Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Atpm cenderung lebih murah walaupun speknya terkadang lebih rendah daripada yang dijual oleh importir umum. Ambil contoh alphard tipe x, yang unit atpm ada captain seat, kalo yg cbu ada sunroof dan kursi bench, jadi ya tergantung juga sih, cuman harga sunroof pasti lebih mahal daripada captain seat yg ditawar oleh atpm toyota. Sorry gk ngerti2 amat.
PM for any interest in JDM / ASEAN car parts & accs
armann wrote:Atpm cenderung lebih murah walaupun speknya terkadang lebih rendah daripada yang dijual oleh importir umum. Ambil contoh alphard tipe x, yang unit atpm ada captain seat, kalo yg cbu ada sunroof dan kursi bench, jadi ya tergantung juga sih, cuman harga sunroof pasti lebih mahal daripada captain seat yg ditawar oleh atpm toyota. Sorry gk ngerti2 amat.
Ok thanks
Ehhm bisa info tarif bea masuk / persentase pajak importnya ?
ratenya sih untuk mobil yang sama harusnya sama ya bea masuknya, yabg ngebedain harga CIF (harga mobil itu pas masuk indo dgn spek tertentu) beda spek ya kena pajaknya jd beda karena harga dasarnya jg beda.
Menurut ane secara ngawur sih pajak bea masuk sih sama.
Tapi ATPM bisa lebih murah mungkin karena dia mungkin lgsg ambil dari pabrik atau dapat subsidi/diskon dari perusahaan induk. (Misal TAM ambil Toyota di Jepang).
Kalo ATPM kan pasti beli langsung dari pabrik, trus skali impor yng dtng banyak.... Kalo IU beli harga showroom trus kirimnya cuma 1 2 biji tiap model... Terkadang ATPM mobilnya pun spek lebih ekonomis, contoh heated seats diilangin.... Kalo IU biasanya ambil mobil UK spec, soalnya mrk juga stir kanan.... Harga poundsterling itu tak bersahabat sma rupiah...
Sorry kepanjangan dan kalo salah...
Tarif impor yang terkait dengan bea masuk itu semua sama, PPN, PPN BM, dsb yang membedakan harga belinya, karena nanti dihitung berdasarkan harga beli, dan meski unit sama pastinya 2 perusahaan bisa punya harga beli yang berbeda. Patokan tarif itu harga bukan detail spek barang. Pastinya ATPM bisa langsung beli ke pabrik, Importir kemungkinan beli lewat distributor di negara asal, disana saja sudah pasti beda harga
it came from my dumb opinion
tidak bertanggung jawab kalau ternyata salah
kok percaya sama orang idiot, ....
sekarang pembeda terbesar IU juga harus ikut TPT, biarpun kendaraan itu juga sudah dijual ATPM. karena dianggap mobil berbeda akibat yang masukin beda. ini jadi mirip HP perlakuannya, barang satu yang masukin 3 distro mau resmi kek mau umum kek, tetep barang satu itu harus didaftar dan uji DJPT oleh ketiga2nya, jadi nomor DJPT akan beda walau barang tetep satu.
local brandholder indo punya benchmark ex factory price (unit: non JDM spec tapi global spec meski cbu japan)
local paralel importer indo punya benchmark ex japan dealership price (unit: JDM spec sampai radio fm hrs pakai frequency jumper atau radioless) example: alphard itu rrp toyopet dealership tokyo (sdh ada land transport cost, emission and fuel cons.testing chg (liat itu dua stickers bundar di kaca.blakang), JDM compliance inspection cost)
kan human / labour cost u urusan bgt japan mahal ... mrk tdk mau kerja dgn slavery reward spt indo
APM bisa pakai skema JIEPA/IJEPA (Japan-Indonesia Economic Partnership Agreement) yg bea masuknya bisa menjadi 4% dr yg normalnya 45% di 2011 bahkan di 2012 akan menjadi 0%. IU tdk bisa pakai skema ini sptnya. Coba check lbh lanjut ttg jiepa itu.