0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Mozawa »

alat penambah tenaga???? Cementitit....????

no dyno data = hoax....

mending jualan keris sakti aja om, atau jual dragon ball yang bikin petir hilang , dan bisa manggil hujan......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
b0ku
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6437
Joined: Fri Jul 12, 2013 4:18
Daily Vehicle: 2013 GE8 TYPE S + GONTA GANTI KAYA KOKAY

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by b0ku »

gw cuma percaya ini

Image

penambah tenaga paling murah dan efektif :ngacir:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by octafiantos »

Saya itung bolak balik, kok lobangnya cuma empat ya? Hmmm...











[emoji14]

Sent from my 2014817 using Tapatalk
Kavling kosong, bisa dikridit.
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by fariezal »

geli baca nya,,,,mpe ngakak terus.....

saya hargai penelitian dan karya om sucahyo, tapi kadang sebuah penumuan ada yang pro dan kontra nya,,,,,
nah supaya penemuan menjadi pro dan tidak menjadi kontra harus ada bukti nyata dan ilmiah nya, kalo di bidang otomotif salah satunya bukti dengan cara pengukuran, nah alat ukur di otomotif seperti dynotest, bukan sugesti dan pengalaman pribadi karena itu bukan data yang valid, kalo ngukur nya di jalan raya itu tergantung nyali driver, mood driver, dan seberapa ingin anda cepat menghadap sang Kuasa......

toh kalo ngukur cementi ya jangan di jalan umum lalu dijadikan hasil dari karya om,,,, ini jalan umum bukan jalan pribadi, sekarang ngendarai mobil kecepatan 100km/jam sudah kencang, gag cukup jalannya, jalan semakin ramai banyak pengguna nya,,,,,,
User avatar
FRD
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1805
Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
Location: Malang
Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by FRD »

DOHC wrote:
htannis wrote:innova d4d saya gak bisa diukur 0-100 kmh lagi, dibejek malah terbang rendah sekarang :big_slap:
pasti problem di chassis tuh... coba chassis nya di cek lg...
Itumah gegara udah naik 1KD dan powernya 533hp & 1xxxNm :mky_03: makanya terbang rendah pas dibejek
:big_smoking:
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by vipere »

apa susahnya ya keluar duit dikit buat dynotest , daripada meraba raba. Biaya dyno berapa ? sekitar 500 ribu kan kalo gak salah ?
martinnn
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2899
Joined: Mon Aug 17, 2015 6:32
Location: Jabodetabek
Daily Vehicle: Innova gen 1 vvti + Supra X 125 with Givi Top box

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by martinnn »

sucahyo wrote:Kalau di gigi 3, rpm 1000 pun saya pakai om. jadi seandainya pas waktu mau nyalip ada di 1500rpm, saya nggak akan shift down dulu, langsung gas saja. tergantung kebiasaan sih. Lagipula kalau [cencored] saya bisa lebih dari satu detik, sementara kalau langsung digas dalam tenggang waktu tersebut rpm sudah mencapai rpm yang lumayan bertenaga.


Pro capacitor itu alat penambah tenaga buatan saya, prinsipnya pakai Harold Apsden capacitor, jadi sebenarnya bukan kapasitor sungguhan. Soal pro capacitor nggak dipakai pabrikan mobil, sebenarnya dulu cara membuatnya saya sebar secara gratis, ternyata tidak ada peminat. Justru setelah saya jual justru mulai banyak peminat. Harga mungkin terlihat mahal dilihat dari bahannya, tapi karena membuatnya ribet, saya yang malas kalau dimurahkan. Berikutnya nggak akan saya share karena terlalu banyak detil, malas mengajarnya. cemenite yang cara buatnya sederhana saja mengajarinya butuh waktu.

pro capacitor itu pengembangan dari cemenite. Cemenite itu juga buatan saya, asalnya alat kesehatan, tapi ternyata juga bisa mempengaruhi kerja mesin. Walau cara membuat dishare secara gratis, bahannya murah, tinggal dicoba, saat disharing lebih banyak dibully kalau di share di forum. Asalnya malah lebih banyak yang dari luar negeri yang coba. Belakangan mulai banyak yang dari Indonesia juga. Beberapa ada yang pakai untuk menambah tenaga. Ada yang bisa 30% lebih irit saat pakai motor GL dari malang ke surabaya, ada yang pickup diselnya jadi lebih bertenaga, ada yang avanzanya saat ac menyala jadi tidak telalu berkurang tenaganya, dst. Ada pemilik avanza yang bisa merasakan penambahan tenaga pakai cemenite yang cuma dipasang di dekat tangki bensin padahal sudah pakai magnet xpower di pipa saluran bensin & 9power di kabel busi, nano card di filter udara, turbo ventilator, nitro obd2, air boom nano twister, busi iridium, carbon clean & flush oli mesin.

Jadi dari yang sudah coba, efek dapat dikonfirmasi, namun saat saya berikan ide ini ke BPPT, saya langsung di ban. Saat saya coba share ke kaskus atau forum detik, postingan langsung didelete moderator. Dibully padahal tinggal dicoba dari bahan yang murah.

Cara buat cemenite silahkan digoogle, konsultasinya gratis dan diharapkan tidak mengubah resepnya. Nggak percaya sama yang beginian terserah, sebaiknya coba dulu sebelum menghakimi.

anda sendiri menghakimi pro kapasitor anda dengan klaim sepihak

ada yang ini
ada yang itu
ada yang merasa begini
ada yang merasa begitu


tidak perlu sampai BPPT, di forum forum pun sudah pasti ada dibully

karena seorang engineer selalu bicara berdasarkan pengukuran yang bisa diukur, bukan dari sugesti, kalau merasa memang sangat dahsyat silakan dites diatas mesin dyno, bukan sugesti dan katanya :big_childish:
:big_biglaugh:
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2531
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by ilhami »

Mungkin hasil dyno nya perlu di stabilo di rpm 1000-1500.
Tapi penasaran juga sih...

lets drive @1000
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by jivos »

Ah nubi sepemikiran dg bbrp pendapat um diatas
Apalagi buat sesuatu yg b'sifat exact, hrs bs diukur, diuji, & di buktikan scientifically.

In my humble opinion,
klo om cahyo sdh sampe di level create n xperiement beginian, apalagi sdh di pasarkan. sy yakin 1000% kepala om sdh mikir bhw itu alat perlu di ukur gain improvement percentagenya & om tau bhw testimoni user yg kondisinya beeagam msh lemah buat mengendorsenya :upss:

statement "terserah mw percaya ato tdk" hrsnya ngga akan keluar dr inventor sekaliber om yg sdh bs create ni alat. Tinggal tested n prove it .

Lain critanya klo yg kita jual soto ayam ato lontong sayur *enak kyknya buat mkn siang :mky_03:
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
dieselman228
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 978
Joined: Thu Apr 23, 2015 21:57

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by dieselman228 »

Diskusinya om TS pasti selalu ramai pengunjung..lama" jadi "saya suka trit om TS, kami suka trit om TS"

Maap oot mod :ngacir: :ngacir:
2015 - 2KD :big_deal:
2024 - K15B :mky_08:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

Rasanya waktu orang sharing DIY cold air intake (baik yang pipa ataupun yang airbleed) juga tidak diminta tes dyno? Yang sharing cara menambah tenaga pakai busi iridium juga tidak dimintakan dyno? Paling modalnya cuma testimoni? Apa salahnya saya sharing DIY cara menambah tenaga tanpa pakai data dyno karena yang lain juga modalnya testimoni?

Tapi ok, saran ditampung, dyno nanti kalau sudah sempat.
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Cloud »

Mmm, kmrn coba2 bawa 2 sak semen ditaruh di tengah van, ternyata vibrasi mobil jadi sedikit berkurang, lebih terasa halus ketika stasioner,
begitupun ketika coba bawa 4 sak semen di bagian belakang bak pick up, ternyata ampuh menambah kestabilan dan mengurangi efek fish tail secara signifikan lo,
dont judge bad lah,
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by fariezal »

sucahyo wrote:Rasanya waktu orang sharing DIY cold air intake (baik yang pipa ataupun yang airbleed) juga tidak diminta tes dyno? Yang sharing cara menambah tenaga pakai busi iridium juga tidak dimintakan dyno? Paling modalnya cuma testimoni? Apa salahnya saya sharing DIY cara menambah tenaga tanpa pakai data dyno karena yang lain juga modalnya testimoni?

Tapi ok, saran ditampung, dyno nanti kalau sudah sempat.

http://otomotifnet.com/Mobil/Umum/Tes-D ... ngga-04-Dk
itu data dyno test, hasil dari majalah yang sudah ternama

:big_think: :big_think:
Cloud
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 842
Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
Location: Yogyakarta

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by Cloud »

Mmm, air intake, terutama yang corongnya menghadap ke depan, beda hasilnya ketika dyno run dengan street run, kecuali dynonya disertai blower yang mampu mengubah kecepatan angin sesuai kecepatan kendaraan.
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by htannis »

sebagai orang yg sering dynotest sih saya kasih tau aja sih kalau beda2 dikit jgn terlalu percaya hasil dyno, soalnya kan ada plus minus tiap run kadang di munculin hanya paling rendah sama paling tinggi nya doang jd kesannya emang ada penambahan output
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
daftar
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1510
Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by daftar »

to om sucahyu, jangan alergi pada dyno test disebabkan karena harus keluar biaya dan waktu, anggap saja itu investasi, kalo hasilnya memang ada peningkatan performa kan bisa jadi testimoni yang tak terbantahkan dan orang lebih banyak yg bisa percaya. Jadi kalo memang niat ingin experiment nya diapresiasi orang hasil jualan pro capasitor disisihkan saja sedikit2 untuk dyno test.
:ngacir:
jivos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1960
Joined: Fri Nov 28, 2008 9:04
Location: jkt

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by jivos »

Bedanya mungkin krn selain bermaksud sharing, om jg berposisi sbg seller baik disengaja/tdk.

Hal sama sy pikir akan dialami jg org yg cb share CAI yg dimaksud & punya agenda utk introduce Brg jualaannya. :big_peace:

Dilempar ke forum yg cukup melek hal begini, & topic2 yg diangkat seputar penambah tenaga/irit yg debatable. cth CAI yg dimaksud, dr bbrp type test yg dilakukan (with dyno) trmsk dg menempatkan CAI di ujung luar bumper depan, gaining percentage yg didpt bagi sebagian org tdk sepadan, apalagi jk mbl dipake buat harian. Test dilakukan utk m'liahat sbrp besar pengaruhnya & worthed tdkny spen money buat angka percentage itu.
4 wheels move the body, 2 wheels move the soul.
User avatar
g1ng2
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 328
Joined: Tue Oct 29, 2013 6:18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by g1ng2 »

maskopat wrote: angka pastinya? 1.8 sec, 1.75 sec?
trus kalo WRC berapa?
WRC yang ini berapa ya? ... ayo mana nih Seraya Mirage.. :mky_02:
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by octafiantos »

Dobel dobel dobel dobel dobel.
Last edited by octafiantos on Thu Dec 10, 2015 7:48, edited 1 time in total.
Kavling kosong, bisa dikridit.
octafiantos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1451
Joined: Fri Nov 11, 2005 4:10
Location: Hanoi
Daily Vehicle: xebushanoi-18

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by octafiantos »

Cold air intake sudah ada dynonya om. Di masing masing produsen dan tipe (tidak semua). Misalnya KNN cold air intake kit untuk BMW E36, saya sudah pernah cek dynonya, naik maks 15hp tested on M52 engines. Tidak mutlak tentu saja, bervariasi. 3.5juta kitnya. Mahal tapi orang beli karena proven.

Busi iridium sama, ada dynonya di beberapa merek dan tabloid. Fakta yang menarik: klaim busi iridium di mesin motor standar bikin motor wus wus mentah di dyno. Hasil dyno tabloid Otomotif berkata sebaliknya, hp turun di motor bebek. Seingat saya yang naik bench itu Suzuki, kalo bukan Shogun ya Smash. Tabloid ini dengan tegas bilang klaim busi iridium naikan performa untuk mesin bebek standar terbukti salah. Dan jauh turunnya, 0.5hp untuk bebek itu gede. Ini bukti meteran feeling tidak akurat. Orang bilang jadi enak kan? Dyno bilang usernya bohong. Bisa dicek di arsip otomotif.

Satu lagi contoh meteran feeling. Visco fan delete, replaced with electric engine extra fan di BMW. Klaim bengkel tarikan jadi enteng. Saya sudah lihat beberapa dyno before and after mod delete. Saya termasuk yang bertaruh kalo ganti elektrik kurva membaik. Dyno bilang sebaliknya. Grafiknya sama, kecele saya. Barang buktinya banyak di bimmerforums dot com, tested on 328i, 528i engines. TAB montir berbusa busa suruh pasang extra fan buat saya angin surga :p

Siang ini temen saya sedang dyno 520i 90. Baru total overhoul dan upgrade. Biaya dynonya 350ribu.
Kavling kosong, bisa dikridit.
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

makashi infonya om htannis, setuju bahwa hasil dyno kalau cuma kecil tidak bisa dijadikan pegangan.

Untuk busi, Menurut saya 82,7dk dibanding 83,1 dk masih dalam jangkauan variasi pengukuran normal. Rasanya ada artikel khusus membahas konsistensi hasil dyno.

makasih sharingnya on octafiantos, Untuk CAI air intake yang dibesarin dan didinginkan, rasanya pengaruhnya beda antara di rpm rendah dan di rpm tinggi. Nggak cocok buat yang butuhnya di rpm rendah.

Untuk busi iridium, kalau jadi salah busi tentu tenaga berkurang, sekalipun tipenya benarpun rasanya penambahan tenaga cuma sedikit.

menarik juga soal visco fan delete, jadi ingat soal pasang saran fan tambahan ke radiator.

Untuk CAI yang vakum dibocorkan, banyak yang terpikat dengan testimoni dan rela memotong motong / mengganti selang walau nggak ada dynonya. Efek samping yang saya tahu adalah rpm idle naik, mesin bisa ngelitik di rpm menengah, mesin bisa bergetar saat idle. Soal penambahan tenaga, entah.
User avatar
fariezal
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 87
Joined: Wed Mar 11, 2015 14:12

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by fariezal »

sucahyo wrote:makashi infonya om htannis, setuju bahwa hasil dyno kalau cuma kecil tidak bisa dijadikan pegangan.

Untuk busi, Menurut saya 82,7dk dibanding 83,1 dk masih dalam jangkauan variasi pengukuran normal. Rasanya ada artikel khusus membahas konsistensi hasil dyno.

makasih sharingnya on octafiantos, Untuk CAI air intake yang dibesarin dan didinginkan, rasanya pengaruhnya beda antara di rpm rendah dan di rpm tinggi. Nggak cocok buat yang butuhnya di rpm rendah.

Untuk busi iridium, kalau jadi salah busi tentu tenaga berkurang, sekalipun tipenya benarpun rasanya penambahan tenaga cuma sedikit.

menarik juga soal visco fan delete, jadi ingat soal pasang saran fan tambahan ke radiator.

Untuk CAI yang vakum dibocorkan, banyak yang terpikat dengan testimoni dan rela memotong motong / mengganti selang walau nggak ada dynonya. Efek samping yang saya tahu adalah rpm idle naik, mesin bisa ngelitik di rpm menengah, mesin bisa bergetar saat idle. Soal penambahan tenaga, entah.
apakah kita selalu menggunakan rpm rendah terus saat berkendaraan, apalagi luar kota, kalo pake busi iridium ada hasil test dyno, dan hasil nya gag signifikan berati sebagai konsumen yang cerdas pasti gag membeli produk tsbut, cz hanya buang duid saja kan,,,,,

nah ayo dicoba pro capasitor nya,,, kalo ada perubahan signifikan pasti laku dagangan anda, jangan pake sugesti dan pengalaman pribadi terus, ada data valid nya secara tertulis, dan dapat di pertanggung jawabkan

:big_peace: :big_peace:
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by DOHC »

busi iridium emg ga bakal signifikan koq naek in power nya... d tret busi seinget ane duluuu ud perna di bahas dgn detail... kl ampe dibilang naek signifikan dll, itu jelas kata2 sales doank...

busi iridium lebi ke arah maintenance... liat aj bentuk2 intake manifold mobil2 skrg... blm lg posisi busi yg skrg sulit di jangkau.... kl masi make busi nickel... bsa2 ngamuk2 montir2 jaman skrg kl mau servis...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
sucahyo
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 498
Joined: Mon Jan 19, 2015 1:46

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by sucahyo »

ok om fariezal.

Untuk dyno busi, tipe yang ditawarkan kan belum tentu cocok dengan mobilnya, jadi dynonya harus untuk tipe yang ditawarkan dan mobil yang akan pakai. karena tiap mobil beda beda. Tipe busi yang sama dengan yang didyno bisa jadi akan punya dampak jelek ke mobil lain.

Kalau untuk busi, katanya yang bahaya itu busi / kabel busi hambatan 0 ohm. Dari logikanya saja, karena hambatan kecil, arus yang mengalir ke busi lebih besar. Karena arus mengalir lebih besar maka komponen yang bertugas mengalirkan arus ke busi juga akan dialiri arus lebih besar juga. Yang efeknya jadi lebih panas. Kalau berlebihan, bisa rusak hangus ECUnya.
12valves
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 200
Joined: Sat Feb 20, 2016 19:03

Re: 0-100 tidak bisa jadi ukuran performa mobil di jalan umum

Post by 12valves »

hari gini beli mobil jgn dari spek 0~100 bray. kurang greget. liat seberapa banyak dia bisa ngentutin mobil lain...