Mungkin perlu digeser pertanyaanya bukan lagi masalah fakta ada 5 mobilio bermasalah dgn CVT nya benar atau tidak,
tapi yg lebih penting lagi pertanyaan mengenai apakah CVT Mobilio gampang rusak atau tidak berdasarkan fakta tsb. (premis yg pertama dianggap 100% benar).
Untuk menjawab pertanyaan ini kita pake tools yg sederhana saja: statistics.
(meskipun Mark Twain bilang "There are three kinds of lies: lies, damned lies, and statistics" , tapi konteks quote nya MT itu lebih ke arah statistics in politics).
Now let's do the math.
Penjualan mobilio thn 2014 adalah
79.288 ditambah per Sept 2015 sebanyak
28.529.
Jadi dlm waktu kurang dari 2 tahun, tepatnya 1 tahun 9 bulan, sudah ada lebih dari 100 ribu mobilio yg terjual sampai saat ini.
Dengan kata lain rata2 HPM bikin 5.100an mobilio per bulan, atau sekitar 171 mobilio keluar dari pabrik tiap hari sejak Januari 2014.
Katakanlah 80% nya CVT (data pastinya blm dapet, tapi pernah baca kalo yg CVT lebih banyak peminatnya drpd manual), jadi ada sekitar 80 ribuan mobilio CVT yg saat ini wara wiri di jalan.
Untuk mengatakan bahwa sistem CVT Mobilio ringkih (kualitas by product nya jelek) tidak bisa hanya dengan sampel 5 buah mobil,
karena itu hanya 0,006% saja dari total populasi.
OK, mungkin baru 5 yg ketauan, mungkin kenyataannya ada 100 (untuk jumlah segini mestinya udah ada recall). Itupun baru 0,1% dari total populasi.
Dengan fakta ada 5 mobilio dgn masalah CVTdi satu bengkel vs statistik di atas, maka analisis saya:
1. Ke 5 mobil itu mungkin dirakit dalam batch yg sama, mungkin untuk batch itu QC nya ga bener atau dapet parts yg kualitasnya di bawah standard.
Atau bisa jadi saat merakit untuk batch itu dikerjakan oleh operator yang ngga kompeten sehingga pemasangan parts tidak presisi, dsb.
2. Pemilik mobil tinggal di area yg sama dan sama2 pernah menerjang banjir (haram gede buat mobil transmisi matic apapun nerjang banjir).
3. Ada yang salah dalam SOP maintenance, baik oleh pemilik atau mekanik (salah oli, salah setel, dsb.)
Technically speaking, saya belum berani bilang kualitas CVT Honda itu jelek (CVT nya dipake di hampir di semua line up Honda sekarang: HRV, Jazz, juga tipe2 yg sedan, bukan lio aja).
Superstisiously speaking, yg ngalamin cvt nya problem itu lagi sial aja, pas dapet batch yg QC nya jelek, di sinilah peran garansi jadi sangat penting.
IMO, adalah terlalu bodoh buat Honda untuk mempertaruhkan reputasinya dgn membuat barang yg tidak melalui uji durabilitas sehingga gampang rusak.