1.Biaya perawatan, kalo perawatan sehari2 alias fast moving kyk oli olian filter belt dsb mah ga mahal2

Masuk slow moving parts baru rada mahal, tp sebanding jg ama masa pakenya...
2.Buat weekend car kan ya... 325i dong

(coret 323i, bagus2 aja sih tp ga ada menangnya dibanding 325i mah)... Suara mesin super merdu khas 6 cyl nya bmw dari idle jalan biasa ampe dibejek2 juga, dijamin bikin nagih banget2 deh

+ tenaganya muanteb punya
Kenapa ga saranin 318i... karna ya tenaganya biasa banget ga lemot sih cuma ya standart aja lah, khusus yg FL ketambahan bonus rewel (kode mesin N42, sebelomnya yg pre FL M43), n suara mesin ya kayak naik honda civic aja gimana ... dengan ongkos perawatan yg sama2 aja, ngapain ambil yg lebih inferior kyk 318i wkwkwk...
Fitur juga kalah, 318i jok kulitnya masih sintetis n no MID...
FC 325/323i di dalkot (ga pernah pengalaman mobil ini dipake lukot sih jd ga tau) 1:6, sedangkan 318i 1:9, tp buat mobil weekend bukan masalah lah dgn 1:6 mah ...
3. Mesin 323i/325i sih sama2 bandel, ga rewel kok, begitu jg yg M43 pre fl 318i...
Nah yang 318i facelift (N42) ini baru biangnya rewel, contoh radiator nyampur oli sendiri g ada angin g ada ujan, ngebul, dsb
viewtopic.php?t=20983
Unit 323i pakean kelg ane yg direview disini dipake dr 2009-2014, perawatan seadanya krn maklum yg pake udah tua n ga punya waktu banyak buat urus mobil lagi, n bensin pake premium

....
Tapi fine2 aja tuh selama 5 tahun berjalan

Mesin masih seperti seharusnya, ga ada faulty2, kaki2 senyap, ga ada overheat, dibawa ke luar kota oke, cuma terakhir masalahnya di matic yg cuma bisa jalan 3 speed doang jd harus overhaul at yg ngabisin 15jt, curiga selama bertahun2 dipake ga pernah ganti atf...
4.Tips khusus? Harus di test drive yak om unitnya
Cek apa maticnya pas di kickdown masih responsif apa engga, apa giginya pindahnya nyentak ato halus (wajib halus), n coba juga mode steptronic nya, masih bisa lancar apa engga... Kalo ga lancar ya tinggalin aja ato sok aja angkut tp tawar murah n siap2 overhaul atnya, abis itu normal lg

...
Sensor2 juga di cek, mobil ini sih yg suka minta diganti tuh emg sensor2nya misal sensor airbag, abs, dsb... diabaikan bisa sih soalnya blm tentu jg sensornya rusak, biasanya cuma eror trus muncul warn di speedo, tapi ya sebaiknya direplace...
Kabin wajar kalo udah ada panel yg retak/lembek2, tapi pastikan masih pada lengkap pernik2nya... emang bahan2 lembut di interior e46 ini kurang tahan biarpun mewah bgt... Bisa diatasin kalo karetnya lembek2/ngelotok sih dicoat karet ulang (kalo yg ane tau salah satu workshop detailing d kebon jeruk bisa ngerjain ini berikut restore jok kulit yg kusem/pecah2)
Mesin sih emang 6cyl nya bmw ini ga sehalus v6 jaman2 sekarang, tapi ga boleh ada getar berlebih... Suara juga ga boleh ada yg aneh, harus merdu n menggelegar D
Sebaiknya sih repot sedikit bawa mekanik langganan pas liat unit biar puas jg dapet unit yg bagus

Tapi kalo checkup2 bengkel jauh2 gitu ga usah lah, merepotkan yg jual aja (kalo user yg jual ya), kasian waktu yg jual abis dan blm tentu jd beli (pengalaman) ...
Nah kalo udh di tangan, prepare duit supaya safe di jalan buat rehab radiator n cooling system kyk fan2 dsb nya, ganti oli mesin kalo emg udh lewat masa waktunya (kalo belom sih gpp), ganti fluida2 PS rem dsb, filter udara & bensin, & kuras AT nya, aman deh si E46
Semoga membantu
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)