Nitrogen Scam

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

Gang4
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 244
Joined: Thu Sep 25, 2014 8:51

Nitrogen Scam

Post by Gang4 »

Ga ngerti cara masukkin video
Langsung mampir ke link aja

https://youtu.be/bCnWvMleVD0

Comments?
Last edited by Gang4 on Sun Feb 14, 2016 11:28, edited 1 time in total.
User avatar
stevenanthony
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 548
Joined: Sat Feb 01, 2014 15:04

Re: Nitrogen Scam

Post by stevenanthony »

Ada benernya sih. Udara biasa uda 78% nitrogen. For a little hatchback or mid minivan kayaknya ga perlu additional 2%
Nice share om, nambah wawasan :big_exellent:
2015 Honda HR-V E CVT
User avatar
sintoni
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5964
Joined: Thu Jun 05, 2014 13:03
Daily Vehicle: [cencored]

Re: Nitrogen Scam

Post by sintoni »

Ane sih tiap x ditawarin nitrogen ga pernah mau.

Ngapain jg bayar mahal, kan di udara biasa jg sebagian besar nitrogen.

Mending angin biasa tapi sering cek tekanan.
User avatar
colai
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 167
Joined: Fri Jan 15, 2016 14:56

Re: Nitrogen Scam

Post by colai »



coba masukin video nya om :mky_02:
jalan kaki ............ SEHAT !
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Nitrogen Scam

Post by Mozawa »

yup .... tapi kalau angin biasa, ane cek tekanan ban saat perjalanan jauh dan panas , anehnya tekanan ban naik dari 30 menjadi 33 atau 34..

kalau nitrogen kok tetap aja di 30 ya??..

apa ane salah liat...
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nitrogen Scam

Post by POS VETT »

Setuju gw dengan videonya walaupun tidak separah itu sampai bilang "scam".

Kalau mau diisi "nitrogen murni" boleh saja asal tidak bayar tambah. Ada satu keuntungannya tapi kecil; gas yang keluar dari mesinnya sifatnya "kering" alias kadar uap air sangat rendah yang berarti kenaikan tekanan di dalam ban jadi kecil sekali waktu temperatur naik. *TAPI* sebelum ban diberi nitrogen murni, udara yang di dalam ban tidak bisa 100% dibuang, jadi masih ada volume udara sisa yang lumayan banyak.

Yang mesti diingat, kenaikan tekanan ban waktu temperatur naik, dipengaruhi (hampir 100%) oleh kadar uap air. Semakin besar kadar uap air, semakin tinggi kenaikan tekanan ban untuk kenaikan temperatur yang sama. Secara prakteknya bagaimana? Isi ban dari kompresor yang ada moisture trap-nya, supaya kadar uap airnya paling rendah.

Kesimpulannya, kalau isi nitrogen murni gratis silahkan, kalau mesti bayar gw ogah ...
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Nitrogen Scam

Post by kompresorz »

saya isi nitrogen krn klo tambah angin sama2 bayar 2500...sambil lewat searah mending ke toko ban lebih akurat tekanan angin(digital)..

klo soal beda rasa pemakaian...berkurang tekanan...sama saja
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2094
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Nitrogen Scam

Post by alvin23 »

haha, akhirnya ada yang bahas juga...

saya sampai sekarang dtawarin isi nitrogen gapernah mau...
sama kayak alasan om2 diatas, udara aja isinya udah 79% nitrogen ... jd benefitnya nitrogen murni (yang mana seperti dijelasin om pos vett kalo bannya pas awal diisi juga gabisa bener2 vakum) ya sangat kecil lah...

lagian saya isi tekanan ban pasti sesuai anjuran pabrik (32 psi) , sangat jauh dari tekanan max ban, banyak ruang untuk memuai. Saya perhatikan kalo diukur habis jalan jauh dan kencang, pemuaian maksimal sekitar +2 sampe 3 psi, ban biasanya di rate sampai 40++ psi

yang bikin kesel, sekarang pom bensin pertamina cuma nyediain pompa + pengukur tekanan ban di alat nitrogennya, jadi gw yg isi udara biasa harus cek manual make gauge sendiri tiap abis pompa wkwk
Rocky R ADS CVT 2021
Suryaputra
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 12740
Joined: Tue Apr 30, 2013 7:10
Location: Bandung
Daily Vehicle: Roda-2 dan Roda-4

Re: Nitrogen Scam

Post by Suryaputra »

Mozawa wrote:yup .... tapi kalau angin biasa, ane cek tekanan ban saat perjalanan jauh dan panas , anehnya tekanan ban naik dari 30 menjadi 33 atau 34..

kalau nitrogen kok tetap aja di 30 ya??..

apa ane salah liat...
Iya emang spt itu om :D

__________________________________________________________________________________________

Buat yg tetap pengen isi angin biasa silahkan sajah.. hak asasi masing2 :mrgreen:

IMHO.. saya tetap prefer refill nitrogen dari pertama kali pakai mobil/ban baru, lagipula cuma Rp 4rb per ban.

Klo pake nitrogen tekanan ban lbh awet dan lebih stabil + sama rata hasilnya saat refill di kemudian hari.

Udara biasa memang 70-an% mengandung nitrogen, sisanya mengandung oksigen yg bersifat lembab / mengandung cairan.

Nitrogen generator yg biasa ditemui di pompa ban yg ada di spbu, itu fungsinya minimize kandungan air yg terdapat di dalam udara, sehingga karakteristiknya menjadi udara dengan kelembaban minim, dan sudah seperti nitrogen murni.

CMIIW yah :mrgreen:

Klo ban diisi udara yg sifatnya Dry, tekanan jd lebih stabil dan lama berkurangnya.
Saya test pake alat ukur tekanan memang minim pemuaian, walaupun setelah hi-speed run & refill-nya pun cukup lama, kira-kira 2 bulan sekali.
Itungannya jg lbh efisien, daripada saya harus bulak-balik cek tekanan ban + refill 2x dalam sebulan klo pake angin biasa :e-wall:

**nambah pengetahuan,
- https://en.wikipedia.org/wiki/Nitrogen_generator
- http://www.southtektalk.com/2012/03/how ... -work.html

Although air is 78% Nitrogen, most aircraft tires are filled with nitrogen, and there are many tire and automotive shops with nitrogen generators to fill tires, the advantage being that nitrogen in a tank is dry. Often a compressed air tank will have water in it that comes from atmospheric water vapor condensing in the tank after leaving the air compressor. Also, nitrogen is said to maintain a more stable pressure when heated and cooled[citation needed] and is said[citation needed] to be a larger molecule (109.76 pm) so doesn't permeate the tire as easily [8]as O2[citation needed] (120.74 pm) and Argon.
Jadi... Nitrogen = Udara yg bersifat kering
Disclaimer

*Tidak Ngajak Beli dan Resiko apapun Mohon Ditanggung Sendiri
ransyah1234
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 561
Joined: Sun Nov 23, 2014 5:25

Re: Nitrogen Scam

Post by ransyah1234 »

Saya isi nitrogen hanya kalau gratisan di bengkel abis ganti ban..balance..dll

Pernah dites tiff di fifth gear sbb btw
https://m.youtube.com/watch?v=kmnZ4-EUbIk
saridin
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 262
Joined: Fri Oct 17, 2014 3:36

Re: Nitrogen Scam

Post by saridin »

sebelumnya agak males pake nitrogen, tp krn akhir tahun kemarin ngalamain pecah ban di tol akhirnya pake. Pas beli ban di P*r*mita Ban ditawarin nitrogen setuju saja. kemudian nemu ini di facebook

https://www.facebook.com/frans.borgiaz/ ... nref=story
HATI2 MNGISI TEKANAN BAN.
Saya nulis ini bukan utk mematikan business pngisian ban di pompa2 bensin seperti gambar yg saya upload ini. ... bukan sama sekali, saya hanya mngajak poro sedulur lebih berhati2. Karena stasiun pngisian Nitrogen ini skrg mnjamur di pompa2 bensin, dimana kita hanya lewat dn bbrp bulan kemudian baru tringat ttg pengisian ini.
Maka sering dimanfaatkan oleh oknum pngusaha pompa Nitrogen utk berbuat Nakal.
Perhatikan gambar dibawah ... dimana ya nyimpen Bottle Nitrogennya ... yang ada kok malah kompressor angin? Aneh khaan
Seperti bbrp kali sy coba mngisi, dan juga pagi ini saya memastikan lagi ...
Pertama perkir saya terkesan dg " Automaic Digital pressure controller" yg dipakai maka pressure yg diminta akan tepat (itu kalau habis dikalibrasi lho)... tapi setelah mngisi ban terakhir .. Jjeerrrrr Kompressor nyala !!!! ... saya sengaja turun krn dibelakang ada mobil dan motor juga ngantri ...dan saya tanya berapa? ...."4 roda 20 ribu pak!"... "lho kok kompressor nya nyala ...berarti angin dong mas mana bottle Nitrogennya ?" .... agak bingung si operator njawab .."ndaak pak ...harus pakai kompressor ..kalau nggak pakai nggak kuat tekanannya NITROGENnya " ... hehehe ... "maas ..mas .. Nitrogen itu bottle nya tekanannya 2000 PsiG ... nggak perlu kompressor untk ngisi ban 35PsiG, tapi ini saya bayar ... tapi bilang juragan mu dagang jangan pakai bohong ..kwalat lho !" ...
Saya serahkan Rp. 20rb saya dengan tenang naik mobil dan mninggalkan si mas operatos yg mungkin bengong .... belum ada 10 meter saya di jalan mobil dibelakang saya nyalib dn tekan klakson ... setelah buka jendela ternyata tadi mobil yg ngantri ... sambil ngacungi jempol ......
Waah hari ini saya bikin satu pelanggan Nitrogen batal ngisi ..... mungkin juga si motor hehe ... bayangkan kalau dg alat yg waah ... bisa ngraup 15 ribu per mobil ... hanya jual angin cap Nitrogen .. waaah business abal2 ini lumayan juga
Maka poro sedulur kalau dijalan ban kurang angin ... ya mampir saja ke TUKANG TAMBAL BAN ..tambah angin dg 5000 rp sdh dapet terima kasih anda .... mau bener2 isi Nitrogen? .. masuk saja ke toko Ban ... minta tambah Notrogen ... 20rb oke .. tapi anda dapet Nitrogen langsung dr Botlle nya ....
Semoga berhati2 ... teliti sebelum membeli ..
dibilang yg pake kompresor adalah nitrogen abal2, padahal di toko ban itu juga saya lihat ngisinya pake kompresor. bbrp hari kemudian ke SnD untuk ngecek aki, dapat free service tambah nitrogen. dan ternyata yg di SnD gak pake kompresor, tapi langsung dari tabung gitu. tabungnya seukuran gas elpiji 12 kg.

perkara tekanan ban, kenapa jadi rumit bener ya??
|ertelu gx 13||miras glx 14|
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Nitrogen Scam

Post by POS VETT »

*Cuma bisa geleng2 kepala*

Isi tangki sendiri pakai kompressor, pasang moisture trap, isi ban sendiri. Dijamin tidak dibohongi, dijamin ada 79% N2, dan dijamin merasa puas karena dikerjakan sendiri.

"If you want it done right the first time, do it yourself".
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27667
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Nitrogen Scam

Post by DOHC »

POS VETT wrote:*Cuma bisa geleng2 kepala*

"If you want it done right the first time, do it yourself".
stuju,

mau dmana pun, if you want to do it right, do it yourself... krn mau gmanapun, ntuh montir, bengkel dsb dkk ga bakal ngerjain perfectly scara itu bukan barang mreka yg lg di kerjain... ga ad sense of belonging nya.... yg ad sense of money oriented doank...

makanya ud beberapa taon, kl utk urusan servis kecil2 macam ganti oli, tune up dan printilan2 ane kerjain sendiri... apalagi sejak kejadian ganti oil pan apanja ane gegara montir dongos ngencengin baut ampe retak...

btw soal angin nitrogen...

kl ane sehh dr dulu campur sari isi anginnya, kl lg kebetulan lewat toko ban ditawarin nitrogen yahh hajar aj, kl lewat mas2 pinggir jalan jg hajar aj.... ampe ari ini ga ad masalah sehh ban2 ane... mau ngangkut barang2 berkuintal2 ampe nyetir sruntulan jg masi gapapa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
alvin23
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2094
Joined: Mon Jan 01, 2007 2:58
Location: CGK-BDO-JOG

Re: Nitrogen Scam

Post by alvin23 »

POS VETT wrote:*Cuma bisa geleng2 kepala*

Isi tangki sendiri pakai kompressor, pasang moisture trap, isi ban sendiri. Dijamin tidak dibohongi, dijamin ada 79% N2, dan dijamin merasa puas karena dikerjakan sendiri.

"If you want it done right the first time, do it yourself".
kalo di indo, +tire gauge sendiri , karena gauge kompresor2 rata2 udah rusak apalagi yang kelas pinggir jalan :mky_03:
Rocky R ADS CVT 2021
vipere
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 1068
Joined: Mon Feb 17, 2014 8:41

Re: Nitrogen Scam

Post by vipere »

Enakan pake angin biasa, tinggal beli kompressor yang dicolok di lighter, gak repot musti datang2 ke bengkel ban. Bisa isi sendiri di rumah.
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Nitrogen Scam

Post by liep »

pusing deh, mana yg bener, spt sama2 betul smua,, hehe
r1409
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 670
Joined: Tue Dec 24, 2013 3:19
Daily Vehicle: Suzuki Ertiga Diesel GX MT

Re: Nitrogen Scam

Post by r1409 »

saridin wrote:sebelumnya agak males pake nitrogen, tp krn akhir tahun kemarin ngalamain pecah ban di tol akhirnya pake. Pas beli ban di P*r*mita Ban ditawarin nitrogen setuju saja. kemudian nemu ini di facebook

https://www.facebook.com/frans.borgiaz/ ... nref=story
HATI2 MNGISI TEKANAN BAN.
Saya nulis ini bukan utk mematikan business pngisian ban di pompa2 bensin seperti gambar yg saya upload ini. ... bukan sama sekali, saya hanya mngajak poro sedulur lebih berhati2. Karena stasiun pngisian Nitrogen ini skrg mnjamur di pompa2 bensin, dimana kita hanya lewat dn bbrp bulan kemudian baru tringat ttg pengisian ini.
Maka sering dimanfaatkan oleh oknum pngusaha pompa Nitrogen utk berbuat Nakal.
Perhatikan gambar dibawah ... dimana ya nyimpen Bottle Nitrogennya ... yang ada kok malah kompressor angin? Aneh khaan
Seperti bbrp kali sy coba mngisi, dan juga pagi ini saya memastikan lagi ...
Pertama perkir saya terkesan dg " Automaic Digital pressure controller" yg dipakai maka pressure yg diminta akan tepat (itu kalau habis dikalibrasi lho)... tapi setelah mngisi ban terakhir .. Jjeerrrrr Kompressor nyala !!!! ... saya sengaja turun krn dibelakang ada mobil dan motor juga ngantri ...dan saya tanya berapa? ...."4 roda 20 ribu pak!"... "lho kok kompressor nya nyala ...berarti angin dong mas mana bottle Nitrogennya ?" .... agak bingung si operator njawab .."ndaak pak ...harus pakai kompressor ..kalau nggak pakai nggak kuat tekanannya NITROGENnya " ... hehehe ... "maas ..mas .. Nitrogen itu bottle nya tekanannya 2000 PsiG ... nggak perlu kompressor untk ngisi ban 35PsiG, tapi ini saya bayar ... tapi bilang juragan mu dagang jangan pakai bohong ..kwalat lho !" ...
Saya serahkan Rp. 20rb saya dengan tenang naik mobil dan mninggalkan si mas operatos yg mungkin bengong .... belum ada 10 meter saya di jalan mobil dibelakang saya nyalib dn tekan klakson ... setelah buka jendela ternyata tadi mobil yg ngantri ... sambil ngacungi jempol ......
Waah hari ini saya bikin satu pelanggan Nitrogen batal ngisi ..... mungkin juga si motor hehe ... bayangkan kalau dg alat yg waah ... bisa ngraup 15 ribu per mobil ... hanya jual angin cap Nitrogen .. waaah business abal2 ini lumayan juga
Maka poro sedulur kalau dijalan ban kurang angin ... ya mampir saja ke TUKANG TAMBAL BAN ..tambah angin dg 5000 rp sdh dapet terima kasih anda .... mau bener2 isi Nitrogen? .. masuk saja ke toko Ban ... minta tambah Notrogen ... 20rb oke .. tapi anda dapet Nitrogen langsung dr Botlle nya ....
Semoga berhati2 ... teliti sebelum membeli ..
dibilang yg pake kompresor adalah nitrogen abal2, padahal di toko ban itu juga saya lihat ngisinya pake kompresor. bbrp hari kemudian ke SnD untuk ngecek aki, dapat free service tambah nitrogen. dan ternyata yg di SnD gak pake kompresor, tapi langsung dari tabung gitu. tabungnya seukuran gas elpiji 12 kg.

perkara tekanan ban, kenapa jadi rumit bener ya??
kalo ini mah, ada yg udah bahas.

mereka itu pake nitrogen generator, jadi memang ga perlu tabung gede.
cara kerjanya kalo ga salah menghisap udara bebas, lalu membuang oksigen dan gas-gas lain. kalo supply nitrogen nya dari luar, ya jelas aja ga perlu tabung. kalo yg pake tabung itu kan mereka ga punya generator sendiri atau refill di tempat lain, nah refill tabungnya darimana coba kalo bukan dari generator?
doge
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 805
Joined: Mon Jan 18, 2016 14:54

Re: Nitrogen Scam

Post by doge »

Ini msh hlm 1 kok udh jd debat kusir?
pitbull
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 357
Joined: Sat Aug 20, 2005 14:02

Re: Nitrogen Scam

Post by pitbull »

rasanya sih masih debat wajar dan sehat. gak ada yang debat kusir ngotor disini?

kalo udah terlanjur diisi nitrogen, pernah baca artikel kalo gak salah di autobild katanya gak boleh isi angin biasa campur ya?
perubahan tekanannya lebih drastis. cara kuras anginnya gimana? apa cukup buka pentil ban saja?
private0809
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 50
Joined: Thu Jan 29, 2015 5:48

Re: Nitrogen Scam

Post by private0809 »

udah kebiasaan ngisi nitrogen,jadinya ya nitrogen terus,lewat 1 bulan tekanannya belum berubah,,padahal tambal ban di depan rumah,jadinya kalau ke situ ya isi angin ban serep aja
kalau angin biasa belum sebulan tekanan angin berkurang
User avatar
Mozawa
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 781
Joined: Thu Jan 01, 2009 17:47

Re: Nitrogen Scam

Post by Mozawa »

pitbull wrote:rasanya sih masih debat wajar dan sehat. gak ada yang debat kusir ngotor disini?

kalo udah terlanjur diisi nitrogen, pernah baca artikel kalo gak salah di autobild katanya gak boleh isi angin biasa campur ya?
perubahan tekanannya lebih drastis. cara kuras anginnya gimana? apa cukup buka pentil ban saja?
kalo di bengkel ban , cara kuras anginnya di vacum....jadi seperti disedot pake alat sampai ban bener2 kempes pes pes.....setelah kempes alat otomatis memasukkan nitro ke ban.. mobil didongkrak agar ban tidak rusak saat divacum.......
Mobilio Prestige L15Z1 iVtec Cvt 2014 Grey
Jazz Gk5 L15Z5 Ivtec Earthdream Cvt 2015 White
Veloz 3SZ VE 1.5 Vvti M 2013 White
Avanza K3VE 1.3 Vvti 2012 Black
ANH10 ASG 2AZ FE 2.4 Vvti 2007 Black
liep
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1670
Joined: Fri Feb 14, 2014 8:01

Re: Nitrogen Scam

Post by liep »

Mozawa wrote:
pitbull wrote:rasanya sih masih debat wajar dan sehat. gak ada yang debat kusir ngotor disini?

kalo udah terlanjur diisi nitrogen, pernah baca artikel kalo gak salah di autobild katanya gak boleh isi angin biasa campur ya?
perubahan tekanannya lebih drastis. cara kuras anginnya gimana? apa cukup buka pentil ban saja?
kalo di bengkel ban , cara kuras anginnya di vacum....jadi seperti disedot pake alat sampai ban bener2 kempes pes pes.....setelah kempes alat otomatis memasukkan nitro ke ban.. mobil didongkrak agar ban tidak rusak saat divacum.......
btw utk nitro yg di toko ban, model tabung tinggi, dia dpt ori nitronya dr proses ap? pemisahan nitro dg generator spt yg di pom? klo sama khan artinya sama dg isi di pom nitro, hehe, gmana nulisnya ini
kunaskun
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4366
Joined: Mon Mar 26, 2007 8:16

Re: Nitrogen Scam

Post by kunaskun »

kalau yang bener jualan nitrogennya, satu bulan aja berkurang paling banyak 2 psi, itu dengan asumsi alat ukur ga error. saya dulu rekor pas masih di jkt 3 bulan hanya hilang 4 psi. itu mobil jalan terus. hebatnya jalan jauh non stop tekanan angin ban hanya naik 2 psi, itu dengan asumsi alat ukur ga error. itu sumber nitrogen dari tabung. nah sejak pindah kemari, sebulan bisa hilang 4 psi, baik yg jualan pake alat ataupun tabung, ya saya isi yang pake alat untuk hilangkan kadar air saja, ga ngarep itu nitrogen bertambah.

pernah iseng test mobil yang angin ban biasa, jalan sekian puluh km toll siang hari panas terik, kenaikan tekanan ban sampe diatas 5 psi. :big_dunno: sebenernya si tekanan angin ban bertambah ga masalah daripada kurang tapi grip akan berkurang karena luas bidang kontak tapak ke jalan akan berkurang dari spesifikasi pabrikan, juga bantingan jadi tambah keras.

di jkt dimana yang jualan nitrogen sehebat itu? GBT Laras Imbang Meruya. buat ban serep setahun pun dari max 40 psi tersisa 34 psi. bener2 fill n forget.
alexdonovan
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 611
Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36

Re: Nitrogen Scam

Post by alexdonovan »

nitrogen generator bisa pake membrane atau mole-sieve bed. adsorbsi dengan mole-sieve menghasilkan nitrogen dengan purity lebih tinggi disbanding membrane. Post-generation, memang nitrogen product disimpan didalam tabung. Jadi tanda compressor kicked in bukan berarti mereka jualan "fake" nitrogen... kecuali kalau mole sieve-nya sudah saturasi ya

BTW, ukuran ban juga berpengaruh terhadap pressure swing due to temperature. Dari pengalaman saya sendiri, Opel Blazer tekanannya konstan 28 psi selama beberapa bulan, dipakai jalan ataupun tidak. Disisi lain, Livina punya pressure swing agak besar, naik max. 2 psi setelah perjalanan siang hari di Cipularang.

Saya sendiri tidak punya compressor yang ada drier-nya, jadi udara yang masuk pasti "wet" karena sesuai ambient humidity di Indonesia. Saya juga tidak pernah isi Nitrogen.
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
kenop
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1402
Joined: Mon Aug 24, 2015 5:06

Re: Nitrogen Scam

Post by kenop »

saya isi nitrogen cuma klo lagi abis spooring balancing (karena emang biasa dikasih free) dan kalo abis beli ban baru (lagi2 karena di kasih free)
kalo suruh bayar ogah :mky_01: