?
Sedangkan di bawah itu torsinya turun cukup banyak.
Kalo ane dulu waktu iseng coba geser2 powerband, power naek trade-off nya torsi di rpm rendah turun.
Stop and go aja mesti gas agak gede, tapi begitu rpm menengah, langsung kayak dipecut.
Wkwkwk matic si ya..
Seinget ane dulu (benerin kalo salah, agak2 lupa soalnya), di m15a manual, 6,5k rpm masi bisa deh
Yang before yang bener garis merah
Sent from my GT-P3100 using Tapatalk
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
forum sebelah mode : on
kurang celup tuh, masi bsa dicelupin lg...
mode : off..
#apapun mobilnya atau modif nya, yg penting diceperin mampus......
btw, suzuki sport ad kluarin paket turbo nya lohh mods utk M15.... yakin ga tertarik ???
kurang celup tuh, masi bsa dicelupin lg...
mode : off..
#apapun mobilnya atau modif nya, yg penting diceperin mampus......
btw, suzuki sport ad kluarin paket turbo nya lohh mods utk M15.... yakin ga tertarik ???
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Ahahahaha some says capability di ECU nya M15A memang di limit jadi mau dituning seberat apapun max di 120ish aja.vp920b wrote:Main NA di suzuki memang bakal ngabisin duit.
Dulu sx4 saya pas masih mudah dpt akses ke spare part suzuki, udah full exhaust kansai, dastek,M16A piston, porting polish, cuma dapet 120ish BHP dan 150an NM. Naik ga banyak tp galak di bawah.
Mau dpt power banyak mending main turbo aja. Itu modif dulu sudah ngabisin biaya 20-25juta. Apalagi sekarang. Hehe
Kebanyakan orang di M15A memang main turbo ya om, Swift turbo juga banyak banget setau saya
Tune NA paling enak ya Honda
DOHC wrote:lmayan tuh 108 hp on wheel...
btw ane stuju ama saran prof kodok, coba di PnP dl mods... emg ga bakal naikin HP banyak... tp bkin napas mesin lebi plong... ujung2 nya kurva tenaga nya lebi pas..
trus.... lepas atuhh tuh limiter... masa ud naek dastek masi pake limiter...
112hp on wheel oom... yang after kan run 6 nya (112hp).DOHC wrote:forum sebelah mode : on
kurang celup tuh, masi bsa dicelupin lg...
mode : off..
#apapun mobilnya atau modif nya, yg penting diceperin mampus......
btw, suzuki sport ad kluarin paket turbo nya lohh mods utk M15.... yakin ga tertarik ???
Wkwkwkwkwkw aduh racunnya banyak bener ini... ntar di list satu satu dulu biar gak pingsan denger ongkosnya iya ada kit turbonya buat M15A om... banyak yang pake di Swift.
Kurang rebah boss... direbahin lagi... velgnya ganti dong boss....
Gak ngomong sekalian naik turbo?sintoni wrote:Mantap wes pigibek an.
Sekalian copot CC sama ganti filter udara yang agak plong aja chris, baru tuning lg.
Header 1.5jt full exhaust kurang lebih harus keluar 5 ++, porting polish di GAR Power juga gak murah, filter udara udah pakai replacement murah murah, modif itu mahal
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Udah kapan yuk ke kansai...
Tp musti retune lagi...wkwkwkwk...
Tp musti retune lagi...wkwkwkwk...
Soul Red zoom zoom
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Calon calon tembus 220 km/h di Juanda
Pake turbo kecil dulu aja chris yang celup celup bisa nunggu :*
Pake turbo kecil dulu aja chris yang celup celup bisa nunggu :*
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
tuh ud bnyak yg stuju naek turbo... sikattt lahhh.... btw dl om naldo d sx4 sedan matic nya jg ud naek turbo.. aseli dr susuki sport jepun pula....
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Ane tungguin di Juanda, bro chz... *bringin my oversized R3 into the play*imingwahyudi wrote:Calon calon tembus 220 km/h di Juanda
Pake turbo kecil dulu aja chris yang celup celup bisa nunggu :*
Anyway, nice report. Dan ane setuju dgn mod klep. Bawah sudah ganas, waktunya lempar keong ke enjin bay, lepas CC, pasang freeflow airfilter, ganti knalpot ujung ke ujung.
Chick magnet approved!
Obey the mahakitteh.
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
sepik sepik in harga headernya dong broonyotnyet wrote:Udah kapan yuk ke kansai...
Tp musti retune lagi...wkwkwkwk...
imingwahyudi wrote:Calon calon tembus 220 km/h di Juanda
Pake turbo kecil dulu aja chris yang celup celup bisa nunggu :*
duitnya manaaaaaaaDOHC wrote:tuh ud bnyak yg stuju naek turbo... sikattt lahhh.... btw dl om naldo d sx4 sedan matic nya jg ud naek turbo.. aseli dr susuki sport jepun pula....
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
R3 ente 0-100 13.1 kan? Awas gak bisa ngikutinmadcat015 wrote:
Ane tungguin di Juanda, bro chz... *bringin my oversized R3 into the play*
Anyway, nice report. Dan ane setuju dgn mod klep. Bawah sudah ganas, waktunya lempar keong ke enjin bay, lepas CC, pasang freeflow airfilter, ganti knalpot ujung ke ujung.
Chick magnet approved!
DUITNYA MANAAAAAAA.... Jual ntu ertiga ente beliin satu set turbo IC dan piping pipingnya *tendang kucing*
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
kl perlu pake knalpot yg lgs coak ke atas... kap mesin d bolongin buat s knalpot
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
numpang lewat aja....
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
bolongin kap mesin?DOHC wrote:kl perlu pake knalpot yg lgs coak ke atas... kap mesin d bolongin buat s knalpot
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
swap ke EJ207 Twin Scroll Turbocharger
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Wkwkwk. Saya kan pecinta en-ah!
Udah pokok ya lepas CC aja dulu sama ganti saringan udara agak plong.
Terus masa power udah naik tapi rem sama supensi ban masi standard?
Baru tuning lg. Kalo masih belum puas, ya silahkan mau diapakan.
Udah pokok ya lepas CC aja dulu sama ganti saringan udara agak plong.
Terus masa power udah naik tapi rem sama supensi ban masi standard?
Baru tuning lg. Kalo masih belum puas, ya silahkan mau diapakan.
-
- SM Specialist
- Posts: 16463
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
saringan udarane uwis broooo replacement... uwis rodok plong kui tinggal lepas CC ne durungsintoni wrote:Wkwkwk. Saya kan pecinta en-ah!
Udah pokok ya lepas CC aja dulu sama ganti saringan udara agak plong.
Terus masa power udah naik tapi rem sama supensi ban masi standard?
Baru tuning lg. Kalo masih belum puas, ya silahkan mau diapakan.
aduh itu Lele di rumah apa kabar? Ganti lampu dulu dong masa mobil mahal mahal lampunya gelap gulita
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 854
- Joined: Tue May 19, 2015 4:08
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Mantap kenaikan torquenya, jd mikir mikir buat masang di fd ane
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Tue Aug 18, 2009 6:23
- Location: surabaya
- Daily Vehicle: CX-5 GT Soul Red
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Ayo dah kapan ke kansai...harga mah gampang...wkwkwkwk...ChZ wrote:sepik sepik in harga headernya dong broonyotnyet wrote:Udah kapan yuk ke kansai...
Tp musti retune lagi...wkwkwkwk...
imingwahyudi wrote:Calon calon tembus 220 km/h di Juanda
Pake turbo kecil dulu aja chris yang celup celup bisa nunggu :*duitnya manaaaaaaaDOHC wrote:tuh ud bnyak yg stuju naek turbo... sikattt lahhh.... btw dl om naldo d sx4 sedan matic nya jg ud naek turbo.. aseli dr susuki sport jepun pula....
Sent from my Ericsson GF 388 using Tapatalk
R3 ente 0-100 13.1 kan? Awas gak bisa ngikutinmadcat015 wrote:
Ane tungguin di Juanda, bro chz... *bringin my oversized R3 into the play*
Anyway, nice report. Dan ane setuju dgn mod klep. Bawah sudah ganas, waktunya lempar keong ke enjin bay, lepas CC, pasang freeflow airfilter, ganti knalpot ujung ke ujung.
Chick magnet approved!
DUITNYA MANAAAAAAA.... Jual ntu ertiga ente beliin satu set turbo IC dan piping pipingnya *tendang kucing*
ertiga oversize lawan my mediocre mpv ajah...
Soul Red zoom zoom
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27283
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
tuh modss... knalpot ganti lah... masa ud naek dastek, knalpot masi standard...
minimal bobok CC dl lahh... murah koq, cuman modal kunci pas, linggis panjang ama palu doank...
minimal bobok CC dl lahh... murah koq, cuman modal kunci pas, linggis panjang ama palu doank...
numpang lewat aja....
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5903
- Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
- Daily Vehicle: [cencored]
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Walah kalo malam udah ga pake lampu bro, pake nait piu visyen kayak mobil mersi s klas gt.ChZ wrote:saringan udarane uwis broooo replacement... uwis rodok plong kui tinggal lepas CC ne durungsintoni wrote:Wkwkwk. Saya kan pecinta en-ah!
Udah pokok ya lepas CC aja dulu sama ganti saringan udara agak plong.
Terus masa power udah naik tapi rem sama supensi ban masi standard?
Baru tuning lg. Kalo masih belum puas, ya silahkan mau diapakan.
aduh itu Lele di rumah apa kabar? Ganti lampu dulu dong masa mobil mahal mahal lampunya gelap gulita
Udah ga jaman bro pake lampu terang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3701
- Joined: Thu Jul 03, 2014 1:13
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Trit ini menjadi trit ratjoen untuk modif sx4nya ChZ
Anyway nice review daster err..... dasteknya bro
Anyway nice review daster err..... dasteknya bro
There is no past nor future, only now - Nathan MLBB
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
2017 TM2FX MT
2022 NF11T11C01 MT
-
- SM Specialist
- Posts: 623
- Joined: Sun Sep 28, 2014 19:04
- Location: Surabaya
Re: Review Dastek Unichip Q+ Installation @ Suzuki SX4 Automatic 2010
Ente si demen remang2, kebiasaan raba2 si ya..sintoni wrote:Walah kalo malam udah ga pake lampu bro, pake nait piu visyen kayak mobil mersi s klas gt.ChZ wrote:saringan udarane uwis broooo replacement... uwis rodok plong kui tinggal lepas CC ne durungsintoni wrote:Wkwkwk. Saya kan pecinta en-ah!
Udah pokok ya lepas CC aja dulu sama ganti saringan udara agak plong.
Terus masa power udah naik tapi rem sama supensi ban masi standard?
Baru tuning lg. Kalo masih belum puas, ya silahkan mau diapakan.
aduh itu Lele di rumah apa kabar? Ganti lampu dulu dong masa mobil mahal mahal lampunya gelap gulita
Udah ga jaman bro pake lampu terang.
Ikutan trend penghuni garasi:
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun
-antek medket liar entah milik siapa
-ayam milik tetangga depan rumah yg kadang nyasar
-tikus yg siap diracun