Waduh untung papa gabeli ecosport [emoji13] [emoji13] matic pjs aja udh keringet dingin takut mundur aplagi yg handbrake ga makanKodokPushUp wrote:No HSA. Dulu di pikiran eike, kalo menyuel, HSA kan ga perlu, dan hill start kan hal basic (dan pikiran eike terbuka setelah nyentuh ehcopot)b8099ok wrote:Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromolKodokPushUp wrote: Mau tantangan lebih om?
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan
Punya ane rem tangan untung masi bisa nahan. (walaupun nariknya sampe tangan kepentok dudukan seat belt)
Ga kebayang kalo parking brake melempem, gimana tuh kalo nanjak (di ehkonde, pertama kalinya ane harus tarik hand brake waktu hill start)
Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 620
- Joined: Wed Dec 09, 2015 16:12
- Location: Laptop dan Rumah
- Daily Vehicle: Disetirin
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Blm pernah coba pjs manual sih... Dulu pas baru blajar keringet dingin liat tanjakan... Eh koq curhatemilychan wrote:Waduh untung papa gabeli ecosport [emoji13] [emoji13] matic pjs aja udh keringet dingin takut mundur aplagi yg handbrake ga makanKodokPushUp wrote:No HSA. Dulu di pikiran eike, kalo menyuel, HSA kan ga perlu, dan hill start kan hal basic (dan pikiran eike terbuka setelah nyentuh ehcopot)b8099ok wrote: Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromol
Punya ane rem tangan untung masi bisa nahan. (walaupun nariknya sampe tangan kepentok dudukan seat belt)
Ga kebayang kalo parking brake melempem, gimana tuh kalo nanjak (di ehkonde, pertama kalinya ane harus tarik hand brake waktu hill start)
BTW mobil pake Hill start assist tapi manual gimana cara nyala nya tuh?
Hanya sekedar netizen yang numpang lewat
L15Z6, 4N15
L15Z6, 4N15
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Sama aja kek metik. Ada koq mobil manual with HSA,...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Kalau mesin mobilnya punya karakter torsi besar di rpm bawah (umumnya mobil diesel), biasanya ngga gampang mundur gitu.
Paling berhenti atau malah bisa merangkak naik pelan pelan.
Coba ditest saja, cari tanjakan (yg sepi) buat cari karakter mesin-matic nya, securam apa matic nya sanggup nahan di posisi D kondisi idle.
Kalau pajero sport, mestinya aman. Saya pernah test innova d4d saja di tanjakan yg lumayan curam, mobil masih bisa merangkak pelaaannnn di D kondisi idle.
Kalau memang curam dan parking brake-nya model Hand Brake, bisa pakai teknik nyetir mobil manual saat macet nanjak.
Ngelepas Parking Brake-nya mesti seirama sama naiknya kendaraan.
Susah-nya, kalau mobil nya pakai parking brake-nya model Foot Brake atau yang On-Off.
Soalnya saya baca di post2 awal, rata2 nyaranin main hand brake, belum ada yg parking brake model foot brake
Saran, ada baiknya latihan juga pakai mobil manual, terutama saat macet baik turunan, datar dan tanjakan.
Just in case
Paling berhenti atau malah bisa merangkak naik pelan pelan.
Coba ditest saja, cari tanjakan (yg sepi) buat cari karakter mesin-matic nya, securam apa matic nya sanggup nahan di posisi D kondisi idle.
Kalau pajero sport, mestinya aman. Saya pernah test innova d4d saja di tanjakan yg lumayan curam, mobil masih bisa merangkak pelaaannnn di D kondisi idle.
Kalau memang curam dan parking brake-nya model Hand Brake, bisa pakai teknik nyetir mobil manual saat macet nanjak.
Ngelepas Parking Brake-nya mesti seirama sama naiknya kendaraan.
Susah-nya, kalau mobil nya pakai parking brake-nya model Foot Brake atau yang On-Off.
Soalnya saya baca di post2 awal, rata2 nyaranin main hand brake, belum ada yg parking brake model foot brake

Saran, ada baiknya latihan juga pakai mobil manual, terutama saat macet baik turunan, datar dan tanjakan.
Just in case

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3302
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
sorry ga bakalan percaya sama gigi netral dan handbrake kalau lagi di tanjakan....
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 95
- Joined: Wed Mar 30, 2016 9:29
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Oiya ini saya juga lagi butuh jawaban.
Biasanya sih kalau pakai ertiga posisi gear di 2 atau L
Tapi kalau di hrv yg tipe e gimana ya ? Harus di posisi S kah ?
Biasanya sih kalau pakai ertiga posisi gear di 2 atau L
Tapi kalau di hrv yg tipe e gimana ya ? Harus di posisi S kah ?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1805
- Joined: Tue Aug 26, 2014 15:00
- Location: Malang
- Daily Vehicle: 2010 Nissan XTrail T31
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
hrv pake mode S sama kombinasiin pake padleshift jugamichmichael wrote:Oiya ini saya juga lagi butuh jawaban.
Biasanya sih kalau pakai ertiga posisi gear di 2 atau L
Tapi kalau di hrv yg tipe e gimana ya ? Harus di posisi S kah ?

-
- SM Specialist
- Posts: 22080
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
kalo saya sih pake handbrake saat berhenti di tanjakan
saat mau maju = gas dikit, then lepas handbrake
paling enak memang mesin Torsi besar @RPM rendah saat stop n go di tanjakan
saat mau maju = gas dikit, then lepas handbrake
paling enak memang mesin Torsi besar @RPM rendah saat stop n go di tanjakan
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Apa ada efek taro di L? Tetep sama aja mulai di gigi 1 kan walau taro di posisi D?
Taro aja di D, lgsg tarik rem tangan klo takut panik. Jgn injek gas tinggi sekitar 2000 rpm. Bgtu lepas rem tangan takutnya malah kekencengan, apa lagi jarak dengan moil depan belom terlalu jauh. Injek dikit gasnya aja baru lepas rem tangan
Taro aja di D, lgsg tarik rem tangan klo takut panik. Jgn injek gas tinggi sekitar 2000 rpm. Bgtu lepas rem tangan takutnya malah kekencengan, apa lagi jarak dengan moil depan belom terlalu jauh. Injek dikit gasnya aja baru lepas rem tangan
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 155
- Joined: Tue Jun 30, 2015 8:10
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
gw kok lebih ngeri gak ada traksi ya? apalagi parkiran mall yang notabene semen halus cuma ada garis2 coakan, cek pressure & kondisi ban. kalo bawa mobil makin gede ya harus makin sabar, gak ada salahnya tunggu itu tanjakan kosong.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3302
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
beli mobil yg ada trc beres perkara hehehefenrir wrote:gw kok lebih ngeri gak ada traksi ya? apalagi parkiran mall yang notabene semen halus cuma ada garis2 coakan, cek pressure & kondisi ban. kalo bawa mobil makin gede ya harus makin sabar, gak ada salahnya tunggu itu tanjakan kosong.
entah kapan trc harga dibawah 200jt...

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 323
- Joined: Sat Mar 15, 2014 19:21
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Kalo aku sih rem aja tapi begitu mau maju, sebelum lepas rem tuas dipindah ke D dulu... Terus bejek gas yg dalem
Gak tau sih gimana tarikan mobil juga.. Dulu pake transmisi cvt malah mundur lagi
Gak tau sih gimana tarikan mobil juga.. Dulu pake transmisi cvt malah mundur lagi
2018 Mazda CX3 Touring 2.0
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
2014 KIA Sportage LX 2.0
2008 Honda Civic FD1 1.8
1961 Volkswagen Beetle
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 289
- Joined: Tue Jun 04, 2013 4:50
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
teknik berhenti di tanjakan dan jalan lagi ini salah satu teknik yg sulit pada saat awal belajar mobil, apalagi kalo mobil manual haduuuh bisa spot jantungan kalo gak mahir krn mobil bisa mundur2 trus mati mesin
utk mobil matic lebih simpel dari mobil manual tapi pada prinsipnya sama: jika berhentinya lama lebih baik pake handbrake.. lalu jika mau jalan masuk ke D ato L jika curam bgt trus injak gas sampe kerasa mobil bergerak lalu lepas handbrake..
coba cari jalan yg sepi dan menanjak utk mencoba terus sampe pede...

utk mobil matic lebih simpel dari mobil manual tapi pada prinsipnya sama: jika berhentinya lama lebih baik pake handbrake.. lalu jika mau jalan masuk ke D ato L jika curam bgt trus injak gas sampe kerasa mobil bergerak lalu lepas handbrake..
coba cari jalan yg sepi dan menanjak utk mencoba terus sampe pede...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 611
- Joined: Fri Aug 15, 2008 15:36
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Hahaha... gw baru tahu kalo Ehkonde manual kopling-nya tricky. Ga habis pikir kenapa harus ada clutch delay valve di M/T... Hand-brake-nya aja disetel om, tapi hati-hati. Kalo terlalu kencang, saya ngalamin kawat handbrake sampe putus di mobil saya yang lamaKodokPushUp wrote:No HSA. Dulu di pikiran eike, kalo menyuel, HSA kan ga perlu, dan hill start kan hal basic (dan pikiran eike terbuka setelah nyentuh ehcopot)b8099ok wrote:Ehkonde menyuel tak ada HSA ya? Ada baiknya bawa batako buat ganjel. Kmrn tmn ane parkir di garansi ane, ngeluncur sendiri pdhl uda di henbrek full. Ehkonde dia menyuel jg kek ente. Mang canggih koq rem tromol, me lop tromolKodokPushUp wrote: Mau tantangan lebih om?
Selain tbw lemot, ditambah clutch delay valve yg bikin ga bisa setengah kopling, mesin yg minim torsi, plus parking brake ga makan
Punya ane rem tangan untung masi bisa nahan. (walaupun nariknya sampe tangan kepentok dudukan seat belt)
Ga kebayang kalo parking brake melempem, gimana tuh kalo nanjak (di ehkonde, pertama kalinya ane harus tarik hand brake waktu hill start)
BTW, mobil manual apapun saya selalu hill start pakai rem tangan ... malas gerakin kaki kanan soalnya :p
Calya A/T 2017 (2022-now)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
OS PX 2014 (2022-now)
Kluger Grande 2004 (Jan 2023-Jun 2024)
-
- SM Specialist
- Posts: 2794
- Joined: Wed Nov 18, 2009 4:14
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: 2020 All New Xpander Pickup
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Clutch delay valve dipasang untuk mengurangi efek fun burn out, sehingga lbh kalem start offnya. Enjin mounting bisa pake yg lebih low quality klo ada clutch delay valve,... Mayan khan, ngirit ongkos bikin enjin mount, nambah harga cdv,... Gud solutions 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1510
- Joined: Sun Nov 09, 2014 15:35
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Matic? justru simple. kaki kiri di rem, kaki kanan siap2 gas. kalo ga pede pake D2/L/S.
sy malah agak kagok kalo pake handbrake/footbrake di matic, lebih pede pake handbrake di manual (mungkin karena kepepet)..
udah lama pake kaki kiri buat ngerem kondisi apapun di matic. switch ke manual lagi kalo biasa juga gak bingung tinggal penyesuaian bentar. tapi jangan ditiru kalo gak yakin / gak biasa.
sy malah agak kagok kalo pake handbrake/footbrake di matic, lebih pede pake handbrake di manual (mungkin karena kepepet)..
udah lama pake kaki kiri buat ngerem kondisi apapun di matic. switch ke manual lagi kalo biasa juga gak bingung tinggal penyesuaian bentar. tapi jangan ditiru kalo gak yakin / gak biasa.

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
karena baru 1st time pake mobil CVT (baru dari 2015), plus bobotnya rotitawar yg ga ringan dan ga ada fitur HSC.
rada tricky pas ditanjakan.
kalo saya menghadapi tanjakan (let say, tanjakan gedung parkir GI.. kan suka macet tuh ). kalo dari posisi diam pas ditanjakan, ya kayak suhu2 diatas.
footbrake active -> tuas sudah pindah D -> (sambil kaki direm dilepas pelan2) footbrake deactive -> kaki kanan langsung injek gass lagi
karena rotitawar pake footbrake, alhasil prakteknya jadi kek mobil manual (kaki kiri dikopling)
btw, tahun lalu (dec 2015) bawa rotitawarnya batumakam ke bromo. posisinya habis pertigaan (arah dari ringroad malang) belok kanan kan nanjaak terus sampe atas.. pas masuk kaki gunung mulai nggremet pelan2 di posisi L.. (sambil disalip mobil2 lain kek avanza dkk). di kaki gunuung sampe pos pertama di puncak bromo posisi masih di gear L. pokoknya sepanjang tanjakan beberapa KM speed ga bisa >15kpj.
trus pas sampai di penginapan paling atas (habis ticketing poss terakhir). pas dijalan datar kok mobilnya ga mau speed lebih dari 15kpj.. gear sudah di posisi D, dibawa jalan beberapa km tetep gamau lebih dari 15kpj (padahal gass udah di kickdown). panik tapi dicoba santai.. didiemin semalaman, besok paginya udah normal lagi..
ini masih jadi misteri sampe sekarang
rada tricky pas ditanjakan.
kalo saya menghadapi tanjakan (let say, tanjakan gedung parkir GI.. kan suka macet tuh ). kalo dari posisi diam pas ditanjakan, ya kayak suhu2 diatas.
footbrake active -> tuas sudah pindah D -> (sambil kaki direm dilepas pelan2) footbrake deactive -> kaki kanan langsung injek gass lagi
karena rotitawar pake footbrake, alhasil prakteknya jadi kek mobil manual (kaki kiri dikopling)
btw, tahun lalu (dec 2015) bawa rotitawarnya batumakam ke bromo. posisinya habis pertigaan (arah dari ringroad malang) belok kanan kan nanjaak terus sampe atas.. pas masuk kaki gunung mulai nggremet pelan2 di posisi L.. (sambil disalip mobil2 lain kek avanza dkk). di kaki gunuung sampe pos pertama di puncak bromo posisi masih di gear L. pokoknya sepanjang tanjakan beberapa KM speed ga bisa >15kpj.
trus pas sampai di penginapan paling atas (habis ticketing poss terakhir). pas dijalan datar kok mobilnya ga mau speed lebih dari 15kpj.. gear sudah di posisi D, dibawa jalan beberapa km tetep gamau lebih dari 15kpj (padahal gass udah di kickdown). panik tapi dicoba santai.. didiemin semalaman, besok paginya udah normal lagi..
ini masih jadi misteri sampe sekarang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1374
- Joined: Mon Jan 25, 2016 11:40
- Location: Jakarta
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Mungkin CVT nya overheat lalu masuk ke safe mode mangkanya gk bisa lebih dr 15 km/h.PRBS wrote:karena baru 1st time pake mobil CVT (baru dari 2015), plus bobotnya rotitawar yg ga ringan dan ga ada fitur HSC.
rada tricky pas ditanjakan.
kalo saya menghadapi tanjakan (let say, tanjakan gedung parkir GI.. kan suka macet tuh ). kalo dari posisi diam pas ditanjakan, ya kayak suhu2 diatas.
footbrake active -> tuas sudah pindah D -> (sambil kaki direm dilepas pelan2) footbrake deactive -> kaki kanan langsung injek gass lagi
karena rotitawar pake footbrake, alhasil prakteknya jadi kek mobil manual (kaki kiri dikopling)
btw, tahun lalu (dec 2015) bawa rotitawarnya batumakam ke bromo. posisinya habis pertigaan (arah dari ringroad malang) belok kanan kan nanjaak terus sampe atas.. pas masuk kaki gunung mulai nggremet pelan2 di posisi L.. (sambil disalip mobil2 lain kek avanza dkk). di kaki gunuung sampe pos pertama di puncak bromo posisi masih di gear L. pokoknya sepanjang tanjakan beberapa KM speed ga bisa >15kpj.
trus pas sampai di penginapan paling atas (habis ticketing poss terakhir). pas dijalan datar kok mobilnya ga mau speed lebih dari 15kpj.. gear sudah di posisi D, dibawa jalan beberapa km tetep gamau lebih dari 15kpj (padahal gass udah di kickdown). panik tapi dicoba santai.. didiemin semalaman, besok paginya udah normal lagi..
ini masih jadi misteri sampe sekarang
Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
“I don’t want to be preached to about cars by someone who doesn’t even know how to drive.” - Hiromu Naruse (TMC Master Test Driver) to Akio Toyoda, 2000.
-
- Visitor
- Posts: 4
- Joined: Mon Sep 30, 2013 13:54
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Mobil ertiga matic saya semenjak ganti muffler free flow jd kurang perkasa di tanjakan, kemarin ke lembang bandung aja hrs main gigi 2 dan L di tanjakan, dulunya sih msh kuat manteng di D aja 

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2308
- Joined: Sun Mar 06, 2011 14:00
Re: RE: Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
yupp, saya juga beranggapan seperti itu. mungkin CVTnya overheat or something.. tapi lucu jg, karena ini 1st time saya pakai CVT dan mengalami seperti itu. (sebelumnya pengguna MT konvensional, AT innova & freed). tapi jadi tau batas maksimal transmisi ini di tanjakan.arfs wrote:Mungkin CVT nya overheat lalu masuk ke safe mode mangkanya gk bisa lebih dr 15 km/h.PRBS wrote:karena baru 1st time pake mobil CVT (baru dari 2015), plus bobotnya rotitawar yg ga ringan dan ga ada fitur HSC.
rada tricky pas ditanjakan.
kalo saya menghadapi tanjakan (let say, tanjakan gedung parkir GI.. kan suka macet tuh ). kalo dari posisi diam pas ditanjakan, ya kayak suhu2 diatas.
footbrake active -> tuas sudah pindah D -> (sambil kaki direm dilepas pelan2) footbrake deactive -> kaki kanan langsung injek gass lagi
karena rotitawar pake footbrake, alhasil prakteknya jadi kek mobil manual (kaki kiri dikopling)
btw, tahun lalu (dec 2015) bawa rotitawarnya batumakam ke bromo. posisinya habis pertigaan (arah dari ringroad malang) belok kanan kan nanjaak terus sampe atas.. pas masuk kaki gunung mulai nggremet pelan2 di posisi L.. (sambil disalip mobil2 lain kek avanza dkk). di kaki gunuung sampe pos pertama di puncak bromo posisi masih di gear L. pokoknya sepanjang tanjakan beberapa KM speed ga bisa >15kpj.
trus pas sampai di penginapan paling atas (habis ticketing poss terakhir). pas dijalan datar kok mobilnya ga mau speed lebih dari 15kpj.. gear sudah di posisi D, dibawa jalan beberapa km tetep gamau lebih dari 15kpj (padahal gass udah di kickdown). panik tapi dicoba santai.. didiemin semalaman, besok paginya udah normal lagi..
ini masih jadi misteri sampe sekarang
Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 559
- Joined: Fri Jun 26, 2015 9:04
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
@tsmbah_sby wrote:teknik berhenti di tanjakan dan jalan lagi ini salah satu teknik yg sulit pada saat awal belajar mobil, apalagi kalo mobil manual haduuuh bisa spot jantungan kalo gak mahir krn mobil bisa mundur2 trus mati mesin![]()
utk mobil matic lebih simpel dari mobil manual tapi pada prinsipnya sama: jika berhentinya lama lebih baik pake handbrake.. lalu jika mau jalan masuk ke D ato L jika curam bgt trus injak gas sampe kerasa mobil bergerak lalu lepas handbrake..
coba cari jalan yg sepi dan menanjak utk mencoba terus sampe pede...
Tips yg anda cari dijawab simple & spot on oleh posting mbah ini.
-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Sat May 07, 2016 16:45
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Makasih om tanggapannyaa [emoji2] [emoji2]
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Sat Apr 28, 2012 4:40
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
teknik yang sama yang sy gunakan Om AndrianAndrian wrote:salam kenal sis emilychan.![]()
Kalo yang biasa ane lakuin pas berhenti ditanjakan curam adalah :
- kalo sebentar, ane cuma teken rem doang plus tarik hand brake. Posisi gear tetep di "D". Begitu jalan, ane tekan gas agak dalem, baru lepas hand brake pelan2.
- Kalau lama, teken rem, tarik hand brake, pindahin gear ke "N", rem ga ane injek. Begitu jalan, ijek rem, pindah ke "L", injek gas, baru lepas hand brake pelan2.
Kenapa injek gas dulu baru lepas hand brake, biar ga turun pas kaki pindah dari rem ke gas. Cmiiw...

tambahan sedikit aja, yang penting jaga jarak dengan kendaraan didepannya baik di tanjakan maupun jalan turun, usahakan dari kabin pengemudi kita bisa melihat ujung ban kendaraan didepan kita...teknik ini yang dulu diajarkan di training defensive driving..

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1060
- Joined: Tue Aug 20, 2013 8:41
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Sis emily mobilnya apa?
Kalau handbrakenya ada di kaki gimana mau handbrake? Kalau ditangan maka mirip kaya belajar manual, sembari turunin rem tangan sembari gas pelan-pelan.
Kalau handbrake di kaki maka pakailah kaki kiri untuk injak rem dan kaki kanan untuk sedia di gas. Disaat mau nanjak maka rem dilepas pelan-pelan dan gas mulai ditekan mirip kaya belajar pkai mobil manual.
Simple as that sis.
Kalau perlu diajarin kontek aja sis, deket koq ke CP..

Kalau handbrakenya ada di kaki gimana mau handbrake? Kalau ditangan maka mirip kaya belajar manual, sembari turunin rem tangan sembari gas pelan-pelan.
Kalau handbrake di kaki maka pakailah kaki kiri untuk injak rem dan kaki kanan untuk sedia di gas. Disaat mau nanjak maka rem dilepas pelan-pelan dan gas mulai ditekan mirip kaya belajar pkai mobil manual.
Simple as that sis.
Kalau perlu diajarin kontek aja sis, deket koq ke CP..


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 433
- Joined: Mon Feb 15, 2016 16:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Anki
Re: Cara mengemudi matic di tanjakan curam (help)
Sama nih, deket k CP dr kampus



