r1409 wrote:yup, ada baiknya kok, apalagi kalo pake premium. sekali-kali kerak di silinder perlu dibersihkan pake cara ini. lebih hemat daripada carbon clean kalo jarang dipake.
kalo matic, taruh di posisi gear paling tinggi, dalam kasus situ taruh di D3 dan pacu di tol.
taruh di gear setinggi mungkin, karena waktu high rev maka mesin akan menghasilkan panas yg tinggi, dan butuh pendinginan ekstra dari angin luar. makanya italian tune-up harus sambil pacu mobilnya kecepatan tinggi, ga bisa hanya sekedar high-rev tapi jalan pelan (gear 1 atau 2) apalagi posisi berhenti (gear netral).
Yaris matic saya sejak beli dari baru selalu isi premium.
Suatu saat iseng isi full tank pertamax sekedar pengen tau perbedaannya kayak apa.
Ternyata ngga kerasa perbedaan apapun baik dari performace maupun konsumsi bbm.
Abis pertamax kosong di tangki, isi premium lagi, eh langsung ngelitik.
Bawa ke bengkel, setel ini itu, semprot injektor, ganti busi, semprot ruang bakar, masih ngelitik juga.
Udah 2-3x bawa ke beres ngelitik ga ilang2, akhirnya mekaniknya bilang mesti turun 1/2 mesin, skir klep, dsb. Hadeuh.. males banget.
Yaudah saya pake jurus italian tuneup sekitar semingguan tiap masuk toll geber terus (kick down lebih sering) sampe deket redline.
Sekarang ngelitiknya udah sembuh total. Lumayan ngirit ongkos 1/2 overhaul.