

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
anuu modss..ChZ wrote:Almera itu kan based on ze *hmpppffpppfffftttt* Nissan March.... Ya jelas aja jelek
Lebih terang sih nggak...penyebaran cahaya lampunya lebih bagus...sintoni wrote:
Ane rasa sih projie ini cuma gimmick atau estetika.
Dari dulu ga perna buktiin sendiri lebih terang atau gimana.
nganuuu... kan memang projie gak bikin tambah terang bro tonisintoni wrote:
Ane rasa sih projie ini cuma gimmick atau estetika.
Dari dulu ga perna buktiin sendiri lebih terang atau gimana.
mehehehehehee..... March kalo udah berumur kakinya berisik banget. mana ngga ada peredam ruang rodanya. kosong song.DOHC wrote: anuu modss..
nubie numpang komen...
almera itu basis nya masi saudara ama nissan note... which is masi saudara jg ama nissan geniss... yg dmana di pijat urut ma erot lahirlah jd GL...
kl march, umm... konon masi satu basis ama joke... ehh juke...
tp perna baca jg, basis joke march itu, tetep satu development jg ama B segment nya renault nissan... jd yahh 11 12 kayanya ama note..
imho dan cmiiw...
btw lg, almera kl masi kinyis2 mahh enak... jauhh ama vios dkk... sama aj ama GL kl masi baru... uenakkk itu buat nyetir santai... tp kl ud rusak... bsa stress btulin nya... kl di malon, malah pemakai almera yg ud gruduk2 kaki2 nya, lgs upgrade ke autis... ehh autech tuned punya kaki2 skalian... scara di sana parts autech ampe kaki2 dijual resmi oleh etcm nya batu makam...
Ah yes lampu halogen.... Emg gelep, terbukti di crv ane, dah pake foglamp masih gasruk di semak gara2 gelep gakeliatan, makanya kalo pergi kira2 ampe malem saya mending pake fdChZ wrote:Bingung mau taruh mana... ane review di sini aja yak bro toni![]()
2 days trip with 2015 Toyota Yaris G A/T
Kebetulan hari Jumat kemaren ane ada rapat di luar kota... Sebetulnya ane disuruh bawa mobil tapi karena mobil sudah ane titipkan (krn minggu nya mau pulkam sementara Jumat harus ke luar kota dan pulangnya Sabtu) jadi ane ditugasin bawa mobil temen... Kebetulan teman ane juga gak hapal jalan dan gak brani nyetir luar kota jadi ane yang ditugasin bawa.... Mobilnya Toyota Yaris G A/T warna merah.
Nah... karena pengalaman ane dengan Yaris 2 hari berturut turut naik turun gunung terus jadi ane sudah cukup khatam dengan mobil ini... Ane tulis sedikit kesan-kesan disini gimana nyetir luar kota dengan Yaris. Sebelumnya saya juga pernah nyoba Yaris G A/T punya dealer tapi itu di dalam kota aja dan jujur.... sangat mengecewakan. Yaris TRD M/T pernah... mengecewakan juga.
Rute nya adalah Surabaya, start dari kampus ane di daerah Sby selatan di gang senggol masuk kampung... Lalu masuk tol Surabaya-Gempol, via arteri Porong, Mojosari, Pacet - Claket, tepatnya di salah satu tempat retret di daerah claket. Medannya cukup berat, penuh tanjakan curam dan turunan... jalanan sempit berliku dan gelap...
Berangkat awal, kondisi penumpang 5 orang dengan komposisi : ane sebagai driver, 1 orang cewek berbadan imut, 1 orang pria berbadan lumayan besar, dan 2 orang berbadan medium, plus barang - barang yang nggak terlalu berat (dan barang - barang si empunya mobil yang berserakan di dasbor) mobil kondisi standar 100%, odometer masih 4000an.
Jadi langsung ane simpulkan aja beberapa point nya, mulai dari point plus nya dulu :
- Walau orang bilang naikannya lebih keras dan lebih gak nyaman dari Yaris lama, menurut saya malah lebih nyaman dari Yaris lama, why? Yaris lama itu spring rate nya terlalu soft, dampernya gak terlalu bagus, akibatnya ngayunnya jadi nggak enak, kalo orang bilang empuk, saya malah bilang gak enak. Di New Yaris ini, beberapa kali saya hajar gundukan, dampernya enak, spring rate nya juga lebih keras di bagian belakang terutama. Saya bisa bilang begini, karena saya habis naik Yaris lama itu rasanya goyangannya lebih dahsyat dari SX4... Yaris baru malah lebih ngeredam dibanding SX4.
- Akomodasinya baik, buat handle full penumpang saya nggak harus desel-deselin temen-temen saya.
- OK i must admit it... this car is very economical. Di MID tulisannya 11.6 km/l... Dan saya rasa rasio gir dan tuning transmisinya memang dibuat untuk eco. Kalo lagi coasting di 80 km/h RPMnya selalu nggak lebih dari 2000. Pembuktian keiritan mobil ini ketika tadi siang saya bawa pulang... turun dari claket dengan kondisi bensin di E dan warning light sudah menyala. Seisi mobil uda panik karena destinasi kita masih jauh dan pom bensin terdekat juga masih jauh... Dengan segala kepanikan ane berusaha menuju ke SPBU terdekat dengan nginjek gas seperlunya dan biarin mobil gelinding biar kita nggak harus dorong mobil di tengah hujan lebat di Pacet. Kami ketemu penjual bensin eceran... isi 5 liter... lalu menuju ke SPBU yang masih 5 KM lagi. Di SPBU tersebut karena ane mengingat sang pemilik mobil bersabda biasa isi pertamax... ane sudah cerah begitu liat dari jauh ada pertamax. Sampai SPBU.... selang pertamax nya rusak. Cari pertalite gak ada. Ya udah... maapkan ane... isi premium 200ribulangsung jarum bensin dari lemes jadi ngaceng lagi.
- Saya juga harus akui... flexing chassis di bagian belakangnya nggak separah Yaris generasi sebelumnya atau SX4... Bagian belakang kerasa nggak melayang waktu saya hajar tikungan dengan speed 60-80.
Ya udah itu aja poin plusnya... Lalu menuju ke poin minus
- Power delivery yang kelewat "smooth" dan transmisi yang ngejar "eco" sehingga selalu milih gigi tinggi, berdampak besar ke performanya di jalan luar kota yang mewajibkan kita nyalip-nyalip. Transmisi selalu lelet waktu kickdown tiba-tiba... Nginjek gasnya harus penuh baru mobil ini mau turun gigi. Jadi di rute tanjakan saya selalu pakai posisi 2 atau L... Beda dengan SX4 yang malah males pindah gigi dan selalu di atas 3000 baru mau pindah, justru kelebihannya di rute luar kota dia lebih enak buat nyalip-nyalip.
- Blind spot mobil ini puaaaaaaaaarah. Waktu saya diharuskan malem - malem balik ke kampus lagi buat jemput beberapa temen yang nyusul, kebetulan kampus saya banyak "jebakan betmen"... Pilar A segaban di SX4 memang mengganggu waktu belok, tapi nggak mengganggu waktu parkir. Beda dengan Yaris... Pilar A nya kelewat landai jadi waktu parkir malah gak keliatan semua, belom lagi moncong yang gak keliatan.
- Cup holdernya lebih dikit dari yang lama... dan cuma diletakin di pintu...![]()
- Suspensi depan menurut saya masih terlalu soft walau udah lebih keras dari yang lama... jadi kalau hajar polisi tidur dengan kecepatan lumayan tinggi bisa gasruk... saya 2x gasruk pake mobil ini. Diperparah ground clearance nya yang pendek sekali.
- Posisi nyetirnya ntah saya ngerasa aneh... Setir cuma bisa tilt, kalau posisi duduknya direndahin gak keliatan apa-apa, kalo ditinggiin setirnya yang kerendahan walau udah paling atas.
- Steering feelnya juga kelewat aneh.... Ciri khas EPS. Ringan sekali tanpa kontak dengan permukaan jalan...
- Yang paling parah adalah : LAMPUNYA. Rute saya adalah tempat dengan minim penerangan jalan di tengah hutan, bisa bayangin betapa seremnya kalau mobil gak dibekali penerangan mumpuni? Ya, saya ngalamin sendiri pakai mobil ini. Lampu mobil ini, sudah dibantu foglamp, masih kalah terang dengan SX4 yang cuma nyalain headlamp. Lampunya gelap gulita... Plus settingan dim bawaan dari Toyota nya malah ngarah ke atas sekali...Tadi siang waktu saya nyetir di tengah hujan badai, nonik di sebelah saya sampai nanya "koko ngga nyalain lampu?" "lah... daritadi ane nyalain lampu koq"
![]()
Intinya... saya masih sulit untuk menyukai mobil ini... Memang ada beberapa poin plus seperti BBM yang irit... tapi kekurangannya jauh lebih annoying dan jauh lebih banyak...
Satu satunya poin plusnya yang saya apresiasi cuma... kemampuannya diisi bensin eceran dan premium tanpa masalahitupun kalau disuruh milih sama Jazz ya saya masih milih Jazz...
Hehe. Ga ada perbedaan sih om 2015 sama 2016.apktntaj wrote:ini review bro toni utk Yasir lele TRD 2015 khn ya, ada yg tau bedanya ama yg versi terbaru TRD 2016 apa2 saja? sama aja atau ada improvements? ngeliat review suhu2 di atas bersabda enginenya Yasir lemotable ama lampu yg redup kok jd ehem...ehem.. jd Jazz lebih menarik di atas kertas bgitu? Mohon pencerahannya suhu2 SM...
Yah anda di balikpspan ya,sudah seminggu ini di semayang anchorage,kapal sdh mau gerak lagi,kemarin2 ke balikpapan plaza mulu,next time kopdar omsintoni wrote:Wah, ditagih long term review sama om Bagor.
Jadi ini mobil masih nubie pake sampe sekarang. Beli Feb 2015 sampe tulisan ini dibuat baru jalan 21rb km.
Sampe sekarang mobil masih diisi bensin kuning yang selalu beli di COCO.
Konsumsi BBM sudah naik jadi 1L/10.5-11km dalam kota dengan cara zen driving style dalam kota Balikpapan, termasuk irit menurut nubie.
Beberapa x isi Pertalite emang tenaga agak mending sedikit tapi konsumsi BBM sama aja dengan oktan 88.
Masalah lampu besar yang kurang terang sudah terbantu pas kemaren ada baca kalo pengaturan standard ternyata teralu tinggi, abis disetel turun sendiri ternyata lumayan membantu.
Sampai sekarang belom ada rattling atau gluduk2 dari daerah sasis atau pintu, tetapi ada sedikit suara dari arah HU, tetapi tidak terlalu mengganggu, seperti ada klem kabel yang lepas.
Servis berkala super murah, ga sampe 50rb, cuma bayar filter oli aja, secara free jasa sama oli bawa sendiri.
Sampai sekarang sih masih sangat puas punya Yaris baru ini, seperti aftersales T, bensin yang irit, aman dikasi oktan 88, terus space yang luas buat penumpang sama bagasi, cuma minus di radius putar yang besar sama tenaga yang emang agak pas-pasan.
Boleh om bagor. Kabarin aja kalo pas di Balikpapan.nugroho bagor wrote:Yah anda di balikpspan ya,sudah seminggu ini di semayang anchorage,kapal sdh mau gerak lagi,kemarin2 ke balikpapan plaza mulu,next time kopdar omsintoni wrote:Wah, ditagih long term review sama om Bagor.
Jadi ini mobil masih nubie pake sampe sekarang. Beli Feb 2015 sampe tulisan ini dibuat baru jalan 21rb km.
Sampe sekarang mobil masih diisi bensin kuning yang selalu beli di COCO.
Konsumsi BBM sudah naik jadi 1L/10.5-11km dalam kota dengan cara zen driving style dalam kota Balikpapan, termasuk irit menurut nubie.
Beberapa x isi Pertalite emang tenaga agak mending sedikit tapi konsumsi BBM sama aja dengan oktan 88.
Masalah lampu besar yang kurang terang sudah terbantu pas kemaren ada baca kalo pengaturan standard ternyata teralu tinggi, abis disetel turun sendiri ternyata lumayan membantu.
Sampai sekarang belom ada rattling atau gluduk2 dari daerah sasis atau pintu, tetapi ada sedikit suara dari arah HU, tetapi tidak terlalu mengganggu, seperti ada klem kabel yang lepas.
Servis berkala super murah, ga sampe 50rb, cuma bayar filter oli aja, secara free jasa sama oli bawa sendiri.
Sampai sekarang sih masih sangat puas punya Yaris baru ini, seperti aftersales T, bensin yang irit, aman dikasi oktan 88, terus space yang luas buat penumpang sama bagasi, cuma minus di radius putar yang besar sama tenaga yang emang agak pas-pasan.
Saya pernah pakai Yaris yang Bakpao dan Lele kebetulan TRD juga.sintoni wrote:Boleh om bagor. Kabarin aja kalo pas di Balikpapan.nugroho bagor wrote:Yah anda di balikpspan ya,sudah seminggu ini di semayang anchorage,kapal sdh mau gerak lagi,kemarin2 ke balikpapan plaza mulu,next time kopdar omsintoni wrote:Wah, ditagih long term review sama om Bagor.
Jadi ini mobil masih nubie pake sampe sekarang. Beli Feb 2015 sampe tulisan ini dibuat baru jalan 21rb km.
Sampe sekarang mobil masih diisi bensin kuning yang selalu beli di COCO.
Konsumsi BBM sudah naik jadi 1L/10.5-11km dalam kota dengan cara zen driving style dalam kota Balikpapan, termasuk irit menurut nubie.
Beberapa x isi Pertalite emang tenaga agak mending sedikit tapi konsumsi BBM sama aja dengan oktan 88.
Masalah lampu besar yang kurang terang sudah terbantu pas kemaren ada baca kalo pengaturan standard ternyata teralu tinggi, abis disetel turun sendiri ternyata lumayan membantu.
Sampai sekarang belom ada rattling atau gluduk2 dari daerah sasis atau pintu, tetapi ada sedikit suara dari arah HU, tetapi tidak terlalu mengganggu, seperti ada klem kabel yang lepas.
Servis berkala super murah, ga sampe 50rb, cuma bayar filter oli aja, secara free jasa sama oli bawa sendiri.
Sampai sekarang sih masih sangat puas punya Yaris baru ini, seperti aftersales T, bensin yang irit, aman dikasi oktan 88, terus space yang luas buat penumpang sama bagasi, cuma minus di radius putar yang besar sama tenaga yang emang agak pas-pasan.